Sen. Des 4th, 2023

Kenapa Kita Harus Sekolah?

BERDEBAR [ • ] Hai Pernah gak sih lu mikir soal Salah satu hal yang mempelajari di sekolah terus lu tiba-tiba kayak sadar aja gitu Ngapain ya dulu belajar begituan disekolah like woi apa sih faedahnya buat hidup gue sekarang misalnya nih Kau bercanda ini enggak Perang Diponegoro itu terjadinya pas abis magrib 1825

Sampai 1830 Nah coba deh pelajaran kayak gitu ada faedahnya masih hidup loh pernah lepas lagi wawancara kerja gitu deh pas ditanya Dek Perang Diponegoro itu kapan ya enggak pernah kan atau patung ngerjain kerjaan lo gitu atau pas mau ketemu calon mertua atau Pas ngedate sama orang yang baru ketemu di tinder

Pernah enggak pengetahuan itu ada gunanya di kehidupan sehari-hari Enggak kan Terus buat apa anjir hahaha terus harusnya Apa sih yang dipelajari di sekolah nah penasaran tenang aja karena divideo ini gue bakal cerita soal manusia yang paling bertanggungjawab soal pendidikan di negara ini bapak pendidikan Indonesia lebih Suryaningrat alias Ki Hajar

Dewantara dan gue sangat mendorong loh buat nonton video ini sampai habis Gue janji di akhir video nanti lu bakal sadar akan banyak hal keren yang berguna banget buat kehidupan lo kedepannya Oke seperti biasa sebelum kita masuk ke filosofinya kita bahas dikit deh soal orangnya pertama-tama gua menyampaikan

Dulu bahwa zaman Gua sekolah dulu Gue tuh punya persepsi bahwa Ki Hajar Dewantara itu adalah seorang aki-aki Jawa yang kerjanya belajar ilmu budi pekerti luhur dari nenek moyangnya lalu jadi dasar pendidikan Ya gimana Enggak nama depannya gitu kan Terus dia terkenal dengan tiga kalimat bahasa Jawa halus yang selalu disebut sebagai

Semboyan pendidikan Indonesia ingarso Sung tulodo ing Madyo Mangun Karso dan tutwuri Handayani kurang canggih Jawa apa coba persepsi orang soal kihajardewantara kalau zaman sekolah kita dia jangan kayak gitu ya enggak tapi enggak men coba jujur banyak soal tokoh-tokoh dibalik kemerdekaan bangsa ini gue tuh baru tahu bahwa Ki Hajar Dewantara itu jauh banget

Dari sosok itu Kihajar itu anak bangsa jenius pas muda dapat beasiswa buat sekolah di sekolah kedokteran Belanda di Batavia lu bayangin eh orang pribumi di zaman itu bisa sekolah aja syukur dia bisa sekolah di sekolah kedokteran pinter banget orang itu sayangnya dia gak cuman pinter tapi juga berani Nah

Kenapa sayang Ki Hadjar ini di kampus hobi itu malah kritik pemerintah Belanda kesana-kemari sampai akhirnya dikeluarin dari kampusnya terus habis itu jadi wartawan dan makin jadi jadi dia nulis Yang tajam-tajam soal pemerintah Belanda sampai akhirnya dibuang ke Belanda sana biar jauh-jauh dari Indonesia dengan bikin rusuh di sini nah teruskan cerita

Dibalik Belanda nih tahu apa yang dilakukan disana dia tuh di sana malah belajar Nah zaman sebelum ada internet dulu yang namanya posisi itu menentukan prestasi dan dibelah enggak gitu jelas akses ke buku di Nissan tulisan orang pintar dan bijak dari seluruh Andaru Dunia Akhirat lebih lengkap kan dibandingkan di Indonesia

Waktu itu bisa Nadia belajar soal essay terbaru di dunia pendidikan filsafat Psikologi dan banyak hal lain termasuk salah satunya adalah filosofi dan kurikulumnya Maria Montessori yang sampai sekarang masih dipakai di sekolah-sekolah edit di seluruh dunia dan hasil pembelajaran dia dengan otak jeniusnya itulah yang kemudian dirangkum dan bawa pulang ke Indonesia untuk

Kemudian dijadikan dasar pendidikan ala dia termasuk di taman siswa yang adalah sekolah yang diri sendiri termasuk di perkumpulan Selasa Kliwon G ngobrolin proyek-proyek dia dan juga buat Indonesia secara keseluruhan waktu dia jadi menteri pendidikan Oke segitu dulu ya kalau gua suruh bahas Ok jer Dewantara gue bisa bahas dua jam

Videonya kepanjangan Hahaha jadi gitu kihajardewantara itu adalah bukan aki-aki Kejawen di aktivis Genius yang sangat konsen soal pendidikan pada masanya nah di video ini gua akan bahas tiga hal dari Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yang menurut gue penting banget buat diketahui semua makhluk di negara ini j&t gayamu bebas ini bukanlah

Triloka alias tutwuri Handayani dan kawan-kawan tadi ya karena itu harusnya fokusnya bukan di murid tapi diburu Gimana cara mereka mendidik murid dikelas gue ngebahas pemikiran dia yang lebih inti lagi dan ini biasanya sayangnya nih enggak pernah diajarin di sekolah nah penasaran Oke kalau pertama yang mau bebas adalah mulai dari hal

Paling dasar tujuan pendidikan Coba deh menurut loh tujuan pendidikan itu apa sih bikin pintar atau bikinnya penilai bagus atau mirep ijazah terus bisa kerja Nah Enggak menurut Ki Hajar Dewantara tujuan pendidikan adalah memerdekakan manusia dan kalau ditanya nih Apa itu manusia Merdeka menurut Ki Hajar poinnya the 21 selamat raganya dua bahagia

Jiwanya Dettol selamat dan bahagia Survive and happy dan sebetulnya kalau dipikir-pikir itu kan yang kita cari dalam hidup Ayo kita tuh cuma pingin kita bisa selamat kita bisa bahagia kalaupun lu bilang nih enggak tujuan jugoya akhiratlah susu berharap apa gitu di akhirat kalau bukan berharap lu selamat

Denraka dan bahagia di surga Iya kan Ini adalah sebuah topik yang secara universal diterima sebetulnya mulai dari filsafat agama sampai ilmu pengetahuan psikologi modern Itu sepakat soal hal ini bahwa kita itu nyari yaitu keselamatan dan kebahagiaan sekarang Coba deh lihat sekitar kita gitu kira-kira Kebanyakan orang disekitar kita tahu enggak ya Gimana caranya

Supaya hidupnya bisa selamat dan bahagia kayaknya enggak ya kenapa coba pada enggak tahu ada nggak yang ngajarin sekolah ngajarin enggak Nah kalau sekolah jangan ngajarin tahu dari mana coba padahal menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan itu ya harusnya memerdekakan manusia menghasilkan manusia yang selamat dan bahagia Apakah mengetahui kapan terjadinya Perang Diponegoro itu

Ngebantu loh buat selamat dan bahagia atau apakah tahu cara melakukan integrasi trigonometri itu bisa ngebantu lu gua selamat dan bahagia dan itu adalah alasan utama satu pesan adegan Kita pingin bantuin orang Indonesia buat bisa hidup seutuhnya dengan cara apa ia dengan cara mengajarkan hal-hal penting yang tidak diajarin di sekolah terutama

Ini nih gimana caranya orang bisa selamat dan bahagia Nah kita juga kepoin berikutnya ya point kedua Kihajar percaya bahwa pendidikan Duck punya tiga peran penting yang pertama memajukan dan menjaga diri yang kedua memelihara dan menjaga bangsa yang ketiga memelihara dan menjaga dunia Kihajar menyebut ini sebagai filosofi trirahayu dia percaya

Bahwa semua itu terhubung dan semuanya berkontribusi pada kepentingan yang lebih besar atau bahasa kerennya everything is connected Az contoh bagi nih kalau misalnya Kalian nih berhasil menjadikan diri kalian menjadi orang-orang Merdeka orang-orang yang bahagia kira-kira lingkungan sekitar kalian keluarga pertemanan atau orang-orang sekitar kalian yang lainnya jadi lebih

Ndak hidupnya Nah jadi lebih baik kan kalau misalnya nih disebuah daerah keluarga keluarganya adalah keluarga keluarga yang bahagia orang-orangnya baik daerah jadi mah juga kalau di sebuah negara daerah-daerahnya maju negara jadi maju gak kalau negaranya maju yang rasa efeknya siapa ya semuanya dunia merasakan rakyatnya juga merasakan

Semua itu terhubung dan itu dimulai dari diri kita masing-masing memerdekakan satu orang adalah langkah awal memerdekakan satu keluarga memerdekakan keluarga adalah langkah awal untuk memerdekakan daerah memerdekakan daerah adalah langkah awal untuk memerdekakan bangsa jadi balik ke Kenapa 1% laku ini semua gitu ya karena kita percaya bahwa semakin banyak orang yang terpapar sama

Hal-hal baik yang kita ajarkan akan semakin baik bangsa ini dan semakin baik masa ini ya semakin nyaman kan kita semua bisa tinggal di dalamnya Iya kan seluruh rakyat bakal diadu nyaman Kebanyakan kalau misal negaranya juga lebih baik termasuk gue termasuk roda termasuk semua orang lainnya inget ini udah bukan zaman

Sam game dimana biar seseorang bisa untung yang lain harus rugi ini adalah zaman Dimana kita bisa bahagia bersama orang lain tanpa harus mengorbankan orang lain Nah kalau enggak tahu apa itu jurusan game dan positif Sam game tinggalin di komen Entar kapan-kapan gua bahas ya kalau bertanya-tanya hehehe dan

Kalian XL bisa banget ngebantu cita-cita kami terwujud dengan lebih cepat dimulai dari mana ya dari kembangin diri kalian masing-masing jadilah orang-orang Merdeka Allah ajarkan ke orang lain sekitar kalian kalau ada yang nanya gimana caranya sih Gue punya masalah ini gue jadi susah bahagia suruh Cek satu pesan di YouTube atau di Instagram

Sebarin konten 1% yang menurut kalian bisa bermanfaat buat orang lain serta kalian kalau kalian butuh lebih lanjut selain daripada konten itu kita bisa cek layanan kita di satu persen Dotnet kita punya layanan konsultasi dan lebih inner ia bayar sih tapi ujung-ujungnya itu juga kita pakai buat memproduksi konten dan layanan berkualitas buat masyarakat

Biar ini semua bisa cepat terwujud eh sore orasi gopan jalan hahaha ya udah Sorry kembali ke topik ke MP3 Ki Hadjar menyebutnya sebagai trik on alias pendidikan itu harus kontinyu konvergen dan konsentris continue artinya berkelanjutan apa yang kalian capai hari ini adalah hasil dari apa yang kalian pelajari dari masa lalu

Kalian sejak lahir sampai kemarin dan besok nih hari ini akan menjadi masa lalu udah buat kalian kan belajar itu terus-menerus Sepanjang Hidup Selalu Ada cara lain buat menjadi lebih baik daripada hari ini nggak perlu banyak-banyak kok kita percaya bahwa menjadi lebih baik satu persen saja setiap harinya hasilnya udah luar biasa

Buat hidup kemudian konvergen artinya ilmu itu harus dari berbagai sumber ambila ilmu dari luar zona nyaman kalian karena kalau di situ-situ aja ya Kalian jadinya stackman tambah terus pengetahuan kalian Ki Hadjar sendiri memodelkan pendidikannya banyak mengambil konsep-konsep Hari Pendidikan luar gitu kayak Montessori frobel atau rabindranath tagore nah tapi nih

Meskipun dia juga mendorong kita buat belajar dari Hai ada prinsip terakhir yaitu konsentris belajar dari luar tuh boleh harus malam tapi jangan lupa bisa sesuaikan juga dengan identitas dan konteks yang ada di hidup kita masing-masing Ki Hadjar sendiri Meskipun banyak kami dari luar ya Terus habis bisa bikin filosofi keren gitu Oh kita

Harusnya gini-gini segala macemnya tapi kan waktu itu kita masih dijajah awal Merdeka juga negara masih hampir nah prakteknya disesuaikan sama contest Indonesia di zaman itu contohnya nih kalau misalkan dia menggunakan istilah memerdekakan manusia gitu buat membungkus konsep soal kebahagiaan Kenapa sih dipakai kata memerdekakan manusia ya Karena itulah kebutuhan orang

Indonesia saat itu merdeka aja dulu gitu termasuk juga nih semua konsep keren ini kan enggak bisa langsung diam lamentasi ini di Indonesia yang masih hampir saat itu karena memang belum siap aja waktu itu kan buat bahas hal-hal filosofis kayak gini sekolah Nah masalahnya nih sudah satu abad berlalu Sekarang sudah

Jaman internet tapi kok ya belum terlaksana juga gitu dizaman sekarang tanya paha By the way gue temukan bilang bahwa belajar teori termodinamika itu nggak penting ya tapi ada hal yang lebih penting dan esensial buat hidup kita sebagai manusia tapi nggak dibahas di sekolah Oke tadi banget gue skeptis ini

Karena video depan jangan jadi pesan gue inget ada tiga ya pertama jangan lupa belajar caranya bahagia yang kedua ketika kita membangun diri kita lingkungan sekitar kita juga akan membaik dan itu akan membuat hidup kita jadi lebih baik lagi yang ketiga Belajarlah terus umur hidup Ambillah dari berbagai sumber tapi sesuaikan

Dengan konteks kehidupan kita dia udah scheduler gue gue sekitar satu persen bye bye [Musik] Hi Ho

Di video ini, Satu Persen bakal ngebahas tentang filosofi pendidikan dari Tokoh Nasional Ki Hajar Dewantara! Yuk, simak sampai habis!

Pengen tau isi kurikulum Satu Persen? Akses di sini:
https://satu.bio/kurikulum-satupersen

Ikut tes kurikulum Satu Persen yuk! GRATIS!
https://satu.bio/tes-kurikulum

Mau worksheet Satu Persen GRATIS? Klik link ini ya:
https://satu.bio/free-worksheet

Selain itu, lo juga bisa akses playlist khusus buat video-video tentang Gen Z di sini:
https://satu.bio/playlist-generasi-z

Dan buat lo yang pengen diskusi bareng Perseners lainnya, lo bisa banget ikutan grup komunitas kita di link berikut ini: https://satu.bio/grupkomunitas

━━━━━━━━━━━━━━
APA ITU SATU PERSEN?
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
Satu Persen-Indonesian Life School adalah startup pendidikan yang mengajarkan tentang pengetahuan dan kemampuan penting dalam hidup yang belum diajarkan di sekolah dan masyarakat luas.

1) Konsultasi dengan Mentor: https://satu.bio/mentoring-satupersen
2) Konseling dengan Psikolog: https://satu.bio/konselingpsikolog
3) Webinar, Workshop dan Bootcamp: https://satu.bio/webinar-kami
4) Kelas Online: https://satu.bio/kelas-online-kami

━━━━━━━━━━━━━━
BUSINESS INQUIRIES
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
Email : partnership@satupersen.net
Phone : 0851-5887-1220 (Whatsapp, chat only)
Speaking Engagement : https://bit.ly/satumitra
Content Collaboration : https://satu.bio/satumitra-yt

━━━━━━━━━━━━━━
SOCIAL MEDIA UTAMA SATU PERSEN
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
Instagram Satu Persen: https://satu.bio/igsatupersen
Twitter Satu Persen: https://satu.bio/twitterofficialkami
LinkedIn Satu Persen: https://satu.bio/linkedin-kami

━━━━━━━━━━━━━━
SOCIAL MEDIA LAINNYA
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
Instagram Satu Persen for Career: https://satu.bio/kenali-spforcareer
Instagram Buku Self Knowledge: https://satu.bio/buku-self-knowledge-kami
Instagram Mental Health Training: https://satu.bio/bmht-instagram
Instagram Cerita Konsultasi: https://satu.bio/cek-ceritakonsultasi

━━━━━━━━━━━━━━
TIM PENYUSUN VIDEO
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
Script: Rizky Andriawan
Audio Editor: Ananda Luchiano
Video Editor: Adi Rachman
Presenter: Rizky Andriawan
Poster Illustrator: Muhamad Sulton Wahyudi
Poster Designer: Ryno Andryano
━━━━━━━━━━━━━━
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe ya!

Kalau lo mau drop saran soal topik, lo bisa ke link ini:
https://satupersen.net/page/content-dropbox

Satu Persen
Lebih Baik Setiap Harinya

#SatuPersen​ #HidupSeutuhnya #KiHajarDewantara #FungsiSekolah #KenapaKitaSekolah #Sekolah #Filsafat #Pendidikan #Sekolah #Hidup #Tokoh #Filosofi​ #Overthinking​ #SemangatHidup​ #VideoMotivasi​ #KesehatanMental​ #Mindset​ #Produktif #filsafat #Socrates #TujuanHidup #KataMotivasi #BerpikirKritis #HidupTenang
Sobat Satu Persen – Indonesian Life School, Info tentang #Kenapa #Kita #Harus #Sekolah ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:11:55 detik.


Apabila Dirimu, penggemar setia Satu Persen – Indonesian Life School Membutuhkan Bantuan jasa pengolahan dan tabulasi semua jenis data , meliputi keseluruhan tahap pengolahan dan penulisan laporan dari data yang disediakan oleh anda, atau hanya sebagian dari tahapan pengolahan, termasuk pembagian fasilitas mainframe ke klien dan penyediaan entri data dan kegiatan pengelolaan big data, kami siap membantu anda.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah Kenapa Kita Harus Sekolah? ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Sekedar mengingatkan bahwa, berdebar.com menggunakan mesin pencari untuk menghasilkan dan memelihara database besar dari alamat dan isi internet dalam format yang mudah dicari. berdebar.com menyediakan isi yang diperbarui secara berkala, baik secara langsung ataupun tidak langsung Dan bertindak sebagai portal ke internet..

Begitulah sekilas tentang Kenapa Kita Harus Sekolah? yang telah dilihat oleh 2785587 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Satu Persen – Indonesian Life School 715 | #Kenapa #Kita #Harus #Sekolah

Menurut lo sekolah itu penting gak sekalipun sekarang udah ada banyak media yang terhubung internet dan bisa kita akses tanpa harus ke sekolah? Diskusi di kolom komen kuy!

Anyway, lagi suka nonton video tentang pelajaran yang ga diajarin di sekolah? Mimin punya rekomendasi video tentang tips mengatasi rasa malas, langsung aja ke https://www.youtube.com/watch?v=IFO8yvq1Prc&t=354s

Dan buat lo yang suka nonton video tentang suatu cerita. Mimin punya playlist Satu Cerita buat kamu. Gaskan ke https://satu.bio/playlist-satu-cerita

1 tahun ago

Penting tidak nya sekolah anak tergantung sekolahnya dimana… kalau bahas materi ini itu penting atau tidak ga akan ada habis nya,, cari sekolah inter yg kurikulum nya jelas.
Kalau sekolah di sekolah yang tidak tepat, anak bisa terpengaruh pergaulan, ikut tauran dll…
Kalau sekolah di sekolah swasta yg punya reputasi bagus malah sangat penting sekolah.

Jadi berhasil tidak seorang anak jika sekolah ditentukan dimana dia sekolah… heran dah yg di bahas kurikulum mulu,, basi

5 bulan ago

admin tahu cerita kihajardewantara dari mana ya? lah itu saja kita dapat di sekolah, (sistem :orang,buku, bisa guru bisa temen.)

5 bulan ago

Menurut saya semakin tinggi pendidikan maka tingkat kedisiplinannya akan meningkat, hal itu harus dibarengi juga dengan didikan keluarga

4 bulan ago

Kalo ini kira" dibawakan sebagai materi pembina upacara di SMA cocok ga ya..?

4 bulan ago

Kenapa sih pendidikan sekarang ini malah seperti ini namanya pendidikan ya pentinglah Ama mau jadi buta huruo

4 bulan ago

Penyampaian ny j pke bahasa anak Tik tok

4 bulan ago

Anak sekolah itu…
Pandang enteng sekali
😊👏👏👏👏🙏

4 bulan ago

Knp dibuang di Belanda? Gak ke Afrika gitu

3 bulan ago

Tujuan pendidikan adalah manusia sadar klo dia ciptaan Allah

3 bulan ago

Bahasa jawa buat apa?, Emg pakai aksara NY dikehidupan?

3 bulan ago

Ada beberapa bagian yg miss tentang sejarah pendidikan di Indonesia. Sejarah ditulis bahwa Ki Hajar dewantara sbg "bapak pendidikan Indonesia". Padahal sebelum beliau ada tokoh yg terlebih dahulu dan konsen pada dunia pendidikan. Dibuktikan dgn beliau mendirikan byk Sekolah, dan mengajar di sana. Dialah Ahmad Dahlan. Pendiri Muhammadiyah.

3 bulan ago

aKses aniway senang nonton vidio we sould bild a community,,,,T4 ,mankaL ,, jEr mAn beLanda di baLi

3 bulan ago

Kenapa Kita Harus Sekolah?
Menurut Ki Hajar Dewantara bahwa Pendidikan itu adalah memerdekakan manusia, selamat raganya, dan bahagia jiwanya. Pendidikan juga mempunyai peran penting yaitu memajukan diri, menjaga diri bangsa, dan menjaga dunia. Pendidikan yang kita lakukan saat ini harus kontinu, konvergen, dan konsentris.

Pentignya pendidikan untuk membentuk pola pikir yang logis, kritis, dan sistematis. Sekolah berguna untuk melatih daya analisa kita dan bagaimana kita berpikir dalam mengatasi sesuatu permasalahan dalam hidup. Dengan cara mengembangkan diri kita masing-masing.

            Belajar itu terus menerus sepanjang hidup ambil dari berbagai sumber seseuaikan dengan konteks kehidupan kita. Maka dari itu kembangkan diri kita kedepannya agar menjadi lebih baik lagi.

3 bulan ago

Sekolah ga penting, asal punya banyak teman dan pintar gosip, kamu akan menang dlm segala hal meski apapun ga bisa. Yg setuju like✌

2 bulan ago

ya mengisi waktu luang lah..sekolah dari pada nglamun.. nasib udah ad jlurnya takdirnya masing2.. ijasah saya gak ke pakek.. usaha sendiri alhamdulillah ….lbh baik blajar sambil mondok. ilmu agama lbh baik tuk khidupan loe… dan jg anak loe nanti..di dunia baik bahagia. sblm akherat ..ingat pesan bj habibie.
trus gak perlu jg mmaksakan diri kuliah tinggi2..d ulang lg memaksakan. lo ya..lbh baik kamu tekunin hobi kamu bs jd itu keahlihan kamu jd jln rejeki untuk kamu

2 bulan ago

Sekolah itu yang penting lululusan sma/smk setidaknya bisa mendapatkan ijazah nya, ya sekurang²nya bisa buat melamar kerjaan,walaupun tidak kuliah itu sih yng saya tahu kak🙏😁

2 bulan ago

Asli Broo.. w salut Sama loe.. Keren.. Kereen.. Smg trus Maju dan Sukses.. bisa mengubah Mindset manusia yg kerdil.. yg hanya terkungkung kpd Uang yg nanti akan menghalalkan sgla cara..

2 bulan ago

Mantap emng jadi belajar sascreb juga cehnel Ulun #petani Sukses

2 bulan ago

Konvergen

1 bulan ago

Anjir di poin bahasan peran pendidikan gw jadi keinget filosofi Desa Bahagia yang jadi dasar dari sistem pelatihan Paskibraka. Filosofinya dikembangin sama Hussein Mutahar, seorang pembina Pandu/Pramuka. Dari keluarga yang bahagia akan tercipta Desa yang bahagia, kalo Desa2nya bahagia maka Kotanya Bahagia, kalo tiap kota bahagia maka satu negara akan bahagia. Itulah kenapa Paskibraka diambil dari tiap provinsi di Indonesia, harapannya mereka bisa jadi pemimpin yang membahagiakan keluarga, desa, kota, provinsi dan negaranya nanti.

1 bulan ago

Review Kenapa Kita Harus Sekolah?.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/7dak