💸 Apa Itu Ilmu ‘Ekonomi’ Sebenarnya? #BelajardiRumah

Kok Bisa? [ • ] Seandainya ada uang 500 juta yang tiba-tiba kalian terima Apa yang bakal kalian lakuin? Apakah beli mobil baru? Jadi modal buat bikin usaha? Atau, ditabung terlebih dahulu? Tentu jawabannya macam-macam. Tapi yang jelas apapun pertimbangannya, pasti itu semua udah di pikirin dalam-dalam. Dan, itulah pertanyaan-pertanyaan yang ada di ilmu satu ini

Tapi meskipun erat hubungannya, ilmu ini ga cuma bahas soal uang Tapi, lebih besar daripada itu Kita akan belajar ilmu yang sebenernya ngajarin untuk bikin keputusan terbaik dari berbagai pilihan yang ada Jadi, siap-siaplah belajar ilmu yang ternyata udah ada sejak manusia membangun peradaban. Sebuah ilmu Yang akhirnya mempengaruhi dunia dari sejarah, budaya, bahkan politik

Ini dia, EKONOMI Ilmu ekonomi sederhananya adalah ilmu tentang pilihan Manusia itu bawaannya selalu ingin ini, ingin itu banyak sekali Tapi pastinya gak mungkin semua keinginan kita tercapai karena tentunya modal yang kita punya pasti terbatas. Mau itu modal uang, modal tenaga ataupun modal waktu. Keputusan untuk apakah, misalnya nih ya sederhananya.

Apakah kita perlu membangun jalan tol atau tidak? Nah, Kita mikir kalo kita bangun jalan tol maka harus hitung dulu dampak ekonominya Misalnya, ini sudah ada kemacetan Kita perlu bangun jalan tol gak? Sebelum kita membangun jalan tol kita hitung untung rugi nya seperti apa Nah itu didalam ekonomi juga dibahas Mungkin sederhananya seperti apa

Sederhananya mungkin seperti ini. Misalnya Kenapa sih ketika misalnya menjelang lebaran Itu harga telur atau daging naik. Karena yang yang permintaannya kan banyak kan, karena orang menu lebaran banyak beli daging, beli telur. Didalam ilmu ekonomi itu dibahas. Kenapa itu terjadi kenaikan? Kalau terjadi kenaikan karena banyak permintaan maka ilmu ekonomi itu akan membahas juga

Kenapa, bagaimana agar harga itu tidak naik. Maka kita bisa menyiapkan Misalnya Produksinya seperti apa Gudangnya seperti apa Makanya, ilmu ekonomi bisa kita ibaratin kaya benda ini Karena ilmu ini ngajarin kita untuk berfikir keras apa pilihan terbaik yang bisa kita ambil biar keinginan kita tercapai sampai sepuas-puasnya Dengan usaha sekecil-kecilnya. Semua itu dilakukan lewat banyak pertimbangan mulai dari alasan yang bikin kita pengen ngelakuinnya sampai apa aja kerugian yang timbul gara-gara ngejar keinginan itu. Dan disadarin atau engga, dasar-dasar ilmu ekonomi

Sebenarnya kita terapin setiap hari pas kita dihadapin pilihan Tapi bedanya kalau udah berurusan sama benda ini Tentunya pilihan kita gaboleh diputusin pake perasaan aja Supaya akurat kita bisa pake angka-angka dan data Dan, ini diterapin di semua kegiatan yang berhubungan sama keuangan ga cuma di warung, tapi juga perusahaan besar

Bahkan sampai di tingkat negara. ya Bisa kita anggap ilmu ekonomi itu penasehat kita Tapi pastinya wujudnya bukan kulit kerang yang bisa ngejawab pertanyaan Melainkan grafik, angka, dan diagram Ilmu ekonomi jadi alat yang bisa kita andalin untuk ngadepin pilihan-pilihan sulit tentang mengola keuangan. Dan itu ga cuma sekarang tetapi juga dari dulu

Bahkan hingga ke masa depan. Dahulu kala bahkan ketika uang belum ada ekonomi lahir dari perdagangan Maju selangkah dari sistem barter orang-orang Mesopatamia biasa nitipin harta mereka di kuil supaya aman dan sebagai gantinya dapat surat jaminan tanda penitipan Surat inilah yang kemudian saling dipetukarkan orang-orang

Dan seiring waktu pun jadi layak nya alat tukar sendiri Alat tukar resmi pertama yang dicatat sejarah muncul di daerah bernama Babilonia Tapi bentuknya bukan uang melainkan logam perak Tiap kali belanja, kita mesti nimbang berat bongkahan peraknya dulu Barulah ditanah bernama Lidya Uang dalam bentuk koin pertama populer

Dan bikin kita gaperlu lagi nimbang-nimbang berat logam atau bingung mastiin apakah logam perak itu murni atau engga Sistem inilah yang kemudian juga dipakai Yunani dan Romawi Kuno Kalau uang yang kita kenal sekarang ada wajah-wajah para pahlawan itu semua berkat raja yang satu ini yang maksa semua orang nerima dipakainya uang tersebut

Karena kalau ada yang nolak itu sama aja kaya merendahkan sang raja Sang raja lalu runtuh tapi caranya bertahak antara yang besar bikin persebaran ekonomi yang kuat Itu pula yang bikin kerajaan Romawi berjaya karena punya pasukan tetap yang digaji dengan garam atau bahasa latinnya Salarium Bahkan saking besarnya pengaruh Romawi Kuno dalam ekonomi

Uang mereka masih digunakan bahkan sampai berabad-abad setelah kerajaannya udah runtuh Kemudian kita sampai di abad pertengahan di kota bernama Florence Ada keluarga bangkir yang menjadi raksasa di dunia keuangan Keluarga De Medici namanya Berhasil menguasai kekuatan ekonomi berarti punya kekuatan politik Keturunan keluarga ini kemudian nyebar ke negara-negara Eropa lain nularin ilmu mereka kesana

Inilah juga yang jadi penyebab waktu itu Inggris dan Belanda bisa menjadi bangsa yang sangat kuat Orang-orang pinter ekonomi disana didengar suaranya dan menjadi penasehat para Raja Saking ngaruhnya merekalah yang menjadi cikal bakal sistem MPR dan DPR yang sekarang diterapin di banyak negara di seluruh dunia Ya Bahkan politik pun dimulai dari ekonomi

Dan akhirnya di dunia modern pemahaman-pemahaman ekonomi modern yang paling terkenal pertamanya datang dari sosok bernama Adam Smith Adam Smith itu tahun 1700-an itu dengan buku nya The Wealth of Nations Intinya adalah pengen menjelaskan bahwa itu menjelaskan tentang fenomena pasar ya Didalam ilmu ekonomi, mekanisme pasar itu adalah mekanisme yang dianggap terbaik

Untuk mengambil keputusan Artinya kalau misalnya dengan sistemnya komunis itu kan kita harus hitung berapa orang yang butuh baju Terus nanti negara akan bikin baju, nanti akan distribusikan tapi kan orang bingung Dengan sistem pasar ini orang itu tidak perlu seperti itu, artinya orang yang memproduksi baju ya produksi aja

Orang yang pengen baju, ya kan ini akan ketemu di pasar nanti harga itulah yang sebenarnya kita anggap Invisible Head Harga itu bisa mempertemukan antara penjual sama pembeli Jaman dulu penyebab kemiskinan seseorang cuma ada satu kemungkinan Ia lahir dari orang tua yang miskin Kalau seorang ayah bekerja jadi petani anaknya pun begitu

Akhirnya orang miskin akan tetap miskin sementara orang kaya akan terus bertambah kaya Dari sana lah kesenjangan terus dan terus bertambah nyata Tapi, jaman berubah dan ada satu senjata yang bisa bikin nasib berubah PENDIDIKAN Disini, belajar ekonomi emang ga otomatis bikin kita jadi kaya Tapi dengannya kita bisa maksimalin apa yang kita punya

Dan ngambil keputusan terbaik dalam hidup kita Kalau di awal video ini kita cuma bisa memilih Ilmu Ekonomi juga ngasitau satu hal Bahwa nilai itu bisa diciptakan lewat jasa maupun perdagangan Dan dari sana lah kita bisa menerjang batas kelas ekonomi maupun sosial Itulah dia Ilmu Ekonomi yang menjadi alasan suatu bangsa bisa maju

Sekaligus alasan suatu bangsa bisa hancur kalo gak pinter gunainnya Dan setelah ini kita akan semakin perdalam pengetahuan tentang bangsa itu sendiri Tentang gimana masyarakat menjalani pemerintahan dan membangun negara atau tentang gimana seseorang bisa mendapatkan kekuasaan Sampai bertemu di Ilmu Politik

Seandainya ada uang 500 juta yang tiba-tiba kalian terima, apa yang bakal kalian lakuin? Apakah beli mobil baru? Jadi modal buat bikin usaha? Atau… ditabung terlebih dulu? Tentu, jawabannya macem-macem, tapi yang jelas apapun pertimbangannya, pasti itu semua udah dipikirin dalem-dalem. Dan, itulah pertanyaan-pertanyaan yang ada di ilmu satu ini.

Tapi meskipun erat hubungannya, ilmu ini engga cuma bahas soal uang. Lebih besar dari itu. Kita akan belajar ilmu yang sebenernya ngajarin untuk bikin keputusan terbaik dari berbagai pilihan yang ada. Jadi, siap-siaplah belajar ilmu yang ternyata udah ada sejak manusia ngebangun peradaban. Sebuah ilmu yang akhirnya mempengaruhi dunia dari sejarah, budaya, bahkan politiknya.

Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! ‘Kok Bisa’ ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let’s watch the videos and go curiosity!

FAQ (Frequently Asked Questions):
Q: Min, upload tiap hari apa?
A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

Q: Min, animasinya pake software apa?
A: Adobe after effects

Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
A: Bakso is inspiration *wink

Follow our social media for more updates, stuff and facts!

Facebook: https://www.facebook.com/kokbisachannel
Instagram: https://instagram.com/kokbisa
Line: http://bit.ly/linekokbisa
Twitter: https://twitter.com/kokbisachannel

For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com

References:


Credits:

– Kevin MacLeod for awesome music
– Sunshinelammi from Reddit, for this episode’s end narrator (soundcloud.com/sunshinelammi)
– And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!
Sobat Kok Bisa?, Info tentang #Apa #Itu #Ilmu #Ekonomi #Sebenarnya #BelajardiRumah ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:08:14 detik.

Begitulah sekilas tentang 💸 Apa Itu Ilmu ‘Ekonomi’ Sebenarnya? #BelajardiRumah yang telah dilihat oleh 523398 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Kok Bisa? 494 | #Apa #Itu #Ilmu #Ekonomi #Sebenarnya #BelajardiRumah

Apabila Dirimu, penggemar setia Kok Bisa? memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa tulis di website www.berdebar untuk mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas Medsos.Ltd. ini.

Punya Masalah 💸 Apa Itu Ilmu ‘Ekonomi’ Sebenarnya? #BelajardiRumah ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Konsep marketplace di Indonesia berdampak buruk pada perekonomian daerah.lihat perilaku marketplace2 besar itu.perputaran uang di suatu daerah akan terganggu karena uang dari masyarakat daerah itu tersedot keluar daerahnya. Pemerintah baiknya lebih protektif terhadap keberlangsungan kegiatan ekonomi daerah…saya menyaksikan sendiri.
Toko toko, pasar pasar di daerah saya semakin terpuruk karena masyarakat cenderung membeli barang online. Perputaran ekonomi terhambat.tidak ada gerak ekonomi, yg ada gerak cepat kurir shopee ke desa desa…

8 bulan ago

Aamiin, sehat , cerdas dan shole & Sholehah

8 bulan ago

500jt masih kurang buat bli truk

8 bulan ago

andai pas sekolah dulu dijelaskan maksud dan tujuan belajar sebuah ilmu secara jelas dan memotivasi seperti ini. dulu pas sma cuma kepikiran yang penting dapet ijasah. tapi ketika sudah masuk menjadi masyarakat baru sadar pentingnya ilmu" yang terlihat ga penting pas disekolah. atau sepertinya memang pendidikan indonesa kurang berkualitas

8 bulan ago

martinnnnnnn coba salim sama ka domblang

9 bulan ago

i like. menarik videonya

9 bulan ago

pelajaran ekonomi ini beneran ngubah mimpi hidupku banget, yang bisa bikin aku semangat belajar. soalnya aku tau, ilmu ekonomi ini pasti kepake sampe seberapa lama apapun. Yapp bener kata kok bisa, kalau ilmu ekonomi ini ngajarin tentang memilih pilihan paling terbaik untuk mencapai keuntungan dan kepuasan yang sebanyak-banyaknya dengan usaha yang sekecil-kecilnya. makannya I really likeeee and loveee sama ekonomi ❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️ semogaa 2 tahun mendatang keterima di fakultas ekonomi AAMIINN

9 bulan ago

#Kokbisa
Kalo prakarya itu apa??

11 bulan ago

Sumpah bermanfaat banget dan berpaedah

11 bulan ago

Penting nih ilmu ekonomi. Apalagi buat orang yang suka bisnis wkwk.Suka banget sama channel Ko Bisa. Kontennya sangat menarik dan mengedukasi.Cara edukasinya berbeda dengan cara sekolah jadinya seru dan gak membosankan. Lanjutin terus minnn!!! Buat yang suka sama channel serupa, aku rekomendasiin channel "Sisi Terang" dan "Inspiratips" yaa !! 🥰🥰

1 tahun ago

Yang bener pendidikan ekonomi

1 tahun ago

Maaf min kalau zaman sekarang walaupun kita punya banyak aset dan warisan .yang kita miliki punya harta banyak dan warisan kalau kita GK punya pendidikan ya itu sama aja ..min

1 tahun ago

Jadi, ini adalah stand yang sama seperti platinum bintang 😎.
Permisi, kok bisa. Coba cari jalannya 🙏?

1 tahun ago

Mantap kok bisa

1 tahun ago

Ka izin ngambil bberapa potongan vidio nya yaa buat tugas

1 tahun ago

Ekonomi adalah ujung tombak dari kehidupan bernegara

1 tahun ago

Videonya sangat menginspirasi Kak, terima kasih bisa menjelaskan ilmu ekonomi dengan gamblang. Izin share ya kak. Terima kasih

1 tahun ago

Mohon ijin mendownload dan menggunakan video pembelajaran ini sebagai bahan ajar.

1 tahun ago

Intro kamu kaya channel sprinkled donuts?

2 tahun ago

Kak boleh share link videonya

2 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/dlqa