Kenapa Kita Harus Berinvestasi?

Saham dari Nol [ • ] Kenapa kita harus berinvestasi banyak banget temen gua yang belum mulai investasi karena satu alasan sederhana mereka nggak tahu kenapa harus investasi padahal 10 juta rupiah yang kita punya hari ini belum tentu nilainya akan sama 5 tahun kemudian karena dari yang udah-udah nilainya selalu turun Maksudnya gimana tuh dulu

Naik angkot itu jauh deket 2000 sampai ada stikernya sekarang harus bayar 5000 untuk jarak yang sama nonton bioskop dulu masih banyak banget yang harga tiketnya 30.000 sekarang udah agak susah ya nyari yang semurah itu karena rata-rata udah di Rp50.000 bahkan 60.000 pasukan dari dua contoh Sederhana itu gua Yakin

10 juta rupiah yang kita punya hari ini kemampuan belinya pasti bakalan turun 5 tahun kemudian terus kita harus ngapain nih untuk mencegah hal itu terjadi itulah mengapa kita harus mulai berinvestasi investasi singkatnya adalah mengorbankan sebagian konsumsi hari ini dengan harapan apa yang kita korbankan tersebut menghasilkan lebih banyak lagi di masa depan

Jadi kalau misalnya saat ini kita punya 10 juta rupiah dan kita mutusin untuk nyimpen 2 juta di dalam celengan ayam itu bukanlah investasi karena pas celengannya kita pecahin 5 tahun kemudian jumlahnya pasti akan sama aja nggak berkurang nggak bertambah jadi kita harus belajar ya cara menyimpan duit di tempat lain

Supaya apa supaya 2 juta kita hari ini 5 tahun kemudian nilainya tumbuh lebih besar lagi ada 6 tempat nyimpen duit yang akan gua jelasin kali ini dari keenam tempat menyimpan duit ini ada yang bisa disebut investasi ada yang nggak di mana aja kah itu langsung aja ya ada celengan ayam Bang

Deposito Bank obligasi Reksadana dan saham pertama celengan ayam uang 2 juta yang kita sisihkan ke dalam celengan ayam 5 tahun kemudian hampir pasti jumlahnya tetap 2 juta alias imbal hasilnya adalah 0% dalam 5 tahun itu nggak berkurang nggak bertambah Apakah ini bisa disebut investasi Tentu aja nggak yang kedua Bang

Banyak yang gak sadar nyimpen duit di bank itu sekarang bunganya cuma 0,64% pertahun sedangkan biaya adminnya sekitar 10.000 per bulan kalau kita punya 2 juta rupiah dan kita simpan di bank selama 5 tahun berarti saldo kita di akhir tahun kelima adalah 1,45 juta loh malah berkurang ya Iya berkurang karena lebih besar biaya

Adminnya daripada bunga yang kita terima berarti menyimpan di celengan ayam dong Tentu aja nggak Gua lebih milih nyimpen di bank daripada di celengan ayam karena risikonya tentu jauh lebih besar kalau disimpan di celengan ayam belum lagi kalau mau transaksi ribet Masa harus dipecahin dulu baik lagi apakah bank ini memenuhi

Konsep investasi Tentu aja nggak ketiga deposito bank ini beda ya sama sekedar menyimpan uang di bank deposito itu kita nyimpen uang di bank tapi ada jangka waktunya dan umumnya nggak bisa kita ambil Kalau jangka waktunya belum selesai semacam di lock gitulah bisa sebulan 3 bulan 6 bulan 12

Bulan dan seterusnya kalau punya uang 2 juta dan mau ditaruh deposito pilihannya terbatas Dari keempat bank besar contoh kali ini Setahu gua ya hanya Bank Mandiri yang bisa Karena minimum menaruh deposito disitu satu juta rupiah kalau BCA minimal 8 juta BRI dan BNI minimal 5 juta Oke sekarang kita Anggaplah boleh naro

Deposito di bank mana aja deh dengan bunga deposito kita ambil yang paling tinggi yaitu 4% berarti uang 2 juta kita akan jadi 2,34 juta rupiah di akhir tahun kelima cara bacanya gini kita punya dua juta rupiah di awal terus kita masukkan deposito ke bank dengan Bunga 4% per tahun berarti dalam setahun

Kita akan dapat bunga 80.000 tapi dipotong pajak dulu ya 20% dari yang kita dapat berarti pajaknya 16.000 sehingga bunga bersihnya adalah 64.000 jadinya saldo kita di akhir tahun pertama adalah 2.064.000 lalu tahun kedua dimasukin lagi semua duitnya termasuk bunga dan jadilah 2,13 juta di akhir tahun kedua dan seterusnya dan seterusnya

Sehingga dalam 5 tahun uang kita dideposito bertumbuh 17% Apakah ini bisa disebut investasi bisa karena duit kita bertumbuh jadi lebih banyak dibandingkan dengan duit kita 5 tahun yang lalu keempat obligasi kalau sebelumnya kita minjemin duit ke bank dengan jangka waktu tertentu lalu kita dapat bunga Nah kalau obligasi ini

Kita minjemin uang ke negara atau perusahaan dengan jangka waktu tertentu dan akhirnya sama kita akan dapat bunga juga biasanya lebih tinggi dari deposito sekitar 6% per tahun jadi kalau kita punya dua juta lalu kita belikan obligasi dengan Bunga per tahunnya adalah 6% maka uang kita akan menjadi 2,6 juta rupiah lebih besar sedikit

Daripada kita masukkan ke deposito sebab bunganya memang lebih besar obligasi ya dibanding deposito dan pajaknya kalau obligasi itu hanya 10% dibandingkan Deposito yang kena pajak 20% balik lagi apakah ini bisa disebut sebagai investasi jawabannya Iya karena duit kita bertumbuh next Reksadana ini agak tricky karena reksadana itu banyak bentuknya saking

Banyaknya Gua pernah bikin beberapa video khusus untuk bahas Reksadana linknya ada di kolom deskripsi jadi mending lu Tonton dulu Video itu biar ngerti konsep si Reksadana ini gua kasih waktu 3 detik ya oke udah singkatnya lu punya duit Manager investasi punya kuasa duit elu akan mereka investasikan sesuai dengan keahlian mereka masing-masing

Nanti hasilnya akan dibagi ke elu semuanya terus si manajer investasi akan dapat V karena lu pakai jasa mereka simple ya berapa sih imbal hasil yang ditawarkan Reksadana gua coba tanya chat GPT untuk hal ini dia bilang begini tingkat keuntungan investasi reksadana bisa sangat bervariasi blablabla gua akan ambil angka 10% per tahun untuk

Asumsi perhitungan kita kali ini duit 2 juta kita kalau kita masukin ke dalam reksadana yang return nya setahun Katakanlah 10% maka duit kita tersebut akan menjadi 3,2 juta lumayan dana kita bertumbuh 61% dalam 5 tahun Kenapa bisa gede banget pertama Karena kita asumsi pertumbuhannya adalah 10% per tahun dan reksadana itu nggak kenapa

Aja Makanya Nih di tabel ini nggak ada kolom pajaknya kan lumayan ini jelas banget ya Reksadana bisa dibilang sebagai instrumen investasi lanjut terakhir saham saham ini jauh lebih kompleks lagi dari sebelumnya tapi kalau kita pelajarin bener-bener sih nggak sesulit itu belajarnya di mana terserah di mana aja saham dalam 23 tahun terakhir itu

Kira-kira naiknya per tahun adalah 10,6% Kalau teman-teman cari di internet ya sekitar 10-12% lah rata-ratanya setahun kita ambil yang paling tinggi aja ya 12% jadi kalau kita punya dua juta dan kita taruh di saham selama 5 tahun dan imbal hasil per tahunnya adalah 12% maka uang 2 juta kita akan menjadi

3,5 juta rupiah lumayan juga umumnya saham memang returnnya lebih besar daripada Reksadana dalam jangka panjang dan kalau milih sahamnya bener kalau ngasal ya Jangan berharap apa-apa ya oke dengan ini jelas ya bahwa saham sangat bisa disebut investasi kita coba rangkum ya dari keenam tempat menyimpan duit ini yang bukan Investasi adalah celengan

Ayam dan Bang lalu 4 sisanya yaitu deposito obligasi Reksadana dan Saham adalah investasi menariknya adalah kalau gua pribadi nggak menganggap deposito sebagai investasi karena apa Karena return per tahunnya hampir mirip-mirip dengan target inflasi di Indonesia yang sekitar 2 sampai 4% pertahun jadi ya memang uang kita bertumbuh kalau ditaruh di deposito

Tapi kebetulan harga barang-barang juga naiknya segituan juga dalam 5 tahun ke depan tapi seenggaknya nggak rugi rugi amat lah ya dibanding kita pegang uang cash aja atau ditaruh di celengan ayam Terus kalau lu invest di mana aja berarti Bang kalau gua dari keenam pilihan ini hanya invest di Reksadana dan saham

Di obligasi enggak bang saat ini sih nggak ya karena gua masih pede bisa dapat return lebih besar dari 6% per tahun makanya gua maksimalkan di saham kalau Reksadana gua pakai buat nyimpen setengah dari dana darurat yang gua punya gitu Oke jadi gimana udah ngerti ya Kenapa kita harus berinvestasi

Gua investasi saham salah satunya pakai aplikasi dari ajaib sekuritas selain bisa beli saham lewat aplikasi di handphone sekarang kalau gue perhatiin websitenya ajaib udah lebih nyaman ya untuk bisa beli lewat situ dan prosesnya mudah banget lo tinggal login ke ajaib.co.id lalu cari saham yang elu mau beli

Terus kalau lu lihat nih di atas sini ada fitur baru yang namanya stok ticker Tabs menurut gua fitur ini memudahkan elu untuk berpindah-pindah antar emiten waktu lagi analisa sahamnya gitu langsung aja ya kali ini gua mau beli saham Sido Muncul Nggak banyak-banyak cuma 100 lembar kalau 2 bulan lalu gua bilang saham ini

Harganya sangat wajar di 730 per lembar hari ini harganya tinggal 590 per lembar Menarik kan gua jadi mulai ngelirik-lirik lagi nih saham ini maka dari itu dalam video ini gua coba beli sahamnya 100 lembar tentu ini bukan rekomendasi jual atau beli saham ini ya ini rekomendasi buat ngelirik sahamnya dulu sambil pelajari

Bisnisnya kayak gimana balik lagi tinggal kita masukin harga beli gua di 590 sebanyak 1 lot alias 100 lembar bisa dilihat di sini juga gua punya saldo 100 ribu Jadi emang nggak bisa beli 2 lot karena uangnya nggak cukup dan tinggal klik beli terus sahamnya akan masuk deh ke portofolio kita simple banget

Jadi jangan lupa daftarkan diri ya ke ajaib sekuritas biar lu bisa mulai investasi saham dan masukin juga kode ajaib saham dari nol biar dapat hadiah 1 lot saham dari ajaib sekuritas aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan juga jadi kegiatan investasi saham elu bakalan aman udah deh untuk fitur-fitur lainnya

Bisa lu cek langsung di media sosialnya ajaib sekuritasnya bisa juga lewat YouTubenya mereka link playlistnya akan gua sertakan di kolom deskripsi apapun pekerjaan kita pada akhirnya semua orang harus ngerti dengan konsep investasi nggak perlu jadi sarjana ekonomi atau ahli akuntansi dulu untuk bisa memahami konsep ini mumpung masih usia produktif

Sebaiknya Selain Kita rajin bekerja rajin juga berinvestasi biar uang yang kita punya juga pada akhirnya bekerja untuk kita di hari pensiun kita nanti oke buat yang pengen ngerti lebih lanjut tentang investasi di obligasi bisa cek video yang ini kalau kalian pengen ngerti soal Reksadana bisa cek video yang ini

Sekian aja video kali ini pesan Gua tetep dari dulu jangan malu untuk belajar saham dari nol

Apa itu Reksa Dana? Bagaimana Cara Kerjanya?
https://youtu.be/f5cVSTYswMk

Reksa Dana Untuk Tempat Menyimpan ½ Dana Darurat:
https://youtu.be/3c3GNgrYsTY

Salah satu buku yang gue suka! (Gampang banget ngertinya)
(Lo Kheng Hong: Orang Miskin yang Menjadi Triliuner di Bursa Efek Indonesia)
https://tokopedia.link/viKasWvfgwb

Fitur Baru Ajaib Sekuritas: https://www.youtube.com/watch?v=e-Y4Wp-_U9o&list=PLWWFXq-EgX_cdKEXWYZhgsYnAvqmIYHwe&index=2
Sobat Saham dari Nol, Info tentang #Kenapa #Kita #Harus #Berinvestasi ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:14:38 detik.

Begitulah sekilas tentang Kenapa Kita Harus Berinvestasi? yang telah dilihat oleh 113076 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Saham dari Nol 878 | #Kenapa #Kita #Harus #Berinvestasi

Apabila Dirimu, penggemar setia Saham dari Nol memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa tulis di website www.berdebar untuk mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas Medsos.Ltd. ini.

Punya Masalah Kenapa Kita Harus Berinvestasi? ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Animasinya keren mudah dipahami

6 bulan ago

Min gimana pandangan anda tentang saham goto sekarang? Apakah munkin masih bisa pulih lagi?

6 bulan ago

Bang bahas saham BSI donk kebetulan sya punya saham di BSI

6 bulan ago

Thanks pak Dok buat edukasi sahamnya sukses selalu 👍👍🙏

6 bulan ago
p
MiMin

Saham itu resiko bisa naik bisa turun, mau aman investasi di emas atau property

6 bulan ago

Trading itu halal gk bg

6 bulan ago

Bang tolong buatin NPM rasio bang rumusnya kekmna si😂

6 bulan ago

Bang mau nanya, apakah saat kita terima dividen pqjaknya sudah dibayarkan oleh apk sekuritasnya atau kita yang lapor ke website pajaknya??

6 bulan ago

👍👍

6 bulan ago

Bang kripto masuk nya investasi apa gimana

6 bulan ago

sama dengan nabung

6 bulan ago

Terimakasih bang sudah buat video ini sangat bermanfaat dan bernilai. Saya juga merasa menyesal baru kenal investasi di umur 21thn. Saya merasa andai saya tahu sebelum pandemi covid atau ya sekitar umur 17-an di 2017 saya kira saat ini 2023 saya akan kaya dan sudah pensiun dari pekerjaan saya yg membosankan.😩 Tapi tetap bersyukur karena masih di izinkan Tuhan untuk tahu dunia saham di umur yang masih cukup muda😊 semoga kita semua sukses kelak di masa depan, amin.❤

6 bulan ago

wow sangat membantu bang

6 bulan ago

ade.33j7 …ikutan ajaib gegara sering liat Chanel ini😂

6 bulan ago

Halo bang, bang gua mau tanya saham hilang itu apa? Gua udah nyari di gugel tapi kagak ngerti😅, gua tadi niatya mau liat saham ultramilk, tapi pas cek² di bursa efek ada muncul tulisan saham hilang pt ultrajaya😅

6 bulan ago

Bang bahas arti stok split dong, banyak investor pemula yang belum paham bener cara kerjanya stok split tuu gimana terus lot yg kita miliki bertambah atau berkurang

6 bulan ago

Bahas fitur pas mau beli saham di ajaib bang ada sesi sama hari itu apa ya

6 bulan ago

klw aq tanah

6 bulan ago

Banyak investasi investasi bodong bukan bikin cari keuntungan buat masa depan hasilnya malah jadi buntung

6 bulan ago

Bang bikin dong video tentang saham gorengan itu gmna soalnya baru belajar di saham

6 bulan ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/uwhq