Amnestypedia Episode 2: Kebebasan Berekspresi

Hai pemirsa Selamat datang kembali di amnesty.pdf di episode ke-2 kali ini kita bakal ngebahas soal kebebasan berekspresi nah Apa itu kebebasan berekspresi kebebasan berekspresi itu adalah hak kita Untuk nyari menerima dan menyebarluaskan informasi nah bentuk bentuknya kayak apa aja misalnya begini lo punya gagasan nih lo punya ide terus

Lo tuangkan dalam bentuk kritik misalnya lo misalnya ngoceh tuh udah masuk atau bebas berekspresi atau misal nulis di koran King film bikin musik bikin drama teatrikal cara lo berpakaian itu juga kebebasan berekspresi ah karena dia ini cakupannya luas dia nih seringkali bersinggungan dengan hak-hak yang lain misalnya hak kebebasan berserikat jadi

Misalnya lo kan punya hak nih untuk membuat organisasi buat Serikat nih sebagai pekerja nah melalui Serikat itu lo kan dapat menyampaikan pendapat pendapat lo keresahan keresahan loh dikritik lo ke pemangku kebijakan misalnya Kementerian tenaga Ketenagakerjaan kau misalnya keatasan lo diperusahaan lo itu melalui berbagai macam kenal misalnya lo ketemu

Nih sama perwakilan dari perusahaan loh ketemu sama perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan bahkan lu demonstrasi sekalipun yang mewakili Serikat loh Nah itu juga termasuk dalam kata bebas berekspresi yang saling bersinggungan dengan hak kebebasan berserikat Itu tadi nah atau misalnya dia juga berkaitan erat dengan hak lo untuk menganut kepercayaan tertentu dengan menganut

Kepercayaan tertentu jika percayaan tersebut diatur misalnya cara berpakaian Seperti apa kayak gua bilang tadi hak kebebasan berekspresi itu juga mencakup Terserah lu mau pakai baju apa itu kan mereka berkaitan Ratu nah contoh-contohnya kayak gitu nah Wakah hak kebebasan berekspresi ini adalah hak yang barat gitu yang asing

Gitu Nah kalau ada yang bilang kayak gitu lho bales mohon maaf Bos laut salah nih karena sejak zaman baheula nih sejak misalnya zaman qt dijajah sama Belanda ini konsep atau ide tentang kebebasan berekspresi itu sebenarnya udah dikenal dan mudah dipraktekkan sama orang-orang Indonesia pada zaman itu contohnya nih waktu zaman penjajahan Belanda di

Indonesia ada orang Indonesia namanya Suwardi Suryaningrat Doi nulis nih di sebuah koran namanya di Express artikel yang judulnya Seandainya aku orang Belanda di tulisan itu dia mengkritik mengkritik mengkritik tuh si pemerintah pemerintahan kolonial Belanda Walaupun ujung-ujungnya dia di asing yang sama pemerintah Belanda selama kurang lebih enam tahun tapi seenggaknya itu menjadi

Bukti bahwa ide soal hak kebebasan berekspresi itu udah dikenal dari zaman plak dan udah dipraktekkan pengalamannya Suwardi Suryaningrat ini lucunya adalah karena ternyata sejak zaman baheula bakal bahkan sampai saat ini ada satu hal yang konsisten di terkait hak kebebasan berekspresi yaitu Bagaimana hak ini selalu dianggap oleh penguasa

Sebagai ancaman nah tapi sebelum kita masuk ke poin ini sebelum kita membahas lebih lanjut poin ini gue ingin explore tentang bagaimana hak kebebasan berekspresi itu ada di Indonesia yang lebih kontemporer di Indonesia jaman sekarang nih telah kita jadi negara merdeka ya negara yang independen yang lo bisa lihat Bagaimana hak kebebasan

Berekspresi itu sebenarnya diatur dalam undang-undang Dasar 1945 misalnya lo bisa lihat pasal 28e dan pasal 28f UUD 1945 tetapi ini UUD 1945 si amandemen kedua Yes amandemen yang tahun 2006 di situ Itu termaktub tuh hak tentang kebebasan berekspresi apa sih nyawanya sip pasal 28e pasal 28f UUD 45 atau instrumen-instrumen hukum lain yang

Terkait dengan hak kebebasan berekspresi nyawa yang pertama adalah transparansi misalnya begini gue atau lu nih minta melalui kanal Keterbukaan Informasi Publik YP ke lembaga-lembaga pemerintah kita Minta informasi tentang teh gimana sih penggunaan dana buat menangani covert Strike gitu nah pemerintah itu kudu ngebuka informasinya lu dan gue punya hak untuk tahu disitulah nyawa

Transparansinya hak kebebasan berekspresi itu bermain spirit atau semangat yang kedua yang penting dari hak kebebasan berekspresi itu adalah soal pertanggungjawaban atau akuntabilitas Nadia berkaitan erat dengan nyawa yang pertama tadi tentang transparansi misalnya begini kita udah dapet nih data tentang penanganan coffee Terus setelah kita pelajari Ternyata banyak yang mencurigakan nih jangan-jangan nih ada

Indikasi korupsi jangan-jangan nih uang pajak yang dibayar nih buat menangani covert ditilep nih sama oknum-oknum tertentu hanya melalui Data tersebut Kalau bisa tahu adanya celah-celah seperti itu setelah itu lo bisa desak negara cuy nih ada yang aneh nih dari penggunaan dana covert loh gimana pertanggungjawaban jadi dia tuh nyawanya

Itu saling berkaitan antara transparansi dan akuntabilitas jangan lupa like videonya subscribe bnyak amnesti dan follow akun sosial media misi lainnya Dan kalau mau belajar lebih lanjut lebih dalam tentang Apa itu angka bebas berekspresi silahkan langsung ke websitenya amnesty International Indonesia sampai jumpa di episode berikutnya ya Hi Ho

SELENGKAPNYA….CEK DISINI

Kak, saya izin untuk masukkan di powerpoint presentasi saya untuk contoh pembahasan kebebasan berekspresi ya🙏

7 bulan ago

Makasih om sangat membatu bagi saya yang sedang belajar membuat artikel

1 tahun ago

Good 🙏

2 tahun ago

Free Vishal Jood
Release Vishal Jood
#FreeVishalJood
#ReleaseVishalJood

3 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/yih6