Eksklusif! Guru Gembul Dorong Perubahan Dunia Pendidikan | BeritaSatu Spesial

BERDEBAR [ • ] [Musik] Bismillahirrahmanirrahim asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh waalaikumsam saya minta waktu beberapa menit tadi Sebelumnya saya sudah menyampaikan permohonan kepada Pak Enggar Pak Enggar tadi berkata saya mohon maaf gaya bahasanya vulgar tadi di depan seperti itu dan saya secara pribadi minta izin Pak nanti saya mau ngomong ja lebih vulgar lagi dari itu

I Apa yang membuat vulgar saya sampaikan dulu tiga fakta yang dirangkum dalam sebuah premis fakta yang pertama itu adalah bahwa guru-guru di Indonesia adalah jajaran guru-guru terburuk di dunia yang kedua siswa-siswa di Indonesia adalah jajaran-jajaran siswa-siswa buruk juga di seluruh dunia dan yang ketiga adalah bahwa artificial intelligen beserta seluruh rentetannya adik dan

Kakaknya itu benar-benar mendisrupsi dunia sampai akan terjadi perubahan radikal di dunia pekerjaan jutaan ini tergantung lembaga surveinya tapi sampai menyebut misalkan 7 juta orang akan kehilangan lapangan pekerjaan dan ada sekitar lapangan pekerjaan baru yang menanti tapi saya ingin Uraikan satu demi satu sesuatu yang tadi mengerikan itu Misalkan yang pertama guru di Indonesia

Dikatakan sebagai guru terburuk di dunia Siapa yang mengatakan seperti itu Pisa termasuk juga Kementerian Pendidikan kementerian pendidikan di Indonesia pernah mengeluarkan membuat misalkan ujian uji kompetensi dan hasilnya hanya sekitar seper guru di Indonesia yang lulus uji kompetensi tertulis kita belum berbicara pedagogi kita baru berbicara soal pengetahuan ternyata hanya

Sepertiga guru yang layak untuk mengajar Sekali lagi saya juga guru kita kita belum berbicara tentang sesuatu yang baik kita berbicara tentang sesuatu yang mengerikan dulu saya mohon maaf Nah dari guru-guru yang jumlahnya sangat sedikit itu bagaimana ketika mereka harus berhadapan dengan dunia akademis di masa depan yang selalu berhubungan dengan

Digital hasilnya ternyata luar biasa mengerikan juga kan gini Baraya semua ketika kita berhadapan dengan dunia elektronik itu ada empat level level yang pertama itu adalah pembaca dan pengguna level yang kedua itu yang terlibat yang terlibat di dalamnya bisa menggunakan sampai detail level yang ketiga itu adalah pengguna dan kita bisa

Menggunakan media-media elektronik untuk menyampaikan e pengajaran-pengajaran dan yang keempat itu level keempat itu adalah level di mana guru itu sudah bisa menjadi trainer bagi guru guru yang lain dalam pembelajaran berbasis elektronik ini baru elektronik ya Nah Indonesia datanya hanya 46% guru yang mampu level 1 level 1 ya level 1 yaitu guru-guru

Yang menggunakan media elektronik untuk mencari sumber mencari bahan belum untuk menampilkannya belum untuk menggunakannya apalagi terlibat di dalamnya apalagi menjadi trainer itu level-level berikutnya level 1 guru-guru di Indonesia hanya 46% yang menggunakan media elektronik untuk menjadikannya sumber bacaan Dan inilah yang pada akhirnya menjadikan Indonesia sebagai negara dengan guru-guru yang paling

Tidak siap kalau nanti artificial intelligence mendisrupsi pendidikan kita ini Ngeri saya berhadapan di sini dengan guru-guru jadi jangan dulu bully saya tapi Mari kita introspeksi Apa yang akan terjadi pada murid-murid kita di masa depan itu premis yang pertamanya yang keduanya adalah bahwa ternyata murid-murid kita juga adalah salah satu

Murid-murid terburuk di dunia datanya Dari mana saya kemarin membaca sebuah paper yang ditulis oleh Elizabeth pizani judulnya saja sudah benar-benar mengerikan dalam bahasa Inggris tapi judulnya saya translasikan saja judulnya adalah anak-anak Indonesia tidak tahu seberapa bodohnya mereka Judulnya kayak gitu anak-anak di Indonesia tidak tahu tentang sebetapa bodohnya mereka

Anak-anak yang di mana yang dimaksud dia menuliskan di situ bahwa anak yang dimaksud itu adalah anak SMA dari mana dia mengambil sebuah kesimpulan bahwa anak-anak di Indonesia itu tidak tahu sebetapa bodohnya mereka dia nulis bahwa kurang dari sepertiga anak-anak SMA di Indonesia yang bisa menemukan kalimat inti dari sebuah

Paragraf kalimat inti dari sebuah paragraf kurang dari sepertiga anak-anak di Indonesia SMA yang bisa menemukannya kemudian anak-anak Indonesia hanya sedikit sekali yang mampu membaca data padahal data itu kan fakta keras ya tapi bahkan kita belum masuk ke analisis kita belum masuk ke sintesis tapi yang disebutkan di sana itu adalah anak-anak

Indonesia tidak bisa membaca data dari situ saja itu sudah menurut dia itu sudah menunjukkan bahwa anak-anak kita tidak tahu sebetapa bodohnya mereka itu ngeri saya Guru saya baca itu saya sakit hati tapi yang nulis ini papernya itu diterbitkannya di bawah naungan PBB jadi susah sekali untuk begini Jadi dan dan

Kemudian ketika saya melihat teman-teman saya di kampus teman-teman saya guru mengajar ternyata ada satu indikasi bahwa anak-anak kita memang kurang terpelajar yaitu apa ketika presentasi mereka enggak bisa lepas dari teks mahasiswa siswa di Indonesia kalau presentasi dia copas dari Google ke kemudian dia Tampilkan ke depan dan

Kemudian dia baca kata per kata huruf per huruf kalau misalkan disuruh presentasi tanpa teks mereka gagap dan bahkan tidak bisa menyampaikan pesan penyampaian pesan adalah inti dari sebuah peradaban peradaban itu dimulai dari kemampuan manusia berbahasa sehingga bisa mengakumulasikan pengetahuan bahasa itu intinya itu adalah kemampuan menyampaikan dan menerima pesan betul ya nah kemampuan

Dan menerima pesan dari anak-anak kita gagal total ketika mereka tidak mampu mempresentasikan bahkan ide orang lain jangankan mempresentasikan ide sendiri ide orang lain yang dia copas dari Google mereka gagal untuk mempresentasikannya itulah itulah kemudian disebut bahwa Indonesia memiliki anak-anak yang tidak tahu betapa bodohnya mereka kan ngeri dan premis yang ketiga ternyata adalah

Ketika kita berhadapan dengan fenomena-fenomena seperti itu dan fakta-fakta seperti itu kita berhadapan dengan artificial intelligence yang saking mengerikannya perubahannya sampai tokoh-tokoh pembesar mereka dipelopori oleh Elon Mask dan kemudian 1000 orang mendandatangani sebuah petisi mohon hentikan dulu perkembangan artificial intellence karena Dampak besarnya itu benar-benar di luar prediksi kita di

Luar kemampuan kita dalam menelaah Apa yang akan terjadi di masa depan dampak minimalnya adalah bahwa kita akan benar-benar mengalami sebuah revolusi di mana kita tidak bisa mengantisipasi dampak-dampaknya contoh kecilnya yang tadi itu kawan saya editor senang banget ketika ada program-program artificiial intellijen yang membantunya dalam bekerja kemudian dia mendapatkan surat dari atasannya bahwa

Selama ini di perusahaannya butuh lima editor setelah ada program artifisial intellijen itu hanya butuh dua jadi tolong siapa yang ngalah Mundur aja persis mem yang tadi yaalnya senang tahunya dia kegeser sendiri persis Nah kalau misalkan kita hubungkan dengan fenomena pendidikan di Indonesia ke depan Seperti apa ke depan ngeri karena

Apa tadi berbicara soal profesor yang ya di Indonesia ada yang bilang dipersulit ada yang apa tapi kita lihat datanya gelar doktor di Indonesia itu jumlahnya sekitar 30 sampai 35.000 orang sedikit sekali persentasenya dibandingkan penduduk Indonesia hanya 30 sampai 35% doktor di Indonesia dari 35 Rib orang itu 80%-nya adalah Doktor jurusan agama

Hukum dan ekonomi sa sekian Peren sedikit sekali digit cuman sat artificial intell hampir tidak ada 0 sekian per semuanya tidak ada jadi Apa maksudnya maksudnya adalah kalanganangan akademis kita yang bergelar Doktor itu kebanyakan adalah yang jurusannya berhubungan dengan masa lalu dan masa sekarang jadihadan disupsendik diaan untuk menyampaikan pesimisme agar

Kita tergerak untuk bisa menggerakkan masa depan bahwa kita dalam masa yang sangat kritis karena guru-guru kita kurang dari 50% yang melibatkan pembacaan ee e sumber-sumber elektronik siswa-siswa kita adalah siswa-siswa yang tidak terbiasa dengan pendidikan-pendidikan masa depan dan pada faktanya kita berhadapan dengan masa depan yang sangat mengerikan Jadi

Dari situ semua yang katanya di sini alumni UPI yang katanya guru yang katanya ee anak muda yang katanya akan mengisi masa depan Mari kita berpikir sama-sama Mari kita pergerakan hati kita karena masa depan kita ada dalam sebuah masa yang sangat krisis saya hentikan dulu di sini nanti kita lanjut di

Forumkus oke tepuk tangan dulu Biar mereka produsennya menjadi semakin kaya dan kita ketergantungan pada kekayaan [Musik] mereka [Musik] memulai hari dengan berita dari kami informasi di waktu yang tepat serta berita terkini yang selalu menemani dilengkapi oleh dialog dan dibawakan langsung oleh deretan presenter terbaik di media informasi berimbang dan selalu menjadi wadah untuk

Interaksi antar praktisi informasi terbaik memberikan sudut pandang yang inspiratif saksikan berita pagi berita siang berita sore dan berita malam Hanja di [Musik] TV Tuhan menciptakan alam semesta dan manusia Adam dan Hawa untuk bersama dan diusir dari [Musik] taman tuhan membuka jalan pada waktunya umat manusia akan kembali bersekutu dengannya dalam film Thein saksikan

Desin Jumat 2 Juni pukul 17.30 waktu Indonesia Par hanya di btv pertarungan demi mendapatkan gelar juara semua petarung dari seluruh dunia mengeluarkan kemampuannya di dalam ring oktagon Siapakah yang menjadi Penang dan mempertahankan kebanggaan [Musik] dirinya sakikan one Championship pukul 23 waktu Indonesia parat hanya di btv [Musik] Kami hadir untuk menjadi yang pertama

Dan yang utama para korban yang mengali luka-uka langsung Diwa ke rumah sakit umumil kabupat Kami hadir denganitas berita yang ungul dan juga kecepatan informasi terdean yang ditangkap itu dari berbagai kasus 45 k melakukan konsolidasi pangan pil 202 Hanja di btv Obrolan asik dan mendarik bersama musisi-musisi populer diambil dari pengalaman pribadi sih

Sebenarnya Terus akhirnya kita kembangin bar sama teman-teman bandband keren banget sajian musik Epic dengan penampilan spektakuler musisi musisi Beranti kam musik tanah air siapa aja mereka pengin tahu Epic setiap hari pukul 9 Waktu Indonesia Barat dan pukul 20 Waktu Indonesia Barat hanya di B TV TV digital Kami hadir dengan menjangkau

Pemirsa di seluruh Indonesia btv bersatu [Musik] menginspirasi sekarang kita bisa sambil ngobrol-ngobrol kali ya ee ee mungkin ee cair aja ya tidak perlu pakai termin-termin karena kita juga waktunya agak terbatas eh silakan Mungkin ada yang mau menyampaikan tanggapan ter oke silakan teh ya Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Eh perkenalkan Bapak Ibu semuanya saya

Andiliail mahasiswa pendidikan khusus dari fakultas ilmu pendidikan dan Kebetulan juga saya juga k gitu ya terhadap permasalahan ini jadi juga terpantik untuk bertanya pertama gitu ya berbicara tentang Ai pendidikan dan juga perkembangan zaman kayaknya bisa dikaitkan dengan kapitalisme yang ada gitu ya kayak gitu nah lalu em yang pada akhirnya gitu ya pendidikan

Yang harusnya milik bersama itu tuh kan pada akhirnya malah menjadi jadi milik pemilik modal lalu pertanyaannya Bagaimana sih agar pendidikan pada akhirnya tetap bisa terakses oleh kalangan bawah kayak gitu dan yang kedua untuk sekarang kan ada undang-undang sistem pendidikan nasional yang katanya sedang menuju revisi lalu ketika berbicara tentang pendidikan dan

Perkembangan teknologi maka juga akan berkaitan dengan kebijakan nasional kayak gitu nah lalu apa sih perubahan yang harus di lakukan atau harus di kita eh rencanakan terkait kebijakan secara nasional dan juga untuk kebijakan ee lembaga pendidikan yang ada terlebih gitu ya untuk tadi undang-undang Sis Diknas itu juga sedang dalam proses

Revisi berarti Apa perubahan yang harus dilakukan secara kebijakannya kayak gitu terima kasih wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Oke terima kasih ee mungkin sekalian aja ya Em kalau misalkan berbicara tentang Kenapa ini ngeri-ngeri terus tidak ada optimismenya ketika keyakinan dibangun dari keraguan maka masa depan itu dibangun dengan kekhawatiran kita untuk

Berhadapan dengan masa depan ee terkait dengan pernyataan yang tadi itu yang teteh tadi itu apa tuh jadi saya lupa lag eh soal akses Iya soal akses pendidikan Gimana caranya agar ee semua masyarakat kalangan atas dan kalangan bawah tetap mendapatkan pendidikan begitu ya I eh salah konsep tuh sejak awal kita tuh mendapatkan

Pendidikan soal formal atau enggak formal itu urusan lain tapi sejak awal kita mendapatkan pendidikan itu yang pertama Kemudian yang kedua Gimana caranya agar kita mendapatkan seluruh pendidikan kita mendapatkan pendidikan seluruhnya dari yang bawah sampai yang atas cuma beda materinya nah ini penting Ini penting ini untuk semuanya materi untuk orang-orang yang

Didesain untuk menjadi orang miskin itu berbeda dengan materi yang disampaikan untuk menyampaikan e untuk orang-orang kaya Misalkan sederhananya begini saya bocorkan rahasia Ini pelajaran Ekonomi kan itu tadi bu Prodi pendidikan eh ekonomi kalau belajar ekonomi untuk orang-orang kaya itu belajarnya cuman tiga yang pertama itu adalah bagaimana cara berpenghasilan yang kedua adalah

Bagaimana cara ee mengelola Ekonomi keuangan dan yang ketiga adalah bagaimana caranya menguasai aset atau menguasai mesin uang tiga itu saja yang diajarkan kalau disampaikan untuk orang-orang yang didesain untuk jadi orang kaya di masa depan kalau untuk orang miskin diajarkan kapitalisme adalah bla bla bla bla bla bla secara definitif perbandingan ekonomi

Kapitalisme Pancasila dan sosialis tulis itu perbedaannya Jadi kalau misalkan akang-akang belajarnya tentang yang seperti itu curiga masa depannya akan didesain untuk menjadi orang-orang miskin makanya ketika kita berpendidikan pun sebenarnya kita tuh didorong untuk tidak Mandiri secara finansial Tidak Mandiri secara intelektual karena ya seperti itu di sini Siapa yang diajarkan misalkan dalam pelajaran

Ekonomi sekian persen penghasilan untuk nabung sekian persen penghasilan untuk invest sekian persen e penghasilan untuk kebutuhan-kebutuhan biologis kebutuhan-kebutuhan akademis kebutuhan-kebutuhan e relaksasi misalkan berapa persen yang diajarkan seperti itu enggak ya karena itu karena pendidikan-pendidikan kita itu sengaja dibuat untuk menciptakan kemiskinan yang struktural nah termasuk juga akhirnya yang kedua mengelola ekonomi kan

Mengelola uang kita itu level kedua Gimana caranya agar kita kaya ya kita mengelola ekonomi kita justru kita didoktrin untuk membelanjakan penghasilan kita bukan untuk menghemat coba cek HP berapa banyak aplikasi yang secara urgen kita butuhkan tidak banyak karena apa Karena kita didorong untuk membeli dan menggunakan barang-barang yang tidak

Urgen Biar apa Biar mereka produsennya menjadi semakin kaya dan kita ketergantungan Pak pada kekayaan mereka dan selamanya akhirnya kita tidak bisa menjadi negara yang maju kalau kita tadi dikatakan bahwa tahun 2045 kita akan menjadi negara yang maju yang bangkit yang hebat salah satu negara dengan ekonomi yang besar dan

Sebagainya yes tapi itu target dan target dimulai dari sebuah realitas dan yang lebih penting kesadaran atas realitas itu ini Bukan soal ngeri atau enggaknya Buat orang-orang yang mau berjuang saya katakan ini bukan kengerian ini adalah potensi ini adalah kesempatan kita agar menjadi pahlawan-pahlawan di masa depan tapi buat orang yang pesimis ini adalah

Kengerian jadi saya jadikan ini sebagai alat perjuangan bahwa di masa depan saya akan menjadi orang yang menjadi pahlawan di masa depan Iya tepuk tangan oke ya kita itu terlalu banyak gonta-ganti kurikulum yang sekarang itu kurikulum Merdeka tapi saya curiga itu sebenarnya ngambil dari EB system gitu tapi saya enggak tahuah

Bukan yang menyusunnya ee tapi Anggaplah kurikulum Merdeka sekarang diterapkan apa yang diterapkan Enggak ada enggak ada perubahan karena apa guru-guru di sekolah Ketika inhous training yang diajarkan itu bukan kurikulum Merdeka yang diajarkan tu gimana cara bikin administrasinya perubahan dalam format menyusun e laporannya ya yang kayak gitunya jadi

Mau kurikulum ganti berapa pun saya guru dari tahun 2008 setiap kurikulum ganti Saya enggak pernah disosialisasikan tentang Apa makna pergantian kurikulum itu saya hanya disuruh untuk training tentang bagaimana cara bikin RPP model baru itu masalahnya saya pernah ngobrol sama Prof Hamid Iya ngobrol yang beliau kan salah satu yang menyusun yang menyusun ini

Terus saya katakan Pak kurikulumnya gini gini gini loh saya enggak bikinnya kayak gitu kok gitu Saya kok di duniaanya nyatanya begitu ya memang jadi yang jadi masalah itu bukan tap yang jadi masalah itu ada distorsi besar dari ide-ide dari atas dari para penyusun yang terhormat dari pak menteri dengan kemauan yang

Segala rupa tapi ketika masuk ke bawah masuk ke bawah masuk ke bawah itu udah beda sama sekali udah udah benar-benar saya ngobrol asli dengan e orang-orang ikupi di sini dengan Pak Profesor dan sebagainya begini tentang kurikulum Merdeka besoknya saya ikutan inhost training dilatih sama dari dinas pendidikan yang begini dan begitu beda

Sekali Jadi intinya sebenarnya kita enggak butuh perubahan-perubahan itu karena ternyata pada faktanya perubahan yang terjadi itu bukan pada kurikulumnya tapi perubahan itu terjadi pada orang atas Ngomongnya kayak gimana Pas sampai guru udah beda cerita gitu gitu Jadi kita esensial aja L berpikir tuh e kan guru itu ada kompetensi eh profesional

Ada kompetensi pedagogik ada sosial ada pribadi atau individu nah kompetensi pedagogik itu enggak pernah dibahas sama sekali enggak pernah makanya saya Saya ingin kritik ini ke orang-orang Upi di sini saya kritik ke orang-orang yang megang kebijakan yang bikin aturan-aturan seperti ini kenapa guru-guru di Indonesia digaji dengan sangat murah karena enggak punya kompetensi

Kenapa gak punya kompetensi karena gak memiliki kompetensi kalau misalkan ada seorang pilot ini sering saya sampaikan kalau ada seorang pilot jadi guru bisa enggak bisaa bisa enggak guru jadi pilot tidak enggak bisa karena apa Karena pilot memiliki kompetensi guru tidak kalau misalkan ada dokter jadi guru Bisakah bisa bisa guru disuruh jadi

Dokter enggak akan ada yang mau kenapa Karena Guru tidak memiliki kompetensi Kenapa guru tidak memiliki kompetensi karena Universitas Pendidikan Indonesia tidak pernah menekankan kompetensinya apa enggak pernah ngajarin dia saya mohon maaf ya Ini mah langsung aja kritik mumpung pada orangnya langsung gitu mumpung masukin TV juga Pak mumpung masukin di TV saya

Berdiriok berapa banyak banyak SKS guru-guru atau calon guru di UPI diajarin psikologi pendidikan anak sedikit sekali sampai akhirnya apa at dari 40 siswa di Indonesia SD itu sebenarnya disleksia tetapi guru-guru tidak diajarkan itu sehingga mereka gagal memahami anak-anak seperti itu sehingga anak-anak yang berpotensi menjadi orang besar di masa depan malah jadi preman

Gara-gara salah diagnosis kenapa guru-gurunya enggak pernah diajarin apa itu disleksia siapa di sini dosen yang pernah ngajarin ke anak-anak didiknya tentang pendidikan itu soal disleksia itu baru satu masalah sedangkan masalah psikologis anak itu kan banyak Siapa yang pernah kan tidak jadi kebanyakan di sekolah itu di Universitas diajarin

Bagaimana cara bikin RPP silabus yang ketika lulus kuliah sudah tidak diperlukan lagi karena kurikulum sudah ganti ya jadi cek bimbel-bimbel terbaik di Indonesia yang sekarang sudah redup sudah sudah terdistorsi eh sudah terdisrupsi saya kasih penjelasan Berdasarkan pengalaman saya sendiri kalau guru les guru les guru-guru yang berasal dari Upi itu kalah bersaing

Dibandingkan universitas-universitas yang non keeguruan Kenapa karena kegagalan mereka untuk bisa menyampaikan materi secara Sederhana itu masalahnya di situ jadi Apakah itu ngeri ngeri kita berbicara soal pendidikan saat ini kita belum berbicara soal Ai masa depan yang sangat mengerikan itu kita belum berbicara di situ bahkan di dunia nyata saat ini

Aktual hari ini kita kalah lalu Bagaimana ceritanya kemudian kita didorong untuk enggak usah dulu berpikir soal ngeri ya kita enggak usah mikirin soal ngeri kita harus berjuang tapi untuk menghilangkan kengerian itu adalah dengan perjuangan untuk mencapai perubahan berani untuk berubah berani untuk mengkritik orang tepat di depannya [Tepuk tangan] [Musik] [Musik] ye

Narsum:
GURU GEMBUL
Konten Kreator & Guru

Jangan lewatkan live streaming BTV 24 jam non stop di https://www.beritasatu.com/livestream.

#gurugembul
#pendidikan
#BeritaSatuSpesial

Pastikan kamu subscribe dan aktifkan juga tombol lonceng untuk mendapatkan notifikasi video terbaru dari BeritaSatu.

Kunjungi juga social media channel kami :

Official Website: https://www.beritasatu.com
Twitter : https://twitter.com/Beritasatu
Facebook : https://www.facebook.com/beritasatu/
Instagram : https://www.instagram.com/beritasatu/
Telegram : https://t.me/beritasatu_news
Tiktok : https://www.tiktok.com/beritasatu
Sobat BeritaSatu, Info tentang #Eksklusif #Guru #Gembul #Dorong #Perubahan #Dunia #Pendidikan #BeritaSatu #Spesial ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:27:16 detik.


Apabila Dirimu, penggemar setia BeritaSatu Membutuhkan Bantuan jasa pengolahan dan tabulasi semua jenis data , meliputi keseluruhan tahap pengolahan dan penulisan laporan dari data yang disediakan oleh anda, atau hanya sebagian dari tahapan pengolahan, termasuk pembagian fasilitas mainframe ke klien dan penyediaan entri data dan kegiatan pengelolaan big data, kami siap membantu anda.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah Eksklusif! Guru Gembul Dorong Perubahan Dunia Pendidikan | BeritaSatu Spesial ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Sekedar mengingatkan bahwa, berdebar.com menggunakan mesin pencari untuk menghasilkan dan memelihara database besar dari alamat dan isi internet dalam format yang mudah dicari. berdebar.com menyediakan isi yang diperbarui secara berkala, baik secara langsung ataupun tidak langsung Dan bertindak sebagai portal ke internet..

Begitulah sekilas tentang Eksklusif! Guru Gembul Dorong Perubahan Dunia Pendidikan | BeritaSatu Spesial yang telah dilihat oleh 245494 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © BeritaSatu 1636 | #Eksklusif #Guru #Gembul #Dorong #Perubahan #Dunia #Pendidikan #BeritaSatu #Spesial

orang seperti guru gembul ini jika ditempatkan di posisi menteri, pada menteri apapun cocok, mudah mudahan dilirik dan dipertimbangkan pasca pilpres 2024

6 bulan ago

Saya mendukung perkembangan AI

6 bulan ago

dukung guru gembul jadi menteri pendidikan👆

6 bulan ago

Dinas Pendidikan itu justru "jahat" terhadap para guru wkwk

6 bulan ago

👍

6 bulan ago

malah pada main hp, kocak!

6 bulan ago

Gx usah heran lah kalau kebodohan ini terstruktural oleh pemerintahan kita sendiri. Bisa dimaklum lah indonesia seperti ini adanya karna sebagian besar orang indonesia gx bisa membandingkan antara 100rb pemasukan per KK per 1× masa jabatan (5th) dan pengeluaran perhari hingga 5th yg akan datang. Yg dimaksud perhari adalah harga asli barang yg kita beli perhari + pajak = berapa jika dikalikan 5th.

6 bulan ago

waktu sma salah satu guruku nyuruh siswa siswi nya kalau sewaktu presentasi tidak boleh baca teks jadi harus bener bener nguasai materi yang ada didalam ppt dan menjelaskan secara tatap muka di depan kelas tanpa membaca teks kertas ataupun hp apalagi ppt. dan itu berhasil biarpun gak semua siswa siswinya bisa tapi setidaknya beberapa siswa siswinya ada yang bisa jadi menurutku kalau sistemnya ini diterapkan dan dibiasakan amat sangat bagus sih

6 bulan ago

Jos …..mantab guru gembul….mewakili suara kebenaran yg selama ini penuh diliputi kepalsuan…semoga ini akan memulai pencerahan dan
Perubahan untuk bangsa yg lebih baik…

6 bulan ago

Fakta memang menyakitkan, semoga menjadi instrospeksi kita semuanya… 🙏

6 bulan ago

orang – orang sombong yang gak bisa nerima fakta kelihatan yang megang hp disaat orang lagi berbicara

6 bulan ago

kurikulum nggak ada 😆

6 bulan ago

Setuju sama penyampaian guru gembul.

6 bulan ago

Pertemukan Guru Gembul dengan Abdur Arshad komika, sama2 memperjuangkan pendidikan

6 bulan ago

Pilot, dokter bisa membuka ilmu pengetahuan melalui guru yg mengajarkan membaca dan menulis. Saya sangsi jika pilot dan dokter bisa jadi guru dikelas dengan beraneka ragam siswa. Pak guru gembul sudah pernah lihat pilot dan dokter ngajar membaca dan menulis dikelas????

Belajar membaca dan menulis adalah pondasi utama. Kenapa dibilang guru bergaji rendah karena tidak berkompetisi???

6 bulan ago

Pejabat di indonesia harusnya diisi orang2 yg pengetahuan kompetensinya seperti pak gembul… Bukan orang2 terkenal, terdekat, apalagi orang yg cuman disetir…

7 bulan ago

Nah ini baru cerdas,ada isinya. Bukan omong kosong doang 😂

7 bulan ago

Terkadang dari siswa itupun susah menerapkan kurikulum merdeka, kerena mereka terbiasa pembelajaran ceramah. ketika menerapkan metode lain mereka justru kebingungan dan menganggapnya bukan bagian dari pembelajaran. Kalau ga di kasih materi dan tugas bukan belajar

7 bulan ago

Banyak yg kontra dengan guru gembul , tapi kenapa saya malah pro dengan info dari beliau yah , apakah yang kontra merasa tersinggung ???

7 bulan ago

Luar biasa , Alhamdulillah

7 bulan ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/0a73