Konferensi Pers Perkembangan Pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP)

Kementerian Investasi – BKPM [ • ] Hi Ho Hi Ho Hi Ho hai hai [Musik] yo yo Halo Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salon Gang Salam sejahtera untuk kita semua Hai teman-teman wartawan yang seumur mati baik yang mengikuti secara Zoom maupun dalam ruangan hari ini kami dari Satgas yang sempat hadir Alpha Prof diwakili Menteri Hukum dan HAM ada mbak

Dini sebagai sekretaris Satgas dari staf khusus presiden kemudian paimama sebagai Deputi dallaxy yang melakukan penataan perizinan dan karo hukum kami pak Jefri seperti itu Hai pernah janjikan kepada teman-teman media Bahwa dalam rangka penataan berijin and khususnya peta pencabutan 2078 hiu yang sudah terjadi sejak bulan Februari maka hari ini kami ingin menyampaikan

Laporan perkembangan terkait dengan pencabutan tersebut pencabutan izin dari 2078 Yup yang sudah tercabut adalah sebesar 2065 izin atau 9840 totas total areal yang dicabut sebesar 3117101 tiga hektar ini akumulasi dari 2065 izin Hai kemudian breakdown daripada ijin-ijin tersebut adalah batubara sebesar tiga ratus enam yuk atau atau sekitar 909410 belas hektar kemudian Timang

307 yuk di konversi lahan menjadi 445702 hektar kemudian nikel 106 yuk Hai dikonversi sebesar 150 2094 hektar emas 71i up dikonversi menjadi 540 4728 hektar bukshit 54q atau sebesar 320 6328 hektar tembaga sebesar 18 tiup 70653 hektar sementara mineral lainnya sebesar 1203 iup atau 5590 9126 hektar benar lainnya ini

Termasuk dengan agar Yance kalau berdasarkan wilayah Hai yang tersebar hai pertama adalah Kalimantan Barat Hai yang kedua ada Kalimantan Timur Hai yang ketiga Allah Kepulauan Bangka Belitung yang keempat Al Kalimantan Tengah dan yang kelima adalah di Papua Hal ini berdasarkan luasan Yup yang dicabut raja2 banyaknya Hyuk dan luas anu

Sementara kalau banyaknya IU Hai yang pertama adalah Kepulauan Bangka Belitung disana banyak tema yang kedua adalah Kalimantan Barat disana banyak tambang-tambang boks dan lainnya kemudian Jawa Timur ini menyangkut dengan galian C yang banyak kemudian Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur Hai nah teman-teman semua dari total yang sudah kami sampaikan tadi

Ada beberapa hal yang penting kami harus umumkan yang banyak pengusaha udah nanya tentang Hai Kapan pemulihan itu dilakukan Hai nanti kajian hukumnya nanti aku sampaikan oleh menteri wakil menteri hukum dan HAM Prof di Namun kami perlu sampaikan bahwa dari total 2003.doc 2078 tiup yang kami cabut kami memberikan

21 ruang bagi teman-teman pengusaha yang ijinnya dicabut untuk melakukan keberatan Dan dari keberatan yang sudah masuk sebesar 700 lebih dan kami sudah melakukan verifikasi tahap pertama dari 200iu pertama yang kami umumkan itu kurang lebih sekitar delapan puluh izin 75-80 izin yang kami akan pulihkan kembali artinya janji saya dari awal

Kepada teman-teman pengusaha bahwa pemerintah tidak akan mungkin dzolim Hai kalau dalam pencabutan ini kemudian dalam verifikasi terdapat dan ditemukan bahwa kalau izin-izin itu berjalan sudah berproduksi dan itu ada kehilafan dari pemerintah pemerintah akan melakukan perbaikan sebagaimana mestinya ini janji saya dari awal dan hari ini kami akan melakukan pemulihan bertahap

Hai hari ini sampai dengan akhir Agustus Insyaallah akan selesai j&t Hai dari 75 izin sampai 80 izin hari ini kami akan pulihkan mulai start lari Senin itu suratnya akan diberikan sementara yang lainnya itu akan dilakukan proses terus sampai dengan paling lambat minggu kedua bulan September Namun apabila tidak ada surat pemulihan kepada perusahaan-perusahaan

Yang telah melakukan keberatan itu artinya oleh tim tidak 4A memenuhi unsur untuk dipulihkan dimana tim Satgas ini adalah kolaborasi antara Kementerian ESDM khususnya untuk Tiup dan kementerian investasi sementara untuk kehutanan adalah ke kolaborasi antara Kementerian Kehutanan dan kementerian investasi sementara hgu dan hgb itu elek kerjasama antara Kementerian ATR dengan Kementerian

Investasi hal yang lain sampaikan juga bahwa ada beberapa perusahaan ia mengajukan kepada PTUN tapi jumlahnya tidak signifikan kami menghargai sebagai pemerintah proses yang ada proses hukum yang ada Namun sebagai ketua Satgas Saya ingin menyampaikan bahwa penataan perizinan ini berbeda dengan persoalan sengketa izin yang teman-teman dunia usaha lakukan di

Pengadilan kalau sengketa izin itu ada satu lokasi dimiliki oleh 2/3 izin itu kalian bersengketa sama antar pengusaha dalam konteks ini adalah 21 persoalan administrasi sebagaimana mestinya yang kedua persoalan faktual ijinnya Oke tapi operasionalnya enggak ada sudah dijalankan bertahun-tahun enggak dilakukan maka itu bagian yang akan kita jadikan sebagai rujukan untuk melakukan

Proses penilaian sampai dengan tingkat pencabutan izin saya pikir itu beberapa hal yang perlu saya sampaikan hari ini kami sudah membuktikan komitmen kami untuk melakukan pemulihan skyline yang dipulihkan sekarang itu kurang lebih 75-80 dari berbagai bidang tahap Berikut kita akan lakukan lagi jadi dari total 700 lebih atau 800 yang melakukan

Keberatan itu tidak semuanya akan dipulihkan paling tinggi kalau saya lihat data yang ada saya tidak bisa menjelaskan berapa tapi dalam bayangan itung-itung enggak lebih dari 40 persen mustahil Hai dari data yang ada Hai itu beberapa santri saya saya persilahkan kepada Prof di untuk memberikan narasi hukumnya terkait dengan persoalan e-pendataan perizinan B

Pengembalian maupun kemuliaan yang ada seakan Prof Hai terima kasih Pa menteri salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Shalom Om Swastiastu namo buddhaya salam kebajikan Salam sehat bagi kita semua Menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh menteri investasi selaku ketua Satgas ada beberapa hal yang perlu Kami jelaskan Yang pertama bahwa satuan tugas ini bekerja

Berdasarkan dua Keputusan Presiden yaitu keputusan presiden pada bulan November 2021 terkait Satgas percepatan investasi yang kemudian berkolaborasi dengan Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang pendistribusian lahan pencabutan izin yang dilakukan ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk memperlihatkan kesewenang-wenangan pemerintah tetapi Kami ingin menegaskan dan ingin menjelaskan bahwa pencabutan yang dilakukan adalah dalam rangka

Nyataan lahan Oleh karena itu sejumlah izin yang kami cabut Lalu ada dua mekanisme mekanisme pertama dalam pengertian banding administrasi yang ditujukan kepada satuan tugas dan yang kedua apabila ingin menempuh jalur hukum maka akan melalui pengadilan tata usaha negara tetapi apa yang tadi telah disampaikan oleh Bapak menteri bahwa

Yang dilakukan oleh satuan tugas ini tidak hanya berorientasi pada kelengkapan administrasi tetapi juga pada kelengkapan secara faktual Jadi kami akan melakukan check and recheck terkait apa yang terjadi di lapangan selanjutnya perlu Kami jelaskan saudara-saudara bahwa dalam rangka penataan lahan atau pendistribusian lahan ini ada dua ke keputusan presiden yang kemudian juga

Kami uang kan dalam dua keputusan Menteri investasi maupun dalam konteks sebagai kepala satuan Tugas atau ketua satuan tugas yang satu berkaitan dengan pemulihan izin yang tentunya ada melalui beberapa tahapan ketika keberatan itu masuk lalu kemudian akan dilakukan verifikasi dan bila perlu Satgas akan melakukan pengecekan di lapangan dalam kaitan objektivitas secara faktual dan

Setelah itu kalau memang memenuhi syarat-syarat seperti apa yang tadi dikatakan oleh para menteri maka izin itu akan dipulihkan dan kemudian terhadap lahan yang kemudian di hidup yang dicabut dan kemudian tadi dikatakan oleh pak menteri paling tidak hanya sekitar Ia 40% yang dipulihkan maka sisanya itu akan didistribusikan berdasarkan mekanisme yang tertuang

Dalam surat keputusan hal terakhirnya ingin kami tandaskan kepada saudara-saudara bahwa kerja satuan tugas adalah berdasarkan tiga pilar utama dalam hukum kita tidak hanya berorientasi pada kepastian hukum dalam rangka atau dalam hal kelengkapan administrasi tapi ada dua hal yang paling penting dari tiga pilar hukum itu yang pertama adalah soal kemanfaatan dan

Yang ketiga adalah soal keadilan jadi seperti apa tadi yang telah dikatakan oleh pak menteri secara kepastian hukum Dia memiliki iup tetapi ketika itu yuk diterlantarkan atau itu tidak digunakan maka itu dicabut atas nama kemanfaatan dan keadilan inilah yang kemudian kita lakukan dalam hal pendistribusian kepada masyarakat dan itu dituangkan di dalam

Surat keputusan Menteri ini semata-mata adalah untuk kepentingan umum demikian yang ingin kami sampaikan dalam kapasitas sebagai tugas percepatan investasi maupun satuan tugas penataan lahan Sekian dan terima kasih Hai sebelum asal memberikan waktu kepada teman-teman wartawan Saya ingin menyampaikan bahwa Satgas ini juga setelah kita melakukan pencabutan dan sudah diverifikasi

Terakhir maka lahan-lahan yang ada kita akan distribusi kepada kelompok-kelompok yang dianggap itu kita lakukan dalam rangka pemerataan semuanya sudah tertentu atas arahan bahwa presiden karena bahwa presiden sendiri ingin mengatakan bahwa teman-teman BUMD koperasi-umkm BUMD UMKM di daerah harus betul-betul mendapat manfaat jangan izin dikuasai hanya sekelompok orang tertentu ini sebagai instrumen kehadiran pemerintah

Dalam rangka memberikan keadilan supaya tidak ada terkesan lagi bahwa ada monopoli yang diinginkan oleh satu kelompok tertentu semuanya dalam kerangka kebaikan rakyat bangsa Hai dan Hai saya persilahkan ini mungkin ada yang mau banyak seakan baik karena akan media setelah mendengarkan keterangan dari berinvestasi dan juga wakil menteri hukum dan HAM Selanjutnya kami silahkan

Penanya sudah siap Tolong sebutkan nama dan dari media mana pertanyaannya tolong singkat dan jelas silahkan bangsanya Pak tadi ada 70-80 perusahaan pertambangan yang hiu hanya akan dikembalikan setelah Nata jilid dan memang masih produksi mungkin Bapak bisa kasih Virgoun siapa saja urusan ini Pak atau mereka bergerak di produk mana

Antar juga untuk perusahaan yang lahannya masih giginya dicabut apa yang terjadi pada lahan dan perusahaan ini pak terima kasih yang kedua pertanyaannya yang kedua jadi untuk perusahaan yang isinya masih dicabut apa akan terjadi kepada bawahannya itu Pak Selain itu Hai baik ayam pertama saya ingin menjelaskan Mas bahwa dari

75/80 80 perusahaan itu terdiri dari perusahaan dari bidang batubara ya nikel kemudian boxid ada emas kemudian ada timah dan ada juga galian galian yang lainnya nama-nama perusahaannya saya pikir nanti kita akan umumkan langsung lewat website masing-masing perusahaan itu akan karena akan diberikan surat keputusan tersendiri nanti saya pikir kita dalam

Konteks ini ada yang terbuka tapi jangan semua telanjang nanti kita akan jangan sampai ucapan saya lebih dulu daripada SKS Tekken itu jadi nanti pasti teman-teman pengusaha itu akan mendapatkan sk-nya dalam waktu dekat yang kedua lahan yang sudah dicabut itu akan dikembalikan oleh dikembalikan ke negara Oh ya negara akan mendistribusikan itu

Berdasarkan skala prioritas dan keseriusan Jadi pertama kalau yang gede-gede itu memang ada mekanisme-mekanisme tender tapi kalau yang untuk ormas untuk abmd untuk UMKM untuk Yayasan dan Koperasi berdasarkan Keppres Nomor satu Tahun 2022 itu pemerintah akan melakukan penetapan lewat mekanisme yang sudah ditentukan lewat Keputusan Presiden maupun keputusan Menteri gitu

Mas jadi nggak bisa Kongkalikong lah kira-kira begitu ini enggak ada gerakan tambahan dalam pendistribusian semua kita mengacu kepada apa yang diarahkan oleh pimpinan dan negara untuk kebaikan dan pemerataan bagi rakyat itu Hai terima kasih sayurnya kami silahkan ah rekam jurnalis yang sudah siap bertanya-tanya Halo tes selamat siang Mbak saya

Berdebat dari senbis Indonesia Pak pali pabaliut Saya ingin tanya Pak mengenai tadikan disebutkan bahwa ada izin tambang yang dipulihkan ya Pak Nah kalau untuk izin tambang yang kemarin dicabut dan tidak pulih lagi pak itu kapan nanti akan dilelang lagi atau nanti diberikan ke BMW Pak terus Apakah ada bakal ada

Lelang baru Pak untuk Belle tambang di mana saja mungkin lokasinya Pak Terus eh izin tanya Pak mengenai seisuu yang sekarang ini lagi rame Pak ketipak apa putih tabran tanpa tambahan legal Tanpa Izin Pak ya sekarang lagi marak terutama di PT Timah Pak Kemarin kan May juga sudah apa mengusulkan

Katanya akan ada satuan tugas nasional untuk penanggulangan Peti ya Pak seni itu sejauh ini bagaimana progresnya mungkin kalau dari Kementerian investasi wakaf sejauh ini koordinasi dengan lintas Kementerian setiap Hai dan pegelnya tuh bagaimana gitu Pak Hai kemudian yang ketiga Pak Hai ke kita kan juga punya blog wawu ya

Pak yang potensinya juga cukup besar katanya Pak Nas jauh ini bagaimana sih Pak perkembangan untuk pengelolaan dari blog lagu ini sendiri siapa nantinya yang akan mengelola Apakah nanti bumi ataukah nanti akan dilelang mungkin seperti suka terima kasih Hai baik Mas Terima kasih yang pertama adalah hai izin yang sudah dicabut itu eh izin

Yang sudah dipulihkan itu tadi tadi saya sampaikan bahwa ada SK nanti untuk mereka memulihkan kembali itu karena di dalam SK pencabutan pun sudah ada narasi redaksinya kalau di kemudian hari terdapat kekeliruan akan melakukan perbaikan sebagaimana mestinya artinya ketika orang punya benar ya Kita Harus Jujur dong file mengatakan dia

Benar dan kita pulihkan tapi bagi yang sudah kita menurut penilaian dari tim Satgas mengatakan bahwa itu sudah tidak memenuhi syarat yaitu akan dikembalikan kepada negara mekanismenya ada dua kalau B Kalau yayasan kemudian koperasi organ kemasyarakatan UMKM itu penetapan tapi dia tunggu nanti kriterianya yang kedua yang skala skala besar dalam arti kata

Memang tidak diperuntukkan kepada kelompok 5 yang Sesuai Keppres itu akan lewat mekanisme tender Hai kalau ditanya Kapan atuh Bu Kamila ini seperti orang makan kalau sarapan pagi Jangan Mas banyak makan siang nanti perut sakit sehari di nanti ya dikasihkan waktu untuk berpikir ya tapi yang jelas bahwa intinya inilah kebaikan

Untuk penataan Andaikan kita kasih tidak itu lagi gitu kita pengen Kan kita mau pingin pengusaha nasional ke-6 dari daerah kan Kita pingin konglomerat baru muncul pengusaha daerah muncul supaya keseimbangan jangan ekonomi dikuasai oleh satu kelompok tertentu enggak boleh harus merata ya Mas yang kedua menyangkut peti PT ini seperti angin dapat rasakan gak

Bisa dipegang di dalam bahasa ini saya tapi sekarang kita lagi melakukan proses konsolidasi internal antar kementerian dan antara penegak hukum nah ini enggak sangat sensitif sekali kalau saya ngomong tapi Yakinlah bahwa kita tetap akan melakukan pendataan lewat mekanisme mekanisme aturan yang berlaku yang ketiga menyangkut dengan wa-mu wa-mu ini adalah x dari Freeport

Hai ada kurang lebih sekitar quality hampir 60.000 hektar di daerah Papua wabup tersebut belum diberikan kepada siapa-siapa jadi tolong luruskan juga jangan sampai ada Dek di pikiran bahwa bunyi sudah dikasih oleh perusahaan aplusan B perusahaan C belum secara undang-undang yang mendapat Prioritas pertama itulah BUMN itu saya undang-undang dia akan mendapat protes

Pertama dan blog babu ini bagus karena itu kita lagi mencari struktur kolaborasinya antara investornya BUMN dengan siapa dan mekanisme tapi mekanisme turun Jadi tidak boleh kita keluar dari kerangka aturan jadi teman-teman media tolong juga sampaikan bahwa blok wa-mu itu masih dikuasai oleh negara belum dikuasai oleh siapa-siapa Hai dan plot pengelolaannya lagi dalam

Proses untuk kita mitigasi mana yang terbaik dan menguntungkan negara jadi jangan cepat-cepat juga kita mau Dil Dila jacro Negara belum mendapatkan satu posisi yang sangat proporsional ini Yang sekarang kita lagi itu mas dan itu blok wa-mu itu jaringannya bisa langsung masuk reporter itu dekat itu kan X penciutan dari Freeport dan saya tahu

Lokasinya dimana datanya pun sudah adik kami ya Mas ya makasih banyak Mas Hai baik menteri bapak ibu ada satu pernah terakhir kami Halo selamat soal siang Pak bahlil siang maaf saya Indonesia dari merdeka.com Pak saya mau izin mohon di-ping Jelaskan penjelasan lagi terkait Nah tadi Bapak Sebutkan tidak lebih dari 40 persen yang

Bisa dipulihkan artinya itu sisanya timal Gimana Pa mekanismenya Apakah harus mengurus izin ulang atau nanti ditenderkan itu cepat Terima kasih ya Mbak Hai yang Sekali lagi saya katakan bahwa izin-izin sudah dicabut kemudian pertama dikembalikan ke negara Hai dikembalikan ke negara cara pendistribusiannya adalah Kalau yang untuk kepentingan umum berdasarkan Keppres

Nomor satu itu akan melakukan penetapan lewat mekanisme ska Tetapi kalau yang gede-gede sekali yang itu berbau kursinya taruh tinggi itu akan lewat mekanisme peraturan perundang-undangan yaitu bagian NDR itu Mbak jadi amanlah barang ini jangan takut pikir bahwa ini ada Kongkalikong aku ngerti ini pertanyaan merdeka.com ini nanti dikirain ini ada gerakan tambahan aku

Jamin gara-gara ketambahan semua kita harus patuh pada aturan perundang-undangan mekanisme dan pemerataan ini paling penting bahwa presiden kan selalu mengatakan pemerataan Hai distribusi lahan untuk kepentingan banyak orang jangan ada satu kelompok yang menguasai barang ini sekali lagi katakan itu niat Mulianya bahwa presiden yang kedua Kenapa izin kita cabut

Menindaklanjuti apa sampai oleh Pap Prof Edy tadi wakil menteri hukum dan HAM karena banyak izin ini ditaruh di bantal ada izin izin juga digadaikan di Bang nggak boleh Hai atau izin-izin ini siap untuk kemudian dijual kembali ini barang milik negara Janganlah negara di atas negara itu maksudnya itu Tapi kalau orang punya

Izin kemudian menjalankan bisnis yang gak boleh juga dengar sewenang-wenang jadi kita tetap melakukan pendataan dengan asas proporsional keadilan dan pemerataan capek Indocina yang perlu disampaikan teman-teman media Terima kasih banyak sudah hadir dalam acara yang sangat luar biasa ini sekalipun disana ada pemberitaan lain tapi di sini pemerintahan ekonomi eh satu hal saya

Menitip ini teman-teman media ini agak serius di diluar pencabutan ia tidak tahu ekonomi global sekarang lagi tidak menentu Hai dan dampak dari ketidak ketidakstabilan ekonomi globa global itu berdampak kemana-mana termasuk Indonesia pertumbuhan ekonomi nasional kita di Kuartal kedua cukup bagus 544 persen inflasi kita terkendali 4,3 5% tapi

Harga minyak sekarang kan naiknya minta ampun harga minyak di APBN kita itu 63-70 rapper Barrel sekarang harga minyak dunia rata-rata dari Januari sampai dengan bulan Juli itu 152 per barrel Hai hari ini kalau $100 Barrel subsidi kita itu bisa mencapai 500 triliun Tetapi kalau harga minyak per barel di

Atas $100 105 dollar kemudian dengan asumsi kurs dolar APBN itu berdua 1500 tapi sekarang rata-rata 14.000 70 dan kuota kita dari 23 juta kiloliter menjadi 29264000 kitung hitungan kami belum final yaitu hitungan kami ini bisa di 500 sampai 600 triliun Hai teman-teman saya menyampaikan Sampai kapan APBN kita akan kuat menghadapi

Subsidi yang begini Jadi tolong teman-teman wartawan sampaikan juga kepada rakyat bahwa rasa-rasanya sih untuk menahan terus dengan harga BBM seperti sekarang ini the feeling saya sih harus kita siap-siap kalau Katakanlah kenaikan BBM itu terjadi karena 600 triliun 500-600 = 20% total pendapatan APBN kita dipakai untuk subsidi

Hai dan ini menurut saya agak sehat itu teman-teman Jadi mohon pengertian baiknya ya kalau di Papua itu biasa kalau harga minyak tinggi biasa kalau saya di Papua Dulu harga 19000 gak pernah ribut-ribut kita di Papua tapi kalau di sini naik sini 2000 2000 orang ya kalau di Papua itu harga minyak naik

Waktu dulu waktu saya masih jadi pengusaha biasa-biasa aja yang penting barang ada itu tapi saya tidak tahu kalau di sini ya Ya kita Doakanlah kalau ini Katakanlah beban negaranya tinggi ya yuk sama-sama kita mungkin Indah membantumu kita gotong royong Karena untuk menjaga Levis kalau kita juga agar sehat itu tambahan dari saya terima

Kasih ku lebihnya mohon maaf mobile Taufiq walhidayah Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh salon dan salam sejahtera untuk kita semua hai hai [Musik]

Jakarta, 12 Agustus 2022
Sobat Kementerian Investasi – BKPM, Info tentang #Konferensi #Pers #Perkembangan #Pencabutan #Izin #Usaha #Pertambangan #IUP ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:30:51 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia Kementerian Investasi – BKPM Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah Konferensi Pers Perkembangan Pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP) ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Konferensi Pers Perkembangan Pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang telah dilihat oleh 6852 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Kementerian Investasi – BKPM 1851 | #Konferensi #Pers #Perkembangan #Pencabutan #Izin #Usaha #Pertambangan #IUP

Yth Menteri Investasi/Kepala BKPM
Mohon diinfo kontak satgas pencabutan IUP yang resminya, supaya kita bisa monitor terus status IUP kita yang dicabut, apakah bisa dikembalikan atau ada kekurangan kelengkapan datanya.Karena sampai saat ini kita belum mendapat informasi untuk jalur konsultasi mengenai update status IUP kita yang dicabut, malah marak oknum mengatasnamakan BKPM yang sanggup mengurus pengembalian IUP.
Mohon konfirmasinya Bapak, supaya tidak terjadi miskomunikasi antara pelaku usaha dengan pemerintah.
Terimakasih.

1 tahun ago

Ga jelas kerjanya

2 tahun ago

batas waktu pengriman surat keberatan pencabutan iup berapa lama apa ada ketentuannya

2 tahun ago

Ini pemerintah nggk jelas..40% iup yg dipulihkan atau 75 sd 80 iup..dengan kriteria dr pidatonya pernah berproduksi atau beroperasional hanya mungkin ada kesalahan mungkin kewajiban yg tdk dipenuhu…….sekarang bagaimana dgn iup yg masih ijinnya tapi belum pernah berproduksi dr pidato jawabannya jelas tdk di pulihkan…..semestinya penerintah jelas aja dr awa katakan bila ada perusahaan blum pernah berproduksi semenjak terbit iup walaupum kewajibannya dipenuhi nggk usah memgajukan keberatan krena pasti kami cabut..gitu aja nggk usah kasih hatapan…dasar nggk becus.buat aturan ini pemerintah

2 tahun ago

Saya sudah lakukan surat keberatan di krm ke BKPM sampai saat ini blm ada email yg masuk ke perusahaan, mohon arahnya harus seperti apa..?

2 tahun ago

Pemerintah selalu hadir utk PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT amanah Presiden RI Bapak Joko Widodo

2 tahun ago

Untuk cek iup yang di cabut dimana

2 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/ls3y