Seri Kuliah Online: Pemberdayaan Masyarakat

Sanglah Institute [ • ] Di dalam perkuliahan terakhir sosiologi pembangunan ini kita akan membahas konsep Pemberdayaan Masyarakat atau social empowerment Konsep pemberdayaan masyarakat tempatkan secara visavis atau berlawanan dengan konsep pembangunan atau development Latar belakang dari munculnya konsep pemberdayaan masyarakat sendiri dikarenakan kegagalan konsep pembangunan atau development atau yang secara populer sering diistilahkan pula dengan developmentalism atau pembangunan isme

Nah kegagalan konsep pembangunan ini tidak hanya terjadi di Indonesia di era orde baru tetapi juga Hai negara-negara berkembang Asia lainnya Nah konsep pembangunan yang berdasarkan pada pemikiran ekonomi neoklasik Menekankan pada mekanisme trickle down effect atau efek rambatan tetapi kenyataannya efek rambatan tidak pernah terjadi nah dalam slide berikutnya kita akan melihat Hai bagaimana

Ekspektasi atau harapan dari konsep Tri coldown efek-efek rambatan dari ekonomi seharusnya idealnya seperti gambar diatas tetapi kenyataannya seperti gambar dibawah jadi Hai secara semiotik gambar ini bisa mengungkap pada kita bahwa dalam teko dan efek itu mereka yang diatas tidak pernah kenyang atau

Sumberdaya itu selalu habis di atas entah itu dikorupsi dan lain sebagainya doing Nah implikasi dari pembangunan yang terpusat di Indonesia antara lain adalah Jakarta selaku ibukota pusat itu selalu diuntungkan Kenapa karena seringkali yang punya sumberdaya itu Hai tambang-tambang itu ada di daerah tetapi

Hai oh persentase pemasukan yang lebih besar yang dapat justru Jakarta Hai yang kedua adalah pusat-pusat pembangunan tidak merata di tanah air sebagaimana kita bahas dalam Kuliah sebelumnya Orde Baru Soeharto cenderung membuat pusat-pusat pertumbuhan hanya di pulau Jawa dan Bali sehingga di luar Jawa dan Bali pembangunan masih kurang baik hingga saat ini

Hai kemudian daerah merasa tersisihkan atau tidak dianggap akibat program-program kebijakan yang sifatnya top-down dari atas ke bawah atau dari pusat ke daerah Masyarakat daerah sekedar menjadi penonton atau pelayan atau pembantu di wilayahnya sendiri Hai dan implikasi logis ketika ini

Program-program pembangunan itu sepenuhnya digodok di pusat sehingga daerah hanya bisa pasrah mengikuti kemauan pusat contoh konkret adalah di tahun 2014 sampai tahun 2014 ada sekitar 62299999 DK dan ternyata belum semua masyarakat Indonesia itu Menikmati listrik Juga bagaimana pembangunan yang sangat tertinggal di daerah Papua sehingga memunculkan gerakan-gerakan separatis Hai hai

Hai nah ini slide berikutnya adalah penegasan implikasi negatif dari konsep ekonomi neoklasik yang pertama seperti pernah di singgung sebelumnya Kian mempersempit lapangan kerja ya Prof mubyarto mengatakan ekonomi neoklasik cocok untuk efisiensi tetapi tidak untuk pemerataan kenapa ya karena inti dari neoklasik adalah industrialisasi

Yang kedua tergadai nya kedaulatan ekonomi bangsa karena dalam ekonomi neoklasik semua dijual Sumberdaya sumberdaya alam kita berikutnya adalah tak terjaminnya kesejahteraan buruh Bagaimana kemudian negara berdasarkan ekonomi neoklasik membuat sengaja membuat buruh dibayar murah untuk menarik investor asing Dan lain-lain Nah ini adalah beberapa dari

Ataukah pemberdayaan masyarakat ada chime Frank e xororo ada depan Narayan ada james christensen Jerry Robinson James medley kemudian ada juga Norman up of disamping kanan ada gambar pria itu adalah Jennifer dan wanita yang dibawah adalah depan Narayan nah konsep Pemberdayaan Masyarakat atau social empowerment hadir untuk membalikkan seluruh paradigma neoklasik apa saja itu

Setidaknya ada enam hal yang dibawa konsep pemberdayaan masyarakat yang menjadi lawan dari konsep pembangunan atau development atau developmentalism yang pertama sentralisasi menjadi desentralisasi artinya konsep pembangunan itu sangat tersentral Hai sementara pemberdayaan ingin melakukan desentralisasi yang kedua top dan menjadi Batam up dari atas ke bawah menjadi bawah ke atas

Dari uniformity menjadi variasi lokal atau dari keseragaman ingin menjadi variasi lokal yang keempat dari sistem komando menjadi proses belajar Kemudian dari ketergantungan menjadi keberlanjutan dari improvement menjadi transformation kita akan bahas satu persatu Yang pertama Maksud dari peralihan dari sentralisasi ke desentralisasi adalah konsep pemberdayaan masyarakat ingin masyarakat menjadi subjek artinya Masyarakat

Lokal halus memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan dan mengolah sumber daya dalam konsep pembangunan itu sebelumnya dilakukan oleh pusat Nah sekarang gimana caranya agar daerah yang punya kewenangan untuk mengambil keputusan Hai dan mengolah sumberdaya Jadi Tidak hanya melibatkan Primus interpares atau orang-orang berpengaruh dalam masyarakat daerah tetapi juga harus melibatkan

Masyarakat luas di daerah itu sendiri Yang kedua dari top dan menjadi Batam up ini artinya proses identifikasi masalah kebutuhan hingga perumusan program dilakukan oleh masyarakat lokal sementara dalam konsep pembangunan semua itu dilakukan oleh pusat enggak jadi isu digali dari akar rumput dan modelnya partisipatif semua harus ikut Hai

Nah ini disetiap salat ini adalah foto saya ketika melakukan penelitian di beberapa daerah di tanah air Hai Kemudian dari uniformity ke variasi lokal artinya setiap masyarakat memiliki masalah kebutuhan dan potensi yang berbeda atau tidak bisa diseragamkan makanya model pembangunan 1 masyarakat tidak bisa diterapkan pada masyarakat lain Hai

Misalkan model pembangunan Jakarta tidak bisa diterapkan sama seperti di Bali misalkan Bali karena kuat dengan nilai-nilai tradisional dan budaya maka yang cocok adalah pembangunan pariwisata bukan pembangunan industri berat seperti Hai jadi pembangunan itu harus Menyesuaikan kebutuhan dan potensi yang ada di setiap daerah berikutnya adalah dari sistem komando ke proses belajar artinya

Kewenangan yang terdesentralisasi mensyaratkan masyarakat memiliki kompetensi dan kapasitas untuk mengambil keputusan mau tidak mau masyarakat akan belajar Eh ini artinya ketika Desentralisasi dilakukan masyarakat daerah mau tidak mau harus belajar untuk mengambil keputusan untuk merencanakan dan lain sebagainya Oh ya dengan demikian nanti ada pengakuan terhadap masyarakat lokal bukan teknokrat

Teknokrat itu adalah para ahli yang seolah memegang monopoli pengetahuan dan seolah apa yang direkomendasikan benar padahal belum tentu Misalkan dalam kasus revolusi hijau itu banyak sekali melibatkan teknokrat teknokrat dari ITB maupun pemerintahan jadi seolah mereka mengetahui bahwa mekanisasi pertanian itu yang terbaik untuk tanah air tapi ternyata buktinya tidak

Mekanisasi pertanian menghasilkan berbagai problem baru Berikutnya dari ketergantungan menjadi keberlanjutan Hai aku kalau dalam pembangunan itu masyarakat lokal cenderung hanya menanti arahan atau program dari pusat dari atas nah pemberdayaan masyarakat ingin agar masyarakat lokal tidak hanya menanti arahan atau menanti program dari atas mereka harus terdorong untuk inovatif dan kreatif

Kemudian juga kalaupun pusat memiliki program tertentu itu harus menyesuaikan dengan di daerah Hai berikutnya dari improvement ke transformation improvement itu adalah pendekatan pada cara kerja atau cara produksi sementara transformation adalah pendekatan pada level struktur dan sistem Besaran perubahan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat ia memisalkan khas saya melakukan Saya pernah melakukan penelitian yang

Cukup menarik di daerah Gunungkidul Bagaimana masyarakat pertanian di sana itu diberikan teknologi panel surya Nah itu adalah teknologi besar sebetulnya ketika teknologi itu rusak masyarakat petani Disana tidak bisa berbuat apa-apa ya teknologi panel surya itu digunakan untuk menggerakkan genset pompa untuk menyedot air dari permukaan tanah ya Nah

Ini contoh Bagaimana teknologi besar itu tidak selalu cocok bagi masyarakat lokal nah juta harus menyesuaikan teknologi atau cara-cara masyarakat lokal Itulah kenapa pemberdayaan masyarakat ingin mengalihkan atau menggeser dari improvement ke transformation jadi Adakalanya yang dibutuhkan masyarakat lokal itu adalah teknologi kecil teknologi sederhana yang tepat guna bukan teknologi besar teknologi

Bombastis tetapi mereka tidak memiliki pengetahuan atas teknologi itu berikutnya adalah dokumentasi Penelitian saya dulu mengenai pemberdayaan waria di Yogyakarta jadi yang menarik adalah kota Jogjakarta ini kota yang ramah waria ramah transgender atau ramah transpuan bahkan pemerintah kota Jogja itu memiliki program pemberdayaan bagi waria Yogyakarta dan hasil penelitian saya Hai hal

Antara lain adalah waria-waria ini mampu memberdayakan dirinya akhirnya mereka banyak dari mereka yang kemudian tidak lagi turun ke jalan tetapi punya usaha-usaha Mandiri seperti salon toko kelontong kemudian ada juga yang beternak bebek Nah itu adalah hasil dari program pemberdayaan masyarakat Bagaimana masyarakat atau warga kemudian bisa berdaya tidak bergantung

Hai segera itu kuliah kita mengenai pemberdayaan masyarakat untuk diskusi bisa kita lanjutkan di kolom komentar terima kasih

Konsep pemberdayaan masyarakat muncul sebagai akibat kegagalan konsep pembangunan yang dibawa ekonomi neoklasik yang begitu mendewakan industrialisasi dan mekanisme trickle down effect. Terdapat lima konsep kunci dalam pemberdayaan masyarakat yang sekaligus merevisi konsep pembangunan, yaitu;

1. Sentralisasi menjadi desentralisasi.
2. Top-down menjadi bottom-up.
3. Uniformity menjadi variasi lokal.
4. Sistem komando menjadi proses belajar.
5. Ketergantungan menjadi keberlanjutan, serta
6. Improvement menjadi transformation.

Please visit:
https://www.sanglah-institute.org/

Please follow:
https://www.instagram.com/wahyu_bn/

https://www.instagram.com/sanglahinst/
Sobat Sanglah Institute, Info tentang #Seri #Kuliah #Online #Pemberdayaan #Masyarakat ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:13:10 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia Sanglah Institute Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah Seri Kuliah Online: Pemberdayaan Masyarakat ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Seri Kuliah Online: Pemberdayaan Masyarakat yang telah dilihat oleh 17371 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Sanglah Institute 790 | #Seri #Kuliah #Online #Pemberdayaan #Masyarakat

Terima kasih, pak sy atas pencerahan nya, yang sangat mirip dgn kehidupan masyarakat lokal didaerah sy sendiri. 👏👏👏

7 bulan ago

Terima kasih, pak sy atas pencerahan nya, yang sangat mirip dgn kehidupan masyarakat lokal didaerah sy sendiri. 👏👏👏

7 bulan ago

MANTAP Pa Makasih saya dari Papua yg senang dengan materinya KARNA Negara Betul Melaksanakan NILAI-NILAI KUNSTITUSI DENGAN BAIK MAKA FONDASI UTAMA NEGARA ADALAH RAKYAT DI DESA ATAU KATALAIN KAMPUNG MAKA NEGARA AKAN MAJU.❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

12 bulan ago

Terimakasih sangat bermanfaat🙏

1 tahun ago

3 tahun ago

Boleh tanya tidak kak Bagimana Perspektif sosiologi dalam sistem sosial Indonesia? Dan apa yang diharapkan dalam masyarakat majemuk

3 tahun ago

Terima kasih atas sharing materinya. Untuk konteks sekarang model comdev (pembangunan partisipatif), model inklusif-kolaboratif sepertinya lebih banyak diminati . Gagasan/inisiatif bisa dari berbagai lini…

3 tahun ago

Terima kasih ilmunya pak, salam dari saya jurusan pengembangan masyarakat islam UIN-SU

3 tahun ago

Terimakasih atas materinya pak ,beberapa tahun belakangan ini pemerintah sedang berusaha untuk pemerataan pembangunan secara menyeluruh terkhusus bagi wilayah Indonesia bagian timur ,tetapi produktivitas akan terwujud jika negara secara bertahap mampu mengatasi kesenjangan antara lain ,kesanjangan pelayanan dan kwalitas pendidikan, pelayanan dan kwalitas kesehatan.

4 tahun ago

for sure saya sangat berterimakasih kepada bapak dosen pengampu materi ini, materi dan penyampaianya sangat baik dan mengesankan. saya sangat terbantu dengan penjelasan mengenai pemberdayaan masyarakat melalui materi ini sehingga kedepan dapat saya jadikan referensi untuk project yang akan saya lakukan.

4 tahun ago

Contoh improvement sama tranformation apa min di ranah perkebunan atau perikanan

4 tahun ago

Bagaimana membuat program CSR menjadi sustain dan tepat guna simak videonya : https://youtu.be/jXXoEqgq-l4

4 tahun ago

Sebelumnya terimakasih untuk materinya Pak Wahyu.
Izinkan saya untuk berkomentar, disini saya setuju dengan efek rambatan karena pada realitanya pemberdayaan masyarakat tidak merata dirasakan oleh para masyarakat luas. Dan tentang implikasi negatif neoklasik mungkin bisa kita rasakan sekarang ini pada saat adanya pandemi akibat covid-19. Dimana cangkupan lapangan pekerjaan semakin sempit, dan yang paling dirasakan adalah tak terjamin nya kesejahteraan buruh, Banyak buruh yang diberhentikan dan tidak mendpatkan pesangon terlebih susah dalam mencari pekerjaan lagi.

Pertanyaan saya pak, apakah pemberdayaan masyarakat ini sudah terjadi secara menyeluruh di Indonesia ini ? apakah pemberdayaan masyarakt sendiri memiliki peraturan peraturan tertentu ? Jika iya, bagaimana hukum orang-orang yang memberdayakan masyarakat dengan yang tidak sewajarnya ? seperti buruh buruh atau ART yang tidak diberdayakan dengan baik oleh atasannya ?

Terimakasih bapak.
Diana Oktaviani : NIM 1812511007

4 tahun ago

Terimakasih atas materinya pak.
Saya ingin bertanya apakah pemberdayaan masyarakat bisa menjadi upaya pengentasan kemiskinan? Terimakasih🙏🙏
Ribka Bernita_1812511014

4 tahun ago

Selamat malam pak. Sebelumnya terimakasih untuk pemaparan materi Seri Kuliah Online: Pemberdayaan Masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk membangun masyarakat agar
mereka memiliki inisiatif melakukan aktivitas sosial agar mereka bisa
membenahi situasi dan kondisi mereka sendiri. Artinya masyarakat akan mengalami transisi dari masyarakat kurang berdaya menjadi berdaya. Dalam peroses pemberdayaan masyarakat khususnya di Indonesia, apakah pernah ada kasus penolakan oleh masyarakat karena suatu alasan seperti kondisi masyarakat yang konservatif?
Terimakasih pak

(M. Syukur – 1812511012)

4 tahun ago

Selamat pagi pak, terimakasih atas materi yang bapak sampaikan. Izinkan saya untuk memberi pertanyaan tentang Karakteristik Pemberdayaan Masyarakat tersebut,
Apakah dalam proses peralihan tersebut ada tindakan secara paksa/koersif seperti kekerasan pada orba (ditangkap, ditembak, disandra dan lainnya) ? Dan adakan karakterikstik tersebut yang sulit untuk dicapai karena masyarakat yang masih sulit beradabtasi?
Terimakasih pak,
Gabriela Dona/1812511038

4 tahun ago

Terimakasihuntuk materinya, Pak. Tanggapan saya: saya sepakat dengan implikasi negatif
neoklasik utamanya tentang tergadainya kedaulatan ekonomi bangsa. Faktual, hingga kini pun ekonomi bangsa Indonesia belum sepenuhnya berdaulat. Misalnya, Indonesia turut menjadi bagian integral dalam WTO dan menyetujui perjanjian yang dilaksanakan pada tahun 1994 tentang investasi dalam trade related investment Measure (TRIMs). Dimana menghendaki penghapusan sederet prayaratan diskriminatif yang acapkali dilaukan oleh host country seperti persyaratan penggunaan kandungan lokal (termasuk dalam hal ini tenaga kerja lokal), kewajiban alih teknolgi, kebijakan kesimbangan perdagangan, pembatasan bidang usaha, pemilikan saham, dan penggunaan tenaga kerja asing yang kemudian diratifikasi UU Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Fakta tersebut menguatkan argumen Ife (2016) tentang krisis dalam negara kesejahteraan adalah hasil dari sistem sosial, ekonomi, dan politik yang tidak berkelanjutan. Lebi lanjut, setiap tanggapan konvensional atas krisis dalam negara kesejahteraan adalah suatu yang dalam dirinya sendiri didasarkan atas asumsi-asumsi yang beroriantasi pada pertumbuhan yang tidak berkelanjutan, dan oleh karena itu dirinya sendiri tidak berkelanjutan.

Menambahkan apa yang dipaparkan dalam video ini, Jim Ife memberi alternatif skema pembangunan yang kemudian ia sebut pengembangan masyarakat terpadu. Dalam pembangunan ekonomi terdapat dua skema, yakni pengembangan ekonomi masyarakat yang konservatif dan radikal. Adapaun pengembangan ekonomi yang konservatif dalam dilalui dengan skema; menarik industri, memulai industri lokal, dan pariwisata. Adapun pengembangan ekonomi masyarakat secara radikal ditempuh melalui cara, yakni koperasi, bank masyarakat; adalah sekelompok orang yang sepakat untuk menanamkan uang mereka secara bersama sama dan memberikan pinjaman kepada para anggotanya, dan LETS (Local Energy Transfer Scheme) atau mengupayakan formalitas ekonomi transaksi lokal dengan menciptakan mata uang masyarakat.

Adapun metode pembangunan ala Ife ini dikemukakan karena respons terhadap krisis yang diberikan ekonomi neoklasik. Pendekatan alternatif ini berupaya merelokasikan aktivitas ekonomi dalam masyarakat agar dapat mendatangkan kentungan bagi masyarakat serta merevitalisasi masyarakat lokal. Dalam realisasinya, ekonomi mainstream – ekonomi neoklasik – tidak lagi berfungsi secara efektif untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Pertanyaan saya: ketidaktepatan pembangunan Indonesia sudah lama dan melembaga, oleh karenanya, bisakah kita bangkit dengan skema pemberdayaan masyarakat ini ataunjustru sebaliknya; menimbulkan kerajaan-kerajaan kecil dalam daerah karena pembangunan lagi-lagi direcoki oleh elit lokal?
Ni Nyoman Galuh Sri Wedari/1812511044
Refrensi:
Ife, Jim. Community
Development. 2016. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

4 tahun ago

Terimakasih bapak untuk materi yang telah disampaikan. Yang dapat saya ambil adalah pemberdayaan masyarakat (empowerment) sebagai strategi alternative dalam pembangunan telah berkembang dalam berbagai literatur dan pemikiran walaupun dalam kenyataannya belum secara maksimal dalam implementasinya. Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat merupakan hal banyak dibicarakan masyarakat karena terkait dengan kemajuan dan perubahan bangsa ini kedepan apalagi apabila dikaitkan dengan skill masyarakat yang masih kurang akan sangat menghambat pertumbuhan ekonomi itu sendiri.
Tolak ukur pemberdayaan masyarakat di Indonesia adalah ketika terjadi reformasi pada tahun 1998, dimana ditandai dengan adanya desentralisasi yang terjadi sesuai pada amanat UU No.22 tahun 1999. Perubahan pelaksanaan pemerintahan dengan Otonomi pada Daerah Kabupaten/Kota telah melahirkan perubahan yang signifikan terutama yang berhubungan dengan pelaku pembangunan, pengambilan keputusan dalam perencanaan pembangunan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Tetapi dalam kenyataannya praktek penyelenggaraan otonomi daerah masih banyak kendala antara lain kurang kreativitas dan partisipasi masyarakat secrara kritis dan rasional.
Yang ingin saya tanyakan adalah
Sehubungan dengan pernyataan di atas, bagimanakah masyarakat mengambil sikap dan posisi nya dalam hal pemberdayaan masyarakat itu sendiri sesuai dengan apa yang telah dilakukan melalui desentralisasi dan karakteristik pemberdayaan masyarakat yang ada di Indonesia? Terimakasih

Baity Nazihah/1812511042

4 tahun ago

Selamat sore bapak Wahyu BN.

Terima kasih atas pemaparan materi Seri kuliah online: Pemberdayaan Masyarakat.

Mohon Izin berkomentar pak.
Saya setuju dengan diterapkannya pemberdayaan masyarakat di Indonesia.
Bahwa dalam hal ini, pemberdayaan masyarakat bermaksud mendongkrak potensi-potensi yang ada di wilayah tertentu yang belum terkena trickle down efek. Efek rambatan hanya dirasakan oleh daerah-daerah yang dekat dengan pusat pembangunan saja.

Namun saya juga setuju dengan diberlakukannya kebijakan desentralisasi. Kebijakan ini bertujuan agar masyarakat mampu belajar dan juga mendapat pengakuan bukan teknorat.
Semisal, yang terjadi di kabupaten saya (kabupaten dairi, Sumatera Utara) bahwa masyarakat lebih bergantung kepada ahli-ahli pertanian. Karena pengetahuan masyarakat tentang pertanian masih kurang. Namun sekarang, kebanyakan masyarakat tidak membutuhkan ahli pertanian karena hasil panen yang didapat tidak sesuai dengan harapan.
Sampai saat ini masyarakat lebih memilih belajar secara otodidak dalam peningkatan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Terima kasih bapak.
Selamat sore bapak.

Pilipus Sijabat (Nim: 1812511013)

4 tahun ago

Terimakasih materinya pak,, 👍👍👍

4 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/an6u