KAMPUS DAN KEBEBASAN AKADEMIK (Dr. Saiful Mahdi)

Aceh Documentary [ • ] Wuih uh uh mu mu mu mu Hai alaikum warahmatullahi wabarakatuh kembali lagi di podcast a Aceh documentary kali ini kita akan mendiskusikan bahas kampus dan kebebasan akademik nah belakangan ini mulai 2019-2022 sampai hari ini berbagai media cetak dan online dah kita diisukan diinformasikan salah satu seorang salah seorang dosen di Universitas Syiah Kuala

University kebanggaan masyarakat Aceh Hah dilaporkan karena kasus pelanggaran ite dan nah ini adalah kasus pertama sejak undang-undang ite diberlakukan khusus di Aceh pertama kali ini berlaku nah disini sudah hadirat bersama kita banget Saiful Mahdi Assalamualaikum Waalaikumsalam loh gimana sehat alhamdulillah bisa panggil bahayanya biar lebih dari langit dagang pantai ada Oke

Kiriman missed kita dengar kemarin di berbagai media cetak dan online sudah ada putusan pengadilan yang tutup sana tim Kalau nggak salah itu sekitar tiga bulan betul oleh Pengadilan Negeri Banda Aceh Banda Aceh jalan tingkat pertama saya dinyatakan bersalah dengan hukuman tiga bulan penjara dan denda 10 juta subsider satu bulan kurungan Jadi kalau

Nggak sanggup bayarin 10 juta mau ditambah satu bulan lagi yang berbulan-bulan bulannya ya itu keputusan dari pengadilan negeri itu enggak ditahan imbang nih formasi PPAT Alhamdulillah tidak ada perintah penahanan dari majelis hakim hakim tidak ada perintah penahanan betul nah gimana sini Bang Awal mula kasus ini ini kan

Kita dengar bahwa ini Abang melakukan sebuah cuit Andy Grove internal kampus dengan membongkar bikin bahasa yang lebih tepat kasus praktek penerimaan CPNS di Fakultas Teknik itu gimana Kok bisa sebuah status bisa berefek kepada hukum dah Hai Terus terang saya juga sangat kaget deh bahwa apa yang saya Tuliskan di

Sebuah pusat grup internal dan terbatas Hai waktu itu sekitar 100 anggotanya dosen dan karyawan di Unsyiah dan mungkin yang mengenal saya di kampus maupun di luar kampus memang sudah mengenal saya sebagai orang yang suka mempertanyakan atau ada orang lain mengatakan kritis Eh tapi sebenarnya bagi saya Ini adalah amanah sebagai

Seorang muslim Apalagi sebagai orang yang berpendidikan Alhamdulillah saya dapat pendidikan lumayan bagus tinggi sampai S3 ya kalau mau dibilang ilmuwan muslim Hai bertanggungjawab pada Memang dari awal saya memang punya kesadaran bahwa kita harus menyampaikan kebenaran move salat moral masalah moralitas masalah keadilan masalah kebenaran karena itu memang tanggungjawab kita sebagai Muslim

Apalagi sebagai muslim yang berpendidikan hai eh sudah sering Saya dengar nasehat-nasehat atau mungkin bukan nasehat tapi semacam sindiran mungkin Hai sampaikan secara terang-terangan atau di belakang supaya saya jangan terlalu kritis lah ada yang mencoba Master nah kata-kata the ketika TPU dewasa gitu dikurangi atau ngomong dikurangi lagi betul Gua bukan hanya

Sejak adanya media sosial bahkan sejak sebelum ada media sosial karena seperti yang saya sampaikan di play-doh Saya mungkin sebagian kita Pak belum melihatnya saya menyampaikan pledoi dengan memulai kisah Ketika saya pertama diangkat menjadi setelah dosen-dosen di Unsyiah tahun 1994 1995 jadi sekitar 25 26 tahun yang lalu eh jadi saya box

Bersama beberapa teman CPNS waktu itu Oh ya seperti biasa Pada masa itu ada istilah Rafel Rafel itu adalah gaji yang dibayarkan dalam bentuk rapel besarnya diangkat januari-maret 2019 94 tapi baru setelah proses administrasi negara yang cukup panjang Christmas baru tahun 95 nanti dibayarkan tapi kemudian dibayarkan sekaligus sejak setahun yang

Lalu tractel itu namanya raped Waktu itu saya enggak tahu sekarang Sudah menjadi kebiasaan bahwa rapel gaji calon-calon dosen yang baru ini selalu dipotong saya nah kami ada sekitar 10 dosen muda di Unsyiah atau waktu itu khususnya di fakultas MIPA tidak mau dipotong kita cari pengolahan tidak terima dipotong

Bukan karena kami tidak mau berbagi rezeki yang kami punya ya kau memberi tips memberi sedekah itu sangat dianjurkan tapi kami maunya menerima dulu kemudian setelah kita mau sedekah mulai bertelur tapi waktu itu sudah ada langsung ke usaha untuk memotong 15% kami tidak terima dan karena tidak terima kemudian dipanggil

Oleh salah satu oknum pimpinan dikumpulkan Laini 10 orang muda ini kemudian di ya dinasehati dinasehati dan dimulai oleh si oknum pimpinan ini dengan menyatakan bahwa saya tahu kalian ini orang-orang muda masih penuh dengan idealisme tapi ketahuilah bahwa dikampus ini di Unsyiah itu sudah ada musiknya ditabuh dan semua orang sudah menari

Sesuai dengan musiknya ditabuh itu itu pernyataan SMS sampai sekarang walaupun Cut terjadi 25-26 tahun yang lalu jadi eh itu kan Bahasa sampai istilahnya bahasa sindiran atau bahasa sampiran denganmu Israel pemotongan rapel itu sudah jamak Sudah biasa Sudah jadi tradisi tuh jadi tradisi budaya disitu jika kita kritisi dianggap kita ini orang yang tidak

Menghormati budaya sudah mau ngasih budaya jadi dikatakan jangan eh ini semua orang sudah ikut musik yang ada jadi jangan buat musik sendiri itu kata-kata dari oknum pimpinan tersebut nah salah satu dari kami menjawab dengan tenang bahwa kami merasakan bahwa musik yang ditabuh musik yang terdengar itu tidak indah musiknya Sumbang dan kami

Bertekad untuk membuat musik sendiri waktu itu inilah kira-kira eh Hai sejarah sebagian dari kami termasuk saya sendiri masuk ke Unsyiah nanti praktek-praktek hal demikian itu sudah lama terjadi Ya saya juga pernah ini buat riset sebuah film sama Bang punjung candaan ikrar lamteh jadi saya nemuin satu subjek itu namanya Chung usaha bagi

Daerah Aduh kata bullying sama beliau anak Pak Apa kesimpulannya ini Bapak sudah hidup beberapa periode beberapa problem besar bagi masyarakat Aceh terutama di dikenal ampuh itu kata beliau adalah dikenal lamteh itu ending kita Aduh Darussalam wadah sakura-san apanya Darussalam kampus akademi Nah jadi ikrar lamteh itu adalah harapan kita berdamai untuk melahirkan lembaga

Kampus pendidikan naseb saya baru denger nih ternyata Hai sedih kampus kebanggaan masyarakat Aceh di Darussalam itu kan bukan hanya usia jadi Betawi ternyata prakteknya demikian Iya sebenarnya itu kan sudah jadi rahasia umum mungkin bukan hanya di Rusia mungkin di tempat lain juga ada nah kami di fakultas MIPA karena itu

Fakultas baru waktu itu kami ingin menghentikan praktek itu tidak putrimarino partai itu kebetulan nah ini juga ini pas sekali karena tadi diceritakan tentang sejarah kelahiran Darussalam bahwa ini yang juga sangat disayangkan bahwa tidak banyak mahasiswa dan bahkan civitas akademika dosen dan karyawan di usia yang tahu-tahu cukup dalam tentang sejarah Darussalam itu

Seperti apa rek Kalau saya mah yang menjadikan itu salah satu bahan kuliah untuk mahasiswa baru di jurusan statistik kita berikan materi tentang kenapa Hai bagaimana sejarahnya Kenapa namanya syahwal ah eh tapi yang sangat kita sayangkan bahan kita dengar di orientasi mahasiswa berusia sendiri ini tidak banyak dibicarakan orang itu enggak

Terlalu ituin siang ini tuh dilahirkan dengan pertumpahan darah itu konflik betul makanya namanya Darussalam ini adalah solusi dan saya pikir para pemimpin Aceh dimasa lalu luar biasa visioner nya ya jawaban terhadap masalah besar konflik kekerasan kemiskinan dan ketertinggalan jawabannya adalah pendidikan Oke jadi sudah tepat Nah sekarang pertanyaannya pendidikan

Seperti apa akan begitu pendidikan seperti apa Se Ki tahu Tentu saja tidak ada kampus yang sempurna tidak ada kepemimpinan yang sempurna Eh tapi dengan sejarah Darussalam yang luar biasa Mestinya Kita punya semangat yang lebih besar daripada perguruan tinggi yang lain daripada masyarakat ditempat lain untuk mengeja tinggalan Aceh Firsa memberikan sesuatu

Buat masyarakat betul Artinya kita Sebelum mengupas lebih jauh terhadap kasus ya bangsa volume Dini ini kan secara umum masyarakat kita mungkin masih siswa atau para pelaku dia Jadi enggak begitu paham apa yang sedang terjadi di dunia pendidikan kita Akhirnya saya secara pribadi misalnya set semula bertanya-tanya Kenapa

Misalnya ini kampus ada 261 sial yang sangat terkenal kita di Aceh itu tidak bisa memberikan sesuatu buat masa sekitar Misalnya ini masyarakat hari ini pohon pisangnya busuk tapi kita kaum intelektual itu tidak hadir memberi solusi itu apa memang benar tidak ada sumber daya manusia kita di sana atau memang sumberdaya manusia ini

Ditenggelamkan karena dia lebih kritis atau Kenapa hehehe Eh yaitu saya ingat 2 nah ribu empat atau bahkan 10 tahun yang lalu saya pernah menulis opini di serambi di salah satu koran Media lokal tulisan saya mungkin dibandingkan dengan apa yang saya tulis dalam wa grup itu jauh lebih kritis waktu itu pihaknya

Mempertanyakan arah perubahan usia judul artikel opini saya kalau tidak salah Unsyiah dan perubahan ini betul-betul kritik eh otokritik sebenarnya untuk saya pribadi sebagai civitas salah satu civitas akademika di Rusia Kenapa Unsyiah tidak bisa berbuat lebih eh saya sedih itu saya menulis misalnya begini perumpamaannya kalau Unsyiah atau kalau Darussalam diberi gelar jantung hati

Rakyat Aceh jantung hatinya rakyat Aceh Saya berani biar waktu itu dan mungkin sekarang sudah harus lebih berani lagi waktu itu saya mengatakan tampilannya kalau jantung dan hati fungsi dalam tubuh itu sangat vital Apa fungsi jantung menarik darah kotor dari seluruh tubuh membersihkannya dan menyebarkan ke seluruh tubuh darah yang segar darah

Yang bersih orang yang berpendidikan mungkin menari anak-anak bangsa Karena orang Aceh yang kurang terdidik yang belum berpendidikan bagus belum punya apa keterampilan yang bagus sehingga mendapat pendidikan yang bagus sehingga kemudian mereka ini bisa menyebar ke seluruh Aceh membangun Aceh dan Aceh menjadi lebih maju pertanyaannya Kenapa Apa yang terjadi ketika ada kunci Ah

Yang sudah cukup lama usianya dan kita banggakan tapi kemiskinan di Aceh masih sangat tinggi Hai hello problem stantink problem gizi buruk problem rumah tidak sehat problem anak-anak kerdil kekerasan kejumudan masalah kesehatan yang luar biasa saya orang sadistic dan saya pernah menyampaikan satu presentasi tentang tsunami Aceh berikutnya mungkin ini kamu

Ngerti tugas pemerintah mungkin bukan tugas fungsi atau kampus-kampus lain Lebih sebenarnya kan dari kampus pernah lahir orang-orang hebat yang memang memberi warna pada perubahan kearah Aceh yang lebih baik tokoh-tokoh awal pimpinan Unsyiah itu sangat visioner banyak diantara mereka yang jadi pimpinan daerah Palapa pedang Gubernur kepala dinas dan sebagainya sampai

Sekarang untuk masih begitu juga ya Taraka yang dapat posisi di birokrasi Pacul lalu meolli di seluruh Aceh semesta dikatakan alumni Darussalam itu sangat berperan nah pertanyaannya Kenapa AC tidak ujung berkembang menjadi lebih baik kita masih termiskin semua teratur nomor 6 se-indonesia agak starting kita salah satu yang tertinggi gizi buruk menjadi

Masalah ditambah lagi sekarang dengan dana otsus yang sangat banyak jadi apa yang salah nah bagi sebagian orang mungkin yang apcgs lah ya emang gue pikirin Emang gue pikirin Emang gue pikirin ngapain dipikirkan tapi saya dan saya yakin masih ada dosen maksudkan banyak mahasiswa di usia yang lahir dari

Rakyat Aceh karena saya orang yang dari keluarga yang sangat sederhana bisa dibilang warga miskin bisa menjadi dosen dan bisa sekolah sampai S3 di Amerika semuanya dengan beasiswa ya sejak Saya tamat SMA Alhamdulillah saya dapat beasiswa untuk sekolah S1 S2 S3 karena itu saya merasa Hai tema Saya pernah ditanya oleh

Mahasiswa Kenapa Bapak setelah 10 tahun di Amerika kembali ke Aceh Aceh karena hidup di Amerika saya pernah ditanyakan gitu oleh mahasiswa-mahasiswa di Darussalam saya tanya ada berapa anda menanyakan itu ya kami ingin tahu lah karena kami dengarkan hidup di Amerika 10 tahun itu kan mestinya lebih menyenangkan ini berapa pulang ke

Indonesia ke Aceh Bulak saya balik bertanya apakah anda menanyakan hal yang sama kepada dosen-dosen yang lain masih mengatakan Iya amin tanyakan apa jawaban dosen yang lain rata-rata jawabannya pake mereka harus pulang karena mereka dapat beasiswa pemerintah dan karena itu mereka wajib mengabdi mengabdi kalau bapak bagaimana saya bilang ya kira-kira

Samalah Cuma kalian ganti saja kata pemerintah di setiap pernyataan itu dengan kata rakyat mungkin terdengar klise ya tapi bagi saya itulah panggilan dari awal Ketika saya menjadi guru kalian perangkap memang dari latar belakang paling bawah latar belakang ada paling bawahannya karena memang waktu teman SMA saya sebenarnya hanya ingin jadi guru

Dan waktu itu makanya saya merasa memang ada panggilan dari Darussalam Kenapa karena angkatan saya yang dikirimkan untuk jadi calon dosen IPS bab ya oke itu jadi ini bener begitu hebatnya begitu visioner nya para pemimpin terus alam khusus yang sih waktu itu Tapi sebelum mendirikan komunitas fakultas MIPA ingin didirikan misalnya dan

Voltase ini ada beberapa program studi baru Teknik Elektro teknik arsitektur itu teknik-tekniknya waktu itu belum ada di para pemimpin ini tidak langsung buka jurusan buka fakultas terima mahasiswa seperti yang terjadi belakangan ini Hai umum para pemimpin kita waktu itu pikirannya visioner sebelum buat fakultas sebelum buat Prodi baru mereka

Menyiapkan usdm berikutnya manusia orang yang berdaya penuh layarnya jadi sejak tahun 81 80-an awal itu sudah ada sejumlah mahasiswa sejumlah tamatan.sma dari Aceh yang direkrut oleh manusia dengan beasiswa dari PT Arun untuk dicangkokkan dites sampai tahun 873 saya lulus SMA masih ada peluang itu tapi khusus tahu 87 sehingga roti itu

Almarhum Profesor M Ali Basya Amin waktu itu wr1 Unsyiah datang khusus Gazebo tiga tempat saya merekrut untuk merekrut Kenapa beliau datang khusus karena khusus 87 yang dibuka hanya untuk fakultas MIPA artinya ini penyiapan fakultas calon dosen pop mengubah tahun-tahun sebelumnya banyak ke atau teknik Nah itu asal muasalnya saya

Waktu itu dan syaratnya harus sudah lulus dulu di Israel pmdk sekarang namanya eh hai hai apa usmu atau senam BBM undangan gitu Jadi yang lulus undangan dibenci akhirnya undangan di usia boleh mencalonkan diri untuk direkrut menjadi calon dosen Oh kita saya laut itu sebagai anak orang dari keluarga yang

Sangat sederhana bisa dibilang keluarga miskin saya walaupun sudah lulus undangan sedang bingung mau kemana ini karena kuliah waktu itu bisa 56 tahun nah cukup biayanya jadi saya adalah pelamar pertama program pencangkokan ke ITC Surabaya mouth Iya Bang Saiful Mahdi ini kita kembali ke diskusi kitanya Nah kita sudah dapat gambaran cita-cita Aceh

Darussalam Lah gimana para pendahulu membangun kampus ini nah kemudian tiba-tiba terjadi kasus kita dididik untuk memberi pencerahan Nadia disini dengan proses ya kritik memberi masukan dan tempat lahirnya ada pihak-pihak yang tidak menerima nah proses yang terjadi di grup WA yang bangsa formadi ketika kata-katanya yang kemudian direspon Nah bisa enggak adicerita mungkin nah

Sebelum-sebelumnya sebelum kasus ini diangkatlah misalnya punya hal apa ini jaringan dengan teknik World yang pertama mursalah.pdf perlu luruskan bahwa Kejadian ini bisa dibilang bukan tiba-tiba saya Abinya Hai sebagian kita di kampus yang kritis itu sudah menyuarakan kritik jauh hari sebelumnya seperti saya katakan Saya pernah menulis opini atau artikel-artikel yang mengkritik Unsyiah

Sebagai bagian dari otokritik nikmati sebagian pihaknya dianggap ini mengganggu lainnya ya Iya tapi waktu itu para pemimpinnya mungkin lebih bijaksana sehingga dan mereka malah tidak mempermasalahkan itu weh jadi dan diakritik seperti biasa eh ketika keadaan di Aceh makin bisa dikatakan Makin terpuruk ya karena sekian lama konflik karena kemiskinan Ternyata kita

Masih susah untuk kita buat menurun lebih drastis ke kisahan itu kan sebenarnya ada di kita semua menyerang Hanya di kampus tetapi juga diluar kampus ia bahkan saya ingat sebagian teman-teman diluar kampus mempertanyakan nih gimana usia ini kok tenang-tenang saja Bahkan sebagian yang mengenal saya atau mengenal dosen-dosen yang lain menyampaikan kegelisahan mereka lewat

Dosen-dosen seolah teman-teman diluar kampus ingin mengatakan Kenapa usia tidak melakukan apa-apa Emang situ Ngapain aja di kampus kira-kira begitu eh Nah dan sebenarnya kita Ya tentu saja seperti semua orang lain dan dosen-dosen di usia juga punya sumbangsih dan pada berbagai level dengan berbagai cara masing-masing nah hubungan saya dengan

Dekan teknik the sunni tidak masalah bahkan saya pernah mengajak beliau menjadi anggota tim saya untuk mencuci cara pribadi secara pribadi menjadi tim konsultan untuk pemerintah Aceh gaya mungkin di sosial media sempat beredar foto ketika kami melakukan kunjungan belajar ke Surabaya saya mengajak beliau dalam yaitu tim yang saya bentuk eh jadi tidak

Ada masalah dan sampai sekarang sebenarnya secara pribadi Kami tidak ada masalah tapi memang pengalaman saya 26 25 26 tahun jadi dosen saya kebetulan adalah orang yang Syukur Alhamdulillah mungkin juga Kenapakah saya tidak cukup karena itu kalau ada yang memberi apa mencoba membangun hoax atau kampanye negatif bahwa Saeful Hadi itu kini jadi

Tekan BC dia ingin jadi Dekan dengan jadi ketua jurusan dia ingin jadi Rektor Tidak bisa akan nah saya ^ saya cerpen ke tidak bisa cara mangga tidak bisa itu Alhamdulillah menyelamatkan saya lebih bagi orang yang gak tahu selalu kritik daya kritis orang-orang yang kritis itu selalu dianggap sebagai ini pasti ada

Maunya tapi kenapa misalnya Bang memilih mengkritik ke isu tes CPNS yang ada di fakultas teknik Seharusnya kan banyak hal-hal lain yang paling substansial yang paling penting itu sale ini praktek-praktek dosen yang mengajar Saya dengar juga beberapa mahasiswa itu mereka diajarkan oleh asisten dosen dosen sibuk sama tuh sifikasi karena Aturan itu segala itu

Kan paling substansial nih sayangan orang yang tiap bulan bayar SPP terus dia di ngajar sama asisten ini terus hidup strip wes Kenapa hal seperti itu tidak betul yang memilikinya pemilih harus CPNS gitu walau itu juga sudah kita Suarakan banyak sekali secara internal kita berdebat kita berdiskusi kritik-kritik bukan hanya dari saya dan

Berbagai pihak yang lain dosen dosen dan karyawan yang lain juga menyuarakan itu Uh kebetulan mungkin saya termasuk yang paling kritis menyuarakan banyak hal dan itu diakui bahkan oleh Rektor Unsyiah mungkin karena di sebuah pertemuan Beliau mengatakan ini Pak Saiful ini orang yang suka kritik eh jadi saya pernah jadi

Setelah senat di Indonesia Kuala pernah jadi ketua Prodi dan mendirikan program studi statistik Lah kenapa the memiliki isu CPNS ini sebenarnya enggak milih ke karena saya sekali karena saya sama sekali tidak menduga bahwa ini bisa jadi masalah Hongki Saya menulis seperti biasanya Apa ada yang lapor kepada Abangnya misalnya sih mesin yang ikut

Tes cpns itu sehingga dia merasa ada yang dicurangi melapor Babang well ada lihat sebagai ketua jurusan tentu saja ketua Prodi mantan ketua lebih waktu itu ya saya tertarik untuk mengetahui siapa yang Rusia pentet lulus paling tidak dari alumni program studi statistik Kenapa karena ya Inikan pertaruhan nama baik juga ini jangan sampai banyak

Sekali alumni kita yang nah ternyata tidak untuk tes pokoknya bisa jadi lewat itu tapi ya seperti tahun-tahun sebelumnya cuma kita tahu tak kwarda yang lulus ada yang tidak lulus kalau ada yang kita anggap sebenarnya sangat bagus prestasinya kemudian kita dengar dia tidak lulus paling dipikiran kita Kok bisa nggak lulus ya anak itu

Kayaknya Waktu kuliah hebat tapi kok nggak lulus paling begitu saja tidak ada yang kita lakukan yang aneh kan begitu terjadi Saya tidak memilih harus istri ini isu Inilah dia betul-betul justru menjadi masalah karena ada yang melaporkan tapi ada yang melapor nih bukannya melaporkan saya jadi isu ini jadi besar karena dengan teknik

Melaporkan saya oke ndak maksudnya Ketika pak bangsa formadi ini mencoba mengkritisi di internal di dalam begitu pula ini tes CPNS nih Kurang verne betul Regita disaat interview wawancara untuk Nah apakah ada sebelumnya karena konsep rumah di kan juga tahu bagaimana proses penyaringan Angle sehingga ada yang melapor itu betul hingga tergerak kanlah karena

Akan dekat dengan semua orang bisa berani bicara untuk karena saya ketua Prodi pernah menjadi panitia tes CPNS dan saya tahu persis bagaimana prosesnya deh tapi dan sebenarnya pemerintah kita pemerintah Republik Indonesia sudah membuat tes CPNS ini makin lama makin baik makin lama makin objektif dan sebenarnya sudah semakin objektif nah

Kembali kepercayaan Ayu jadi kuat Mungkin dua pertanyaannya Kenapa memilih kasus atau Apa pentingnya urusan CPNS walaupun saya katakan tadi saya tidak memilih Eh ini jadi heboh karena ada yang memperkarakan atletik yang saya tidak diperkirakan akan sama dengan kritik-kritik saya sebelumnya Oke saya mengkritik tentang perumahan rumah dinas dosen yang dipakai turun-temurun oleh

Sejumlah oknum dosen eh saya mengkritik masalah apa-apa terbaru atau restart cuma orientasi mahasiswa Unsyiah yang tidak bermutu saya sampaikan langsung ke kayak gini hal ada orang yang merasa ini kayak tepat sasaran menjadi ketinggiannya sehingga dia mungkin muncul di luar dugaan Sebagian kawan-kawan nggak ada yang bisa konfirmasi ke pihak bahwa

Sebenarnya sudah lama ditarget nih saya pun magis Oke cuman enggak ada momen ridak ada ya alhamdulillah ya walaupun ia mungkin karena itu saya masih 3C ya ndak punya jabatan penting pentingkah tidak punya kesempatan untuk mungkin berkuasa berkuasa sehingga membuat kesalahan nih mungkin dicari lewat absensi juga ini karena ada yang menuduh

Saya terlalu sering di luar mungkin ngajarnya nggak beres deh dicari itupun mungkin gak dapat karena politik sama mahasiswa dan rekan-rekan dosen saya saya bahwa saya adalah salah satu dosen yang paling produktif di khusus walaupun saya juga sangat aktif di luar Jadi mungkin gak ada tidak ada tempat untuk memperkarakan saya sampai

Kemudian tertulis tulisan itu dan eh saya sangat yakin sebenarnya ini bukan tekan teknik yang melakukannya yang bisa kalau ada yang menganggap marah dan melaporkan saya itu Eh ada kekuasaan lebih besar dari itu yaitu in ada yang tak terlihat gitu ya yang membuat dia tergerak untuk melapor terjadi ada

Pimpinan yang lebih tinggi dari itu bukanya terjadi dan pimpinan ini sudah bolak-balik saya kliping dan saya mengikuti nasehat banyak orang dan Ustadz untuk tabayyun untuk mengkritik secara internal dulu menyampaikan langsung ini karena ada yang mengatakan saya tidak tabayun atau tidak menyampaikan langsung Saya sudah sampaikan langsung Tapi sebenernya

Bahasa-bahasa yang di grup saya juga kan beredar sekarang ya ini Tapi kan enggak nyambung kepada pesona betul ada kritik secara umum lah ini artinya yang mungkin benar ini sudah ditargetkan beton dan ini jadi momen ya Nah ini yang masih tunaikan kata dan mekanisme sebelum dilaporkan kepada hat pengadilan kepada pihak

Berwajib sebenarnya kan bisa diselesaikan di internal kampus betul sebelum ini merebak ke ruang public lah itu tidak dilakukan atau baik lem ada satu Pertamina yang saya belum jawab tadi kenapa isu CPNS penerimaan atau seleksi CPNS sangat penting karena ini kepentingan publik nih kepentingan umum yang harus kita jaga bersama tetapi

Sekali lagi bukan karena kesadaran itu awalnya Saya menulis itu artinya saya tidak memilih tema kritik saya karena ini Kebetulan juga baru selesai tes CPNS dan nih pas gitu itu ya kemudian setiap kritik saya atau setiap apapun yang melakukan kritik kerja kita harus punya bukti atau datanya itu yang paling penting dan

Sebenarnya kita sudah sering dengar tentang penerimaan CPNS yang dalam tanda petik ada permainan tapi kita nggak pernah bisa punya bukti ya karena cantik CPNS itu salah satu titik proses interview ini yang itu kan sangat subjektif itu punya potensi penyelewengan juga ganti betul nanti bisa kita ke situ tapi intinya ini

Kepentingan umum yang harus kita pastikan objektif dan bebas KKN Kenapa saya mengutip pernyataan Azwar Anas bupati Banyuwangi yang hebat itu umumnya Kalau salah kita menerima pegawai negeri rugi negara dan bangsa rugi rakyat 40 tahun kira-kira Kenapa karena itu masa jabatannya Batak masa jabatan PNS Eh masa pengabdian PNS jadi memang harus

Serius nanti Banyuwangi itu katanya sangat serius 25 CPNS nya jadi nah bayangkan kalau sistim ini bisa dimainkan dengan kakaknya ya maka kita rugi besar dan negeri ini negara ini bisa dikatakan salah satu masalah terbesar kita ya karena PNS nyabak yang tidak bermutu karena banyak yang diterima lewat KM tapi kita nggak pernah

Bisa memutihkan eh KKN itu model-model penerimaan CPNS atau yang lain KKN yaitu seperti kentut ada baunya tapi enggak nampan tidak nampak ya Eh itu ininya gentut disitu masalahnya tapi begitu pemerintah membuat sistem rekrutmen yang makin terstruktur makin objektif datanya bisa dia oleh publik Semua orang bisa lihat hasil

Tes CPNS selalu langsung secara langsung terutama yang es kadinya seleksi kemampuan dasarnya yang pakai cat Q jika betul nah tapi Kanada SKB sistem seleksi kemampuan bidang seleksi kompetensi bidang disitu ada wawancara yang sangat CCTV tapi kan nilainya juga harus dimasukkan api yang masukkan tetangga otomatis harus ada orang yang memberi

Penilaian yang wawancara dengan subjective itu oleh tergantung si pohon Channels pewawancara dan disitu wallahualam bisa saja Ada permainan menetes mengajar yang menguji tes mengajar itu kan kalau khusus untuk dosen teman Syuhada Tasman aja untuk dosen dan guru kalau bidang lain mungkin tidak dates belajarnya kesengajaan menduga subjektif tergantung Siapa yang

Memberi nilai jadi sistemnya memang sudah banyak yang otorisasi tapi juga seringkali kita di dipasrahkan umum ditipu dengan dikatakan Wow semua sudah Roses komputerisasi yang enggak ada yang bisa melakukan permainan eh ya kalau yang skd betul karena calon PRT hayatnya pertama tahap pertama itu ngisi keluar nilainya Semua orang bisa

Nilai hati-hati ya nilai semua orang tapi eskp itu memang nilainya nanti masuk juga ke sistem komputer tapi kan harus ada yang masukkan nilainya jatuh kentut wawancara itu wawancara yang memberikan nelayan untuk mengajar dan tes bidang tes bidang itu teks biasanya diminta multi pouch set jadi ada bagian tes subjektif yang tidak semua

Tergantung pada hasil yang objektif eh mati disinilah yang Bang mencoba mengkritisi ya proses sertifikasi ini perlu diuji ini betul nah titik setiap kritik itu memang harus berbasis data karena itu selama ini kita sudah sering mendengar sudah ada orang-orang yang melapor termasuk teman-teman orang-orang disekitar kita yang mungkin mengeluh Ya

Saya punya saksi-saksi yang saya bisa hadirkan pada tes tes CPNS sebelumnya di usia yang merasa paling tidak ada merasa eh dia waktu interview ke merasa didiskriminasi karena dia berjenis kelamin perempuan Oke karena pertanyaannya mengarah pada pertanyaan semisalnya Anda ini perempuan kalau saya terima anda nanti anda kawin sama orang

Luar Aceh anda akan meninggalkan sesadoning enggak dipasang CCTV waktu itulah makanya saya katakan sebelumnya proses ini lebih gelap lagi di gelap ya cek belakangan proses sudah semakin bagus karena kritikannya tadi menghias bagus sekali kalau nanti primachem es berikutnya wawancara dan tes mengajar dipasangi CCTV gitu ya Nah ini belum

Tapi sekarang saya kira belum masih belum jadi Jl masih ada celah-celah sehingga selalu ada yang menasehatkan yang penting lulus.skd dulu nanti kalau sudah lulus skd ya bisa lebih lo bilang ngomong sama Oh ngomong sama orang-orang hebat di sekitar Anda agen tekan syukur kalau Anda punya orang-orang hebat kedaling

Kalau enggan tapi sekali lagi kita tidak pernah bisa memutihkan itu dulu kita mendengar ada yang orang yang merasa didiskriminasi karena dia perempuan karena dia bukan orang Aceh itu diskriminasi karena gender tadi suku karena suku warna ras berarti kan ada juga yang didiskriminasi karena pernyataan pimpinan Unsyiah misalnya

Kamu kan masih muda melamar aja tahun tahun tahun depan sekali lagi usia jadi diskriminasi karena usia Padahal dia memenuhi syarat untuk yogurt jadi ada diskriminasi diskriminasi itu dan kita sudah sering dengar itu mungkin sebagian kita mengalami tapi tes tes CPNS sebelum era itu sangat gelap kita sempat sangat susah untuk membuktikan atau mendapat

Bukti tentang itu tapi test the 23 tahun belakangan ini sejak sebenarnya yang melakukan reformasi yang paling bagus paling mendalam atau paling signifikan untuk penerimaan CPNS adalah putra Aceh sendiri ketika Doktor Insinyur Azwar Abubakar menjadi Menpan menteri perencanaan pendapatan negara dan Reformasi birokrasi Menpan RB yang pernah beliau menjadi menpan di era SBY

Kalau tidak salah dan wakil beliau waktu itu adalah Profesor Eko Prasojo ini guru besar ilmu administrasi UI beliau berdoa merancang sistem penerimaan CPNS makanya diperkenalkan sistem CAT eh computer-aided tes tes berbasis atau dibantu dengan komputer sehingga selalu Jack tipe-tipe produk dia inilah yang biar jadi ada perbaikan Mini tes CPNS dari tahun ke

Hai sehingga kita dengar misalnya nah presiden pun ada yang gak lulus anak corbu bakar sendiri menurut pakai Smart tidak lulus juga tes CPNS oleh sistem yang diatur oleh Beliau sendiri hal beliau punya kemampuan lebih kalau skd nggak lulus nggak bisa lanjut ke tahap berikutnya tapi kalau sudah lewat tahu

Berikutnya nah disinilah yang masih menjadi pertanyaan mungkin sarana yg tadi bagus kalau wawancara dan tes mengajarnya itu dipasang CCTV saya pikir udah ada CCTV Allah bener-bener Setahu saya belum Lu kesel saya belum jadi itu masih sangat subjektif dan ini Ken berbasis data-data Kanada yang bersifat ya oke disela angka dosanya macam

Terbitkan juga ada data yang bisa dijadikan rujukan misalnya kemampuan seseorang itu kan bisa juga jadi sebuah sumber untuk apakah Abangnya berangkat dari data itu hatinya doa selalu terjaga kalau laporan-laporan kiri-kanan dia merasa diperlakukan tidak adil tapi kita punya datanya itu kan bisa jadi subjektif orang merasa diperlakukan

Tidak adil saja saya akan sampai sini bisa diuji kemudian dan Wow kalau ada yang mau menguji gede makanya diproses pengadilan itu kan Bu ketua majelis hakim kan sempat bilang sebenarnya seandainya semua dosen mau peduli dan meneliti hasil tes CPNS seperti yang Pak Syaiful lakukan itu bagus sekali lebih tapi ternyata saya tetap menyatakan

Bersalah W SMA ajja bohong jadi dah tes-tes Yang 23 tahun belakangan ini semua hasil tes itu bisa kita lihat secara online di departemen masing-masing kami di departemen waktu itu masih kemeristekdikti mereka Kementerian riset dan teknologi dan pendidikan tinggi sekarang udah jadi kebal tiput di websitenya Sampai sekarang masih kita bisa lihat nilai

Semua orang yang ikut tes calon dosen eh itu satu tetapi sebelumnya sebenarnya yang membuat saya menulis apa yang saya tulis adalah Hai kenyataan ada yang bisa menunjukkan ke saya syarat administrasi yang sangat dasar yang dilanggar Seperti apa juga jadi untuk ikut tes calon dosen itu ada jalur umum Ada jalur reguler jalur umum

Dan jalur khusus jalur tes CPNS Sejarah umum begitu sekarang jalur khusus ini termasuk jalur soft disabilitas jalur Kowloon Sunset pemula Karena jalur akhir masih ini untuk wilayah Tertinggal mungkin teman-teman kita dari Papua lebih didahulukan Ada jalur khusus Ada jalur reguler jalur biasa Nah untuk di kampus juga demikian biaya penerimaan

CPNS dosen Ada jalur umum Ada jalur kumlot Teluk umroti bagian dari jalur khusus waktu complete masuk ke khususnya halnya kategorinya ya jalur punglor ini syaratnya si calon dosen itu harus berasal dari terus lulusan dari bukan hanya prodinya harus berakreditasi a perguruan tingginya juga harus terakreditasi a a

Hai ini syarat dasar yang sachet tidak bisa dilanggar nah saya punya bukti bahwa ada calon dosen di fakultas teknik yang Hai tidak memenuhi syarat ini dia masuk jalur pembelot dia alumni Unsyiah Unsyiah memang perbanding yang sudah ah tapi dia juga alumni S2 teknik industri teknik industri usia itu masih C Oke

Karena itu dia tidak memenuhi syarat untuk mengikuti jalur kumlot ini Oke tiada tidak lokal seharusnya tidak lolos dan ini ditemukan oleh teman-teman dari fakultas teknik sendiri khususnya calon dosen di TNI industri mereka karena gelisah ada orang kok bisa lolos lolos seperti kemudian lolos ini yang mereka melapor ke pimpinan teknik industri

Kepemimpinan voltase ini bahkan bersama-sama berdelegasi ke rektor Unsyiah untuk menyampaikan masalah ini Rektor Unsyiah seperti terbukti dalam persidangan dari salah satu saksi menyatakan bahwa calon ini harus dianulir harus dilaporkan untuk dibatalkan karena kalau terima itu sama saja dengan menerima kriminal ini pernyataan Rektor Unsyiah Eh tapi tetep nah entah karena ada yang

Melapor kemudian kemeristekdikti membatalkan si calon tadi Noki ini satu bukti pertama bahwa ada yang bisa lolos walaupun tidak memenuhi syarat setelah mungkin ada protes atau Apa penyebabnya si calon Ini dibatalkan Tuhan Pidie dibatalkan tanggal 27 Feb herannya tanggal 28000 rohani dia sudah diangkat jadi CPNS Hai di Universitas Syiah Kuala kamu di

Teknik industri Fakultas Teknik jubata 28 diangkat 28 dia batalkan itu diangkat dari bahwa saya enggak tahu apakah sistem yang gak online juga mereduksi ya tapi yang jelas pihak Unsyiah selalu menyalahkan ini urusan kemeristekdikti ini urusan kemeristekdikti jadi makanya apa yang saya katakan itu menjadi salah menurut Dekan Fakultas Teknik karena dia

Memang tidak punya wewenang permasalahannya saksi-saksi dan fakta di pengadilan sudah menunjukkan bahwa Dekan Fakultas Teknik bahkan Rektor Unsyiah sudah tahu ada yang salah kita lele itu tadi yang dijelaskan bukan waktu itu sudah diprotes suatu proses itu sedang berlangsung waktu proses penerimaan CPNS deperla susu mereka sudah tahu bukan

Tidak tahu tapi kok dibiarkan kan itu yang namanya matinya apa sehat sudah tahu syaratnya tidak memenuhi mohon banget diangkat jadi Teteh memberhentikan PNS Hai mereka bisa berkilah Dengan mengatakan bahwa itu urusannya usaha karena yang mengangkat pusat tapi kan mereka sudah tahu dan karena sudah tahu seharusnya bisa bisa memperbaiki atau

Memberitahukan ke kemeristekdikti ada yang salah ini karena pernyataan Rektor sini mengatakan ini kalau kita terima orang ini sama dengan menerima kriminal ke pernyataan yang disampaikan oleh Saksi di pengadilan disampaikan oleh Rektor Unsyiah pasca kasus ini Hai hati-hati saya tidak tahu kalau kasus ini terjadi pada orang lain selainnya banget matinya abang punya

Kemampuan masa banyak kawan-kawan yang mencoba membantu Abang baik secara hukum media dan segala macam Bagaimana kalau kasus ini terjadi pada masyarakat biasa bisa Enggak sanggup bayangin mungkin orang itu tidak akan lama proses pengadilan dua di langsung masuk she mungkin bisa buat tahun 3 tahun Abang bersyukurlah punya banyak masa yang

Mendukung lapar Alhamdulillah ya dalam proses Ini saya menyadari itu deh bahkan enggak usah dibandingkan dengan kasus saya kasus-kasus umum yang lainpun ya Selama saya menjalani proses memang sistem hukum kita ini ya masih banyak hal yang perlu diperbaiki ya artinya kalau dalam masyarakat kita sering dengar nggak usahlah berurusan dengan urusan hukum

Ndak usahlah main-main lapor polisi karena kalau kita lapor hilang kambing bisa hilang lembu katanya itu pandangan dalam masyarakat sehingga negara ini saya nanti ada yang berpikir tapi bukan jok yang ada dalam masyarakat salam selama proses ini saya mengalami banyak dan belajar banyak sekali bagi saya Ini proses belajar yang luar biasa dan

Memang selalu sepanjang proses niscaya mengingat lengkap beruntung yang saya dan bagaimana nasib orang masyarakat biasa ya yang saya bisa dibilang Sunarni buta hukum juga ngeh tapi alhamdulillah punya pendidikan sedikit bisa baca-baca punya kawan yang memberitahu dan membantu Eh tapi selama proses di kepolisian di kejaksaan dan saya melihat

Orang Antri masukkan umum Andri nyaur ketua kita dari kampung tak dari mana diproses itu memang sangat apa meresahkan untuk saya prosesnya sangat meresahkan sebenarnya artinya kan saya rasa juga dari proses ini nantinya akan tidak akan membuat bangsa full bungkam ini masa-masa itu tadi masyarakat atau siapapun tapi memberitahukan kabang

Pastikan menitip bahwa ini dia berhenti disini gitu kritikannya 4 Baruga selanjutnya hal apapun lah itu terkait persoalan lempar akademiknya kampus Darussalam ini bukan kampus-kampus anime.id dilahirkan dari peristiwa sejarah yang paling penting bagi masyarakat Aceh ya dan yang paling penting untuk diingat bahwa Unsyiah UN dan Darussalam secara umum Sebenarnya

Masih jelas-jelas milik publik jadi dia bukan perempuan tinggi swasta punya yayasan atau punya keluarga tertentu Unsyiah UN dan semua menuju negeri adalah milik kita bersama milik rakyat Indonesia kalau di Aceh kita Katakanlah mili rakyat Indonesia di Aceh memelihara ketamakan kata Maling penipu Tata mandong itu itu yang harus

Diingat Oleh karena itu kita harus betul-betul memperjuangkan agar Rusia agar PTN semakin lama semakin baik jadi salah sehingga akan berhenti dan tidak akan kapok dengan kasus ini bahkan kalau nanti prosesnya sampai keujung ke kasasi ke Mahkamah Agung tetap menyatakan bersalah dan saya masuk penjara salah saya tidak akan merubah terutama karena

Bisa dilihat dukungan yang luar biasa oleh karena memang akal sehat ternyata menang Akal Sehat masih ada yang tandatangan petisi online di change.org banyak Profesor Doktor orang-orang penting di dalam Dandelion itu yang sebagian besar saya tidak kenal ndak mungkin tanda tangan tanpa Membaca sepintas apa yang terjadi teknik kasus

Bang level ini kan bukan kasus biasa walaupun ia terkesan yunaeti tapi ini kasus besar gitu itu pasti ada kekuasaan besar nih yang menderek pokoknya bangsa Polri harus salah walaupun dihukum satu haripun oke harus Allah betul saya merasa seperti itu banyak kawan-kawan juga yang mengatakan seperti itu tapi kita tidak pernah bisa membuktikan hal

Itu artinya ini kita juga tetap harus berjuang untuk sembuh sendiri yakin bahwa ini harus berjuang bahwa hukum harus memberikan bahwa bangsa pun tidak bersalah Ya hanya itu yaitu dan kalaupun saya dinyatakan bersalah selama kawan-kawan dan kalau saya jelas dan merasa tidak bersalah dan ini adalah bagian pembungkaman jelas-jelas ini pembungkaman dan usaha kriminalisasi

Terhadap saya karena itu akan saya lawan sampai dengan segala bentuk saja harus menurut mengikuti prosedur hukum dengan segala eh Mbak jalur hukumnya mungkin ini bangsa jadi pasca kasus-kasus ini ini bagaimana ini ya hati-hati kita berteman di mahasiswa nah ini melihat bapak-bapak nya ini lagi di berlibur di pengadilan

Segala macam ini Ini pasti memberikan Efek psikologis Saya rasa bagi mahasiswa ini nih mungkin mama siswa atau sendiri gimana Betul saya tidak pernah berusaha untuk kampanye meminta dukungan dari mahasiswa Boleh dicek sama mahasiswa saya Saya bahkan tidak bicara tentang kasus saya di kelas kecuali ada yang bertanya dan nyerempet-nyerempet saya

Jawab sekilas kemudian saya balik lagi ke kuliah walaupun saya tahu pihak sebelah sana berusaha menggunakan semua podium dalam kekuasaannya dalam apel dalam kelas saya ada sejumlah profesor yang Saya dengar juga mengkampanyekan bahwa ini saya formadi melawan institusi usia sama sekali bukan saya tidak melawan Nokia Asha bagian dari usia saya loyals pada

Unsyiah semua yang mengkritik Unsyiah itu sebenarnya cinta pada Unsyiah dan karena itu mengkritik bisa dilepas nukum juga tuh karena pencemaran nama baik hahaha hehehe dihukum ya main sama betul Eh Jadi sebenarnya begitu saya merasa sebagai korban yang masih mengajar juga jadi loyalitas kita itu pada institusi pada nilai pada kebenaran bukan pada

Orang-perorang apalagi pada penguasa nah dada Saya tahu mahasiswa saya banyak yang gelisah dan juga banyak yang ngirim pesan Japri memberi dukungan ada yang terang-terangan datang ke pengadilan memberi dukungan ada yang telah tangan petisi ada yang membantu menjadi volunteer membuat berbagai dokumen player dan sebagainya luar biasa dukungannya ya Dan Dan saya tahu ada

Sebagian mahasiswa yang takut yang ragu-ragu Bahkan takut mungkin ada pun aku tih jangankan mahasiswa dosen dia juga seperti itu tidak semua berani mengungkapkan isi hatinya eh ada yang diam-diam memberi dukungan eh Tetapi saya yakin hati nurani Semua orang bisa melihat bahwa ini adalah kebenaran yang sedang diperjuangkan karena saya sedang

Berusaha menegakkan keadilan ibaratnya begini kalau memang nggak kalau memang saya salah kenapa nggak ada orang yang menegur dan mengingatkan saya untuk segera mundur Eh kenapa yang ada di sudut bukan untuk mendukung saya untuk terus maju eh dari awal Sebenarnya saya ber tanya orang bertanya-tanya Kenapa tidak Rektor memanggil Saiful Mahdi dan

Dengan teknik untuk dipertemukan untuk dipertemukan atau Hai buat majelis atau Panitia khusus tapi yang independen karena kalau ada yang mengatakan ada proses etik itu tidak ada proses etik ada komite etik ada komisi F yang dianggap sebagai komite etik tapi tidak punya standar kerja tidak punya mekanisme efek yang

Jelas proses itu tidak lakukan weep proses saya dipanggil komisi F ada tapi waktu itu saya berpikir saya sudah menunjukkan bukti-bukti yang cukup meyakinkan Tapi ternyata Rektor Memberi teguran atas pelanggaran etika Academy malah menyalahi maneh menyalahkan saya dan saya enggak sempat kasih banding kalau ada mekanisme kendali harus ada

Nih kalau ada nggak terima dengan rekomendasi dari Komisi F Saya harus lapor ke mana lagi di kampus harus ada komite harus ada mekanisme istilahnya begini fungsinya itu hanya punya tertata tertib dan kode etik warga kampus tahun 2003 masih masa Rektor Abdi awahab 2003 itupun hanya ada tata tertib dan

Apa etika warga tidak ada prosedurnya bagaimana orang kalau misalnya ada masalah melapornya kemana Siapa yang siapa yang harus menyandang kalau proses sidangnya seperti atau tidak ada aturan seperti itu dan karena itu dia cacat tidak bisa dikatakan ada sidang etik seperti suka-suka ra ya suka sebelum tidak dan jelas sini ya Nah walaupun

Saya waktu jadi anggota senat pernah menjadi sekretaris penyusunan statuta Unsyiah needed undang-undang dasarnya usia kita sudah berhasil memisahkan Sena Rusia dari Rektor Kalau dulu kan Rektor otomatis ketua senat sejak serta diperlakukan serta baru diberlakukan itu dipisah Tapi sayangnya kita bisa melihat bahwa Sehat masih dikooptasi oleh penguasa seharusnya Abang harus

Sering-sering kunjungi Pak rektor ngeselin juga kasih suatu keadilan lebih Raya paling saya menghubungi Rektor langsung tentang masalah ini jadi tabayun saya sudah wa beliau mengingatkan saya bahwa ada yang salah jangan sampai ada yang dizalimi tetapi sebenarnya yaitu tadi yang saya bilang Bisa Jadi sebenarnya bukan dengan teknik

Yang marah sama saya Ada hal lain padahal lain hellprint habis tunggu jadi kembali ke cerita di jadi mahasiswa banyak sebenarnya yang mengikuti ya Secara diam-diam Dan saya yakin mereka percaya kalau mahasiswa Saya Insya Allah yang tahu kenal saya juga bisa mereka bisa bebas kritik dan protes saya jika

Mereka saya saya tipe dosen yang bukan dosen seperti guru silatnya karena ada dosen atau guru yang guru silat deh kalau guru silat itu nggak pernah mau menyampaikan semua ilmunya pada mahasiswanya Kenapa kanan nanti penutupan aja United tahan Ajo penutup weh karena jurus pamungkas tile warga ilmu kanuragan ndak

Dikasih ke mahasiswa atau ke murid nanti dia bisa melawan guru itu makanya kalau masih ada dosen atau guru yang berlaku seperti itu kita sebut aja mereka guru silat grosir susu Kalau saya sangat bangga kalau masih selesai lebih baik dari saya lebih hebat dari saya dan berani mengkritik atau protes pada saya

Itu saya bebaskan mereka dan buah hakikat mimbar akademik hakekatnya mereka demi mereka tidak harus ikut Saya bahkan untuk kasus ini jangankan mahasiswa anak-anak Saya di rumah saya persilahkan untuk mengikuti dan membaca mengumpulkan informasi tidak harus dukung Saya anak kandung saya saya bebaskan mereka untuk memutus memilih apakah mereka mau mendukung bapaknya

Memperjuangkan kebenaran ini atau mereka boleh mengatakan baba salah Bapak salah harus mundur dan tapi 7 harus benar kalau kita berdosalah betul Eh jadi Mahasiswa juga saya bebaskan untuk dan saya enggak pernah kampanye Dukung saya di kelas atau menggunakan wewenang saya sebagai hai hai karena bagi saya itu adalah bagian dari korupsi juga penyalahgunaan

Wewenang nah ini harapan dari bangsa voli pertama buat kondisi hukum kita terus buat Mahasiswa juga Bagaimana menjadi mahasiswa Apakah hanya cukup kritis demo di kantor gubernur atau baca buku yang banyak atau dah shopinter di depan kelas ada ke kamu peduli sama sekali atau bagaimana kita seharusnya What the proses ini membuat saya sadar

Ya 25 tahun sebelumnya atau beberapa tahun sebelumnya saya sering dikritik kawan-kawan yang lebih kritis dari saya sebenarnya di kampus maupun di luar kampus bahwa kita tidak melakukan cukup You Don’t too enough with air kita Saiful Mahdi atau orang-orang lain di kampus tidak cukup kritis juga cukup berusaha membuat perubahan Padahal saya

Lihat banyak conconi kampus bukan hanya Saya berusaha buat perubahan Eh tapi memang ada kemunduran yang luar biasa di lama Serikat kita masyarakat Aceh dan saya yakin ada pengaruh konflik yang panjang kemudian tsunami daya kritis itu ditemukan oleh banyak hal Hai weh dan salah satunya adalah kapasitas atau kemampuan atau

Pengetahuan karena itu saya sepakat membaca atau kemampuan literasi atau Iqra dalam agama kita itu sangat penting tapi bukan hanya Iqra teks tapi juga konteks membaca teks dan konteks kita jangankan keduanya membaca teks saja sudah sangat lemah kebiasaan membaca kita sangat kurang lebih konteksnya apalagi konteks eh Jadi daya kritis di

Kalangan akademisi di kampus dan di kalangan mahasiswa semakin berkurang salah satu penyebab teki saya kemampuan atau daya kritis itu hanya bisa dibangun oleh orang yang punya kemampuan literasi yang kuat Eh tadi membaca sedang konteks rajin membaca teks dan konteks eh ilmunya memang banyak Doktor dan Profesor kaliumnya tinggi itu tapi

Ada di luar itu ada sistem yang bermain yang membuat orang menjadi terberangus ya dilalaikan dengan usaha untuk menulis keindahan jurnal diindeks kopus dan sebagainya Anis rasi yang sangat membelenggu sehingga orang semakin berjarak semakin jauh dari kenyataan dalam masyarakat Eh kalau dulu orang menulis essay yang kritis di majalah

Tempo di koran-koran dalam bentuk opini itu dihargai sekarang semakin tidak dihargai Kenapa akan ada yang dihargai itu yang ada kumnya yang nulis jurnal yogs membuat eh kesadaran kritis semakin lemah Kenapa karena kita tidak bersama masyarakat tidak bersama lingkungan kita enggak kebenaran bentuk perspektif betul lihat jadi semakin menara Gading nah ketika daya

Kritis tidak ada kreativitas Dino masih inovasi juga tidak akan muncul makanya Saya menghargai usaha misalnya program kreativitas mahasiswa program kewirausahaan mahasiswa dibawa oleh pemerintah dengan biaya sangat besar tapi kenapa yang muncul inovasi kreativitas itu masih sangat terbatas Kenapa Aceh documentary justru kelihatan lebih kreatif daripada mungkin jurusan komunikasi di sejumlah kampus teh proses

Bernama kampusnya yuk Kenapa karena itu kita untuk bisa kritis selain punya ilmu Kita juga harus selalu berinteraksi dengan realitas dalam masyarakat kita membela aqidahnya juara kuat hai bagi saya apa yang saya lakukan ini ujian aqidah ya karena bisa saja orang berhenti membersihkan kritis karena periuk nasinya terancam Alhamdulillah

Saya bukan orang kaya raya tapi juga bukan orang miskin sekarang oleh belakangnya pendidikan mungkin sekarang saya Oh ya cukupan lah Eh tapi banyak juga orang yang susah mendefinisikan cukup karena enggak pernah cukup makanya dia ingin setelah satu jabatan ingin jabatan yang lebih tinggi lebih tinggi lebih tinggi umum makhluk cukup ya buat

Memahami kehidupan itu penting dan itu sangat tergantung pada literasi jadi saya melihat ada penurunan literasi di masyarakat Aceh dan ini sangat dipengaruhi oleh hilangnya budaya beli terasi Udaya membaca teks dan konteks budaya yang bagus-bagus kebiasaan adat makan menghargai orang tua makan yang bergizi makan gulai Rampai itu lebih bergizi daripada makan nugget pagi

Berlebihan jadi nah ini semua Inilah yang terjadi sekarang ini kita ini yang saya tulis dalam presentasi saya tentang tsunami Aceh Nikita sedang mengalami tsunami Aceh yang berikutnya bukan dalam bentuk gelombang laut tapi kebodohan kemiskinan kejumudan bahkan kekerasan mulai timbul lagi ya sekarang Penyakit ini kan gelombang tsunami yang kita tuai

Sebenarnya hasil dari apa yang terjadi selama masa konflik anak-anak kita tidak cukup gizi ibu-ibu hamil dan melahirkan di tempat pengungsian ini lahirlah generasi seperti ini ketika kemampuannya terbatas sekolahnya gagal maka menghasilkan orang-orang yang kemudian mencari jalan pintas untuk bisa hidup untuk bisa sukses eh dan itu bukan hanya ada di masyarakat tapi sekarang

Kau masuk ke kantor-kantor pemerintah ke pendidikan tinggi ke kampus-kampus yang menyeluruh Saya tidak mengatakan bahwa saya orang yang paling pinter tidak saya sebenarnya di kalangan teman-teman Saya bahkan mungkin yang biasa-biasa saja kita tapi kenapa masih kritis sampai sekarang ya karena itu tadi ini urusan akidah urusan literasi urusan hak dan

Yang batil yang menurut saya itu adalah ada dalam darah setiap muslim apalagi dia ilmuwan atau akademisi muslims nya harus diperjuangkan dan menjadi nafas sehari-hari menjadi nafas sehari-hari nah dan yang terakhir karena saya dari keluarganya sangat miskin bisa jadi seperti ini karena panggilan Darussalam hai eh karena Darussalam memanggil dan

Karena itu saya akan mempertahankan dan akan berada di Darussalam walaupun dengan kasus ini ya kalau mereka ingin saya keluar dari kampus mereka harus istilahnya Nepal harus disiplin kalau mereka mau saya keluarnya mungkin kasus ini caranya pasti keluar tercipta ada buat dalam dicelupke Nah inilah kondisi akademik kita Nurussalam itu cita-cita

Besar masyarakat Aceh yang itu sudah sebentuk sampai sekarang berbagai macam problem dinamika yang terjadi nih perlu kita lihat bersama dan kita evaluasi dersalam itu bukan miliar rektorat bukan milik dosen dan dekan dan siapapun milik semua masyarakat Aceh sarasah kampus itu bukan sebuah warung lebih kata pepatah Aceh yang gunando padi.doc segala yang

Kepunahan l**** Hublot ini tampilannya yang betulan tungku banturung pedang agama Hi to yang dilakukan cabang Saiful mempromosikan tunggu memfungsikan sebagai guru untuk membantu masyarakat ditebak Terima kasih Bang sudah Deddy Corbuzier documentary pengasih telah Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam [Musik]

Sesi Adoc Podcast kali ini termasuk spesial dan penting sekali untuk kita dengarkan.
Karena sesi ini kita membahas dinamika dunia akademis hari ini lewat tema: KAMPUS DAN KEBEBASAN AKADEMIK, bersama salah seorang dosen di Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), beliau adalah Dr. Saiful Mahdi.

Bagi anda rakan yang kenal dengan sosok Saiful Mahdi, sudah pasti sering mengenal beliau sebagai seorang akademisi yang kerap kritis tentang berbagai hal terutama fenomena-fenomena di dunia akademik. Juga bagi rakan yang belum tahu bahwa belakangan beliau tersandung kasus pelanggaran UU ITE yang akhirnya dijatuhkan hukuman 3 bulan penjara untuk beliau.

Selain itu, pastinya banyak sekali hal lain yang patut kita simak dalam podcast kali ini.
Semoga dapat mengubah perspektif rakan semua!

#ADOCPODCAST #AcehPodcast
www.acehdocumentary.com

When I Was A Boy by Tokyo Music Walker

Creative Commons — Attribution 3.0 Unported — CC BY 3.0
Free Download / Stream: https://bit.ly/when-i-was-a-boy
Music promoted by Audio Library https://youtu.be/04yvWXw5Szk
Sobat Aceh Documentary, Info tentang #KAMPUS #DAN #KEBEBASAN #AKADEMIK #Saiful #Mahdi ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:04:40 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia Aceh Documentary Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah KAMPUS DAN KEBEBASAN AKADEMIK (Dr. Saiful Mahdi) ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang KAMPUS DAN KEBEBASAN AKADEMIK (Dr. Saiful Mahdi) yang telah dilihat oleh 1135 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Aceh Documentary 3880 | #KAMPUS #DAN #KEBEBASAN #AKADEMIK #Saiful #Mahdi

BEM dan mhsnya diam seribu kata saat dosennya dibui oleh kekuasaan birokratnya mhs cuma melihat kuman di sebrang lautan sementara gajah di pelupuk matanya tak tampak, suara mu mana bem si?

3 tahun ago

praktek seperti ini banyak terjadi bang, semangat terus Pak Dr. Saiful Mahdi

3 tahun ago

Unsyah harus terus berbenah, meningkatkan kwalitas dan kontribusinya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya masyarakat Atjeh. Selamat berjuang dijalan Allah…! 👌👍🙏🏻

4 tahun ago

Mantap mantap

4 tahun ago

👍

4 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/miok