Menakar Peran dan Manfaat Pendamping Desa | Bincang Perkasa 128

TV Desa [ β€’ ] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] salam bahagia kerabat Desa Indonesia kembali kita berjumpa dalam bincang Perkasa berbincang perkara Desa karena Desa harus tangguh dan Perkasa ria-ria kecil kemarin nambah sempat menjadi sesuatu yang luar biasa karena ada simposium yang merekomendasikan tentang evaluasi tenaga pendamping kemudian ada juga mulai ada kalian mendapatkan

Undangan apa ya Bukan undangan secara langsung tetapi informasi ada kemudian you meeting beberapa temen-temen pendamping akan melakukan perlawanan dan seterusnya semua baik-baik saja tapi setidaknya mungkin kita perlu lebih jernih melihat atau mencermati apa yang mengemuka di simposium kemudian Apa yang sebenarnya tempat apa terjadi dengan pendamping dan sebelahnya seberapa besar kebutuhan kita

Terhadap pendampingan kita sudah pernah merasakan bagaimana PNPM Mungkin beberapa melihat itu suatu kesuksesan pemberdayaan masyarakat kemudian aman atau undang-undang memang ada bagian yang kemudian kegiatan-kegiatan penguatan bumdes kegiatan perencanaan dan pengawasan pembangunan kegiatan pemberdayaan masyarakat itu ada tepat untuk kemudian tanpa perlu dilakukan pendampingan oleh pemerintah pagi hari ini kita akan berbincang langsung sama

Mastoro yang terlibat langsung dalam proses penyusunan undang-undang desa dan saya yakin sangat paham betul dengan ide dan semangat dari hampa memuliakan Desa pada saat itu sehingga kemudian ada agenda pendampingan dan seterusnya kita akan apa akan membicarakan tentang bagaimana kita menakar perang dan manfaat dari pendamping ini karena memang Master

Kebetulan ada juga disimposium itu Jadi atmosfernya mungkin merasakan Selamat pagi selamat pagi acara yang sampean ada di sana kebetulan kita juga TV Desa ketika melihat itu kami melihat Oh ini apa menarik juga untuk kita apa dukung publikasinya sehingga kemudian kita rilis siaran langsung yang dari lokasi dan kemudian

Jadi apa jadi banjir apa jadi banjir serangan dari ingin menghabisi apa pendamping sementara Ketika saya lihat rekomendasi yang terakhir memang lebih pada evaluasi kinerja sebenarnya kayak apa mas kita bicara pendamping bicara pendampingan bicara perannya dan kemudian apa menurut pandangan mastoro kayak apa ini mestinya seharusnya Dan sekarang ini

Seperti apa dan baiknya ke depan Seperti apa terima kasih Kang dan selamat pagi para sahabat semuanya ini sebenarnya bermula dari serangan ya ketua Desi Nusa Tenggara Barat yang mengusulkan supaya pendamping pendamping Desa itu dibubarkan karena tidak bermanfaat malah justru membuat repot bikin record bagi desa gitu sebenarnya hanya beliau saja Tetapi saya

Melihat bahwa abdesi secara kelembagaan itu kan tidak berbicara tentang pendampingan desa kemudian ditanggapi oleh salah satu direktur Kementerian Desa beliau pasti membela jadi ini ada aksi ada reaksi ada penyerangan Ada apa pertahanan lah itu hal yang biasa dan kemudian itu kan berkembang lalu jadi tergunjingan kemudian teman-teman pendamping tampaknya juga memberikan serangan balik

Terhadap kepala desa itu ini ya kita ini kan baru levelnya baru bergunjing ya tetapi pada dasarnya Sebenarnya saya ini kan menyayangi ya mencintai punya harapan ya punya harapan terhadap kepala desa punya harapan terhadap Kementerian Desa punya harapan terhadap pendamping Desa karena saya menjadi bagian itu semuanya bisa dibilang bahwa saya

Mengklaim saya sebagai Bapak sebagai salah satu bapak pendampingan juga sebagai pendiri Kementerian Desa juga sebagai Bapaknya yang melahirkan undang-undang desa dan seterusnya lah Ya saya juga dikatakan sebagai guru desa dan sebagai pamongnya Pamong gitu ya sebenarnya semuanya pengen kita dudukkan Dan kalau itu kritik itu hal yang biasa kritik tidak

Harus berkembang menjadi pergunjingan nah ini Kang saya akan memulai dari genealogi ya genealogi pendampingan Desa ini kan kita punya dua jalur ada pembinaan atau binwas dan ada pendampingan binwas itu kan tradisinya pemerintah bagaimana pemerintah itu mengembangkan kapasitas kemudian otoritas lalu integritas tertepat administrasi dan sebagainya Itu kan pemerintah punya itu bagaimana Desa itu

Berjalan sesuai koridor supaya tidak korup dan sebagainya itu pasti menjadi perhatian pemerintah dan meskipun ini pembinaannya juga belum jalan dengan baik Kalau saya memahami tugas pemerintah setelah undang-undang Desa lahir ini kan seharusnya mendidik dan melayani nah spek melayaninya kurang lebih banyak mengatur daripada mengurus gitu ya Sehingga ini bisa menjadi salah

Satu distorsi yang sebenarnya penting untuk kita perhatikan nah kemudian kalau pendampingan ini kan tradisi Batam tradisi gerakan ya yang dilakukan oleh kawan-kawan sipil Society organizer itu banyak yang dilakukan oleh teman-teman LSM ya mendampingi dari desa ke desa tetapi ada keterbatasan yang dilakukan oleh LSM jumlahnya sedikit lalu salah

Satu kritik ya dulu kan kami mendampingi itu di 20 tahun yang lalu kami mendampingi ada 13 Desa lah Desa dampingan gitu ya Desa percontohan kita dampingi untuk belajar untuk banyak hal lah lalu dikritik oleh seorang teman antropolog namanya Hans bilang ke saya mastoro itu berdekatan pendampingan itu terlalu tradisional seharusnya harus dengan pendekatan

Politik untuk advokasi kebijakan karena persoalannya ini bukan pada level lokal tapi kebijakan yang harus ditembak dong itu nah itu jadi bahan pemikiran saya dan teman-teman meskipun proses belajar di level lokal itu ya tetap tetap kita lakukan dan justru saya pengalaman mulai dari 5 Desa berkembang 13 Desa berkembang lagi

Berkembang lagi yang awalnya hanya di Jogja dan sekitarnya lalu berkembang di Aceh sampai ke Papua itu luar biasa ya pengalamannya luar biasa lalu itu yang jauh lebih penting itu kan denyut kehidupan dan suasana kebatinan itu yang bisa saya tangkap dan itu bisa menjadi inspirasi bagi lahirnya undang-undang Desa tapi kritik Hans sama

Pengalaman lokal ini penting kan jadi maksud saya ini perjalanan Bagaimana mengangkat ya mengangkat pengalaman lokal ini menjadi kebijakan nasional itu yang pelajaran ini Anugerah luar biasa yang saya yang saya terima gitu tapi saya tetap menghargai teman-teman LSM yang mendampingi hanya beberapa desa dan sampai sekarang saya juga terus berkomunikasi menjadi bagian dari

Gerakan mereka gitu ya nah salah satu kritik dari pendekatan pendampingan lokal ini namanya lokalisme artinya yang baik yang berubah menjadi lebih baik ya hanya yang didampingi itu kalau yang ini hanya 13 Desa itu ya yang hanya 13 itu lalu yang banyak yang Katakanlah kalau di satu kabupaten itu

Ada 400-300 yang lain itu prabaikan ini Ada kesenjangan kan antara yang didampinginya lesem dengan yang dibina oleh pemerintah yang didampingi oleh lesem ini tumbuh inisiatifnya jauh lebih baik daripada yang dibina secara formal oleh pemerintah dan ini saya buktikan di banyak tempat entah itu mulai pendirian desa yang ditekuni secara pelan-pelan oleh LSM

Dengan yang dimobilisasi oleh pemerintah itu hasilnya sangat-sangat berbeda jadi plusnya itu di situ ya Jadi barang yang di ini meskipun tidak semuanya jadi ya misalnya begini ya misalnya ya kami pernah mendampingi ada 29 desa di Kalimantan Timur ada yang jadi ada yang nggak karena memang apa namanya intensitas kami ya kami di Jogja

Datang ke sana itu kan terbatas gitu ya jadi ada banyak ada banyak variabel dan kelemahan yang lain itu tadi namanya lokalisme naik teman-teman bengkel APEC di Kupang misalnya ya Itu kan di Kabupaten Kupang itu kan ada ratusan ratusan Desa Terus yang dia dampingi secara efektif secara intensif

Itu 25 gitu ya 25 Nah ini ini tumbuh tumbuh berkembang saya mengatakan saya apresiasi teman-teman bengkel lapek yang bisa membuat transformasi terhadap 25 Desa tetapi ratusan desa yang lain kan tidak tumbuh itu namanya mengintensifkan pada 25 tetapi mengeklusi Ra desa gitu ya jadi ratusan Desa ini nggak

Terbina dengan baik yang 25 itu lalu memperoleh perhatian Pemkab dapat tambahan dana kan lalu yang ratusan ini belum Nah ini pengalaman sebelum undang-undang Desa itu hadir gitu nah jadi pengalaman itu yang kemudian mendorong Bagaimana ini pendampingan ini bisa dilakukan secara masif secara lebih banyak merata adil merata pada seluruh

Desa dan negara yang harus turun tangan begitu nah itu satu hal kemudian hal yang lain hal yang kedua bagaimanapun konsep kebijakan pendampingan Desa dalam undang-undang Desa ini itu tidak lepas dari desakan teman-teman bagi apa namanya baik itu pimpinan fasilitator penggerak PNPM Mandiri pedesaan karena mereka sudah bertahun-tahun menjadi fasilitator meskipun bukan fasilitator

Desa tapi fasilitator kelompok masyarakat gitu ya mereka menyampaikan aspirasi teman-teman ini menyampaikan aspirasi baik itu kepada Mas Budiman kepada Pak mukowam ketika mereka bertemu dengan Pak mukowam saya selalu mendampingi Oke kita terima Tapi tolong langsung intensif diskusi dengan mastoro nanti supaya jadi Pasha akhirnya rutin itu kan jadi seminggu sekali Saya pasti

Dikunjungi secara bergantian ada 6 orang ada 8 orang gitu ya itu seminggu sekali ketemu saya gitu didampingi Mas betok ikan Toso Mas Vito sekarang menjadi salah satu staf ahli menteri Desa itu luar biasa Mas kemudian ini agak sulit nih untuk dijadikan pasal karena teman-teman di Kemendagri para senior terutama persadaan Girsang yang menjadi

Prosessornya prosesornya itu untuk bisa Tolong ya bilang begitu ini pendampingan itu udah banyak dilakukan oleh PNPM sekarang yang kita kurang itu adalah pengembangan kapasitas terhadap desa yang dilakukan oleh pemerintah itu kurang jadi aspek pengembangan kapasitas pemerintahan ini yang harus kita pertajam dalam undang-undang ini Nah karena menolak gitu ya tapi terus

Teman-teman itu kan mendesak akhirnya dengan loba-lobi kanan kiri Selatan gitu ya ketemulah ada 4 pejabat ya di waktu di simposium udah saya sampaikan juga kan 4 Pejabat itu Pak mukom sebagai ketua Pansus Mas Budiman wakil ketua Pansus lalu Pak tarmisi Karim waktu itu menjadi Dirjen PMD Kemendagri lalu yang satu pak Sujana

Royal saya mendampingi saya diminta mendampingi beliau-beliau lalu mereka diskusi bla bla bla akhirnya mereka sepakat dan mengambil keputusan Oke pendampingan Desa dimasukkan di dalam undang-undang Desa terus perintahnya tolong mastoro rumuskan komunikasikan Akhirnya saya bawa ketemu Pak Girsang Pak Girsang ini loh ini hasil apa namanya kesepakatan apa

Gitu Ini ada 4 pimpinan begini ya sudah kalau sudah perintah ya kita rumuskan dirumuskan kan gitu ya dan tidak terjadi perdebatan yang panjang lebar itu tidak terlalu apa namanya ideologi semua penempatannya itu menjadi bagian dari kalau versinya teman-teman senior Kemendagri itu pendampingan itu menjadi bagian dari pembinaan gitu ya Nah itu sejarahnya kan

Begitu Itu genealoginya lalu ketika Kementerian Desa lahir ya berjalan gitu kemudian menteri Marwan Jafar pada waktu itu kan memberikan kepercayaan kepada saya untuk ini ya bagaimana kita membuat platform pendampingan ada saya ada Mas Eko Sri Haryanto yang sekarang menjadi Dirjen PDT ada maspito Santoso terus kemudian ada sahabat-sahabat Baik saya namanya

Wahyudin Keisha itu dulu PNPM lah ya terus kemudian menjadi bagian dari program apa namanya yang Kementerian Desa kita rumuskan dengan baik jadi apa yang apa namanya yang baik dalam PNPM kita pelajari kemudian yang kurang itu kita hilangkan yang kurang itu apa titik O ya titik O petunjuk teknis operasional

Waktu itu kami anti betul dengan istilah PTO gitu ya karena PTO itu pendamping lalu menjadi sangat teknis gitu ya kemudian pendamping tidak perlu punya otoritas punya kewenangan untuk erek-erek gitu ya itu konsepnya ini kan emplovering ya Jadi intinya sebenarnya ini ya pengorganisasian tetapi Kalau teman saya yang namanya Wahyu dan desa mengatakan

Pendampingan itu adalah kerja kenabian gitu ya Kerja yang mencerahkan yang mengorganisir yang ada dakwahnya yang luar biasa dan beliau itu menekankan ada spirit entrepreneur ya kewirausahaan sosial jadi konsepnya bukan semata-mata pegawai gitu ya bukan pegawai tetapi memang bergaul bersatu dengan yang didampingi dan hidupnya dari situ seperti Wahyudin kisah juga Oh dia ikut

Menggarap lahan juga jadi dia waktu itu hanya digaji sedikit gitu ya dari pengalaman di LSM Tetapi dia memperoleh penghasilan yang bisa untuk hidup ya dari mengerjakan lahan sekitar 2 hektar itu misalnya jadi ini interpreneur ini ya Dan ini sebenarnya spirit yang kita suntikkan kemudian juga saya waktu itu nulis di Kompas tentang pendampingan

Desa pada bulan-bulan Juli tahun 2015 ya jadi saya mengatakan begini bahwa pendampingan Desa itu harus Pro politik Pro politik itu bukan berarti menjadi mesin politik ya kalau mesin politik partai itu kan itu ini ya hidden Translate lah ya itu itu bagi saya juga nggak papa kalau pendamping dijadikan

Mesin politiknya partai itu Silahkan aja lah tapi yang penting jangan norak lah jangan jorok ya jangan jorok Nggak apa-apa itu hal yang biasa di mana-mana Lalu ada ada perkawanan koalisi politik itu ya yang biasa bagi saya itu nggak papa ya partai dapat itu tapi Desa juga harus dapat lebih besar maksud saya

Begitu ya jangan hanya partainya dapat besar kemudian desanya dapat kecil nah itu yang tidak adil maksud saya nggak papa partai mengambil keuntungan nggak papa Jadi maksud saya propolistik itu ini ya Jadi maksud saya pendampingan itu jangan anti politik nah ini kelemahan di dalam PNPM kan begitu Jadi pendampingan itu sangat

Teknis hanya PTO gitu ya kalau di luar PTO nggak bisa gitu ya sesuatu yang sangat teknis dan politik yang saya maksud disini itu ya ini ya realitas politik ini harus diperhatikan harus kepekaannya harus Baguslah para pendamping ini ya Jadi tidak hanya menjalankan pasal-pasal tetapi realitas politik di masing-masing desa ini kan berbeda ini

Kemudian juga politik dalam pengertian kepentingan kepentingan Desa itu kan sangat beragam nih Nah ada kepentingan kelompok tani kepentingan ibu-ibu kepentingan perangkat kepentingan kepala desa itu realitas yang memang harus kita kita perhatikan tidak boleh omongannya ini pasalnya begini aturannya begini nggak berangkatlah dari realitas kepentingan itu dan pendampingan itu kan mengorganisir kepentingan menjadi

Kepentingan kolektif kepentingan bersama kepentingan itu Tanpa Batas nah ketika kita bergaul Desa itu kan pergaulan hidup bersama ada musyawarah desa itulah yang kemudian dibangun kepentingan kolektif dan disana kemungkinan bisa terjadi debat pendamping itulah yang kemudian Bagaimana menjadi fasilitator entah itu memudahkan mengenai dan sebagainya gitu ya dan menjembatani juga gitu Jadi sebenarnya

Intinya di sini ada istilah saya itu intelektualisme dan aktivis bukan semangat kepegawaian semangat pegawai yang menjalankan petunjuk teknis operasional nggak ada intelektual ya harus kritis ya harus kritis harus ini itu kan idealismenya begitu ya dan kemudian itu kita punya kata sepakat dengan mas Dito itu kalau Mas Dito itu kan selalu

Ngeritik Wah ini anti politik gitu ya Banyak hal yang nanti politik itu selalu ya kritik dan menurut Mas Gito pendamping yang hebat itu tidak perlu banyak pelatihan ya dan saya setuju nggak perlu banyak pelatihan tapi belajar penting belajar penting belajar di awal jadi maksud saya membaca ya Membaca karena

Itu dulu lalu kita siapkan bahan Bacaan tentang undang-undang Desa kita berikan bahan bacaan lalu yang kedua diskusi dan yang ketiga itu gerakan lapangan jadi tiga poin ini Kemampuan kemampuan pendamping ini kan tidak statis ya terus bertumbuh berkembang semakin banyak menjadi fasilitator misalnya itu pasti akan tambah hebat semakin banyak diskusi

Dengan para pihak pasti tambah hebat semakin banyak membaca pasti akan tambah hebat Tetapi kalau orang panduannya hanya ayat hanya pasal pasti menjadi bodoh itu udah prinsip itu udah prinsip karena memang dunia nyata kan tidak hanya selembar kertas yang berisi dengan pasal-pasal dengan PTO dengan panduan nah itu idealismenya yang kita bangun

Dan setelah perjalanan itu kang saya ini kan juga Safari di berbagai tempat setiap Safari Saya pasti ketemu dengan para pendamping Desa kita diskusi tidak hanya satu jam dua jam lah udah banyak yang kita lakukan dan ya itu tadi menanamkan semacam idealisme bagaimana kita membangun kepentingan kolektif Desa

Itu supaya ya tujuan Desa kuat Desa maju Desa Mandiri Desa demokratis yang dirumuskan oleh undang-undang desa itu bisa disuntikkan oleh pendampingan ini ya Dan ini masih tidak lokalis menair tidak hanya 25 Desa semua desa tercover nah Oleh karena itu pada waktu Kementerian Desa berdiri saya pak mukowam pak Marwan Jafar ketemu

Pak mukbang bilang gini Mas menteri ini Kementerian Desa Ini sayapnya sipil sebagai negara jadi spiriknya itu spirit sipil sucity gitu ya Dan itu Pak Maroon pada waktu itu setuju jadi pendekatannya itu lebih beda bukan pendekatan birokratik technografik tapi pendekatan Society yang di kedepankan gitu nah dalam perjalanannya ini memang terjadi

Ini ya penurunan ya Apalagi setelah ganti menteri-ganti menteri ini menjadi aneh ini kan jadi pendampingan Desa itu ya hanya mendampingi Dana Desa beda sekali dengan spirit awalnya gitu ya dan sangat teknis apalagi sekarang ya itu intinya Ya hanya melakukan pendataan dan itu kan omongan itu kan ada di mana-mana gitu ya

Datang pendataan dan kemudian saya mengatakan bahwa ini para pendamping Desa ini bukan melayani kepala desa tapi melayani menteri ujungnya adalah dudukan ya dengan sdgs Desa itu kan menggali data terus kemudian data itu bagaimana dianalisis di otak-atik dibikin grafik lalu grafiknya itu dibikin digunakan untuk pertunjukan menteri ini kan nggak

Menarik nggak bermakna jadi orang itu hanya disuguhi angka saja tapi tidak sungguh cerita yang sesungguhnya realitas yang sesungguhnya padahal pendamping Desa itu intinya adalah bergulat dengan realitas bukan bergulat dengan angka dengan ayat dengan pasal dengan laporan Tapi cerita itu loh cerita itu loh Itu namanya salah satu poin pentingnya ya menjadi Story teller

Lah kalau ini ya para pendamping Desa itu bisa menjadi wirausaha bisa menjadi Story teller yang canggih yang di nanti jadi youtuber yang Wah itu kekayaan yang luar biasa dasar dan bisa punya sumbangan terhadap literasi desa dari literasi Desa ini Ini salah kaprah juga kan jadi kalau omong literasi Desa itu ya ngomong

Bagaimana orang desa bisa calestung kemudian Desa busnya perpustakaan setelah dibikin perpustakaan lalu mangkrak nggak ada orang datang di perpustakaan itu bukunya nggak bertambah itu kan padahal yang namanya literasi desa adalah bagaimana orang setiap orang itu mengenali Desa bisa menceritakan Desa bisa menghadirkan kehidupan lokalitas budaya identitas yang itu perlu ditanamkan kepada anak-anak

Dan pendamping Desa itu bisa menjadi peran itu bisa menjadi Story teller atas desa-desa yang didampingi gitu ya bukan hanya ngomong apa laporan pakai gadget angka-angka itu wah itu nggak ada maknanya itu kita punya keyakinan Desa itu unik unik ya Mengapa kita ngomong Desa karena Desa punya keunikan-keunikan itu tidak bisa dihadirkan dengan

Angka-angka tapi harus dengan telling story telling gitu ya Nah maksud saya gitu Kang ini penting untuk direfleksi gitu ya Dan apa namanya ada kok masih ada kok para pendamping Desa itu yang secara diam-diam juga komunikasi dengan saya itu karena agak takut-takut juga kalau ngomong sama publik gitu ya Ada juga yang begitu ini

Kan berat ini mosok pendamping Desa dibikin takut itu loh Ya enggak lah ini orang-orang Merdeka nggak jadi pendamping juga nggak apa-apa gitu kan Jadilah orang yang merdeka jangan menjilat lah ya ini kan banyak teman-teman yang men Jadilah orang yang merdeka yang bisa memerdekakan Desa gitu Merdeka dirinya sendiri jadi story

Teller dan sebagainya Saya kira itu dulu kang jadi pandangan saya tapi Intinya saya Tetap Mencintai Tetap menyayangi anak-anak saya yang saya melahirkan dari proses dialektika proses kebijakan dan seterusnya Oke luar biasa Luar biasa ini banyak hal yang kemudian kita apa bisa memahami artinya paham sejarah itu wajib hukumnya kemudian apa melihat bahwa ini

Cita-citanya seperti apa ini juga sepertinya juga perlu apa teman-teman apa pahami bersama dan saya tertarik dengan beberapa catatan yang sudah kita buat di sini tentang lokalisme kemudian kalau logalis berarti sudah dengan adanya pendamping ini maka Akhirnya sudah nggak ada kemudian susupreneur ini mungkin yang menjadi bagian menarik menurut saya Karena

Di zaman Pak Harto dulu Kalau tidak salah saya masih sama sih Apa di kampung dulu saya ingat betul tentang sarjana penggerak pembangunan pedesaan ketika mereka ternyata yang disampaikan adalah bahwa mereka memang dibayar oleh negara cuma dalam Kontrak 3 tahun atau 2 tahun kalau nggak salah habis itu mereka diharapkan bisa menjadi

Pelaku pengembang Apa pelaku usaha atau hidup di desa itu ada yang saya kenal kemudian memang ada yang menjadi ASN pada akhirnya PNS ada yang kemudian menjadi pengusaha di Desa itu karena dia tahu betul potensi apa yang ada di situ dan seterusnya ini kayaknya semangat semangat yang tidak mesti harus dilihat

Sebagai apa produk-produk baru harus di apa harus dilawan tapi ada bagian-bagian yang menarik juga dan kemudian bicara apa propolis yang yang menjadi menarik Kita sebenarnya memaklumi itu tetapi bahasa Jawa kita akan memberikan ruang bertanya ke yang ada di apa yang sudah bergabung di studio Zoom kita menggunakan fasilitas interskill ini untuk kemudian apa

Menyampaikan pandangan pendapatnya Anda boleh beda pendapat dengan mastoro Anda boleh mempertanyakan apapun ke mastoro dalam konteks topik yang sedang kita angkat pada pagi hari ini jangan kemana-mana setelah yang satu ini kita akan memberikan kesempatan kepada kerabat desa [Tepuk tangan] [Musik] mau menambah keahlian baru tapi nggak punya waktu macet biaya yang mahal

Ditambah lagi jarak yang jauh Winter skill jawabannya interaktif live education marketplace pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Zoom dan menawarkan pembelajaran dengan Interaksi langsung tanpa batasan ruang dan waktu like kamu bisa menemukan event yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu seperti topik yang menarik pengajar yang kompeten waktu yang fleksibel dan biaya

Yang sesuai dengan budget kamu karena interview bersifat live streaming pembicara dan serta bisa berinteraksi secara langsung di dunia digital seperti melakukan tanya jawab diskusi yang akan bisa melakukan file sharing sambil menambah keahlian kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mengajak teman kerabat atau siapa saja untuk bergabung baik sebagai

Member atau trainer di interstill mudahkan tunggu apalagi Winter skill interaktif live education marketplace bersama mencerdaskan bangsa [Musik] Oke kembali kita di Bincang Perkasa berbincang-perkara Desa karena Desa harus tangguh dan Perkasa yang menarik sampaikan nggak perlu kakean pelatihan tapi bukan kepala kemudian saya lebih melihat bahwa pendamping pendamping desa atau pendamping pembangunan kalau

Sekarang ini kan sedang bergulir juga ini rencana Perpres tentang pembangunan ini lebih kepada mereka-mereka ini kalau saya lebih pada tuntutannya adalah Bagaimana menjadi pembelajar yang terus belajar kemudian lebih pada kemampuan personal untuk berkomunikasi mungkin tidak menjadi menjadi kata kuncinya tapi yang lain yang kita lihat bahwa kemudian ini

Ada juga ada apa format yang kita lihat dengan Apa rencana Perpres pendamping pembangunan itu adalah adalah ada standarisasi uji kompetensi dan seterusnya Master melihatnya Seperti apa bicara pendampingan dengan standar-standar gemuk Apa kompetensi tertentu kemudian nanti ada mungkin organisasi yang tanpa punya hak penuh atas apa profesikan Dan Seterusnya

Saya itu ini kan pernah mengikuti diskusi lah soal itu dulu ada Lembaga apa namanya LSP lembaga sertifikasi profesi itu waktu akhir-akhir PNPM itulah ya waktu itu ya boleh aja lah itu sebagai mainan itu Silahkan aja sama dengan Oh nggak apa-apa kalau pendamping Jadi mesin politik itu ya nggak apa-apa yang penting ya jangan

Jorok lagi aja lah kayak orang Jawa Itu tadi bener Kang ngono yo jadi nggak apa-apa untuk mainan itu Jadi gini kan sertifikasi itu kan Lalu ada standar teknokratik yang harus dirumuskan Kalau enggak salah ada 20 atau 21 ceklis gitu ya jadi untuk menguji ini profesi dan sebagainya tadi

Terstandar itu harus ada checklist yang dilewati itu nah saya dengan Mas Fajar sudarwo itu kan guyonan kita menguji fasilitator pendamping itu dia pendamping fasilitator yang betulan itu di bisa dirasakan dari Baunya kok kalau harum mah enggak layak itu jadi fasilitator Kalau agak tengil sedikit baunya nggak enak Oh berarti dia memang

Keringatan betul di lapangan punya pengalaman di lapangan kalau baunya harum najis parlente Oh Jorek meskipun ceklisnya itu bagus gitu ya ndak apa-apa itu dimainkan aja tetapi yang penting bahwa tadi hakikatnya itu loh Kang ya itu ini kan Soal label soal Sertifikasi soal prosedurnya dijalani enggak apa-apa tapi intinya itu begitu

Jadi ketemulah antara esensi yang menjadi pembelajar nanti ujungnya menjadi interpreneur bisa menjadi maksud saya naik tingkat lah Naik tingkat saya kan kalau ke lapangan itu kan selalu ketemu kalau misalnya ada LSM saya tanya mas mbak Bang gitu ya sudah berapa tahun menjadi pendamping Desa ini saya sudah 7

Tahun gitu kan mosok 7 tahun jadi pendamping Desa terus nggak naik kelas gitu ya berarti artinya anda gagal kalau selamanya menjadi pendamping Desa Keong Mas panudi itu loh ada nggak Mas panudi tadi juragan lah kan punya pengalaman berhubungan sana-sini berubahlah jadi juragan opo jadi apa namanya anggota DPR D atau apa

Gitu ya kalau selamanya Jadi ini berarti kita gagal gitu ya ya Saya kira Gitu kan artinya gini artinya gini bahwa sebenarnya kalau kita apa ini ini agak-agak confuse ini saya mastoro sebenarnya pendamping yang sukses menurut mastoro itu apakah kemudian dia menjadi profesional pendamping atau kemudian dia menjaga tidak menjadikan pendamping

Pendamping ini sebagai profesi pekerjaan tetapi kemudian dia punya bisnis yang lain yang profesinya itu mungkin sebagai wirausaha sebagai petani sebagai nelayan atau sebagai pedagang atau apapun tetapi melakukan kerja pendamping itu gini itu kan Soal pilihan kan Soal pilihan Tapi maksud saya ya jangan menjadi pegawai terus gitu loh

Teman-teman ini pegawai terus ini kan gitu ya tapi kalau spirit pendamping spirit kenabian Kata siapa teman saya Wahyudin itu kan nggak pernah hilang sekalipun nanti jadi pengusaha itu spirit kenabian juga ada dia akan menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru pendamping ini menumbuhkan aktivitas pendamping itu lebih pada kejiwaan ideologi ya bisa ideologi bolehlah

Artinya yang dipegang adalah memang selalu punya semangat untuk impowering apapun jadi apapun anda itu selalu nongol jadi hewan juga berbicaranya Bagaimana empowering jadi pengusaha juga bagaimana kemudian tidak menindas tapi lebih banyak jadi maksud saya teman-teman jangan terus-menerus hanya menjadi pegawai ya yang berpikir tentang honor tentang apa namanya logo lalu seragam dan sebagainya

Itu bola-boleh saja tapi ya Jangan hanya itulah gitu ya 2023 sebentar lagi 2024 Saya membayangkan kalau kemudian yang punya ideologi sebagai apa pendamping sebagai pemberdayaan kemudian apa dia ini kan sudah cukup lama nih seperti yang tadi Master apa sampaikan oleh umpamanya udah cukup lama nih di daerahnya sebagai seorang pendamping sebenarnya kan ruang

2024 ruang politik ini kan menjadi kesempatan yang luar biasa ketika semua sekitar DPRD itu adalah mantan pendamping dasar lah gitu ya jadi apa namanya itu saya kira baiklah pengalaman-pengalaman yang meningkat hansandloft itu kan memuji Budiman Budiman itu ya itu komunity organizer yang sejati komunitor Generation lalu dia tumbuh berkembang menjadi parlemen dua kali

Meskipun sekarang itu menjadi pengacara pengangguran yang banyak acara tapi kan dia inilah Ya seperti Mas suryokoco ini kan juga begitu juga kan ini kan pengacara juga ini kan gitu gitu ya ndak poin saya kan sekarang ini ini sedang ramai ya soal pendamping Desa ini kan sudah ramai pasti kalau kita di Senayan

Pasti akan selalu muncul isu tentang pendamping selalu akan ada kritik evaluasi refleksi dan sebagainya jadi termasuk Nanti para kepala desa kalau mereka akan bersuara tertentu Dengan apa namanya pendamping ya enggak harus dibalas dengan serangan atau pergunjingan lah penting untuk kita tunjukkan Dan saya berharap juga bahwa yang melakukan aksi kolektif melakukan

Demo itu tidak hanya kepala desa dan perangkat tapi juga para pendamping Desa juga harus demo dong harus demo rumuskan ini ya perangkat desa sudah kepala desa sudah ini nunggu demonya perang apa pendamping Desa termasuk demo yang bayar juga dong ketemu lagi [Musik] kantoro ini ya terima kasih sebenarnya yang diceritakan itu kami mengalami

Sebuah saya sepakat Sebenarnya ada apa itu Yang pertama membaca berdiskusi dan lapangan kunjungan lapangan dengan ya berbagai pengakuan karena apa kalau tidak seperti itu ya kering istilahnya itu saya sepakat dan saya juga sepakat seorang pendamping itu tidak hanya Merdeka tidak hanya karena Apa itu jagake lah kalau nggak seperti itu ya

Kontrak apalagi ini tahunan kan belum tentu juga Kalau kami ya sejak kami di sudah targetkan Pakde harus berpikir apa yang mempunyai potensi di pertama di cikami kemudian dilakukan kalau enggak ya ya tadi enggak Merdeka memang kami juga memahami ketika kawan-kawan ini juga tadi yang disampaikan adalah ya harus propolistik dalam konteks ya

Biar tidak terlalu Istilahnya ya juga paham juga kami juga harus harus bisa bermain cantik kami juga sepakat juga memang Ya memang apalagi di desa di Desa itu saya yakin ya Pro politik dalam konteks kepentingan-kepentingan tadi berbagai sektor berbagai ini ada yang potensi ini ini ada kawan yang seperti ini oh ini alasan

Kalau kami selaku pendamping Asiknya di situ kalau kaitannya Kami tetap lakukan apa yang diminta kan kami lakukan tapi kami enggak hanya berhenti di situ Pak Kang Thor kalau seperti itu ya biasanya tadi istilahnya tidak puas atau tadi istilahnya Apa tadi yang kuat Gitu loh kami sepakat katanya dengan itu Ya rekan-rekan ini sebagai

Populasi dan pembelajaran kita semuanya memang ya kalau mau terjun betul ya tadi Kalau kami ya istilahnya apa yang dimakan Oke karena itu sesuai dengan tapi tetap di tingkat desa yang substansi pendampingan itu ya dari berbagai macam tadi saya yakin enjoy sekali ketika sudah masuk dari berbagai Wah ini ada kepentingan petani ini ada

Pertandingan kalau nggak dilakukan advokasi suatu saat bilang kalau tadi terjun politik kami juga realistis untuk biaya konsolidasi aja juga tidak sedikit gitu Kami juga realistis tapi yang jelas Bagaimana memandikan juga wilayah Kita kan harus siap ceker-ceker bahasa Jawa merdekakan minimal dirinya itu itu kami sudah dari terjun awal sudah berpikir

Sampai sana Kebetulan kami juga dari keluarga orang wiraswasta itu pedagang kecil saya harus Harus berpikir ke sana kira-kira strategis Apa yang perlu tadi biar juga ada bar rekeningnya baik itu di tingkat inovasi Kabupaten juga sampai pusat itu loh ya memang kita juga realistis sekarang mungkin nuansa mohon maaf dan

Nuansa politiknya mungkin lebih kental lagi gitu tapi kami juga menyikapi ya enjoy-enjoy aja itu tapi tidak melunturkan jiwa pendampingnya itu menarik memang kemudian memperbincangkan ini karena Bapak jadi jadi ada yang menarik tadi ketika bicara tentang bagaimana ada sekian demo kemudian demo pendamping tapi selenting dari perlu menyampaikan perlu juga yang bayar ini maksudnya

[Tertawa] apa namanya struktur yang tidak menarik itu perlu dibongkar dengan diskusi semacam ini jadi nggak papa pendamping Desa itu menjadi mesin politik itu partai itu itu nggak papa ya tapi jangan sampai juga mesin politik di sisi lain tapi dia anti politik terhadap kepala desa itu yang repot ketika kepala desa

Ngomong plentung gitu Wah pergunjingannya luar biasa kan jadi tidak menarik itu realitas politik juga jadi ketika kepala desa ngomong bubarkan gitu ya itu juga realitas politik sehingga penting untuk di apa namanya kita rumuskan secara lebih baik Nanti kalau aksinya gitu ya kita dudukkan dan kita bisa menunjukkan kurang-kurangnya sekurang-kurangnya

Teman-teman ini ketika Mau demo ini punya idealisme yang kita jual dengan idealisme Itu otomatis itu juga akan memukul terhadap ya terhadap kerja-kerja yang dominatif yang dilakukan oleh pembayar ini kan Kerjanya kerja teknis kerja ngumpulkan data kita istilahnya bisa memukul mata tapi tanpa ini tanpa harus konfrontasi gitu ya tapi itu repot

Banget lah kalau kemudian yang terjadi itu kan kemarin itu Saya melihat ada media sosial itu oh ini penjelasan yang komprehensif yang rasional dari Kementerian Desa itu bagi saya nggak menarik itu tidak menarik ya bukan orang Merdeka Jadilah orang Merdeka gitu ya dan ya ini kan Mas panudin ini kan termasuk salah

Satu apa namanya Toko PNPM yang dulu mendatangi saya lah loba-logi supaya termasuk salah satu tukang lobinya ini Oh iya eh salah satu kan kita baru tahu sekian tahun kemudian kan Mas ini ini yang apa salah satu yang sebenarnya di kita lakukan di TV Desa sebenarnya salah satunya adalah ketika

Kemarin kita juga mendorong Bagaimana anda jurnalis Desa Bagaimana anda kita mengembangkan tanpa channel-channel TV Desa lokal sebenarnya kan apa yang tadi disampaikan mastoro tentang Story teller kita akan tentang desa dan Seterusnya saya melihat sebenarnya kan yang lebih mampu menceritakan Desa itu bukan penyanyi dangdut yang jadi youtuber kan

Gitu mestinya pendamping desa yang lebih lebih mampu saya hari ini berangkat ke mana dan seterusnya itupun kita buka ruang tidak banyak yang tertarik loh mas artinya mungkin memang belum tersentuh bagian-bagian itu bahwa menceritakan Desa itu menjadi penting bagian yang perlu dilakukan oleh pendamping Dan itu menjadi portofolio kan sebenarnya di bagian dari portofolio

Ini penyanyi dangdut kemudian sekarang jadi petani yang tadinya cuma punya apa sekarang punya apa dan seterusnya kan ini menjadi satu cerita yang menarik kalau kemudian itu tidak menceritakan dirinya tapi menceritakan desanya Desa saya dulu seperti ini seperti ini dan seterusnya Oke Mas ini sudah ada yang recent Pak Leli silahkan Pak Leli ada

Yang ingin disampaikan [Musik] [Musik] senang sekali bisa bergabung dalam pagi ini ya dari paparan Bapak tadi ya mungkin sewaktu kita pertama sekali masuk dalam pendampingan ada ratu gas ya Saya membayangkan juga seperti itu gitu apa Partisipasi kita di dalam pendampingan ini tapi sepertinya makin lama makin mengecil peran itu gitu Jadi kalau dulu

Di dalam pratugas itu seolah banyak yang harus yang akan kita kerjakan tapi laki-laki tukang pos apa data-data saja gitu jadi di sini tapi kalau saya secara pendamping itu ada juga yang sangat merasakannya seperti mungkin saya di kecamatan itu kalau Ibu tidak ada bagaimana kami gitu kan jadi mereka kadang-kadang lebih tergantung pula

Jadinya gitu kemudian juga masalah daripada para pendamping itu banyak ilmu kemudian seperti misalnya di atas level di atas kita itu bagaimana mengkader pendamping desa untuk menjadi narasumber Jadi bukan mereka yang langsung jadi narasumber karena saya berada dalam organisasi yang sifatnya kaderisasi juga Pak jadi kadang-kadang orang yang

Tidak tahu di atas karena kita yang tampil gitu karena yang di atas kita jadi seperti itu saya juga memang perlu ada apa koreksi dan evaluasi pendamping ini seperti saya hari ini mungkin lebih banyak kepada karena saya punya yayasan Pak jadi di tingkat Desa itu mungkin banyak hal-hal yang tidak bisa kita

Masuk di situ karena memang regulasi tidak ada yayasan aja saya punya TK gitu kan kemudian juga saya usaha dari dengan usaha lele gitu kan jadi hal-hal yang seperti itu juga saya kembangkan tetapi bukan tempat desa tersebut karena saya cuma bertetangga dengan Kecamatan [Musik] tapi mungkin secara finansial belum terlalu Merdeka gitu tapi

Sekurang-kurangnya tidak bisa dipaksa gitu Pak makasih makasih ini Kak Leli ya Ini dari mana ya Kak Leli ya itu kan apa namanya menarik ya tidak Merdeka tapi nggak bisa ditekan-tekan lah itu saya kira menarik itu spirit itu yang perlu dikembangkan ya artinya jangan sampai spirit pegawai itu melekat

Itu bahaya itu nanti kan jadi birokrat kayak pegawai Kecamatan aja kan gitu ya jadi itu spirit untuk keluar untuk exit itu penting gitu ya dan saya menggarisbawahi tadi entah mengembangkan apapun entah itu ternak atau apapun atau nanti menjadi itu kan pilihan profesi itu kan banyak sekali dan spirit spirit pendampingnya tidak pernah hilang

Silahkan terus dijalankan ini dan saya kira teman-teman jadi Pak panudin juga begitu terus Kang suryokojo juga mengatakan ini apa Nah portofolio portofolio Ini penting ini ya Jadi kalau nanti ini ada sebuah refleksi Lalu ada diskusi Katakanlah misalnya dengan dengan Senayan dengan para pihak ini para pendamping ini penting untuk

Merumuskan portofolio jadi kita juga bisa ini ya jadi soal jurnalis ada teman yang Chatting juga ya tadi ya dicat kayak yang disampaikan Kang ini ya Kang Suryo Story teller youtuber itu juga penting kita tahu banyak channel-channel yang story telling tentang desa dan itu luar biasa penontonnya luar biasa tentu ini

Juga memperoleh rezeki yang besar juga itu kan realitas ya jadi itu saya kira bisa kita ambil contoh dan ya para pendamping Desa itu bisa bermain di sana saya menilai bahwa Kang Surya Koco ini juga pendamping juga pendamping pengalamannya juga begitu Meskipun tidak pernah menjadi pegawai pendamping Desa Hahaha iya gitu loh

Maksud saya ya ini kan tradisi pengalaman spirit pendampingan desanya kan kaya Nah sekarang menjadi podcaster gitu loh ya Yang bisa menghadirkan apa namanya itu istilah saya gini kan Ya ada tiga poin ya ini satu itu kan lokalitasnya lokalitas apa keunikan kearifan kehidupan apa namanya identitas lokal Desa ini yang itu penting untuk

Diperhatikan Kemudian yang kedua adalah kehidupan dan penghidupan dan kehidupan Desa entah bisa apa namanya masyarakatnya bisa hajat hidup orang banyak gitu ya bisa air bisa macam-macam bisa cerita tentang kemakmuran bisa cerita tentang kemiskinan gitu ya kemudian yang ketiga yang paling penting itu representasi ya representasi itu Ya kita menghadirkan ya

Apa yang dilakukan oleh masyarakat ini kan menghadirkan membuka ruang publik menghadirkan portofolionya pendamping menghadirkan gagasan saya gitu ya termasuk teman-teman yang melakukan story telling tentang kehidupan Desa itu juga representasi sehingga kita harapkan Desa itu bisa menjadi banyak hal lah artinya tidak hanya menjadi objek pendataan angka-angka saja tapi betul-betul

Menjadi tempat menjadi ruang menjadi basis menjadi banyak hal yang itu hidup yang menghidupi dan menghidupkan kita semuanya Saya sendiri juga mengklaim saya ini juga pendamping Desa dulu secara riil ya saya mendampingi 20an tahun yang lalu gitu Ya tapi kan kemudian ini ya apa namanya Oh saya nggak cukup untuk Begini Saya harus

Menjadi menguasai ilmu tidak cukup ilmu Oh saya harus menjembatani antara suara lokal dengan suara Jakarta Bagaimana merepresentasikan cerita-cerita lokal ke dalam kebijakan ke dalam regulasi ke dalam undang-undang ini kan begini tapi spirit tentang empowering tadi ya tentang SPI pendampingan Desa itu selalu akan ada selalu melekat pada diri pada perjalanan saya begitu Kang

Oke luar biasa nih nggak berasa sudah sampai di penghujung acara kita mendapatkan banyak apa wawasan banyak ilmu banyak pandangan dari mastoro yang juga beberapa teman menyebut sebagai guru desa jadi papa kalau saya bilang ya ini maha gurunya lah kira-kira Desa ya ini pak gurunya ini dosennya lah karena ada pak Siswanto

Mahanya mahasiswa Oke akhir acara ini dari apa perbincangan tadi saya saya mencatat banyak hal dan saya minta izin nanti bagian dari apa apa yang disampaikan mastoro nanti akan kita publis juga di interkill sebagai Insert tentang Bagaimana menjadi seorang pendamping Setidaknya saya belum yang terakhir untuk apa teman-teman pendamping karena

Hari ini kita bicara tentang menakar perang dan manfaat pendamping Desa silakanlah intinya begini pesan singkat saya untuk teman-teman pendamping jangan menjadi pegawai tapi Jadilah orang-orang yang merdeka yang bermanfaat untuk anda sendiri dan bermanfaat untuk orang banyak itu aja Kang Oke terima kasih pesan yang luar biasa Jadilah orang

Merdeka dan kita juga Tadi mendengarkan walaupun belum terlalu merdeka atau tidak bisa ditekan-tekan [Musik] [Musik] [Musik] [Musik]

========
TV Desa adalah Tayangan Televisi yang mendedikasikan diri untuk siaran edukasi Desa dan Perdesaan Indonesia
Dengan slogan “Perekat Jatidiri Bangsa”. dalam semangat me MULIA kan Desa Desa Indonesia.
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Kerabat Pemirsa TV Desa, Apa pendapat Kerabat Pada tayangan TV Desa ?
Tulis di kolom komentar dengan cara ( Nama – Kabupaten/Kota – Pendapat Kerabat)
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Siaran TV Desa dapat disaksikan melalu Aplikasi GENFLIX https://genflix.co.id/
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
SUBSCRIBE:
TV Desa : https://www.youtube.com/mytvdesa
Radio DESA : https://www.youtube.com/user/PPRelawa…
TV Desa News : https://www.youtube.com/user/channeldesa
DESA Institute : https://www.youtube.com/desainstitute
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
SOCIAL MEDIA :
Twitter : https://twitter.com/mytvdesa
Instagram : https://www.instagram.com/mytvdesa/
Youtube : hhttps://www.youtube.com/mytvdesa
Facebook : https://web.facebook.com/mytvdesa
Tiktok : https://www.tiktok.com/@mytvdesa
Telegram : https://t.me/myTVDesa
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Contact : mytvdesa@gmail.com
WhatsApp : http://bit.ly/PemirsaTVDesa
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Hotline WA : https://wa.me/6288801317160
———————————————————————–
#mytvdesa #tvdesa #desa #Kemendesa #Kemendagri #desainstitute #desamerdeka #desaisme #desa #perdesaan #tvdesalokal
Sobat TV Desa, Info tentang #Menakar #Peran #dan #Manfaat #Pendamping #Desa #Bincang #Perkasa ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:00:10 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, Medsos Ltd adalah Media Sosial Terbaik Generasi XYZ yang Melayani, menerima, mengumpulkan, Mengelola, dan menyebarkan kabar berita terbaru, informasi terkini, Cara cari uang, Peluang Usaha, Bisnis gratis, teknologi digital, Perdagangan dan jasa, Bonus diskon promo hari ini serta solusi masalah untuk semua penghuni dunia di seluruh pelosok negeri.

Apabila Dirimu, penggemar setia TV Desa memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa tulis di website www.medsos.Ltd untuk mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas Medsos.Ltd. ini.

Punya Masalah Menakar Peran dan Manfaat Pendamping Desa | Bincang Perkasa 128 ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Menakar Peran dan Manfaat Pendamping Desa | Bincang Perkasa 128 yang telah dilihat oleh 1678 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Β© TV Desa 3610 | #Menakar #Peran #dan #Manfaat #Pendamping #Desa #Bincang #Perkasa

Sopian Lubis PLD , Kec. Stm Hulu Kab. Deliserdang Hadirr

12 bulan ago

Trimakasih , Mas Toro Mantap Banget Pencerahan nya Kepada Pendamping

12 bulan ago

Menyimak..dari TPP kab.Mgl

1 tahun ago

Ardillian Malok, TAPM Maluku Barat Daya, Hadir πŸ™πŸ™πŸ™

1 tahun ago

Fadillah menyimak.

1 tahun ago

PLD Sunggal Deli Serdang Hadir

1 tahun ago

πŸ’ͺπŸ‘

1 tahun ago

masgun NATUNA

1 tahun ago

Etdri PLD Suliki Lima Puluh Kota SUMBAR Hadir

1 tahun ago

Menyimak

1 tahun ago

setuju harus berbasis advokasi

1 tahun ago

dan saya meyakini yg alergi dgn Pendamping Desa itu pasti oknum Kades yang tdk ingin Zona Nyamannya terusik

1 tahun ago

Tapi ABDESI itu omong kalau gaji Pendamping Desa dari Dana Desa itu artinya Mereka sama sekali tidak Paham pak

1 tahun ago

Kepala desa yg berkoar koar dan tidak menginginkan pendamping itu pastu karena ada sesuatunya. Takut belangnya di ketahui pendamping. Hhhhhhhhhhh…..coba di telusuri……

1 tahun ago

Setuju pendamping desa harus bicara realita yang di butuhkan oleh desa, dan itu yang saya rasakan sendiri

1 tahun ago

Nyimak…

1 tahun ago

terimakasih kang Toro …njenengan Luar biasa

1 tahun ago

kalau pendamping Desa kritis ….hehehe akhirnya ..banyak kepala Desa yg tidak menginginkan hadirnya Pendamping …mengapa ?………semua pasti tau heheh

1 tahun ago

penjelasannya Kang Toro ….luar Biasa …jaaan …Dewasa banget..

1 tahun ago

mantab …hehehe ..pendamping NTB ….TOLONG DI DAMPINGI KEPALA DESA ITU ….SUDAH JUJUR APA TIDAK ..DANA DESA NYA …DUGAANKU ..DIA BANYAK SELINGKUHNYA DANA DESANYA ….makanya dia tidak mau ada pendamping di desanya……………ayooo pendamping harus berani ..melihat atau mendampingi dana desa biar tidak di korup oleh kades ..kemarin yg mengusulkan pendamping desa di hapuskan………..ayoo cek Dana Desanya…dia
jangan takut Bicara …kalau benar bilangkan benar …..kalau Ngak benar Bilangkan Ngak Benar

1 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
Β program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/cro9