Pengendalian sosial | Sosiologi | Alternatifa

Alternatifa.Project [ • ] Hai Oke kawan-kawan kita akan lanjut pada subbab penyimpangan sosial kali ini gua akan menjelaskan tentang pengendalian sosial nah ini menjadi topik terakhir saya ketika kita akan membahas seniman sosial ia menurut gue sih kayaknya terakhir kayak gitu nah pengendalian sendiri kan identik dengan upaya mereduksi ya Tahukah mereduksi mereda ya jadi dalam hal misalnya

Tingkat penyimpangan itu sendiri jadi ini bukan solusi atau nilai tawar agar penyimpangan misalnya berubah ya menjadi positif atau hilang di masyarakat tetapi hanya mengurangi Tingkat atau cakupan luas dari penyimpangan itu sendiri di masyarakat itu gitu jadinya bukan jadi win-win solution tapi lebih kepada upaya seperti itu

Hai lalu apa sih kalau kita definisi ini pengadilan sosial itu sendiri kayak gitu Nah ini bisa didefinisikan sebagai cara yang dilakukan individu masyarakat lembaga dan bahkan mungkin tradisi di masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang melakukan penyimpangan jadi bentuk pengendalian itu sendiri bisa dalam bentuk tindakan atau menciptakan pranata sosial yang melakukannya gitu Jadi apa

Ya masyarakat bisa menciptakan tindakan untuk melakukan pengendalian atau justru menciptakan lembaga yang melakukan pengendalian itu Nah itu gue perjelas ya nah misalnya begini nih untuk mengatasi kejahatan contohnya pencurian ya negara akan membentuk polisi nah gitu kan kemudian apa nih tindakan polisi itu disebut pengendalian dan polisinya disebut lembaga pengendalian Apakah

Pencurian hilang di Indonesia misalnya mustahil dada nggak mungkin pencurian bisa hilang karena ya kita berkait dengan teori fungsi yaitu terjadi secara alamiah dalam usia pasti ada masyarakat yang membentuk atau menciptakan peluang kejahatan itu ya kan tapi pengendalian itu hanya bisa mereduksi atau apa tingkat pencurian itu bisa menurun atau bahkan rendah yakin

Misalnya negara-negara di Skandinavia itu Um pencuriannya relatif rendah kenapa bisa seperti itu pihak pengendaliannya bukan hanya sekedar misalnya ia dikasih aturan misalnya orang di notice misalnya jangan mencuri gitu Tapi lebih kepada kondisi masyarakatnya memang tidak memungkinkan atau tidak menciptakan kondisi seseorang itu bisa tumbuh sebagai pencuri kenapa ya anak masyarakatnya umumnya hidup

Dalam sejarah sejahtera dan kemiskinan di negara-negara berkembang misalnya di Indonesia juga itulah yang nanti menciptakan tingkat pencurian atau kejahatan pencurian itu lebih tinggi ketimbang negara lain kayak gitu Hai nah kemudian kita melihat ya menurut Peter berger bentuk pengendalian sosial itu terdapat tiga yaitu preventif sebagai tindakan pencegahan sebelum terjadinya penyimpangan ya Ini sederhana

Aja deh uriping sini kemudian Represif yaitu dalam bentuk tindakan paksa nah gimana tindakan paksa itu dilakukan baik lagi ini dilakukan sebagai terkait masalah pencegahan juga atau Apa upaya menghentikan tindakan menyimpang Contohnya apa meski kita dilarang merokok ya kan dilarang itu berarti kan paksaan dong ya ya kan kemudian kalau

Ternyata Merokok kita didenda misalnya 500.000 itu paksaan Kenapa bersifat paksaan Kenapa itu dianggap sebagai paksaan karena apa Karena kita harus menerima itu tanpa alasan apapun kita nggak bisa berpendapat oseng rokokan karena saya bete gitu Gan oh sayang rokokan karena disini ada yang Rokok juga Ya enggak boleh kita dilarang

Merokok ya dilarang yaitu dan kita dipaksa untuk memuat aturan tersebut itulah disebut reh Represif ya cuman gua harus bisa ini ya memberikan pemahaman kepada kalian juga nih bahwa paksaan itu beda dengan tindakan kekerasan atau yang disebut sebagai coerce nah Konsep ini lebih kepada tindakan fisik sedangkan Represif lebih kepada tindakan untuk apa

Mencegah atau menunjukkan tingkat kepatuhan dan hukuman itu kayak gitu Jadi ini bukan lebih ketidak karena sifat kekerasan secara fisik ya tapi lebih kepada tingkatannya dipaksa atau enggak berat atau sedang saya gitu yang terakhir kemudian hukuman ini gampang ya ini gue rasa gak perlu banyak Kalian pikir yang jadi hukuman ini lebih kepada

Sanksi yang diberikan jadi hukuman adalah apa ya aturan larangan yang berisikan sang sanksi enggak ada hukuman yang gak ada sangsinya indek yaitu tapi kalau lebih kepada kayak di toko ujaran kemudian kayak Hi Ho apa tuh namanya tuh lupa gue Oh ya nasehatnya itu lebih kepada himbauan Dan itu enggak ada sanksi gitu jadi

Tujuannya hanya untuk menasehati tapi hukuman tujuan untuk membuat orang jadi j7rnal dengan cara apa dengan cara diberi sanksi baik itu sanksi kurungan misalnya atau sanksi dan denda terkait ya hukuman yang tingkatnya beda-beda yaitu jadinya tingkatan hukuman tu Ya bisa dibilang ya bervariasi dari ringan hingga berat kemudian bentuknya juga

Bisa lisan atau tertulis lihat tergantung dari kategori hukuman itu hukum adat kah hukum agama maka hukum negara kah Nah itu punya bentuk yang berbeda-beda Hai Nah kamu dikit lagi nih kemudian burger menunjukkan bahwa upaya pengendalian yang dapat dilakukan Ya itu dalam bentuk ya individu terhadap individu kemudian individu terhadap kelompok

Kemudian kelompok terhadap anggota kelompoknya ya Di dalamnya gitu ya dan juga misalnya apa yang terakhir adalah kelompok satu dengan kelompok yang lain Hai nah misal untuk menginterpretasikan pengendalian ini ya ya tadi individu-individu kelompok-kelompok dan lainnya itu kita bisa lihat misalnya ya contoh kayak gini surat terbuka Nah ini

Kan udah santer ya mau itu di Twitter di Facebook Ini surat terbuka tuh kalau udah jadi hal yang umum gitu ya kan ini lebih kepada kayak Oh sikap yang kami berikan gitu Gan atau pandangan yang diberikan kepada kelompok tertentu enam kali ini surat terbuka untuk presiden deh misalnya gue bilang gitu ya yang

Diposting di situs petisi change.org misalnya gitu ya ini merupakan Apa tindakan sekumpulan individu dalam mengendalikan kelompok dalam hal ini adalah pemerintah-pemerintah agar misalnya Kenapa sih ya Misalnya kebijakan lebih terkontrol atau ini surat terbuka dalam bentuk kritik karena tidak terima dengan kebijakan kelompok tersebut atau masyarakat nggak setuju dengan masyarakat dengan masyarakat lagi sorry

Masyarakat tidak setuju dengan apel akan pemerintah nama syarakat ini kita Gambarkan sebagai misalnya apa kumpulan individu oke itu kenapa yaitu kenangan biasa petisi itu di lakukan oleh satu orang kemudian dia mendapatkan dukungan dari orang-orang yang lain misalnya kayak gitu nah tapi salah dalam interpretasi lain kita melihat contoh Bagaimana sih seorang serbuk seorang

Lagi sorry sebuah kelompok mengendalikan kelompok yang lain Jadi tunai ini salah contoh ya ini contoh paling gampang deh KPU sebagai Pranata gituan sebagai lembaga yang punya wewenang mengendalikan korup korupsi memberantas korupsi bahkan pencegahan terhadap kau korupsi lengkap tuh berarti hampir tiga kategori pengendalian sosial ada dalam KPK misalnya kayak gitu Nah otomatis

Kenapa dia akan mengintervensi atau menekan kelompok lain agar tidak melakukan penyimpangan-penyimpangan apa iya korupsi yaitu misalnya apa ke Pemda soris ke Pemda Mulya pertama itu ya DPR kemudian jaksana Baduy terakhir Pemda kayak gitu mudahkan Ya udahlah materi kayak gini masih bisa kita bahas dengan pikiran yang santai dan terbuka

Hai nah kemudian tadi itu ya yang gue bilang bahwa Represif itu bukan kohesif nah ini gua tambahin aja deh dikit gitu tapi gua gak bisa kasih penjelasan banyak itu nah burger ini juga seneng ngebahas ini jangan secara terpisah jadi ada koersif dan persuasif nah cuman iya coba dengar baik-baik gua ulangin ya

Persib dan persuasif ini bukan bentuk dari pengendaliannya tetapi Bagaimana cara mengendalikan pengendalian itu sendiri dimana yang enaknya ogul angin tadi kayak tadi salah tuh jadi apa korosif dan persuasif ini Apa bentuk pengendaliannya Oke sorry koersif dan persuasif ini bukan bentuk pengendalian ya oke bukan bentuk pengendaliannya bentuknya apa ya

Tadi hukuman terus ada apa tuh Represif kemudian tadi ada preventif itu bentuknya tapi bagaimana cara mengendalikan itu sendiri nah itu bentuk bukan penuh itu adalah website dan presepsi itu jangan kohesif dan persuasif itu ya kan jadi gini nih bentuknya bisa nih hukuman atau pencegahan misalnya gitu ya tapi cara

Yang digunakan untuk menghukum dan mencegah itu kayak mana ya kan penyampaian itu seperti apa Jadi bisa aja nih buat menyampaikan yang sudah hukuman atau pencegahan itu dengan kekerasan Hai tekan atau dengan persuasif cabai gimana contoh di Jalan Raya deh misalnya lu dilarang menerobos lampu merah ya kan ada larangan Enggak Aduh kumannya

Hukuman Anda hadiah tapi cara lu menyampaikan hukuman itu bisa beda yaitu misalnya seorang polisi nyampenya dengan cara apa memaki maki kemudian menggedor-gedor gitu Gan odong-odong kaca mobil saus piano dipatahin Nah itu bentuk Worship meskipun benar tujuan untuk misalnya ya menyadarkan bahwa Kalian salah nih Kamu Ning langgananku merah tapi caranya lakon itu dengan

Kekerasan baik kekerasan secara fisik maupun kekerasan server verbal atau dilakukan dengan cara yang Anarki kehidupan dengan proses Seperti apa Iya dikasih tahu masalahnya gimana nih oh ibunya Tribun melanggar lampu merah hujan begini Emang ibu Kenapa sih kok buru-buru banget misalnya kayak gitu jadi dilakukan lebih ke anjuran mengayomi mengajak Lebih cafexxi lah

Yaitu bentuk dari per-per suasif itu beda dengan konsep yang lebih kepada satu arah gitu kan buah ke bawah seorang ya orang seorang Devi ada yang rawan penyimpangan sosial ini harus langsung di Wah diomelin disudutkan dimaki-maki dan di leveling masalah kayak gitu Iya gua enggak bisa bilang bahwa tindakan korektif Insyaallah juga karena memang

Ada juga kadang tindakanku arsip yang perlu dilakukan ketika Memang sih penyimpang itu ya atau sih Devian itu melakukan tindak kekerasan juga sehingga Hero apa kekerasan yang salah udah Anarki ya Kayak misalnya tawuran segala macem atau misalnya pembunuhan ya kan itu yang harus dilakukan dan kohesif juga yaitu karena kalau ada kunjungan ke

Website yaitu memungkinkan dia lagi tawuran uang jurin kalau udah bubar bubar bubar ya nggak bisa jadi mau misalnya harus di ya ditembak gas air mata eh itu kan atau misalnya dipentung kepalanya Biar dia sadar Oh nyata polisi Beneran ya kayak gitu jadi nggak mungkin kan lagi tawuran polisi dilemparin batu

Ya mungkin polisinya udah-udah cacat mukanya Mukanya udah kayak kobra gitu Gan Tapi polished dong jangan-jangan tawuran sini ya tolong ya Mohon banget nih gitu ngomongnya gitu akan menurunkan Wibawa dari polisi ledakan Persib sekali-sekali memang perlu dilakukan dalam catatan bahwa si penindak ya seorang salah ya seorang pengendali ini

Yakin saat polisi atau kita ya masyarakat itu terancam secara fisik yaitu mungkin boleh dilakukan secara clear sip ke itu Eh tapi gue rasa ya ini topik yang menarik terkait kohesif dan persuasif ini Jadi mungkin gue bisa bahas di video lain tapi sebenarnya juga dibahas di video sebelumnya jadi Tonton

Dulu ya yang seharum di playlist sosiologi SMA nanti lu bisa lihat tuh koersif dan persuasif Apa sih itu ada secara khusus gue bahas di awal-awal ketika Global senyuman sosial jadi itu ya baca aja lu baca Sorry lu Tonton aja itu Oke gua rasa itu aja ya Berarti

Bapak menyimpan ini udah selesai ya gitu Jadi kita bisa sebab yang lain makasih banget buat kalian semua yang udah nonton terus video dari gue gue seneng banget di pagi ini gue udah lihat bahwa subscriber sudah mencapai 1.000 orang dan gua rasa kita akan terus semangat buat bikin konten-konten pendidikan gratis karena

Belajar itu gak harus mahal itu dan Ya udah gitu aja dari gue terima kasih dan sampai jumpa Hi Ho

Pengendalian sendiri identik dengan upaya mereduksi atau mereda tingkat penyimpangan. Ini bukan menjadi solusi atau nilai tawar agar penyimpangan misalnya menjadi positif atau hilang, tetapi hanya mengurangi tingkatan dan cakupan penyimpangan di masyarakat.

Tonton terus video terkait materi Sosiologi lainnya dengan melihat playlist di channel ini.

Dukung kami dengan like setiap video yang kamu tonton, share pada teman-teman, dan subscribe channel ini.

Kamu juga bisa mendukung kami secara finansial melalui https://saweria.co/alternatifa

Tentang kami: Alternatifa merupakan platform pendidikan online yang menyediakan konten video pembelajaran, artikel materi, soal-soal ujian sekolah, persiapan masuk kuliah, dan konten menarik terkait pendidikan di Indonesia. Alternatifa memiliki misi untuk mewujudkan aksesibilitas yang inklusif terhadap sumber materi pembelajaran yang berkualitas dan dapat digunakan oleh seluruh golongan pelajar Indonesia yang membutuhkan. Semua dapat diakses melalui www.alternatifa.com secara gratis dan berkelanjutan.

Alternatifa
#merangkaimimpibesar

Ikuti kami juga di:
Instagram: https://www.instagram.com/alternatifa.project/
Twitter: https://twitter.com/AlternatifaP
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC1-VkbN9CPJBCddwI08D7-Q
Sobat Alternatifa.Project, Info tentang #Pengendalian #sosial #Sosiologi #Alternatifa ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:12:33 detik.


Begitulah sekilas tentang Pengendalian sosial | Sosiologi | Alternatifa yang telah dilihat oleh 2926 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Alternatifa.Project 753 | #Pengendalian #sosial #Sosiologi #Alternatifa

Sekedar mengingatkan bahwa, Medsos Ltd adalah Media Sosial Terbaik Generasi XYZ yang Melayani, menerima, mengumpulkan, Mengelola, dan menyebarkan kabar berita terbaru, informasi terkini, Cara cari uang, Peluang Usaha, Bisnis gratis, teknologi digital, Perdagangan dan jasa, Bonus diskon promo hari ini serta solusi masalah untuk semua penghuni dunia di seluruh pelosok negeri.

Apabila Dirimu, penggemar setia Alternatifa.Project memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa tulis di website www.medsos.Ltd untuk mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas Medsos.Ltd. ini.

Punya Masalah Pengendalian sosial | Sosiologi | Alternatifa ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Min, mau kasih saran
Kalo bisa pas nulis pake warna selain putih, milih warna yang cerah, biar agak jelas. Kalo nulis di latar putih masih mending bisa keliatan, ini pake latar hitam nulisnya pake warna merah yang gelap T_T
Agak kurang nyaman aja

10 bulan ago

"kayak cobra"🤣

2 tahun ago

Terima kasih banyak penjelasannya 👍👍

2 tahun ago

👍🏾

2 tahun ago

Sangat membantu untuk memahami pendalaman materi utbk soshum sosiologi🤭. Sukses slalu

2 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/xnl4