PENGANTAR SOSIOLOGI: PENGERTIAN, SEJARAH DAN PERAN #1

FISKOM Online Learning [ • ] Hai hai oh iya kita akan masuk ya kita ketemu lagi dengan dusri channel materi sosiologi dan juga pengantar sosiologi nah untuk materi saat ini kita akan membahas tentang pengantar sosiologi nah kita simak ya pengantar sosiologi itu tadi kita ngomong tentang pengertian sejarah dan juga tentang peran dari sosiologi dan juga dari tokoh-tokoh

Sosiologi kita akan masuk ktp-nya apa itu sosiologi zakira teman-teman sudah pernah mendengar kata sosiologi ya terutama bagian dari ips ayo kawan atau teman lalu kemudian dari kata logos artinya ilmu pengetahuan sosiologi kita bisa saya bicara tentang pertemanan gitu ya jadi kalau di kelas ini ada yang merasa punya musuh makhluk kita introspeksi

Diri karena selama satu semester kita akan bicara tentang pertemanan jadi kalau kita bicara sosiologi berarti kita bicara dengan aku dan juga kamu ya kita tidak lagi ngomong aku dan kamu tapi kita ngomong kita lihat kita bersama ungkapan sosiologi memang dia dulu belum menjadi sebuah ilmu tersendiri tapi masih bicara tentang kemasyarakatan itu

Karena ternyata dalam kehidupan bermasyarakat itu ada ciri-ciri khusus pada pola-pola khusus mereka kemudian bicaralah tentang sosiologi hai karena sosiologi itu bicara tentang manusia satu dengan manusia yang lain maka tidak bisa dipungkiri kita juga bicara tentang masyarakat yang hubungan antara individu dengan individu hubungan antar individu dengan kelompok dan hubungan dengan kelompok antar kelompok

Nah kita akan bahas nih sosiologi itu dari berbagai aspek terutama adalah ya karena ini merupakan pengantar untuk menuju pada materi-materi berikutnya maka kita akan bicara kenapa sih sosiologi itu disebut sebagai ilmu yang berbicara tentang pertemanan berbicara tentang manusia satu dalam dengan berinteraksi dengan manusia yang lain kita akan mengangkat ini karena tahu

Sosiologi itu mengandung ciri-ciri yang pertama adalah ya memiliki ciri teoritis ya memiliki ciri teoritis lalu kemudian kita akan bicara juga memiliki kaciri empiris dan kemudian juga memiliki ciri komulatif dan juga ini memiliki ciri non etis apa sih maksudnya hai nah kita akan bicara tentang ciri-ciri cheese kalau kita bicara

Tentang suatu ritus berarti harus mengandung kaidah-kaidah ilmu pengetahuan sebagai sebuah teori ilmu sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan hidup itu ternyata [Musik] setelah diteliti secara pengetahuan ternyata atau tidak seperti apa yang kedua adalah juga karena kalau kita bicara tentang sosiologi juga tentang fakta-fakta yang ada di dalam masyarakat secara tepat

Depan itu bisa dibuktikan ya tidak hanya bekerja imajinatif kalau kita berbicara tentang sosiologi demikian juga bersifat komulatif oh ya teman-teman akan lihat kalau saya misalnya seperti dosen yang sudah 30 tahun ya bisa kita bicara tentang sosiologi secara kumulatif tentunya bagaimana pola interaksi mahasiswa misalnya kalau kita mau interaksi yaitu bagian dari kajian ilmu

Sosiologi di tahun 90 waktu saya awali dengan sekarang 2020 mestinya sudah merupakan satu kumpulan-kumpulan interaksi dari masa-kemasa berbeda apalagi sekarang dengan intervensi dari digital dunia maya interaksinya ini yang bisa dibuktikan juga kalau dikaji juga berikutnya juga memiliki a gini lho etis kalau kita bicara tentang sosiologi apa yang dimaksud dengan

Yaumul gitu ya adalah kajian ilmu sosiologi itu kita nggak bisa berpihak misalnya saya ini orang jawa kajian sosiologi misalnya tentang stratifikasi sosial hai hey kalau orang jawa selalu dikasih sosial salah satunya adalah status kebangsawanan kalau keturunan bangsawan dianggap stratanya lebih tinggi itu lalu kemudian duduk muncul makanya disebut

Dengan wong cilik dan bangsawan itu ya tapi di budaya lain itu betul itu harus netral pada saat saya sebagai orang jawa masuk dalam wilayah yang bukan jawa tidak bisa membetulkan urus-urus kita harus objektif masalah-masalah itu ya harus dijelaskan secara akademis dan juga magnetis tidak berpihak jadi-jadian jadi ada empat yaitu empire komulatif

Dan juga tips lex ya oke selanjutnya pada slide selanjutnya nah hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan jadi seperti apa itu sosiologi adalah ilmu yang dipelajari karena adanya gejala-gejala yang ada di dalam masyarakat sosiologi termasuk ilmu yang apa ilmu normatif karena apa karena dia bisa diabstraksikan sosiologi dari ekstraksi

Kita harus tinggi oleh sebab itu seorang sosiologi membutuhkan waktu membutuhkan tenaga untuk banyak mengajari fenomena-fenomena sosial maupun teori-teori yang bisa seperti itu nah itu sosiologi sebagai ilmu sosial hai nah selanjutnya kita akan ngomong jadi ini diperkosa janda karena kita dibatasi waktu ya jadi silakan harus dipelajari perbedaannya ya disitu

Intinya seperti itu siapa-siapa jadi tokoh-tokoh yang bicara tentang sosiologi jadi sosiologi itu pertama kali disebut dengan bapak sosiologi adalah artis yang pilihlah yang mencetuskan bahwa kemasyarakatan yang dipelajari itu menjadi itu harus dipelajari secara khusus menciptakan lalu kata sosiologi 1845 lihat beliau disebut sebagai bapak sosiologi konten membedakan antara sosiologi statis dan

Sosiologi dinamis disitu digambarkan bagaimana sosiologi itu harus mengikuti juga hukum-hukum pasta accessor yang ada selain itu juga dipastikan perkembangan dana masyarakat itu selalu mengalami abducted diblokir ya contohnya suami saya sebagai orang tua nih itu dulu waktu itu seperti ini nah itu artinya bahwa saya mengajak mundur kebelakang padahal seharusnya

Masyarakat itu dinamis terus berkembang maju itu jadi enggak bisa kita untuk maju sebetulnya sedang melakukan satu ini dibutuhkan aktor-aktor yang mengerti tentang bagaimana tidak saya ambil semua tokoh sosiologi tetapi saya ambil yang saya anggap berkaitan dengan ilmu yang kalian akan rush hai sebagai profesi masing-masing ya yang kedua adalah emil.com game-nya

Kalau emil dolken yaitu juga tokoh atau sosiolog ia meneruskan apa yang kemudian setelah sosiologi itu menjadi ilmu tersendiri kemudian edu tim yang mengatakan bahwa yaitu beliau adalah tokoh perancis mengatakan bahwa kalau kita membicara tentang sosiologi sebetulnya ya kita bicara tentang yang disebut dengan fungsionalisme tahap fungsional seperti cute mengembangkan 19

Siswa dalam substansi sosiologi apa itu pandangan hidup itu seperti apa sih jadi kalau kita bicara masyarakat supaya masyarakat lebih harmonis berjalan dengan baik masing-masing elemen dari masyarakat itu anggota masyarakat harus melakukan fungsinya masing-masing kalau menjalankan fungsi sebagai dosa hai makan pembelajaran sosiologi juga kejahatan berjalan kelompok kita ini

Tidak akan berjalan demikian juga kalau mahasiswa tidak menerapkan fungsinya.ppt sudah dibagikan youtube di-upload tidak ditonton kalau kemudian buku diktat tidak dibaca sehingga kita khususnya interaksi sosial melalui perkuliahan pengantar sosiologi sosiologi masyarakat bisa melakukan produktivitas melakukan aktivitas kalau ada fungsi yang berjalan sesuai dengan yang sehat harusnya itu berikutnya adalah bagaimana kita akan

Melakukan satu pendekatan yang disebut dengan peningkatan pemahaman biaya berbahasa menelusuri tentang karena arjuni juan sikap yang menjadi penonton perilaku manusia jadi gini jadi dalam kehidupan bermasyarakat tuh ya cara mitologi masyarakat itu kalau manusianya itu tahu tentang tujuannya tentang nilai-nilai yang harus dijalanin yang sudah disepakati itu karena nilai-nilai dengan kesepakatan bersama

Tidak ciptaan tuhan semata nilai-nilai kebaikan dan kejujuran melakukan sesuai dengan yang sudah sepakat juga bisa berjalan dengan baik karena itu yang menuntut manusia itu menurut tokoh yang berikutnya masyarakat tentang materialisme yang b halo halo kemudian restore saya springbad itu ngomong tentang nah sosiologi itu sifatnya di singa miss ya

Seperti itu yang halo dimana dan mengapa kita perlu mempelajari sosiologi itu gitu terutama adalah sebagai ilmu sosial sebagai calon ilmu sosial psikologi sosiologi mengapa kita perlu mempelajari kehidupan nyata sosial interaksi antar manusia itu tidak bisa terhindar sejak dari awal manusia sejak penciptaan sudah mulai dari interaksi ayah dan ibumu kita

Ya udah kalau ayah enggak interaksi itu enggak akan muncul kalian tuh jadi realitanya gitu lebih manusia itu sudah ya secara nyata butuh orang lain maka ini sosiologi perlu dipelajari secara realita yang kedua pak tani fakta-fakta sosial ya atau sosial nah cara bertindak cara berpikir manusia secara fakta itu ya secara kognitif baik secara

Perasaannya itu juga selalu mempengaruhi kehidupan interaksi manusia dalam kehidupan bermasyarakat bahkan sini sosiologi perlu dipelajari karena kamu akan ketemu dengan orang-orang yang pintar tapi tidak mengerti orang lain hai adanya orang tindakan banyak orang internatural putus dikit kenapa orang tertutup sedikit karena dia hanya mengandalkan kepintarannya tidak mempertimbangkan interaksi yang lain

Makanya di sesuai perlu dipelajari yaitu nah lalu kemudian yang berikutnya kenapa tadi secara realitas sosial lalu secara fakta sosial nah sekarang secara pindahkan enggak pernah tuh ketemu dengan orang memahami orang lain tindakannya juga meski berbeda kalau kita mau pinter dalam hal bener accident mau menganggap diri kita itu berarti pengetahuan sosiologi sosiologi dituntut

Menjadi orang yang pintar dan bijaksana hai tahu pengetahuan tentang kemasyarakatan tahu tentang apa yang terjadi dalam masyarakat dan dia juga jejak-jejak itu mau mendengarkan orang lain memahaminya indonesia berbentuk dicabut sedang atau saya masih suka reaktif mbak plastik ya gitu nah itu kalau kita sudah pintar dan bijak maka

Kita akan menjadi beach kalau tidak bisa jadi apa tidak maka dia akan menjadi bensin nah itu yang ngomong tuh tindakan sosial kita sangat berpengaruh terhadap orang itu punya pengetahuan setinggi apa punya pengalaman interaksi dengan orang lain seperti apa semakin banyak dia filtrasi dengan banyak budaya interaksi dengan banyak warga negara saya tidak

Harus pergi ke like juga harus pergi ke jepang syarat dunia maya eza ternyata tapi secara kediamannya bisa makan kita oh kalau orang jawa kayak gitu ya oh karena setengah gitu ya itulah menjadi bejat ya kemudian kalau kita kita kan bisa kita menjadi orang yang baik juga seperti itu

Nah itu sosiologi juga boleh sih percaya tapi bukan kayal yang non realis dan juga tindakan nyata tetapi kita putih berimajinasi pada saat kita mempelajari sosiologi kacang orang yang lebih besar itu bukan karena supranatural tetapi saya mempelajari karakter-karakter orang oh kalau saya dengan ini saya harus bersikap kayak gini-gini supaya hubungannya

Dan dia hermo karena miskinnya betul ryan scott sosiologi nanya untuk dan wajib dipelajari setiap orang yang ingin mencapai menjadi pencipta dia itu dokter pertanian khususnya pertanian terutama yang nah itu tadi ya tadi bicara tentang definisi sosiologi dari beberapa hari kemudian pentingnya sosiologi itu kita pelajari nah terus kemudian perkembangan

Tuh nah perkembangan sosiologi di mana sekarang sudah 2020 ini abad 21 ya menuju situ apa yang sudah sampai ke 21 dari tokoh-tokoh ilmuwan mempelajari dan sekarang kita tinggal menerapkan dan mungkin akan muncul teori baru yang hai polisinya sih suzuki dunia maya makanya saya kalau ngajar selama dua semester screenshot screenshot

Percakapan baik itu dicek ternyata saya selalu simpan karena saya kumpulkan dari situ gimana sih teraksi saya di dunia maya ya pada saat setan satu jam mengajar marinara belum ada youtube yap saya masih itunya apa nama menghajar dunia nyata saya praktekkan di dunia maya itu ya disitu lalu kemudian

Memanggil hare masih ada i maka itu coba setelah setengah jam lagi bu maaf tadi saya bilang saya dipanggil saya tadi sedang bikinin dong ibu untuk sarapan karena mungkin tidak punya itu loh kalau pakai itu karena memang ini adalah sekarang punya maya nilai-nilai saya tetap juara rubah yang penting dia jujur

Karena apa sekarang ini pun saya kalau dulu peraturan saya datang ke korea itu tidak pakai sendal jepit dan celana pendek kemarin saya selalu ngajar pakai celana pendek santai lebih shopping atasnya artinya telah terjadi perubahan dari sosiologi juga seperti itu contohnya ilmunya juga sudah tidak maya masyarakat sudah sudah berkembang dalam

Kehidupan sosiologi itu akan terus terupdate dengan terus dibutuhkan supaya apa memunculkan manusia-manusia yang pintar dan bijak oh iya gitu aneh itu akan terus ya mengalami satu perubahan-perubahannya sih kayaknya perkembangan perkembangannya jelas dari abad tadi 17-18 sampai 2021 ya jadi perubahan ya perubahan-perubahan itu apa namanya kalau kayak dari sisi evolusi pokok dari

Revolusi disitu diterangkan pada saat pramuwisata terjadi revolusi yang bergejolak sehingga terjadi perubahan kehidupan manusia juga ya nih ya silakan hati apa yang ada di situ bisa teman-teman lihat selalu nanti akan kita lihat juga besarnya sosiologi sosiologi yang sekarang ya berkembang di amerika ini sudah berlabel lagi bagaimana perkembangan cina amerika asia pasifik

Kasihan buka juga akan terjadi satu bantu banyaknya dengan adanya pandan wilis seperti itu tidak lagi hanya berjalan pelan tetapi juga akan mengalami satu programnya gratis jadi pada permulaan abad ke-20 misalnya dimana disitu apartemennya amerika utara ya kerajaannya satu pertumbuhan pertumbuhan sehingga muncullah kota-kota industri nah sekarang ini nanti akan kita lihat

Tepat ke-21 ini ternyata jadi negara kita sendiri di indonesia hai kuliner mana yang akan tumbuh berkembang kita akan cina bisa langsung ikan apa pengaruh tentang pola makan tidak tidak padat pada tahun 90 sampai dengan tahun 2005 unpacked makanan-makanan yang siap saji karena itu status sosial tinggi adanya muncul penyakit hipertensi dan diabetes

Bagaimana orang-orang bagaimana saya mau mereka merekayasa makanan tradisional tetapi juga yang siap disantap oleh generasi z dan mungkin 10 tahun lagi disantap oleh generasi alfa itu enggak bisa ngomong misalnya jaman dulu itu nggak bisa lakukan dengan hanya satu itu kalau hanya dengan cara itu kita akan berjalan di tempat duduknya tidak mengalami

Perubahan itu nah nk secara teoritis maka tadi teori juga mengalami perkembangan-perkembangan secara realita juga mengalami perubahan-perubahan contohnya kalau kita ngomong sekarang contohnya misalnya tadi kuliner akan terjadi perubahan pola hidup terjadi perubahan cara berkata-kata mengalami perubahan cara menyapa orang mengalami perubahan ya kita tersenyum manis cukup yang kelihatan kan hanya mata kita mau

Tersenyum tersenyum makanya ada perubahan gesture kalau kita enggak tahu begini itu atau dengan melambaikan tangan atau dengan gini nah itu jadi satu perubahan perilaku ini berarti teori sosiologi itu mengalami satu perubahan gitu ya jadi misalnya nilai-nilai alun-alun pada saat topik nilai-nilai dan norma besarnya nilai-nilai kesopanan sebelum pandani seperti apa gitu dan kesopanan

Sekarang seperti apa dulu kesopanan itu bisanya meskipun jam kerja ini menjadi dosen atau hanya sekedar itu kita harus menyesuaikan orang yang kita layani saya kalau belum tidur enggak tahu yang saya cat itu dia nggak sopan [Musik] pusat terbaca iya pasti saya mau cabut daripada saya terus mau kirim pesan ke

Pak setengah tertidur saya lupa besok saya cek ke bank besok fungsinya software itu diciptakan supaya orang tahu bahwa itu dibaca karena pada saat sms enggak tahu apakah pesannya sudah dibaca belum tapi ternyata pola orang yang menggunakan software itu masih muka lama dia merasa terancam kalau pesannya ini sementara teknologinya terus

Di-upgrade untuk mempermudah karena disebut masyarakat modern teori pembangunan itu modern kalau kehidupannya itu menjadi dipermudah satunya adalah sulit terus sudah disiapkan teknologi yang mudah tapi akar-akar senang kalau itu jadi kehidupan realitanya gitu jadi saya memilih coba dalam kehidupan dosen juga seperti itu ada yang seneng karo ditunggu dianterin banyak orang itu

Kalau bimbingan skripsi daripada tidak itu ya tapi ada misalnya koreksinya tuh hari ini kirim merevisinya setelah tahu bahwa akan ada minta ya udah bisa dikembalikan ke saya satu malam suruh baca ada tuh seperti itu ya jadi bagian-bagian komunikasi dalam teori sosiologi sosiologi sosiologi yang bicara tentang antropologi sosiologi

Psikologi dan teman-teman jadi apa yang kita bahas hari ini bisa kita simpulkan tadi tentang bagaimana ini menjadi pengantar sosiologi itu definisinya ilmu pertemanan kalau tokoh-tokohnya mulai dari bapak sosiologi kita lalu kemudian hakekat sosiologi dalam masyarakat menjadi penting dan ciri-ciri dari sosiologi tadi ada empat ya yang bersifat teoritis kumulatif empirik dan

Magnetis kalau kemudian bagaimana perubahan-perubahan perkembangan mulai dari abad ke-17 serangan sampai revolusi industri dan atlet dengan modern demikian ya apa yang bisa daftarkan silakan nanti dipelajari ada didekatnya tetuku pengantar maupun buku sosiologi acara presiden selesai lain dan disitu juga ada pertanyaan-pertanyaan yang bisa kalian jalan oke sampai ketemu lagi

Hai woah mereka menggerakkan indonesia [Musik]

Pengantar Sosiologi merupakan salah satu matakuliah pengantar fakultas yang wajib diambil oleh mahasiswa/i FISKOM UKSW.
Dosen pengampu:
Dr. Ir. Sri Suwartiningsih. M.Si.
Dr. Antik Tri Susanti, M.Si.
Triesanto R. Simanjuntak, M.A.
Ester Krisnawati, M.I.Kom.
Sobat FISKOM Online Learning, Info tentang #PENGANTAR #SOSIOLOGI #PENGERTIAN #SEJARAH #DAN #PERAN ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:27:18 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia FISKOM Online Learning Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah PENGANTAR SOSIOLOGI: PENGERTIAN, SEJARAH DAN PERAN #1 ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang PENGANTAR SOSIOLOGI: PENGERTIAN, SEJARAH DAN PERAN #1 yang telah dilihat oleh 18356 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © FISKOM Online Learning 1638 | #PENGANTAR #SOSIOLOGI #PENGERTIAN #SEJARAH #DAN #PERAN

Trimaksih bukk atas ilmu nya sehat selalu 🤗🥰

6 bulan ago

1+1=?

6 bulan ago

Kurang menarik😢😢

6 bulan ago

☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️

6 bulan ago

🎉mabar

6 bulan ago

Ohhh

6 bulan ago

Ippang ji

6 bulan ago

Pai ji

6 bulan ago

❤❤❤❤

6 bulan ago

😂

6 bulan ago

Terimakasih Ibu atas pemaparannya

7 bulan ago

Sangat baik materinya…@media darma

1 tahun ago

terimkasih bu ilmunya

1 tahun ago

Thanks

1 tahun ago

Trimakasih tayangan vidio nya. Lanjut terus ya ibu. Thank.

1 tahun ago

Keren

1 tahun ago

Terimakasih atas inspirasinya menyampaikan materi🙏

2 tahun ago

Semangat buk, Terimakasih atas ilmunya

2 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/gcwr