Cerita Saat Meliput Sidang Kasus Jessica Wongso

Dewan Pers Official [ • ] Membangun kepercayaan kubu Jessika Katakanlah ya ada Mamanya di situ juga ada tim pengacaranya itu bukan hal yang mudah buat buat kita gitu ya Saya berharap banget loh Kamu bisa bicara karena ini adalah hak kamu untuk bicara ya kita menawarkan hak dia untuk bicara dong karena enggak mungkin kita sekali

Lagi enggak mungkin kita pakai logika publik pada umumnya bahwa itu ah salah salah aja kita tetap harus memberi ruang nah kasus Jessica ini yang terjadi bayangkan di 2016 itu hidup saya hanya itu kan Saya bahkan pulang ke rumah berarti hanya du jam dong terus udah harus di kantor jam .00 make up coba

Tidur jam berapa Saya mandi tidur 1 2 jam jadi ya itulah 4 bulan di penyelidikan-penyelidikan 4 bulan di sidang Coba bayangkan 12 bulan kan 2016 itu 8 bulan Ah saya pakai buat kasus itu Ri Budiman nih Kejaksaan Agung itu enggak mau ngumumin gitu loh Ini sebenarnya siapa aja yang mau dieksekusi

Mati tapi ketika itu saya nelepon lah ke yang mandiin jenazah saya telepon Mbak ini hanya empat orang di sini yakin enggak ada tempat pemandian jenazah yang lain enggak saya yang mandiin Ris kamu yakin kamu berani nyebutin empat orang yaitu di layar gitu ya Iya S saya bilang

Empat orang yakin yakin jadi saya bilang semua bilang semua layar bilang dan semua naikin 12 loh Fris ya UD saya sudah siap-siap untuk di SPP Waktu itu saya lebih percaya sama sumber saya maka saya sebutin bahwa Menurut sumber yang terpercaya hanya empat orang gitu ya akhirnya benar diumumin bahwa hanya

Empat orang gitu termasuk dalamnya Freddy Budiman gitu Hah Enggak jadi di SPD [Musik] gitu Halo sahabat DP eh kita ketemu lagi di insiders ini Sinar dewan pers bersama saya Irawati dia asuti Nah kalau kita kali ini tuh mau membicarakan tentang wartawan perempuan jurnalis perempuan jadi eh dunia jurnalistik itu ee

Biasanya kan di dianggap maskulin Nah kita mau tanya-tanya nih Eh gimana sih suka duka jadi jurnalis perempuan dan apa aja pengalaman dan eh apa ya kesan yang bisa dipetik selama eh jadi jurnalis perempuan Nah di sini Kita sudah kedatangan ada Kak Frian Halo Kak Fran Hai terimasih Mbak sudah diundang

Iya sama-sama nah ini Kak ini eh presenter dan jurnalis perempuan yang ternama dan sekarang lagi viral gara-gara kasus e dokumenter Ice coat ya kak ya Jadi kalau teman-teman yang sudah nonton dokumentar di netflix tentang e kasus kopi sianida ya kak ya tahun 2016 sekarang kan diangkat lagi nih di

Netflix nah ini ada Kak fristian nih karena beliau yang meliput secara Intens dan dapat wawancara langsung dengan Jessica ya kak ya salah satunya ya kakv ya itu gimana sih Kak rasanya viral gitu jadi gara-gara gara-gara film dokumenter yang sekarang lagi heboh banget ya jadi buah bibir di mana-mana gitu Wah enggak

Enggak nyangka juga sih enggak nyangka dan Em kalau kondisi yang terjadi sekarang maksudnya ada yang percaya Jessica salah ada enggak percaya Jessica bersalah itu udah dari zaman pas kasus ini pertama kali diumumin juga sudah terjadi dan memuncak di saat persidangan memang 3 bulan sidangnya 32 kali sidangnya itu

Bisa itu live kami ya TV ya Ee teman-teman wartawan lain mungkin juga punya ee apa ee porsi masing-masing TV aja itu pada on air mulai on air sidangnya sidangnya baru mulai jam 09.00 pagi sih emang jam 09.00 atau jam 10 tapi kita sudah mulai on air jam 6.00

Pagi He Oke persiapan live report gitu live report kita undang narasumber kita wawancara dan lain-lain terus normalnya selesai itu jam 7. jam 8.00 jam 09.00 jam 10. itu normal bahkan ada beberapa kali sidang tu yang benar-benar sampai jam 12 jam bahkan ada yang .30 apa jam gitu baru

Selesai selesai itu dini hari ya benar-benar kayak 24 jam lebih ya kak ya Iya itu kayak dari sini ke Amerika dong iya dong sudah nyampai kita kalau ke luar negeri benar-benar itu sepanjang itu ya jadi ee apa yang terjadi sekarang dan kemudian menjadi perbincangan sampai kayaknya Semua orang tuh pengin banget

Mengeluarkan pendapatnya bahwa menurut saya Jessica itu bersalah atau menurut saya Jessica itu tidak bersalah itu itu pengin banget gitu Nah itu terjadi juga tapi dulu bedanya adalah di jam Cum sekarang belum ada platform tiktok misalnya ya atau Instagram belum gimana-gimana bangetlah dulu tu hanya Facebook gitu hanya Facebook atau

Grup-grup WA itu paling ribut tuh E Bisa jadi kayak ya terjadi di pilpres-pilpres gitu bisa jadi saudaraan nih satu percaya Jessica salah satu percaya Jessica enggak salah gitu Tapi yang paling fenomenal adalah menurut saya Karena kan live tuhap setiap pagi ya bayangkan ada orang loh bisa berbulan bulan dia akhirnya ngekos di Jakarta

Tinggal di Jakarta entah itu dari Kalimantan dari Aceh hanya untuk datang dan nonton sidang itu Ah serius iya wow sampai mau lihat Oh ini yang ni kemarin yang saya lihat di live Terus dia masuk ke ruang sidang Oh ini ininya kursinya ya Terus kalau lihat Jessica itu udah

Kayak teriak-teriak ngelihat apa gitu ya Oh so mungkin Jessica sendiri tuh kayak wah gimana nih ngeresponnya gitu ya Eh apa ya dia juga kaget sih Eh apa ada begitu banyak orang yang datang hanya untuk ngasih dukungan dan mereka bisa tinggal di Jakarta kalau orang yang jauh Oh jadi benar-benar e eh makanya Kenapa

Itu jadi kayak media sirkus gitu ya waktu itu ya karena segitu atensi publik sangat tinggi dan ee enggak cuma publik yang di ee di rumah tapi juga publik yang hadir langsung Gang langsung ke persidangan benar datang langsung ke persidangan dan itu tuh yang seperti yang Kami ceritakan di apa di dokumenter

Itu ya Ee orang gini di persidangan itu ada ada etika gitu ya Enggak boleh kita ngat kaki kayak gini A bisa kan atau sampai berekspresi atau kita ngambil minum itu kan sebenarnya bisa ditegur sama Hakim tapi mau ditegur gimana lagi kali ada keterangan ahli atau saksi gitu yang k misalnya kalau pendukungnya

Jessica dan itu bagus kayak sesuai dengan harapan mereka tepuk tangan ya kan kalau di sebelah bagus juga tepuk tangan jadi udah kayak itu bukan sidang biasa sihang dari awal Kay apa kayak debat cpres ya benar benar udah kayak debat cpres atau nonton bola ya di sini

Pendukung e tim a di sini Tim B gitu ya Kak Ya udah terbelah tempat duduknya aja sudahudah terbelah kamu mau masuk itu menentukan posisi pilihan kamu menentukan kamu ber ada dalam posisi yang mana gitu pendapat kamu tuh Jessica Kalau kamu percaya bahwa Jessica tidak salah berarti kamu duduk sebelah sini

Karena kan itu selurusan sama Jessica dan tim pengacara Kalau kamu percaya bahwa Jessica salah kamu duduk sebelah sini karena itu selurusan sama eh apa Jaksa dan Biasanya keluarga almarhumah Mirna duduk di situ Oh ya ampun jadi benar-benar segitunya ya kayak Posisi apa kalau istilah posisi menentukan prestasi itu di situ Heeh di situlah

Yang terjadi ya Aduh ya Ya seperti sekarang lah rame banget Iya Nah itu kan waktu itu kefrisian juga Eh bisa dapat eh wawancara sama Jessica bahkan Jessica yang minta gitu ya itu gimana sih Eh bisa catching eh apa ya trustnya dan perhatiannya Jessica eh supaya mau diwawancara karena Jessica kan di

Mana-mana dia tertutup ya kabarnya pemalu itu akibat ya jadi Jessica yang tertutup pada saat proses persidenan itu akibat gitu karena sebenarnya dia 3 hari sebelum ditangkap dan ditahan di PO Jaya itu sebenarnya dia masih keliling-keliling media loh heeh karena e bersama almarhum ee apa ee pamannya juga menjadi pengacaranya itu dia masih

Keliling-keliling tapi kan kemudian dia merasa belakangan baru cerita ya merasa bahwa e pemberitaan media ini terlalu menyudutkan dia gitu akhirnya Ya udahlah enggak usah gitu jadi kehilangan kepercayaan gituan kepercayaan kepada media akhirnya sus akibatnya di kami kami yang mungkin kalau orang yang berhenti di proses penyelidikan-penyelidikan yang liputnya

Mungkin sudah bebas Ya tapi kan saya lanjut lag lagi ke persidangan nih Akhirnya saya bilang Wah ini gimana ya caranya ini harus cover B side nih kan kita punya prinsip itu ya harus cover B side kalau kita enggak bisa pakai logika publik bahwa logika dihukum aja namanya

Asas pradugata bersalah di kita juga ada gitu kita tetap harus cover both S kita tetap harus mendengarkan dia tapi kan Masalahnya dia enggak mau nih dia enggak mau a contact aja dia masuk ke persidangan enggak terlalu ini kok enggak terlaluya sama Bang oto dan tim pengacaranya aja gitu ya tapi ee yang

Awal saya yakinkan adalah Bang oto ya Kara kan sering wawancara di depan gitu loh setelah sidang doorop lagi setelah sidang doorop lagi sampai beberapa kali saya temui Bang oto bersama tim ya waktu itu saya bilang Bang ini harus harusuk membuka diri Loh apa eh keluarga Jessica dan mungkin termasuk Jessica karena ini

Kan persoalan porsi betul udara itu Ya maksudnya on air itu kan durasi di TV atau di mana pun itu kan sudah ada porsinya nih Kalau di TV aja Itu bisa 18 jam atau mungkin ada yang 24 jam live Ya kita harus isi itu ketika ada orang yang mengisi lebih banyak dia akan terlihat

Lebih banyak dan dia terlihat lebih benar Ayolah isi ini tapi apakah itu langsung Berhasil enggak juga gitu ya bang oto udah gitu ya bang oto sudah berhasil diyakinkan bahwa Percayalah e apa kita akan memberikan porsi seperlunya memang sepantasnya buat Jessica tapi oke yang pertama saya boleh wawancara Mamanya Mamanya tuh enggak mau

Gitu loh Kita udah set ya udah begini nih pakai mic pakai apa Maaf Ibu enggak kuat enggak jadi Oh gitu jadi itu juga enggak mudah ya jadi harus bilang Ah ini pasti kuncinya ada di Jessica karena mungkin Jessica yang bisa ngomong sama Mamanya Jessica juga adalah senternya gitu ya bahwa selama

Ini digambarkan dia sudah enggak mau ngomong sama wartawan dan akhirnya kemudian punya persepsi bahwa dia sangat dingin Akhirnya saya tahu enggak caranya adalah karena kan kita Sebagai wartawan itu Ada ada ada ada ada pendekatan berbeda-beda di setiap liputan kita dan mungkin pasti makanya kita kalau ngobrol setiap setiap liputan tuh ada cerita

Berbeda ya engak mungkin sama Akhirnya saya mikir-mikir gimana ya caranya untuk bisa komunikasi sama Jessica sudahud lewat Bang foto juga masih tetap susah gitu ya lewat pengacaranya perempuan-perempuan juga juga susah ya jadi secara paralel Akhirnya saya tunggu saya akhirnya memutuskan untuk kayaknya saya tetap harus ada e contact dengan

Jessica makanya saya duduk selalu paling depan di apa di ruang sidang itu di selurus San Jessica karena di situlah agak lebih gampang untuk dapat tempat duduk gitu ya karena kan paling ramai sebelah sini di awal-awal sidang he seempat penuh sebelah sini yang percaya bahwa Jesika salah itu sebelah sini itu

Paling banyak akhirnya di sini saya duduk sini dan itu baru sidang ke-20-an kali jadi enggak seperti yang mungkin kalau ditis kan dipotong dari saya mendapatkan secari kertas terus langsung bisa wawancara enggak juga jadi setelah 20 kali datang sidang duduk di baru dia notis juga kan akhirnya makanya

Ditulisnya tuh adalah I really like your wardrob Jadi bukan outfit saya hari itu tetapi wardrobe saya karena kan mungkin perlu dijelaskan nih sama yang nonton bahwa masing-masing apa ee wartawan itu mungkin menyesuaikan sama platform ya kan jenis media dia gitu kalau saya sebagai jurnalis televisi ya akirnya harus menyesuaikan karena saya audio

Visual maka saya harus berpakaian rapi bayangkan dari jam .00 pagi berarti saya make up jam berapa Tuh bisa jam . atau jam 5 pagi sudah datang tuh jam 6. saya sudah on air dan sepanjang mau itu selesai sidang jam mau itu selesai jam saya harus bentukannya begini Jadi se

Harus Karen harus vising ya Heeh karena kan visual audio ya kalau televisi akhirnya mungkin mungkin ya nih saya juga enggak pernah nanya langsung ke Jik mungkin karena ini orang kok paling rapi di antara yang lain yang lain udah udah gini Kebang enggak duduk di dalam kita

Duunggu 1 2 jam bosan kan Apalagi enggak boleh buka mengap macam-macam di dalam kan mungkin tapi saya harus dan saya mencatat teruskan karena saya harus apa menyampaikan l report setelah laporan langsung setelah kita ee apa sidang kan ada jada-jadanya tuh laporan langsung saya nyata aja samp sampil saya tetap

Jaga untuk apa apa bisa ee apa dilihat sama Jessica karena saya mau bilang secara tidak langsung ya ya bahwa J Saya berharap banget loh Kamu bisa bicara karena ini adalah hak kamu untuk bicara ya kita menawarkan hak dia untuk bicara dong karena enggak mungkin kita sekali lagi enggak mungkin kita pakai logika

Publik pada umumnya bahwa itu udah salah salah aja kita tetap harus memberi ruang akhirnya itulah dia kasih kertas terus Wah saya bilang Wah bisa nih saya masuk Nah ngomong-ngomong soal itu menurut saya juga Posisi saya sebagai perempuan ya itu agak lebih gampang masuk coba kebayang Kalau ada cowok dikasih gitu

Terus kasih catat terus dia dikira taksir kali tapi waktu itu dia masuk ah saya bilang saya sudah riset duluan Wah saya seumuran sama dia ternyata gitu Saya mau bilang bahwa saya orang yang seumuran kamu kita itu wartawan adalah manusia narasumber juga adalah manusia Kalau mau kita cerita banyak narasumber

Narasumber beda-beda deh pendekatan kita ada yang kita benar-benar tongkrongin ada yang benar-benar kita tahu dulu hari ulang tahunnya itu kan bagian dari pekerjaan kita gitu sama orang yang bernegosiasi kan Ya saya tulis tuh makanya saya berusaha untuk bernegosias sama dia bahwa saya orang seumuran kamu kita sat tahun yang sama kita hanya beda

3 hari ulang tahunnya kita penyuka e warna biru sama-sama saya tulis semua tuh sayaanya mau bilang bahwa saya sama seperti halnya kamu kita punya hak ayo kita ngobrol itu itu pesan yang mau saya sampaikan Ti dia terima terus mulailah tuh mulai kayak dia datang nanti dia akan senyum wah wah syukurlah gitu tapi

Walaupun enggak bisa langsung wawancara lagi ya gitu l jadi itu walaupun sudah dapat ee kertas as enggak langsung juga gitu ya masih ada iya i Ben kepercayaan itu kan dibangun ya kepercayaan itu dibangun akhirnya tapi paralel juga ya tetap saya yakinkan Bang Otto saya yakinkan mamanya gitu ya karena ee setelah sidang

Biasanya ini sidang nih jam jam 10 gitu ya kan besoknya mereka harus nyiapin misalnya ahli apa besok biasanya saya ikut juga sama tim pacara saya izin ke Bang oto jadi saya enggak langsung pulang saya sama mereka Nah itu ada ee tante Il dan Wongso dan papanyaanya n mereka juga ikut gitu ya Meskipun

Yakin mereka jugaak terlu ngerti isinya apa tapi mereka tetap ada e apa namanya ada di situ gitu ya e makanya ketika ada yang nulis atau bilang bahwa bahkan ada yang nulis ya judulnya yang ditunjukin ke saya tadi pagi tuh bahwa e Bang oto dibayar 37 miliar gitu ya E kalau untuk

Hal itu mungkin saya bisa jawab bahwa tahu enggak tante dan om itu seperti layaknya orang tua yang kita kita lepaskan dulu nih Jessica salah atau enggak Ya tapi kalau ada orang tua yang anaknya ber anaknya bermasalah he gimana sih itu orang tuanya Jessica iya iya i jadi bayangan

Lagi nyusun berkaos tuh mereka nyiapin makanan tuh nyiapin makanan terus sampai tante tuh bilang yah tante enggak bisa ngasih apa-apa ya minimal Tante bisa kasih makanan gitu bisa ngaturin ngurusin makanan karena kan pasti Butuh minum Kal tengah malam masih ngeti-ngetik kan pasih butuh yang hangat-hangat gitu ya

Sampai sampai tante Im Itu kan tahu saya enggak makan nasi ya Oh enggak makan nasi akhirnya disiapin juga tuh ada pisang gitu ya di situ gitu ya jadi ee akhirnya mulailah terbangun kepercayaan itu karena kan bagaimanapun pekerjaan sebagai jurnalis itu kan sebenarnya pekerjaannya sangat manusiawi ya I enggak sihul kamu Ma datang langsung

Ngih mic terus kamu langsung kasih pertanyaan terus tiba-tiba dia enggak mau menjawab itu hak dia loh iya iya i makanya sebang itu kepercayaan kepada tante imilda itu kepercayaan yang harus dibangun ke Jessica itu kepercayaan kepada Bang oto dan tim Ay izink kasih ini ada ruang nih buat kalian silakan digunakan dan itu

Adalahalian untuk memberi penjelasan ke publik gitu mungkin tidak ya tidak akan secara langsung berpengaruh sama putusan sih karena itu kan Hakim yang nentuin tap masalahnya ini kan ada kredibilitas engak ada fitnah-fitnah yang harus dilurusin ini ruangnya gitu jadi setelah tadi berapa 20 kali lebih berarti kalau satu sidang itu 20 jam sudahah inves

Waktu berapa berapa 130 jam ya atau 170 jam ya Wow totalnya jadi benar-benar duduk investing segitu jam demi pengin bawa air kecil aja ket Saya pasti tahan karena kalau kita keluar itu susah kita masuk betul nah tapi belakangan akhirnya tante-tante ibu-ibu gitu ya E bapak-bapak om-om yang dari yang saya

Cerita tadi dari berbagai daerah akhirnya kenalkan nyapa tiap pagi saya masih live report mereka sudahudah nyapa tiap pagi jadi saya di situlah saya bisa bertahan duduk di tempat yang sama itu G neara mereka saya bilang tante amanin dongi yang kemarin ya paling depan ohok aman-aman udah dikosongin terus nanti

Kalau saya muncul di situ sini sini saya gitu duduk nah itu juga kan salah satu cara kita kan untuk bisa mendapatkan eh apa namanya mendapatkan ee berita gitu ya itu kan bagian dari dari cara kita gitu ya bahwa kita harus bangun hubungan baik dengan dengan mereka yang mungkin bisa bantu kita gitu

Ya misalnya kayak saya punya formula bahwa kalau kamu pengin pengin wawancara pejabatnya maka orang yang paling harus kamu jaga hubungan baik bukan pejabatnya siropirnya ajudannya Atau orang yang paling mengerjakan hal paling detail dari orang itu pasti dia yang paling didengerin gitu-gitu loh jadi menurut saya mungkin Kal karena di netflix orang

Nontonnya Oh gini ya di kasus cari kertas aneh banget sih kok dia itu Jessica pasti manfaatin dia tuh sengaja milih wartawannya buat bisa di Ya Tuhan itu P kerjaan sangat panjang sampai saya itu ya kan Kameramen itu kan saya harus partner sama Kameramen I iya iya partner sama Kameramen sedangkan Kameramen itu

Juga ditugaskan besoknya tuh buat itu loh kan banyak kamera ya setiap kali live itu sidang apa ya kamera akhirnya kator kameramannya bilang Fris Kayaknya udah pada enggak kuat ngikutin lu Pris gitu karena 24 jam ya saya benar-benar turun pagi terus nanti ikut sama saya lagi saya masih bangun tu jam 3 jam kan

Bang ot dan lainnya juga masih Jum berkas kan terus saya bilang ya udahlah enggak usah akhirnya pakai handphone saya ngambilnya pakai handphone jadi ada beberapa juga tayang waktu itu di tempat atau di televisi tempat saya bekerja proses pengambilan penyusunan berkas dan lain-lain itu tang tapi saya ambil pakai

Handphone Hm karena enggak ada yang Kameramen yang kuat ngikutin ke fristian Ya kasihan juga gitu ya karena kan kadang-kadang kita nunggu sampai jam .00 pagi jam 500 pagi enggak dapat apa-apa iya ya enggak jadi kayak Duh ngapain sih Ini G dulu ngapain sih sebenarnya i i i i Enggak semua Mungkin bisa memahami

Bahwa kita itu dapat 10 kali wawancara eksklusif karena percobaan kita 250 kali H jadi pal paling paling sedih banget dengar kalau balik ke kantor dapat berapa lama durasinya gitu wawancaranya Oh hanya 12 menit oke tapi 12 menit itu kan hasil usaha untuk meyakinkan orang yang sama sekali

Enggak bisa enggak mau ngomong he atau yang sama sekali sulit untuk kita jangkau itu kan persoalan akses kita kan jadi kadang-kadang tuh sulit menjelaskan tapi ya sudahlah enggak perlulah kita berdebat di Rana itu kepentingan Hasilnya nih ya kita ada gitu jadi dan mungkin kalau saya bawa kam Kameramen

Juga e Apa Bang oto atau mungkin e apa om dan tante mama dan Papanya Jessica juga enggak nyaman Jadi biasanya di sela-sela sudah jam 00 P jam 3.00 Pagi Tante om saya boleh ambil gambarnya ya Om boh saya ambil H dan itu tang di program pagi iya iya dan Memang iya sih

Ya Em salah satu kayak challenge ya Eh untuk teman-teman di TV itu adalah Tidak semua orang nyaman di depan kamera ya kak ya jadi kan kalau wartawan ee cetak atau online bisa ngobrol ngobrol-ngobrol jadi berita gitu kalau kamera e kalau tv kan enggak bisa begitu Harus ada bukti

Di visualnya kan gitu Itu sih ya agak-agak ee apa ee ya seperti saya cerita bahwa mamanya jikah duduk begini juga bisa gagal gitu ya Iya iya benar dan itu tadi ya apa trust buildingnya sampai akhirnya akrab dengan keluarganya dan akhirnya Jessica mau wawancara eksklusif memang ternyata butuh itu butuh apa ya waktu dan

Ee tenaga yang cukup intensif ya yang panjang gitu kan tadi berapa 130 jam 130 170 jam ya itu in between 130 140 170 Kalau enggak salah 170 jam karena panjang banget sidangnya ya Ee dan itu sih makudnya poinnya adalah mungkin kalau dinasus enggak bisa ditangkap ya tapi poinnya adalah membangun

Kepercayaan kubu Jesika Katakanlah ya ada Mamanya di situ juga ada tim pengacaranya itu bukan hal yang mudah buat buat kita gitu termasuk juga serangan-serangan misalnya kayak saya banyak sekali menyajikan misalnya kayak wawancara mama Jessica atau wawancara sama Bang ot atau wawancara sama Mamanya pasti kita dibilang saya juga pernah

Waktu itu Facebook zamannya dibilang Wah nih wartawan yang ini kok berat banget sih ke kubu jessicaa padahal kan Nih orang melihat kita harus ada di tengah He kalau kita enggak apa ya Sesuai dengan harapan mereka dibilang kita enggak Iya engakenden gitu ya enggak Netral ni orang gitu ya sebenarnya

Menurut saya juga kita enggak Netral ya kita independen independen untuk menentukan keberpihakan kita pada kebenaran I enggak sih Jadi kalau memang memang Yangti saya sampaikan di makanya saya berani menyampaikan itu bahwa kebenarannya adalah ketika saya berinteraksi beberapa waktu sama Jessica gitu ya Eh dan ternyata tidak seperti

Yang saya bayangkan toh saya juga yang meancar para psikolog-psikolog itu juga itu juga perlu untuk disampaikan kan he he itu perluuk disamp bahak jugaak merasakan hal yang sama saya bu psikolog dan engak berhak untuk membantah psikolog tapi kalau yang saya rasakan kayak gini gitu Iya sok yang berbeda

Betul jadi point of view-nya ya karena kan Ean juga menghadapi orang yang sama gitu Jadi bisa mendapatkan perspektif yang berbeda gitu nah Kak tadi kan cerita tentang perjuangan eh satu kasus Jessica aja segitu intensifnya ya dan segitu melelahkan gitu itu memang dari dulu Memang apa ya menjadi wartawan itu

Memang cita-cita atau gimana sih kok Sampai segitu menghayatinya gitu bekerja Wah enggak juga ya jadi wartawan karena justru biasa jadi mungkin lebih dulu jadi presenter ya background enggak background-nya itu apa si justru hukum Oh justru hukum Jadi bukan bukan Yang lulusan komunikasi atau jurnalistik gitu dan itu kecemplung kecemplung di dunia

Ini tuh gimana Heeh biasa jadi moderator Terus akhirnya dapat kesempatan lah di TVRI Jawa Barat waktu itu jadi presenter eh kemudian ee ada salah satu senior dia udah pensiun dari dunia jurnalistik ini pindah ke salah satu stasiun televisi swasta terus dia butuh e presenter juga di akhirnya diajak ke

Sana tapi ketika di ada di e televisi general Entertainment saya merasa bahwa kayaknya bukan ini yang saya inginkan ya yang saya inginkan enggak Hanya Jadi presenter gitu ya baca promter tapi yang saya bayangkan di kepala saya bahwa ya benaran jadi jurnalis gitu meskipun Saya jugaak benar-benar tahu bahwa pekerjaan

Jadi jurnalis itu seperti ini loh sampai benar-benar menjalaninya ya Oh jadi benar-benar kecebur aja gitu ya Iya jadi akhirnya saya pindah tapi saya juga tetap pindah lagi ke TV janel Entertainment engak begini deh akhirnya dapatlah kesempatan untuk ke TV berita di TV berit l Saya mungkin punya pemahaman bahwa kasihan pemirsa gitu ya

Kasihan pemirsa kalau kita tuh hanya istilahnya kalau teman-teman wartawan TV itu hanya gantung gitu misalnya ada narsum nih keluar nih terus gantung m kayak nungguin teman-teman wartaan nanya gitu ya Ini gua bikin naskahnya seperti yang ditanya sama yang satuin sedang kalau saya tuh pasti setiap jalan tuh

Pasti sudah belajar lebih dulu gitu ya terus nanti saya tahu Oh oke Ini angle-nya harus ini deh harus maju dari kemarin saya sudah nyampaiin ke pemeriksa itu berita Saya sudah sampai sini nih soal kasus ini jadi harus ada apa kelanjutannya nih atau ada harus ada hal barunya nah itu saya pancing dengan

Pertanyaan kepada Narasumber itu kan nantiah keluar yang namanya sun on kan kita bisa atau sunbite ya kita ambil barulah kita bikin beritanya jadi menurut saya kayak itu sebagai pertanggungjawaban kepada pemirsa ee kalau karena saya jurnalis lebih namanya pemirsa kan jadi nonton kepada pemirsa bahwa harus ada sesuatu yang baru yang

Baru yang menarik yang punya nilai berita yang harus diterima dan didapat sama mereka saat nonton kita gitu ya ngapain lu kamu ngomong 4 menit 3 menit gitu ya 8 menit mungkin kalau LV beritaita bisa ituh live report kita bisa berapa menit terus enggak dapat apa-apa gitu heeh heeh heeh jadi itu

Bagian dari pertanggungjawaban personal aja sih tapi entah kenapa ya Em enggak hanya soal Jesika Ya misalnya kayak ee menurut saya ketika kita mendapatkan liputan eksklusif itu atau wawancara eksklusif adalah pertemuan harus pertemuan enggak bisa salah satu aja ya antara kerja keras kegigihan dan keberuntungan karena kadang-karang kita udah kerja keras Nih

Kita udah gigih nungguin orangnya ya belas-belas jam di luar Kalau kamu enggak beruntuk selesai atau kar kita juga gak usah-usah banget eh beruntung lewat orangnya kita dapat gitu Jadi emang faktor yang pertama tuh lak gitu ya lak jadi dan itu Makanya banyak-banyak berdoa jadi karena pernah satu kejadian tu

Freddy Budiman ya waktu itu gemung narkoba itu apa kayaknya di 2016an juga Dehi Budiman nih Kejaksaan Agung itu enggak mau ngumumin gitu loh Ini sebenarnya siapa aja yang mau diekssekusi mati terpidana mati Ma dieksekusi mati beradirlah rumor bahwa ada 14 orang termasuk dalamnya Fredy bdiman He saya tugasin ke Cilacap pusaha Kambangan

Terus nungguunggu nunggu engak ada satu Jaksa Agung itu sampai di hari H untuk eksekusi enggak ngumumin benar enggak 14 orang kalau tidak benar itu siapa aja itu enggak diumumin sama dia aduh gimana ya kita udah siapin semua media itu ah nyiapin dan lain-lain gimana ya Sampai suatu sore mau di apa saat eksekusi

Lewatlah ini e polisi di e apa namanya Mobil satelit televisi tempat saya kerja dulu lewat terus ada ee apa teman-teman wartawan lokal kontributor televisi tempat saya kerja Mbak Mbak Mbak ini polisi yang biasanya mandiin jenazah Oh suka oh oh mandiin jenazah langsung dong set Wah mandiin jenazah berarti orang

Yang paling dekat dan paling tahu bisa ngenalin ini siapa ini siapa dong gu kan Wah Pak saya boleh minta nomor telepon ya akhirnya saya ngobrol sama dia gitu ya Pak saya nanti kabarin ya berapa banyak yang Bapak mandi in gitu Oh gitu Ang buat apa Mbak ya buat saya beritain

Pak saya bilang gitu buat saya berita Oh oke oke tapi sinyal di atas itu biasanya terganggu ya mudah-mudahan kita berdoa aja sama-sama enggak terganggu akhirnya live itu live dari jam 0900 malam sampai jam .00 pagi karena eksekusinya dini hari eh belum ada pengumuman sama sekali pengumuman sama sekali semua media

Seingat saya waktu itu menuliskan termasuk media satu grup dengan kami ketika itu juga menuliskan bahwa yang dieksekusi adalah dari 14 orang itu hanya 12 orang ah sori yang dieksekusi 12 orang dari 14 orang yang beredar namanya termasuk Fredy Budiman tapi ketika itu saya nelepon lah ke yang mandiin jenaza saya telepon mbak ini

Hanya empat orang di sini yakin enggak ada tempat pemandian jenazah yang lain enggak saya yang mandiin jadi di layar itu ya saya sampai nerima tiga telepon sekaligus telepon buat yang nerima suara audio dari presenter studio satu lagi telepon apa E ee buat korinasi sama produser satu lagi lagi telepon dari

Kantor dari gathering Ya nanya bahwa Fris kamu yakin kamu berani nyebutin empat orang yait di layar gitu ya Iya S saya bilang empat orang yakin yakin jadi saya bilang semua bilang semua layar bilang dan semuanya naikin 12 loh Fris ya UD saya sudah siap-siap untuk di SP

Waktu itu saya lebih percaya sama sumber saya maka saya sebutin bahwa Menurut sumber yang terpercaya hanya empat orang gitu ya Sampai akhirnya udah dieksekusi dini hari dan ada press conference 30 menit kemudian atau sejam kemudian ya dari jamidus ya jamidsus sama ee kej dari Kejati ya Kalau enggak salah

Didampingi kajti e Jawa Tengah akhirnya benar di umumin bwa hanya empat orang gitu termasuk dalamnya Freddy Budiman gitu Hah Enggak jadi DSP deh gitu gitu ya jadi DSP kan malu juga kan akhirnya kita kan mempermalukan media kita kalau kita salah gitu ya betul betul betul jadi ya yang gitu-gitulah

Itu itu agak agak ini ya banyak bangetlah misalnya kayak di Filipina juga begitu ya misal di Filipin saya sudah pulang Loh tiga kali jadi saya ditungas yang apa si yang Moro ee yang abu sayaf Oh abu sayaf jadi kita ada 14 orang kan warga negara kita yang di apa

Namanya di ee apa ee tawa nama mereka kan sudah pulang ke Manila kan di jambuangga jambangga itu kayak kalau Indonesia itu kita Jakarta jamb bangga itu kayak Papua gitu atau NTT atau Maluku jauh banget lah Filipina Selatan saya sudah pulang tuh sudah pulang dua kali at tiga kali saya sudah ke Manila

Sudah mau ke Indonesia tapi eh balik lagi ke Zang buangga gitu ya Sampai akhirnya saya sudah mulai bosan nih Aduh Masa kita hanya gini-gini aja Masa kita datang dariapres conference dari eh apa namanya mereka namanya pusat militer mind Danau lah mereka tuh militernya terbagi kayak kita itu daopsdaops gitu

Loh da Timur da Tengah G mereka press conference terus press conference saya sudah mulai bosan masa nulisin Oke kita sudah menurunkan apa namanya tentara segini untuk menghadapi tiap hari kayak gitu juga ya nih saya bilang ke Bang Dimas waktu itu Kameramen Saya bilang Bang ya Kita harus melakukan sesuatu

Gitu apa ya akhirnya adalah kita nongkrong-nongkrong biasal wartawan itu kan harus dekat dengan semua orang nongkrongah dengan salah satu tentara di sana Mereka bilang kaynya kamu bisa loh sebenarnya ke itulah kepulauan Sulu itu beda 8 jam naik katal feri hah Gimana caranya saya bilang gitu Oh ya Kalau

Kamu bisa bisa beli e apa tiket Apa Kapal laut itu kapal feri itu he aman ya berarti kamu tinggal diam aja di dalam dalam kapal jangan ngomong karena kalau kamu ngomong kamu bahasa Inggris pun orang akan tahu bahwa kamu bukan orang tagalok karena enggak ada dialeknya iya

Jadi kamu sampai sana biasa loh ngambil kalau dari dari muka kan mirip-mirip kan so Oh enggak juga terak ada cerita lagi tuh Enggak juga jadi akhirnya tapi akhirnya kemudian ngarah di sana mayoritas muslim jadi saya menyesuaikan ya saya pakai kudung kayak kita di Aceh ya kerudung terus ee saya tanya Bang Nas

Mau enggak kita nyeberang ajah Hah yakin kamu gitu ahah ajak teman-teman yang lain saya ajak teman-teman yang lain enggak mau ka kita Riskan Dang kita masa orang menghindar dari dari tempat Nawan Pulau itu kita mau ke pulau itu kan kamu agak kurang waras ya kalau kalau apa pakai kacamata ini ya kacamata Orang

Pada umumnya Ayolah Bang akhirnya maulah dia kita beli tiket Aman saya duduk di pelabuhan tuh dia maj sama abang Dimas gitu ya E Bang diimas masukin kamera tuh di tas gitu ya diam ya di kapal juga selama 8 jam sampai enggak ngobrol gitu ya kami enggak ngobrol akhirnya dia

Bilang bahwa Kalau kamu bisa sampai di di kapal kamu aman enggak dijemput sama Abu Saif itu kami nyampai Kamu turun kamu langsung 200 m dari situ tuh ada ada Ini kok ada pos kamu lari aja supaya kamu enggak ditangkap pokoknya dari pelabuhan itu kita lakukan sesuai petunjuk kita sampai sana

Dimarah-marahin Oh kamu orang Indonesia gimana sih l seperti biasa kita meyakinkan bahwa Pak saya datang ke sini karena ada saudara-saudara ada ibu dari mereka yang diitawan ada istri ada anak-anak dari mereka yang ditawan yang hanya ini pengin lihat bahwa gimana sih pulau tempat suami anak dan ee apa E ee

Eh Papanya ditawan gitu minimal itu aja sudah pasti mengobati ininya dia gitu ya mengobati rasa ee sedihnya ya saya bilang gitu terus saya bilang Hah ada-ada aja sih dibilang gitu ya dalam bahasa Inggris ya Terus akhirnya diantar tuh untuk kita keliling sampai kita tuh Lumayan dekat ya 15 KM lah dari tempat

Titik terakhir mereka terdeteksi k saya ee coba on camp gitu ya lagi-lagi karena televisi harus ada bukti belum ke sana ya on camp akhirnya kemudian kita dibawa lagi di pos dan akhirnya intelijen Mereka menerima bahwa muka kami sudah sempat difoto ternyata di pelabuhan jadi enggak aman kalau harus nginp malam itu

Akhirnya diadakanlah kapal untuk ngantarin kami kembali keus khusus ya buat ngantarin balik itu ya Heeh jadi benar-benar Kosong kapal itu jadi di apa jaga sama ee tentara Filipina untuk ngantarin kami ke mana ke ke pusat militer namanya B buang 8 jam lagi tuh balik ke sana gitu di kapal tapi ini

Udah bisa ngobrol ya karena dia itu kan udah ketahanara He gitulah ceritanya ya jadi itu apa ya Dari tadi cerita-ceritanya Kak frisan tuh eh kuncinya adalah kesabaran Ya Kak Ya dan kegigihan ya karena tadi nungguin Jessica sehari bisa 20 jam gitu terus ee tadi pulang pergi buat live report tuh

16 jam berarti ya ya benar-benar harus tabah gitu tambah sabar gitu Terus kalau gagal ya enggak apa-apa dicari lagi gitu tapi emang agak susah meakai kacamata ini ya kacamata manusia yang mungkin enggak terbiasa sama pekerjaan kita gitu ya bahwa sih duddulu SII enggak dapat apa-apa gitu karena ada saat kayak gitu

Sih enggak dapat apa-apa juga I Iya karena memang Kan semuanya tuh Enggak ya ya itu enggak semuanya langsung dapat hari itu juga ya Jadi benar-benar butuh kegigihan berkali-kali berkali-kali baru dapat hasil yang jreng gitu ya Kak dan yang berusan nama kita kan manusia Ya makanya kan kayak Jessica juga kita

Perlu yakinkan kita perlu Kenapa sih Saya mau ke Rutan Kenapa sih Saya mau ke Rutan dan saya enggak naikin sama sekali beritanya saya benar-benar datang ke sana sebagai pengunjung pada umumnya jadi saya enggak bawa kamera saya enggak bawa apapun dan saya tidak menulus apapun telanjang gitu ya sebagai as a

Person aja gitu ya hanya mau bilang bahwa em Yuk ini ada ruang meang hak kamu he sebagai ee apa apa ee apa objek berita saat ini yuk dipakai gitu ya enggak se exactly kayak gini juga kalimah saya tapi saya mau bilang gitu loh bahwa jz ini ada ruang tolong

Dimanfaatkan gitu ya dan e silakan kalau kamu mau wawancara kamu mau Tante Mau buka suara gitu mau cerita apapun atau mungkin tim pengacara mau cerita silakan Ini ada ruang kalian gitu He nah ini kan tadi Eh kak frisan tuh cerita kasus-kasus yang Sori peristiwa-peristiwa yang ditangani itu semuanya kriminal hukum bahkan terorisme

Gitu itu kan em maskulin sekali ya Kak Ya itu Eh gimana sih caranya supaya sebagai perempuan itu bisa menyesuaikan diri di dunia yang sangat maskulin ini dan Survive dan bisa mendapatkan hasil yang enggak kalah gitu dengan teman-teman wartawan yang lain laki-laki apalagi meskipun persepsi orang tuh persepsi orang dalam arti bahwa misalnya bisa

Jadi juga netizen ya Jadi pas waktu apa eh buudiman Menurut saya itu yang paling saya ingat ya karena kan saya menerima dan membaca pesan-pesan dari ee teman-teman waktu itu ee teman-teman itu penonton Maksudnya ya dari di media sosial saya ee bahkan manion tempat saya bekerja waktu itu ya ada beberapa yang

Mention karena itu live-nya Jam 9 malam sampai jam .00 pagi terus entah kenapa Katanya Cilacap nusakam itu tidak pernah terjadi seperti itu tapi hari malam itu saat malam eksekusi itu benar-benar hujan badai bahkan sampai banjir itu mungkin sekitar hampir lutut-lutut kami lah dulu itu air yang seharusnya tidak

Pernah ada genangan air diu ada genangan air dan saya enggak mengantisipasi itu dan tim tidak mengantisipasi kita belinya tuh apa namanya Baju hujan yang di ini supermarket gitu minarket sor Oh jas hujan jas hujan biasa G tipis banget gitu kan jadi saya tetap kena ini karena hujannya badai gitu sampai ada

Pernyataan tuh beberapa yang bilang bahwa ini televisi tempat Mbak kerja ini emang enggak punya wartawan cowok ya sampai harus wartawan cewek yang dipekerjakan gitu ya jadi saya merasa sangat terhina jadi Menur saya saya sangat merasa terhina Wah Mas kok memang memangnya kita enggak mampu gitu ya kita mampu tuh saya akhirnya selama karena

Enggak bisa pakai sepatu saya baru menyadari jam .00 pagi itu ternyata kaki saya juga luka-luka ya karena kan itu sebenarnya kerikil di bawah gitu ya Tapi selama live karena itu live terus he live terus namanya Breaking News live terus saya enggak merasakan Apap pun selain fokus saya mau memberitakan bahwa

Yang keluar ini adalah keluarganya siapa Saya sempat mengenali keluarganya Freddy Budiman gitu karena Kebetulan saya berangkat Pak kereta terpisah sama tim E krw pakai darat saya pakai kereta karena saya harus ketemu sama ee salah satu atase dari Filipina Saya mau ngucapkan terima kasih Saya baru pulang dari Filipina waktu itu Saya mau

Ngucapkan Terima kasih dia datang Indonesia Saya harus ucapin terima kasih dan saya baru jalan malam eh keberuntungan lagi itu keberuntungan lagi kok mirip Freddy almarhum Freddy Waktu itu waktu itu belum almarhum ya kok mirip Freddy Budiman ini kayak Freddy Budiman banget mukanya gitu ya anaknya gitu ya apa adiknya Adiknya

Perempuan ternyata itu adiknya perempuan satu kereta Akhirnya saya tahu kalau itu adiknya gitu akhirnya itu sangat membantu dalam proses apa namanya eksekusi dan akhirnya saya tahu Oh ini yang keluar Oh ini adalah ee apa namanya jenazahnya Fredy Budiman nih yang keluar gitu ya dikuatkan dengan nomor apa ee ee

Nomor mobil keluarga yang gunakan itu plat nomornya Palembang gitu ya he he gitugitulah Jadi itu ya saya merasa terhina banget waktu itu dia bilang Bu emang enggak ada wartawan cowok gitu ya b seolah-olah kita enggak mampu gitu ya toh akhirnya kudian yang memerlukan fisik yang Prima setiap saat dan

Akhirnya double lagi ya karena kan eh double itu kenapa saya bilang double karena kan Kalau di TV itu t saya bilang ya kita enggak boleh kelihatan ada kantong mata Mau ngantuk diminta live jam 12.00 malam gitu ya diminta live jam 200 pagi setelah selesai sidang Jessica ya tetap harus seperti itu dan tetap

Harus fokus gitu ya nyusun kata-kata dan lain-lain jadi ya enggak juga sih menurud saya enggak relevan ya soal gender dipermasalahkan ya mungkin soal gender so soal soal suku dan lain itu adalah bagian dari pertimbangan kita gitu ya termasuk mau saya cerita tadi nyerain kan kas Saya dikirim ke Filipina Wah

Gampang dong masuknya orang niranya kamu orang Filipina kan kena matanya kecil I kan warnanya warna kulitnya mungkin agak terang jadi mirip-mirip Filipina ternyata itu salah Jadi Filipina Filipina itu terbagi dua Filipina Utara itu memang Mongol gitu ya putih-putih tapi yang Filipina Selatan tempat abu Saif itu itu justru Melayu jadi sampai

Tentara mereka tuh bilang gini Yakin nih media Kamu ngirim Kamu ini kamu juga dari jarak 200 m udah kelihatan kali kalau kamu itu orang asing jadi kamu bisa aja diculik gitu ya kan udah pakai ini Oke Oh jadi jadi malah malah miskonsepsi gitu ya Hm Kalau

Mungkin kalau ke Manila sih aman aman ya mirip-mirip soalnya m orang akan ngajak ba tangal kali betul betul betul kan karena kalau di luar negeri kan e aku juga sering pasti disangkain e e e Pinoy kan disangkain gitu tapi ternyata justru kalau mindana itu memang Melayu Melayu

Banget ya ya orang Indonesia banget gitu ya oh Iip banget mirip banget dengan orang Indonesia pada hubungnya jadi itu salah kan Salah tapi kan sebenarnya itu bagian dari lagi-lagi kita punya Sebagai wartawan ada cara-cara tertentu ada pertimbangan-pertimbangan tertentu dan itu sangat manusiawi sih itu juga sama dengan dengan para pengusaha yang mau

Negosiasi dapat investor dapat apa kesempatan berbisnis dan itu Mirip itu sih sebenarnya iya iya iya nah ini kalau tadi ya E dunia jurnalistik itu identik dengan maskulinitas Eh kalau Kak fristian merasa ada obstacle tertentu enggak sih begitu Jadi wartawan ya jadi jurnalis sebagai jurnalis perempuan gitu

Peruan atau di ya tadi kan e dibilang kasihan banget gitu ya cewekceewek gitu syukurlah sih sepanjang berkarir sih enggak ya kalau enggak itu dalam arti bahwa Enggak dari tempat kita bekerja gitu syukurlah kesempatan itu terbuka-terbuka aja toh dalam tanda petik bahwa media yang tempat saya bekerja dulu ya tega-tega aja kok ngirim

Saya ke filip gitu ya Ee dalam arti bahwa berarti mereka tidak melihat bahwa apa saya sebagai perempuan Nih pasti akan kalah dengan secara fisik secara mental keberanian dan lain-lain dengan laki-laki enggak enggak enggakak Tapi itu dari penonton yang mungkin punya punya pandangan bahwa Ang enggak ada lagi ya wartawan cowok sampai harus

Wartawan ceweknya yang live berjam-jam di tengah badai kayak gitu P saya merasa bahwa saya baik-baik aja gitu ya Bahkan jam . pagi saya masih ee apa ee bisa beraktivitas yang masih bisa main-main dengan ee apa teman-teman wartawan dari media lain gitu He nah tapi kan tadi yang k frisan juga bilang karena

Perempuan dan harus live tampilan harus tetap sama gitu itu sementara kan kalau yang laki-laki mungkin enggak harus begitu-begitu banget dan juga kayak tadi sidang Jessica eh live mulai jam .00 makeupan harus dari jam jam . ya gitu mungkin yang kalau kalau per laki jam.30 juga samp selesai Oke gitu itu mungkin

Mungkin itu kali ya jadi kayak double hard workknya di situ seperti itu mungkin he atau misalnya kayak gini e kan ada saat kita itu meskipun saya engak bisa Sebutkan secara spesifik ya ada saat kita itu bernegosiasi dengan mencoba meyakinkan narasumber dan narasumber itu cowok dan kita hanya

Harus berdua dengan orang itu iya iya i syukurlah sih sampai sejauh ini tidak pernah ada yang memperlakukan saya kayakim Man gitu ya ditukar dengan apa untuk bisa dapat wancara syukurlah Enggak karena Entah kenapa tuh sekali lagi ya Ee diskusi-diskusi yang terjalin tuh diskusi-diskusi yang lebih substantif misalnya saya meyakinkan

Bahwa ini ruang kamu loh silakan dimanfaatkan E saya punya pertanyaan ini kalau mau diterima atau tidak kalau enggak enggak gitu Jadi itu itu agak-agak agak agak ini sih Agak PR Jadi biasanya saya mengakalinya dengan misalnya saya mau ketemu sama siapa selalu ada orang lain gitu ya Karena

Bagaimanapun kan ada di layar gitu ya takutnya difoto sama orang dan EE Apa dikira dikira atau dipersepsikan kan kadang-kadang tuh gambar tidak bergerak itu kan gampang banget ya dipersepsikan lain-l framingnya macam-macam ya karena saya selalu bawa ee apa namanya teman-teman yang lain untuk bisa e bersama-sama dengan saya gitu supaya

Enggak Apa enggak enggak sampai difame bisa difraame gitu bahwa e kita berada sangat dekat dengan tapi meskipun ya kadang-kadang kan kalau bawa orang orangnya jadi enggak nyaman ya kan orang iyaya karena kan ada hal-hal konfidensial diongin gitu ya tapi ya itulah cara kita untuk struggling sebagai apa jurnalis

Perempuan sih iya iya tapi benar ya kalau em bertemu dengan lawan jenis eh apalagi ini mungkin yang akan ada risiko-risiko tertentu gitu ya kak ya Jadi ya memang ada mitigasinya seperti itu ya membawa orang untuk Ya udah lo nemenin gue aja L gitu ya kira-kira seper dengarkan aja

Nanti saya yang ngobrol gitu ya nah ini kalau kalau keuntungannya jadi eh jurnalis perempuan itu eh apa sih Kak Oh banyak banget kalau itu ya jadi jurnalis perempuan meluluhkan hati bapak-bapak benar bapak-bapak satpam yang suka melarang saya untuk masuk jadi satu cerita ya ada satu ada satu momen tuh

Itu juga salah satu liputan eksklusif tuh ada satu apa apartemen di di pusat Jakarta ya Saya lagi di KPK waktu itu ya terus ditelepon lama kantor ada info loh kalau ada seorang anak yang jatuh dari lantai 38 he enggak jauh dari sini bang ee cek aja dulu nyampai sana Ini meny

Juga pertan mewah gitu ya jadi akses semua tertutup iya iya terus tapi saya keliling-keliling saya keliling-keliling kam udahlah kita pulang aja jangan dulu kita pulang saya keliling-keliling saya tuh ada celah kecil he antara gedung dengan gedung yang lain yang menurut saya saya bisa masuk ke situ tuh tiba-tiba ada Bapak satam nih datang

Bapak security datang Mbak dilarang masuk mbak W Pak kalau saya kan saya dilarangnya masuknya lewat pintu kan Pak kalau saya boleh lewat sini boleh dong saya coba aja kalau boleh ya silakan aja tapi saya enggak yakin kamu bisa Oh iya sebang itu kan bilang saya agak kurus

Kan Oke masuk ternyata bisa masuk ke dalam jadi saya bilang dadah Bapak saya bilang gitu dah Pak saya bisa masuk ya Ah izin Bapak ya saya bilang gitu aja saya masuk ke dalam Kameramen nih W kamera usah paksa dia Pal agak Tean mirir miring-miring itu ti Akhirnya bisa

Masuk ke dalam tapi pas masuk ke dalam tkp-nya itu di kolam renang Gitu ya jadi lantai 38 turun jatuh ke apa di dekat kolam renang kita pas masuk saya lihat untungnya ya satu kali lagi ya Eh ada ibu-ibu gitu ya mungkin e art di situ ya Mereka bilang Wah Bang di TV ya

Dia bilang gitu Oh iya Bu saya bilang G Oh iya langsung aduh ini jalan nih Oh iya Bu Bu saya mau ke tempat yang ada jatuh itu Bu ee kecelakaan Oh di tower ini ah kasih tahu lagiwer oke makasih Bu G Oke Wah ternyata pakai access card kan

Engak bisa P Apart harus Oh I Ya udah saya anarin set jadi ada banyak Tower yang bisa saya lewati karena bantuan dari e ibu-ibu yang e Sering nonton oh nanti diantterin sama teman saya lagi ya soalnya akses Kart Saya hanya terbatas di sini Oke jadi digilir tuh sampai

Akhirnya kami dapat satu di satu gedung Akhirnya saya lihat nih dari mana ya bisa ambil gambar lagi olah tap De di mana bisa l Oh ternyata Emm di kolam itu ada satu ada unit-unit tertentu yang pakai kaca semua mungkin lebih mahal dari unit yang lain ya biasanya ah Bu

Saya mau ke gedung yang sana lewat mana ya Wah saya bantuin aja ya dapatlah kita sampai sana terus sampai sana Ih ternyata tutup semua nih unitnya saya bilang gimana ya udah nyampai sini mau keluar engak bisa kan saya bilang gitu Ada saya ketuklah pintu Saya memberanikan Ketuk pintu salah satu unit

Yang menurut saya selurusan sama poolah TKP ya saya Ketuk pintunya terus Halo sebarnya saya Saya fristian dari tempat saya bekerja saya Perkenalkan terus saya lihat gitu ada tulisan Fakultas Hukum salah satu Universitas he eh anak hukum juga Yaa segitu ya Anak Hukum juga saya juga anak hukum boleh boleh saya masuk ya

Saya boleh saya masuk emang kenapa Kamu enggak tahu ada hah dia juga jadi kaget bahwa ternyata ada ada kecilakaan itu Oh gitu dan itu kaca semua gitu ya kaca semua terus Bil saya bilang Boleh enggak saya ambil gambar ya udah silakan aja dia bilang itu silakan aja ambil Ir saya

Bikin live on tape di situ pakai kar kaca jadi bisa Kameramen untuk ngambil gambar dari jarak tertentu dan tentu tetap menghormati ee apa kaidah-kaidah kita ya jadi enggak terlalu kentara karena tetap harus diblur dan lain-lain EE udah diambil terus Lihatlah polisi dari eh kok ada ini tuh di sana ada

Muutar kan muar Terus sebang eh bapaknya nyampai sudah selesai saya bilang Pak tolong ditujukan bagian mana yang salah saya bilang gitu karena Pak saya masuk ke sini sudah atas izin semuanya Bapak sat memang bilang saya enggak bisa masuk kalau lewat pintu ini tapi kalau lewat pintu ini boleh he satu ya saya bilang

Gitu Terus yang kedua saya memperoleh akses bisa sampai masuk ke sini bahkan di ceritanya ke tuan rumah saya masuk tanpa melawan hukum loh saya masuk diizinkan sama yang bersangkutan dan saya ambil dari sini Terus yang kedua saya bilang gitu Ini kan juga informasi yang bisa kami tayangkan Bapak mungkin

Malah berkenan untuk saya wawancara sebelahnya itu Oh enggak l dibilang gitu ya tapi saya izin tetap tayangkan ya Pak saya bilang gitu izin tetap tayangkan karena ini kami dapatkan dengan cara bisa dipertanggungjawabkan tapi jangan bandel lah l ya tapi akhirnya dapat juga libutan itu gitu ya ya begitu-egitulah ceritanya seru makanya seru menjalani

Menjadi hidup apa hidup menjalani sebagai tapi memang ya kalau kalau perempuan tuh mungkin karena dianggap lebih luus gitu kali ya KK dan tidak tidak terkesan agresif kan dan tidak berbahaya tidak berbahaya gitu jadi jadi kayak ya tadi kan ee satpam satpam terlalu mengangap enteng juga mana bisa

Mas bisa gitu terus yang para mbak-embak geng mbak-mak di apartemen itu kan juga mereka malah bahu- membahu membantu gitu kan termasuk tuan rumah ya izinin Nah betul mungkin kalau misalnya datang laki-lak ee reporter laki-laki belum tentu bernasib seperti ya kita enggak tahu ya cuma mungkin ya itu salah satu

Contoh benefitnya kali ya jadi jurnas perempuan ya masuk sama Jessica ya kebayang enggak Kalau misalnya saya cowok dan saya apa berbincang terlalu dekat dan l dikir heeh tapi kan gara-gara seumuran sepantaran terus kayak Aduh ee apa kayaknya di antara yang lain yang merhatiin gue hanya ini mungkin ya karena yang lain kan apa

Silih berganti orangnya ya Dan mungkin itu kali ya jadi menurut saya juga ee apa namanya ketika ngobrol juga misalnya kayak suka warna yang sama gitu-gitu loh Itu kan pendekatan yang sangat Humanis dan itulah yang menurut saya menjelaskan pekerjaan kita gitu ya sebagai jurnalis bahwa ya pekerjaan kita ini adalah pendekatan-pendekatan yang enggak keluar

Dari sisi-sisi Kita sebagai manusia juga termasuk seorang Jessica itu juga kita harus berlakukan sebagai dia sebagai manusia dan termasuk juga kita wartawan gitu ya jadi ya apa yang ditonton di netflix itu adalah hasil dari pendekatan kita sebagai sesama manusia gitu ya nah ini kalau dari em apa ya Dari tadi ada

Dari kantor dari narasumber itu nyari enggak ada diskriminasi Enggak ada masalah ya kayak tentang eh kak fristian sebagai jurnalis perempuan nah tapi kalau dari keluarga atau orang terdekat itu gimana sih Kak ada Apakah ada Ada apa ya Ada Udahlah Kamu ngapain sih kerjanya kok enggak jelas banget pulangnya enggak pulang

Pulang gitu terus tiba-tiba pulang kakinya diperban kayak gitu ya tadi ya Dar dari dari Nusakambangan itu pernah ada seperti gitu enggak sih Kak enggak Engak enggak pernah sih syukurlah ya dengan pilihan dengan pilihan ini gitu karena mungkin tahu juga karakter bahwa ya kalau saya sudah memilih sesuat e memilih untuk mengerjakan sesuatu pasti

Saya akan sangat-sangat 100% 1000% untuk sesuatu itu jadi makanya kadang-kadang tuh Ya saking in ini banget sama apa terikat banget sama satu satu isu karena hidup saya hanya soal isu itu gitu Ya kadang-kadang tuh itu benar-benar yang kayak setelah isu itu hilang tuh kayak kosong banget hidup tahu enggak nah

Kasus Jessica ini yang terjadi bayangkan di 2016 itu hidup saya hanya itu kan Saya bahkan pulang ke rumah berarti hanya 2 jam dong ya kan kan jam . jam kan bubaran sidang ke to sidang jam 10. pun saya masih tetap harus live report dulu ikut teman-teman dulu bersihin

Kabel dan lain-lain enggak bisa langsung pulang paling sampai rumah jam . gitu ya terus udah harus di kantor jam . make up coba tidur jam berapa L Saya mandi tidur 1 2 jam jadi ya itulah 4 bulan di penyelidikan penyidikan 4 bulan di sidang Coba bayangkan 12 bulan kan 2016

Itu 8 bulan sudahah saya pakai buat kas itu hm dan itu dan itu enggak ada komplain juga dari K karena mereka mungkin bisa melihat bahwa Ya saya benar-benar sangat sangat mencintai pekerjaan ini gitu ya Ee termasuk juga pas waktu memutuskan untuk nyeberang ke apa Pulau Sulu itu ya Pulau Sulu itu

Saya juga hanya bilang bahwa ee ya saya mau menyeberang ya tanpa memberitahukan konsekuensinya Bah Sebenarnya saya mendekat kepada mereka apa apa ee apa Abu Sayam gitu ya tapi ya Ya syukurlah sampai saat ini sedtik ini saya masih hidup-hidup aja tap semua bisa ditangani tapi Nah ini kan dari tadi kan tu liputannya yang

Bahaya-bahaya ya yang nyerempet-nyerempet gitu e pernah sementara kalau kalau wartawan perempuan kan identiknya udahlah lu perempuan liputannya eh apa eh Lifestyle kuliner eh kecantikan gitu kan sempat ada kepikiran mau kayak gitu atau udah pernah di awal berkarir kan kita pasti dikasih ya Kesempatan ke semuanya gitu ya Jadi kalau setelah saya jalanin

Ternyata kayaknya dapat kesempatan untuk di politik hukum kriminal itu bukan karena mungkin saya jago juga di bidang itu tapi karena enggak jago di bidang yang lain Jadi pernah tuh saya ingat banget masih ini di setelah t saya ke Indosiar lah ya ke Indosiar terus adalah liputan Iga

Kikil bukan Iga kuliner ya sop kikil ya sop kikil satu saya enggak makan nasi Iya satu saya enggak makan nasi itu udah masalah karena kan sop kikil itu selalu ada nasi nasi betul dua saya sangat mengatur makanan saya sih Heeh saya memilih-milih dan saya enggak makan makanan kayak jeroan gitu-gitu kan

Aslinya ya Sangkan di layar kan harus dicoba gitu Ya masalah banget tu He terus itu itu dua itu problem kedua nih ya problem ketiga Pas saya turun ini tempatnya itu ben-benar enggak higienis ada lalat di mana-mana tuh kayak Aduh gimana nih Tapi viral kir lah kalau kondek saya kayak g

Aduh gimana ya Bang saya jalan sama kameraman yang sangat senior gitu ya untungnya pengertian lah om-om itu ya Ee Bang saya enggak makan nasi satu ya bang Terus yang kedua saya enggak makan yang begini gitu ya terus saya enggak makan jajan-jajanan begini gitu karena saya lebih suka salad gitu ya atau yang

Hijau-hijau lah seharusnya iya iya iya aduh gimana ya Tapi lu kan harus Tap on screen Fris gitu Oke ini awalwal karir ya Ini pertama kali Dai cepat akhirnya dia bilang ini aja deh lu taruh tuh nasi di sini di sini tetap aja taruh sebagai hiasan aja FR terus kamu cicipin kuahnya

Aja enggak usah makan ininya kikilnya jadi jadi tetap ngunyah gitu gitu latihan acting ya acting acting dong acting latihan tapi meskipun saya tetap jijik karena itu ada lalat banyak gede-gede banget gitu ya Aduh terus santan Oke jadi Kak berat banget nih nih libutan kali ini nih terus nyoba kan

Nyoba makan terus tetap Aduh Fris lu tetap kelihatan kalau lu tuh enggak suka sama makanan lu berjarak sama makanan lu tetap Jiji sama makanannya Ayo ulang ulang ulang dia diulang lagi sampai kamera tuh ditaruh kayak gini dia udah aduh Fris gua udah lapar ya sorry gua makan akhirnya dia makan di di apa

Kameraman itu udah makan di sebelah kameranya diroll aja untuk saya ngulang ngulang dan ngulang lagi untuk on screen jadi sampai ya udah Ulang lagi ulang lagi kurang Ulang lagi ulang lagi sampai itu Ma habis tuh card kalau dulu Enggak seperti card sekarang ya dulu kan cardnya tuh masih beta cam yang

Kecil-kecil terus udah mau habis nih Fris Ya udah cukuplah ya nanti produser yang akan milh kita balik ke kantor terus sampai produsernya panggil saya terus bilang Fris di antara semua yang kami coba Itu ya Enggak ada yang bisa dinaikin akirnya aku bikin aja ya tanpa kamu ada di situ Makasih gitu jadi

Enggak jadi biasanya presenter ada on C nyobain ini enggakak khusus makan itu engak ada gitu Ya dibikin paket biasa aja gitu makasih banget waduh baik banget tuh senior itu akhirnya mereka mungkin menyadari bahwa ee saya enggak mungkin juga di kuliner dan kadang-kadang kita enggak mungkin juga milih makan Oh sayaanya mau salah-sat

Aja gitu Enggak mungkin kan jadi akhirnya di situlah mungkin akhirnya Ya udahlah nih anak taruh aja deh di polisi gitu atau di DPR Nah itu kebawa tuh sampai ke media-media tempat saya bekerja saat ini gitu bukan karena saya jago-jago banget juga sih Saya yakin karena saya jago aja nih soal kuliner

Atau termasuk misalnya kayak ee wahana gitu Ya saya juga enggak suka aslinya Saya enggak suka juga ya wahana-wahana Jadi gimana bisa jujur di layar untuk bilang wah seru banget ya gitu guys seru banget guys yang ada sayayur seru banget gitu Jadi sampai ada produser yang Bil BRIS gua gua percaya sih sebenarnya lu

Mau bilang ini enak tapi kok Kelihatannya lu kayak Maksa banget pem ini enak ya Jong dipercaya Kalau enak itu k udah pembawaan jadi membawa akan acara apa namanya live report-nya si eh eksekusi Freddy Budiman sama e live report eh sorry shuting makanan Oh lebih su apa intonasinya S Inas sama gitu padahal

Harusnya beda padahal harusnya beda lebih light gitu ya lebih menarik makan Saya sangat sangatsangat mengagumi teman-teman yang punya apa kemampuan di sosmas gitu ya karena eh itu mirip banget orang kalau menurut saya antara sosmas dasd namanya kalau kita di ini khekususan lah kalau mungkin umumnya khususan enggak bisa dibilang bahwa yang

Politik hukum kriminal itu jago lebih jago dari sosmas menurut saya sih enggak bisa itu mirip dengan lebih pintar mana sih orang yang jago matematika atau jago fisika enggak ada juga dua-duanya pintar karena kadang-kadang orang kuliner juga kalau ditaruh di politik juga dia akan kaget orang politik ditaruh di kuliner

Dia juga engak tahu nih Apa nih rasa ketumbar Ini yang mana ya Ini enak bener apa enggak gitu loh jadi yang masing-masing punya kekhususan dan lagi-lagi akan balik lagi ke apa ke e k tarikan kita atau memang talenta kita di mana gitu jadi ya apa E dengan kata lain

Kak Frisian tuh merasa ya Memang harusnya enggak berbakat aja sih jadi ditaruh di hukum itu karena Iya ituah pilihan Dar situ aja deh enggak Tapi berarti memang Ya memang seharusnya seperti itu ya kayak enggak enggak apa ya spesialisasi itu tidak berdasarkan gender gitu ya berdasarkan ya kapabilitas ya kapabilitas masing-masing

Seperti itu ya Kak Ya tu buktinya ada almarhum Pak Bondan ya Yang betul menurut saya kagum banget kalau lihat dia Saya bukan orang yang suka makan sembarangan gitu ya tapi kalau lihat dia e almarhum itu review makanan tuh kayak enak banget ya poknya Gimana ya kayak orisinal banget ya iya iya iya dan

Memang eh Padahal dia itu wartawan dulunya wartawan investigasi kan Oh iya benar Iya gitu tapi dia memang for the love of wood dia merev-review dan ternyata memang disukai gitu dan sinsir ya tu kita pun rerasanya kayak enggak dibuat-buat gitu ya kalau dia bilang enak atauak en jadi Memang harusnya ya seperti itu ya

Kak ya jadi spesialisasi itu berdasarkan kapabilitas bukan berdasarkan gender gitu ya Iya sih dan akhirnya mungkin kebanyakan media akhirnya apa namanya mulai memperhatikan itu gitu ya karena ada juga teman-teman yang e cowok-cowok yang bisa bawain feature itu menarik iya iya ketimbang perempuan He nah kalau menurut eh Kakan

Sendiri kalau melihat eh di dunia pers di Indonesia ya Em kondisi wartawan perempuan itu apakah em sudah bisa dibilang e setara atau gimana karena kan kalau ada risetnya Aji perempuan tuh masih masih masih minim gitu terus masih mendapatkan apa ya kayak diskriminasi diskriminasi dan juga pelecehan seperti itu gitu Kayaknya

Kalau soal diskriminasi itu kadang-kadang kan agak beda-beda tivis sama afirmasi ya diskriminasi sama afirmasi tipis banget bedanya misalnya perempuan Aduh bang di sana kan banjir kaki ini lagi aku baru di satu sisi kalau bagi orang yang punya pemahaman bahwa ya Enggak enggak apa-apa cewekcowok tuh harus terjun di kebakaran

Atau terjun di di banjir tuh harus sama itu diskriminasi tapi bagi orang yang merasa bahwa karena dia perempuan maka Tolong jangan kasih tugas yang berat-berat banget itu adalah afirmasi gitu Jadi tergantung kita punya frame yang kayak gimana gitu ya sama Mungkin menurut saya ada faktor bahwa perempuan pada akhirnya paling banyak ya perempuan

Karena saya mengenal banyak mengenal beberapa teman-teman yang seangkatan yang menurut saya juga sangat berprestasi sangat ee apa diliputu sama keberuntungan gitu ya keberuntungan dalam arti dapatlah dia kalau dapat W acara eksklusif dan e liputan-liputan ususus yang lain tapi akhirnya kemudian karena pilihan hidup ya entah ada satatu ketika dia harus menikah dan harus

Memilih untuk mengurus anak gitu ya atau ee apa namanya Harus pindah ikut Suaminya ke mana gitu ya Atau dia harus menghentikan karirnya sebagaiya jurnalis karena ada tugas-tugas lain sebagai perempuan yang menurut saya juga itu enggak salah kalau milih itu gitu ya toh menjadi ibu dan memilih untuk menjadi Ibu sepenuhnya

Itu kan pilihan yang sangat mulia juga sama Mulianya dengan jurnalis-jurnalis perempuan yang bisa e berprestasi gitu ya bisa sampai puncak karir dan lain-lain itu sama aja sih menurut saya jadi tergantung pada perspektif masing-masing sih He nah kalau Kak FR sendiri apakah planningnya tuh melihat ke depan apa apakah akan terus lanjut di

Sini atau ada kayaknya nanti dalam target 5 10 tahun mendatang akan pindah haluan Ah gitu Wah ini pertanyaan yang yang apa yang sulit banget ya Dan apa sangat melankolis gitu ya karena kan eh apa namanya kita kita di di di saat ini pun melihat banyak teman-teman bukan teman-teman senior-senior yang harus atau

Terpaksa memilih profesi lain selain profesi kita atau beralih profesi ke yang lain Entah itu secara secara sukarela maupun terpaksa karena memang harus bertahan hidup dan lain-lain EE termasuk juga saya ya saya juga enggak tahu kalau ee akan sampai kapan berjodoh dengan pekerjaan ini tapi yang jelas bahwa selama masih diizinkan dan punya

Kesempatan menjalani pekerjaan ini saya menjalaninya dengan sepenuh hati banget gitu ya ee e bahkan hingga saat ini dengan ee apa namanya ee apa tidak lagi Sebenarnya sebagai reporter lapangan saya tetap bersama tim gitu ya dan e bersama media saat ini mengcreate tetap jalan-jalan ke lapangan saya tetap

Wawancara apa On The Spot saya tetap ee apa namanya liputan e seperti biasa karena menurut saya itulah nyawa dari pekerjaan itu ya bertemu dengan narasumber ketimbang dengan hanya ada duduk di studio Menurut saya itu lebih lebih berat menjadi seorang presenter dan EE anak baru lulus juga itu bisa

Melakukan itu gitu tapi bedanya adalah kita sangat mengenal apapun ee apa yang yang isu yang mau kita bahas itu narasumber bisa berdebatah sama kita kita bisa mdebat kalau memang ada hal-hal yang tidak di bisa Jadi kalau ditanya sih Sampai kapan dan bisa ee dan maunya bagaimana sebenarnya kalau

Ditanya Keinginan saya sih saya pengin ee menjadi jurnalis seumur hidup Ya ee seperti Opung pandanbaban kan bisa ee kemudian sampai di usianya kini di 70-an pun masih tetap jadi wartawan tapi kan namanya Hidup kadang-kadang bukan kita yang nentuin ya I kan namanya belok kiri belok kanan lurus terus atau mundur itu

Itu adalah kondisi-kondisi di luaran kita tapi kalau ditanya ke saya sih saya sangat e mencintai pekerjaan ini jadi dari sekelumit yang saya cer ceritakan tadi ya Saya bahkan e bisa memberikan waktu 24 jam buat pekerjaan ini dan itu enggak masalah gitu handphone tuh on terus gitu ya Eh diovertime sampai nanti

Ini udah mau pulang ke rumah Terus eh Sor itu ada kebakaran balik sana lu bisa saya tetap ke situ gitu ya tapi ada saat juga yang aduh em ada liputan yang lebih menarik enggak ya Ada ada kejenuhan gitu ya tapi ya itu dinamika dari dari menjalani pekerjaan Jadi kalau ditanya

Ya jadi pekerjaan yang yang enggak terbayangkan sebelumnya karena saya lulusan hukum yang membuat saya jatuh cinta dan semakin jatuh cinta ketika menjalaninya dan Pasti akan sangat berat kalau harus berpisah jangan-jangan enggak pernah cuti lagi Oh enggak waktu dikererja di media tempat saya waktu saya masih ee apa Meliput sidang Jessica

Dan beberapa liputan tadi Ketika saya menjadi reporter lapangan lah ya saya enggak pernah pakai cuti wah Ben Heeh dan saya punya hutang libur itu bisa 3 minggu gitu ya karena saya menggantikan orang lain Oh saya gak pernah saking ini Ya saking full fully dedicated-nya ya kak ya Iya karena kan karena udah

Dies-des gitu Jadi kadang-kadang tuh kadang-kadang kita Emang libur sih tapi ada kejadian di tempat kita biasa liputan saya datang kok Sayang Ya kalau enggak bambil G Kwat gitu ya dan kadang-kadang kan lagi-lagi Ya seperti contoh jasik ini seberapa banyak berita yang bisa kita dapat itu seberapa Intens kita sama dia Iya

Betulanyaus anggota DPR kalau kitaudahak pernah nongolin muka Mana ada dia kasih tahu kita informasi duluan betul betul dan dia Mungkin kita enggak ada di Top Of mind-nya dia kan dan mungkin kita perlu jelasin ke yang nonton bahwa pekerjaan jurnalis itu tuh ya dikit-dikit diminta Kayak Prama lah ini

Belum terjadi nih kejadiannya kita udah siapin kita udah tahu oh Kayak misalnya nih kenapa saya kenapa sih penting kalau balik lagi ke kasusnya Jessica Kenapa sih penting udah capek banget Udah lusuh banget tapi saya tetap izin ke Bang oto untuk ikut ke tempat mereka nyusun berkas dan la-lain karena besoknya saya

Sudah harus tahu bahwa ee tim pengacara Jessica akan menghadirkan ahli dengan nama ini yang akan digali ini sedang mungkin teman-teman wartawan lain yang enggak ikut sama Bang Otto malam-malam Itu ya Enggak tahu juga nanti nunggu dulu Bang oto diwawancara sama saya setelah itu di doorstop baru dapat informasi itu malah sebenarnya kan ada

Pilihan gitu ya E tapi ya Menurut saya inilah hal yang saya pilih ketika mendapat kesempatan menjadi jurnalis termasuk ketika ngapain sih duduk terus-urusan lihatin Jessica gitu di sidang tuh di luar luar ruang sidang ada studio-studio mini ada speaker yang disediain dari dalam ada layar yang disediain dari dalam kalau hanya buat

Nyata-nyata dan tahu isi sidang bisa bisa nonton di situ tapi kan akhirnya mereka juga enggak dapatin Jessica dapat kesempatan untuk mengacari Jessica kan ada ada hal yang perlu kita bayar untuk bisa dapat sesuatu dan menurut saya itu adalah persembahan yang bisa kita berikan kepada publik yang pemilik kalau

Saya udah Karas saya mengudara gitu ya apa frekuensi itu kan milik publik Ya saya bisa nongol ni di TV nih saya terima kasinya dengan cara apa memberikan berita yang berkualitas gitu oke nah Ini kan dari tadi Kak frisan selalu bilang benar-benar cinta banget sama jadi jurnalis dan pokoknya fully

Dedicated gitu boleh tahu enggak sih selama kerja jadi wartawan dan presenter berita dukanya apa sih Kak yang dirasain kan tadi- tadi kan suka-sukanya terus ya cinta-cintanya gitu I dukanya dukanya kalau melewatkan momen misalnya misalnya em kayak kasusambo aja he kasusambo karena saya sudah dalam kondisi dan keadaan yang berbeda Saya mungkin enggak

Akan sama seperti dulu ketika 2016 2017 gitu ya saya bisa benar-benar ada full di lapangan karena tanggung jawab yang baru saat ini saya harus justru memberi kesempatan kepada yang lain-lain meskipun Gregetan banget kayak Aduh kenapa itu enggak diambil gitu ini enggak diambil tapi kan sudah dalam posisi yang Wah kita enggak boleh egois

Bahwa kita udah bertambah usia kita udah mendapat kesempatan Terus ada junior-junior yang lain kita ambil juga kesempatan itu bagi saya itu juga enggak enggak apa namanya enggak adil ee akhirnya di kasus sampo saya baru masuk di proses persidangan itu pun mulai dekat-dekat akhir gitu ya paling itu agak sedikit aduh sayang banget ini

Enggak diangkat dari awal at sayang banget ini enggak di ini gitu Paling paling itu ya atau misalnya Emm dukanya enggak ada ya kayaknya itu aja deh seadi benar-benar Emang kalau dari kalau rating eh one s sampai 10 ya jadi wartaan tu 10 10 ya Bahkan 100 kali ya

Karena saking cintanya ya terlepas di luar dari apa dari apa E di luar dari konteks kita sebagai pekerja i ya dalam arti kan kita harus jelasin juga pada pemirsa bahwa di dunia kerja jurnalis juga sama seperti dunia kantoran yang lain ada penjilatlah ada ya masih ada ada aliranaliran jilatologi ada politik kantor

Lain politik kantor itu sampingkan ya itu itu di luar dari yang saya katakan 10 tadi gitu Tapi kalau duuh kalau dapat tugas gitu ya apalagi kalau dibilang FR eh harus a ya gitu saya lebih senang diberi tugas seperti itu ketimbang tidak diberi kesempatan sama sekali mending Dikas stres sama target yang terlalu

Tinggi ketimbang stres sama tidak ada kesempatan itu kayak stresnya tuh stres Aduh setelah Jessica kasus jessicaa saya merasa sekarang akhirnya karena intensitas 24 jam dipakai buat kerja ya akhirnya saya balik lagi kan ke reguler ya waktu itu kayak hampa banget hidup ini ya saya duduk di Polda Metro ini

Enggak ada kasus yang gede gitu kayak seolah-olah apa mendoakan bahwa akan ada kasus ged ada ya Kasus yang bisa kayak perlu kita liputin beratu hidupku hampai iu ya Bu kita mengecilkanerja tapi kenaudah total banget 8 bulan bayang berarti 8 bulan sisanya 3 4 bulan Ben 2016 itu kerasa itu syoknya itu 2/3 kan

Eh 3/4 malah nah ini pertanyaan terakhir ni k tadi kan dari kasusnya Jessica itu banyak banget yang Untold storynya ya yang memang tidak bisa ditayangkan di e media tempat kan e kerja dan juga yang di netflix pun juga enggak semuanya ditampilkan gitu itu ada enggak sih ee rencana mau dibikin buku dibikin tulisan

Gitu karena itu itu menarik banget sih Kak ya karena di luar negeri kan juga banyak ya eh wartaan-wartaan yang meliput kasus-kasus gede tuh OJ Simpson misalnya itu dia menulis biografi tentang OJ Simpson dari perspektif dia gitu He Kak frisan ada plan seperti itu enggak sih ini cara bikin buku Heeh Wah

Enggak kepikiran saya baru baru dapat ide karena itu karena itu menarik banget loh apalagi ini kan kasusnya kasus Yang Terus Yang tadi apa E yang Fredy Budiman misalnya atau bahkan bikin biografi perjalanan hidup tapi mungkin kalau yang Jessica itu lebih seru ya karena kan tidak ada kartaan lain yang punya kesempatan

Seperti itu gitu he he kayak satu saya merasa bahwa ya Banyak sekali senior-senior dan rekan-rekan yang mungkin punya pengalaman yang jauh lebih banyak juga sih sebenarnya ya Ee karena kan saya bilang bahwa setiap cerita satu liputan itu pasti beda jauh lah sama berita jadi menurut saya enggak ada satu

Wartawan pun mau senior atau Junior yang bisa mengklaim dirinya sangatangat sangat berpengalaman karena enggak bisa tuh satu pengalaman plek-plek kita bisa terapkan di satu pengalaman yang lain Karena itu beda banget karena ada beberapa momen yang ketika dalam tanda Pitik ya saya harus head to head sama wartawan yang sangat senior di

Lapangannya ya yang sangat senior di lapangan yang dulu juga masih kecil Saya sudah dia gitu ya Iya di konflik di ee apa diut di pristiwa-prestiwa penting tapi pada akhirnya juga dalam tanda petik dia dia kalah cepat untuk bisa dapatin informasi Jadi dari situ saya berkaca bahwa Oh enggak bisa juga kita

Nganggap bahwa Oh kalau kita turun ke lapangan lihat yang lebih juniorah dia enggak akan bisa ada ada kondisi-kondisi yang kita enggak boleh jadi profesi ini mengajarkan untuk teap terus rendah hati gitu ya enggak bisa kita nganggap bahwa ini senior ini Junior enggak ada ee apa ada ada faktor-faktor yang enggak bisa

Dijelaskan di situ jadi ee m ya belum terpikir sih sebenarnya bikin buku apalagi jadi apa apa biografi atau apa gitu ya E tapi senanglah bisa berbagi di podcast kayak ginial ya cerita-cerita kayak gini e bisa ditonton-tonton lagi tapi ya mungkin kalau udah punya waktu yang apa senggang long gitu Ya udah

Enggak ada kerjaan pasti k akan cari pekerjaan juga kan apa ya mungkin nulisnya jadi mungkin itu bisa diwujudkan ya Oke keisian makasih banget udah udah mau e menyempatkan ya di selah-sela kesibukan yang heavy engak jadi bisa e mampir ke dewan pers dan ngobrol-ngobrol cerita Dit story di

Balik eh Jessica ya Jessica Mirna waktu itu makasih banget ya sahabat DP demikian bincang-bincang kita dengan Kak fristian GK dari btv dan beliau tadi banyak cerita tentang pengalamannya dan juga tentang kasus Jessica jadi jangan lewatkan e iniders berikutnya [Musik] salam

Sahabat DP, dunia jurnalistik di Indonesia kerap identik dengan stigma maskulin dan “laki-laki banget”. Padahal, banyak jurnalis perempuan yang tidak kalah hebat, lho. Salah satunya adalah Fristian Griec, jurnalis televisi dan presenter berita yang menjadi satu-satunya wartawan yang berhasil mewawancarai Jessica Wongso dalam kasus Kopi Sianida pada 2016 lalu.

Dalam podcast Insiders terbaru, Fristian bercerita tentang untold stories saat ia meliput kasus pembunuhan yang saat ini viral lewat dokumenter berjudul “Ice Cold”. Fristian juga berkisah tentang pengalaman lainnya seperti saat meliput eksekusi mati gembong narkoba dan pembebasan korban sandera teroris.

Hanya di akun Youtube Dewan Pers. Tonton, yuk!

#adaDewanPers
#kemerdekaanpers
#perskredibel
#jurnalismeberkualitas
Sobat Dewan Pers Official, Info tentang #INSIDERS #Cerita #Fristian #Griec #Saat #Meliput #Sidang #Kasus #Jessica #Wongso #Pernah #Hanya #Tidur #Jam ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:12:05 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia Dewan Pers Official Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah INSIDERS. – Cerita Fristian Griec Saat Meliput Sidang Kasus Jessica Wongso Pernah Hanya Tidur 2 Jam ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang INSIDERS. – Cerita Fristian Griec Saat Meliput Sidang Kasus Jessica Wongso Pernah Hanya Tidur 2 Jam yang telah dilihat oleh 10415 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Dewan Pers Official 4325 | #INSIDERS #Cerita #Fristian #Griec #Saat #Meliput #Sidang #Kasus #Jessica #Wongso #Pernah #Hanya #Tidur #Jam

Sebagai jurnalis wanita saudari Fristian memang super..
Salam..

5 bulan ago

kejangalan pertama kalau benar gelas mengandung 7400mg sianida maka mirna meninggal dalam hitungan menit, kenyataannya dia meninggal di rumah sakit, kejanggalan kedua kalau gelas mengandung 7400mg, waktu sebagai bukti diambil oleh polisi berapa lama ada di cafe oliver kalau udah suhu udah lebih dr 26,5 derajat celsius, apakah engga seluruh cafe bisa keracunan sianida

6 bulan ago

waktu itu keputusan hakim meyakini Jes membunuh hanya karena gelasnya dikuasai Jesika sekitar 1 jam..padahal matinya korban gak dicek Krn sianida atau bukan dan digelasnya ada sianida yg sangat banyakkk..bisa aja gelasnya ditaruh racun setelah Mirna mati sama penegak hukum yg biasa ahli obstruction of justice itu…

6 bulan ago

Wow, keren nih mba Fristian..fully dedicated n over committed to your job! Wish you every success🤞

6 bulan ago

Nonton full dan banyak dapat ilmu

6 bulan ago

Wah dewan pers official

Di tanggal 26 Oktober 2023 ini baru 24 orang yang komentar
Tambah saya jadi 25 yah

Saya penasaran dengan komentar dan atau statement para netizen dan konten kreator tentang kepres yang entah sudah di putuskan atau belum

yang membahas algoritma media yang harus di kelola dewan pers

Gimana menurut konten kreator yang berhubungan dengan channel ini

……………………………
Pertanyaan kedua :
Saya penasaran dengan Tribunnews dengan banyak cabangnya
Kenapa media ini seolah menggiring opini publik tapi gak pakai logika
Kebanyakan berita "hoax"
(hoax dalam artian sebenarnya)
Tolong bahas
Atau sekalian di selidiki apakah channel Tribunnews ini sejalan dengan kode etik pers
Yang setahu saya tribun adalah media besar dan lama juga di Indonesia

6 bulan ago

Cantik

6 bulan ago

kak fris jurnalis keren👍

6 bulan ago

Keren ini Fristian Griec

6 bulan ago

Marilah kita bantu sekuat tenaga terhadap orang yang tdk bersalah….

Tidak ada bukti yg benar² pasti bahwa Jessica telah memasukkan racun kedalam kopi Mirna…. lalu…. mengapa hakim berani menjatuhkan hukuman dengan vonis 20 th penjara kpd Jessica….

….."Bagaimana" ini….hoi…."HUKUM di INDONESIA"….kenapa penegak hukum pura-pura tolol, pura-pura tidak tahu…. kenapa…..
hoi, kenapa!!!…..
kamu anggap kami ini kera kah…..hah!!!! …..
Jahanam….

Hoi kasihanilah anak orang hoi……

Mengapa tega teganya mempermainkan harkat martabat, reputasi, nama baik bahkan hak hidup orang……kasihanilah anak orang hoi…..bagaimana disuatu masa nanti anak atau cucu mu yg merasakan hal yg sama….hah!!!….
Jahanam….

6 bulan ago

Salut jesika memang jujur n orang yg punya prinsip. Keren

6 bulan ago

Mbak Fristian Griec, Saya setuju dengan usul Host.
Segera buat tulisan terkait Kasus Jessica, sesuai dengan pengalaman, peristiwa, suasana, dll. Selama meliput kasus Jessica.
Termasuk peristiwa2, isu, informasi yang tidak bisa diungkap dalam liputan, jadi ada bab2 pengalaman selama meliputi, fakta2 persidangan, dll. Dan bab informasi yang diketahui tapi saat itu tidak bisa diungkap di media.

Momentumnya sangat pas, menjelang PilPress 2024.

Jika kasus Jessica belum bisa di PK pada akhir tahun 2023 ini karena bersamaan dengan suasana politik PilPress, buku mbak Fristian akan membantu dan menjadi salah satu pemicu mendorong diungkapnya kembali kasus Jessica.

6 bulan ago

Netizen tambah pinteur apa LG sejak ada kasus tembak menembak jadi melek

6 bulan ago

Tuhan menyertai orang2 jujur❤

6 bulan ago

tolong undang prof edy dan jaksa donk, mereka sudah lama menghilang 😄😁

6 bulan ago

Wakanda…konoha…It's the most SHAMELESS.. When law enforcement is being ruined by gangs.. Mafia.. Etc.. It'appalling n despicable👺👿👹👿👺💷💴💶💰😭

6 bulan ago

Ayo mbk bongkar terus bajungan " yg merekayasa hukum demi cuan hukum dipermainkan bangsat gk kenal dosa semoga jesica cepat dibebaskan

6 bulan ago

Gara2 kasus jesika terungkap..gua jadi nge fans sm pak otto dan fris😍😍

6 bulan ago

Ut bisa bicara dan ngobrol sama jessica itu harus pintar, cerdas, liat ajaa sekelas jaksa, pamen dia bisa debat, artinya apa ya jessica punya prinsip selagi dia benar dia akan pertahankan argumennya..

6 bulan ago

Pantesan kak friea awet muda ternyata ga makan nasi

6 bulan ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/fqel