Jejak Pemberdayaan Masyarakat Kelas Dunia di Papua | Alex Runggeary

PARES Indonesia [ • ] Dalam rancangan program pembangunan Papua khusus melanggar banyak step-step perencanaan tersebut ingat kita itu membangun dan membangun arus ini sustainable dia berkelanjutan jangan dana terus dana terus dana terus tidak dia dana itu yang sehat afirmasi sendiri sebenarnya dalam konteks seperti pembangunan Papua buat saya itu keliru Kenapa karena itu kita menambahkan orang

Dalam jangka panjang [Musik] apa kabar baik-baik [Tertawa] setelah 6 tahun deh Pak kita berteman di Facebook tapi akhirnya Baru kali ini kita bisa jumpa darat langsung ini Pak senang sekali ketemu Pak Alex yang bugar seperti di foto profilnya ya Terima kasih sudah memenuhi undangan kami untuk kita ajak ngobrol-ngobrol santai Pak tentang pemberdayaan

Masyarakat di Papua saya tahu sebelum Pak Alex menjadi seorang sastrawan dengan menulis begitu banyak novel pendek Pak Alex dulu terlibat Intens dalam program pemberdayaan masyarakat di Papua benar Nah nanti kita akan eksplorasi soal itu Pak tetapi Sebelumnya saya ingin Minta pendapat Bapak nih tentang otsus kita tahu kan pemerintah dalam 20 tahun

Terakhir atau bahkan lebih ya sejak otonomi khusus 2001 itu begitu Intens ya melakukan pembangunan di Papua begitu banyak dana pembangunan yang sudah dikucurkan ke Papua ratusan triliun ya Pak hingga saat ini Namun pada saat yang sama hasilnya sepertinya belum cukup menggembirakan seperti kita tahu kan Pak kemiskinan di Papua masih

Sangat tinggi dari indeks pembangunan manusia misalnya papua dan papua barat selalu konsisten di bawah secara nasional nah ini bagaimana Pak kontradiksi ini kalau menurut pandangan Pak Alex Mengapa bisa terjadi baik berdasarkan pengalaman perjalanan saya dengan dimana saya bekerja di sana itu membina saya sedemikian rupa sehingga saya ada saat ini bisa

Menyadari ada yang salah kemarin dengan usus dan kalau fakta hari ini menunjukkan bahwa rakyat disana Masih miskin ada yang salah ada yang salah ada yang salah sekarang kita masih tahu salahnya di mana dan dari segi pandangan saya seperti yang saya jelaskan tadi pengalaman itu saya tahu salahnya itu saya tahu di mana

Bapak tahu salahnya di mana Pak salahnya di mana karena pengalaman kerja itu di mana Saya bekerja di suatu institusi yang memang tenaga kerjanya datang dari lokal maupun dari united nations 38 program mereka akan ahli-ahli kita nempel dengan mereka setiap hari kita belajar dari mereka Selain itu pendidikan saya juga

Menunjang untuk melihat masalah Kenapa otot seperti itu sebenarnya di manapun itu ada standar-standar kerja dalam rancangan program pembangunan Papua melanggar banyak step-step perencanaan tersebut apa aja Pak yang dilanggar Pak design desain kalau kita lihat sejarah UNDP punya proyek yang namanya fun twi itu melibatkan berbagai ahli sebelum memulai proyeknya sebelum memulai proyeknya

Sebelum memulai proyeknya mereka sebarkan para ahli itu ke lapangan lakukan CV survei Itulah kenapa perlu sekali baseline service dari mana kita mulai Kalau kita mulai di tengah udah tahu dari mana kita mulai Bagaimana mengukur kita sudah maju atau belum di seluruh dunia mengacu kepada standar-standar internasional tadi oke Pak desainnya

Yang lemah ya desainnya ya tadi baseline datanya tidak tersedia Lalu tiba-tiba ada Sekian banyak dana dikucurkan dan Ini sementara kemudian pembangunannya lebih pada fokus pada infrastruktur sepertinya pak ya di Papua ini nah ini ini tahapan yang menurut Bapak juga melompat atau bagaimana Pak tiba-tiba langsung infrastruktur atau memang itu prasyarat untuk pembangunan

Yang yang lebih jangka panjang sebenarnya infrastruktur tidak ada masalah jadi itu dimanapun bisa namanya simultan dilakukan kenapa karena kalau kita membangun rakyat saya itu tentu berdasarkan potensi daerah dimana rakyat lebih banyak terlibat oke itu harus wajib itu penting sekali ditegaskan di sini itu tidak ada di usus keterlibatan masyarakat

Untuk masyarakat bisa terlibat kan perlu ada desain-desain kita desain kita tahu Oh di wilayah ini penduduk Sekian banyak potensinya apa saja di sana ingat kita itu membangun membangun arus ini sustainable dia berkelanjutan jangan dana terus dana terus dana terus tidak dia dana itu yang sehat Jadi negara ini kaya apa coba sebentar

Yang bisa membantu kita membackup sistem kita sehingga Dana itu tidak terus-menerus ada tapi Dana yang sudah keluar itu Apa syaratnya supaya dananya bisa berputar Pak di sana orientasi pasar orientasi produk orientasi pada produk dan pasar pasar adalah peran penting dalam soal pembangunan masyarakat ini artinya masyarakat diajak untuk berproduksi tapi produk-produknya yang

Bisa diserap oleh pasar benar Kenapa karena pasar itu kan di manapun sama dia muter dia itu yang namanya Mungkin pertanyaan berikut ini kan tadi Pak Saya tertarik dengan pasar lah sebetulnya yang menjadi lokomotif perubahan terutama perekonomian masyarakat tapi pada saat SMA masyarakat juga harus disiapkan supaya bisa memanfaatkan pasar

Bukan masyarakat yang dimanfaatkan pasar sementara ini kan sepertinya karena uang banyak kemudian masyarakat lebih dimanfaatkan pasar menjadi konsumen yang yang perlu didorong barangkali adalah menjadikan masyarakat Papua khususnya menjadi produsen Pak ya bagaimana caranya menjadi produsen artinya produktif saya anjurkan sama-sama kita bicara masyarakat di desa itu punya produk

Produk itu Harus bersaing di pasar supaya bersaing di pasar infrastruktur infrastruktur menjadi penting sekali Kita Harus bersaing anggaran besar semuanya boleh-boleh saja itu kita menipu diri kita sendiri yang pasar tadi lah yang memang siapa-siapa betul Pak saya jadi ingat di waktu saya berkunjung ke ilaga kemulia itu kan begitu banyak produk-produk

Pertanian ya angguk buah-buahan yang organik sayur-sayuran organik lalu ubi-ubian tapi karena tidak ada akses transportasi darat semua harus diangkut lewat pesawat Jadi tidak mungkin jual komoditi pertanian ini ke Timika toko Wamena misalnya karena tidak akan punya daya saing harganya harganya sudah kena ongkos transport Sekian banyak dulu Oke jadi harus simultan Pak ya

Dan itu ingat kita kadang-kadang berpikir untuk membangun suatu wilayah kita berpikir cara yang itu wilayah pemerintah bukan ingat kita membangun wilayah Zona Ekonomi Makanya kalau kita sebut Papua Papua Barat dan papua papua dan papua Barat atau provinsi baru nanti nggak apa-apa tapi harus dipandang sebagai satu wilayah Kenapa satu wilayah telah dikembalikan

Kita perlu volume yang besar dengan volume yang besar karena kita bersaing dengan selama ini kan yang selalu dikritik oleh teman-teman aktivis Papua Kenapa pemerintah hanya fokus pada infrastruktur jalan jembatan macam-macam padahal yang lebih memanfaatkan ketersediaan infrastruktur itu bukan orang Papua gitu akhirnya kemudian pendatang yang saudara-saudara non Papua lah yang lebih menikmati pembangunan

Infrastruktur yang dilakukan pemerintah boleh-boleh saja berpikir seperti itu oke tapi faktanya jalan ini jalan daendel sini itu contoh yang paling konkret itu dibangun itu penting untuk ini transport di Jawa sini itu membuat semua ongkos jadi murah kita Kemarin saya ketemu dengan ada seorang aktivis Yayasan dia cerita di Jogja

Disini dekat Merapi ada satu kampung yang dulu tidak ada jalan tidak di jembatan orang di sana rumahnya bambu dinding bambu setelah itu terbuka setelah letusan merah yang 2010 itu jalan dibuka jembatan dibuka sekarang lihat ada mobil ada mobil rumah mewah di sana orang kampung yang punya itu artinya itu bukti infrastruktur penting sekali

Karena dia kosnya itu tadi itu selalu kan Pak sering juga saya dengar dari kawan-kawan aktivis dulu coba lihat Belanda tidak bangun jalan tidak bangun jembatan tapi Belanda bangun sekolah-sekolah berasrama begitu sehingga orientasinya lebih pada penyiapan SDM dulu gitu sebelum belum bangun infrastruktur macam-macam karena ketika infrastruktur dulu disiapkan yang lebih

Dulu memanfaatkan tentu saja bukan orang Papua asli terutama pelayanan publik untuk semua orang tidak memilih suku atau apa Jadi itu itu wajar dimanapun jangan kita mengambil itu sebagai contoh kemudian membuat menilai sesuatu yang mungkin keliru Artinya mereka itu bisa memanfaatkan itu karena mereka tahu itu penting Kenapa orang kita tidak bisa memanfaatkan kita

Ajarkan supaya manfaatkan Itulah kenapa desain itu perlu nanti kita masuk kejadian nanti saya jelaskan satu hal lagi pak terkait dengan mungkin refleksi Pak Alex tentang otsus ya pak salah satu yang kental dalam otsus kan dimensi afirmasi lah afirmasi Papua bagi masyarakat Papua mulai dari misalnya Gubernur harus orang asli Papua meskipun

Yang diatur dalam regulasi hanya gubernur dan wakil gubernur tapi pada kenyataannya kan semua pucuk pimpinan di pemerintahan dari provinsi sampai kampung itu diisi oleh oap lalu juga bukan hanya pada aspek pemerintahan Saya kira di sektor-sektor yang lain bahkan juga perekonomian misalnya juga minta ada proteksi dan afirmasi bagi uap menurut

Pak Alex Apakah ini konstruktif untuk pemberdayaan saya tegas di sini ya sangat tidak konsumtif itu artinya kita memanjakan orang kita membuat orang menjadi terproteksi dan mungkin kita lihat baik-baik saja jangka panjang kita matikan dia dan itu sangat berbahaya afirmasi sendiri sebenarnya dalam konteks seperti pembangunan Papua buat

Saya itu keliru Kenapa karena itu kita menambahkan orang dalam jangka panjang melindungi melindungi dan daya saing Daya juang itu hilang menerima menerima bangun apa kalau begitu tapi starting poinnya kan harus kita ambil berbeda Pak kawan-kawan Papua dengan pendatang dari pulau-pulau lain kan punya boleh buat ini dunia ini persaingan kita biarkan

Mereka bersaing kita dari belakang Tapi jangan proteksi perlu kita dorong supaya sama tapi jangan kita melindungi seperti ini oh itu keliru itu secara teoritis itu melemahkan berbahaya tapi dimensi yang harusnya mendorong membuat mereka siap untuk berkompetisi itu yang harus dilakukan dan sejauh ini itu tidak ada tidak ada tidak ada

Karena kita cenderung melindungi karena kadang-kadang kan Justru orang Papua sendiri Pak yang minta afirmasi minta dikhususkan gitu kita mungkin bangga sebagai orang Papua tapi saya sendiri dari dulu tidak sama kalau kita mulai proteksi-proteksi sayang sekali dengan contoh seperti subsidi itu proteksi juga subsidi betul Makanya jangan menentukan tapi supaya kan negara juga harus

Berperan mensupport dan melindungi masyarakat memastikan masyarakat misalnya mampu berkompetisi mampu bersaing dalam konteks Papua misalnya memastikan juga masyarakat Papua punya punya kemampuan daya saing yang juga Katakanlah kalau tidak sejajar tapi mungkin bisa berkompetisi yang bisa mengangkat mereka Ya tetap saja boleh jadi itu mendorong memberdayakan masyarakat yang memang dimensi pemberdayaan ini yang sepertinya

Pemerintah harus banyak belajar nih pak ya Meskipun juga apa namanya dari masa lalu tidak semua hal di masa lalu itu kan buruk ya Pak sulit Kita bisa belajar dari masa lalu dan Pak Alex di masa lalu kalau boleh dibilang begitu jangkauan aktif dalam pemberdayaan masyarakat mungkin Bapak bisa cerita sedikit

Tentang itu Pak baik jadi ini satu hal yang tidak banyak diketahui oleh orang Papua maupun orang nasional bahwa Papua dalam hal pembangunan masyarakat punya sejarah sendiri dan sejarah ini tidak pernah diungkap oleh siapapun akhirnya seolah cuma ada otsus kemudian pemerintah Indonesia mengambil posisi sebagai pemerintah di Papua sampai tahun 69 Penentuan Pendapat

Rakyat rakyat Papua memutuskan lewat wakilnya mereka memilih bersatu dengan Indonesia maka secara hukum secara faktual seperti itulah sebelum itu Belanda ingin agar Papua mereka bantu cuma sayangnya Indonesia masih di luar sistem PBB waktu itu karena keluar gara-gara Trikora kemudian setelah Pak Soekarno turun Pak Harto naik maka uang

Dana itu dari Belanda di seluruhkanlah lewat Indonesia maka itu dalam 3 tahun 67 69 itu berbagai proyek di seluruh Papua Apakah Jalan Apakah jembatan Apakah sekolah Apakah rumah sakit kehutanan perikanan semua aspek sektor mereka kemudian setelah Penentuan Pendapat Rakyat 69 karena secara resmi Papua sudah menjadi bagian Indonesia maka dana

PBB tidak boleh lagi ada di Papua maka Indonesia tapi khusus untuk menangani ekonomi rakyat Kenapa ekonomi rakyat dari baseline tersebut sebelumnya mereka sudah baca potensi yang ada seperti Kakao dan kopi contohnya saja ada di sini juga terlibat mereka punya kebun tidak dipercayakan kita bicara pemberdayaan ini ini dia maka Kewajiban adalah membantu rakyat

Setempat agar memasarkan produk-produk mereka seperti biji Kakao itu jadi dari 67 sampai 69 itu Van way Ya fun from the united nations Irian oke itu apa fokusnya di tahap itu Pak infrastrukturkah atau bisa dibilang begitu ya hampir semua hampir semua sektor infrastruktur di semua sektor Rumah Sakit pendidikan Jalan begitu Pak ya

Lalu setelah 69 Papua terintegrasi dengan Indonesia berubah menjadi jdf jdf yang ini fokusnya kepada pemberdayaan masyarakat pemberdayaan masyarakat benar sekali Apa Pak Apa saja yang mungkin pak ingat program-program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan ctf ini jadi dalam pemberdayaan masyarakat kita harus lihat masyarakat sebagai fokus utamanya dia adalah pemeran utamanya itu yang

Tadi saya bilang mendorong dari belakang jadi harus tidak pernah melindungi mereka ini mendorong mereka dari belakang Kerjakanlah kebun Anda kebun-kebun yang ditinggalkan pada masa Belanda Jadi mereka ke kebun bersihkan kebun yang ada tapi kami juga menyiapkan ini bibit-bibit baru dari Jawa kebun induk dari Jawa Timur bibitnya bibitnya jadi

Kadang dalam ilmu pertanian itu tidak sembarang tanaman itu menjadi induk tidak sembarang tanaman itu menjadi pohon yang kita tanam Kenapa ada efeknya dihasilkan biji yang bulat tidak kempes dan itu utuh dia kuat itu itu gunanya tanaman itu dipilih dari tanaman induk dari Jawa Timur itu jadi produknya Kakao kopi ya apalagi

Kalau pelayanan lain selain apa produk pertanian adalah peternakan sapi kami bawa dari kami beli dari Nusa Tenggara Timur dan orang takut kalau bahkan pemerintah adalah petugas di beberapa daerah juga saya lihat ada banyak Perkebunan karet ya Pak di semacam itu juga programnya atau produknya cdf atau benar Saya sendiri

Sudah pernah ke sana buat studi untuk tanaman karet baru dan semuanya Kami kerjasama dengan gereja karena Gereja Katolik punya umat dan mereka sudah lama membeli hasilnya dan jual ke Surabaya tapi juga memperkenalkan tanaman baru tanam ini di tahun-tahun itu kan sebetulnya ini Pak ya tingkat kepercayaan masyarakat Papua terhadap Indonesia ini

Masih masih rendah sekali ya barangkali ya gerakan-gerakan yang pro Merdeka malah baru kenceng-kencengnya itu Pak tetapi Bagaimana jdf ini Kok bisa memperoleh kepercayaan dari masyarakat ada satu kisah yang disebarkan oleh teman-teman yaitu ketika teman-teman dari Jayapura membeli biji Kakao basa dingin tidak jarang mereka bertemu dengan berpapasan dengan OPM

Maka mereka bertemu ngobrol rokok bagi rokok kenapa tidak mengganggu teman-teman ini mereka tahu orang-orang ini melayani orang-orang saya di kampung jadi apa ada kemajuan gitu mereka bahkan melindungi gitu artinya tidak ada dengan berbeda dengan OPM atau apa ya kadang-kadang juga ada yang menyebutnya KKB gitu Pak sekarang kan kita berkali-kali dengar pekerja

Konstruksi sedang bikin jalan gitu ditembaki oleh kelompok bersenjata gitu gitu coba seringkali kita dengar ini sepertinya berbeda dengan situasi dulu ya ketika antara kelompok bersenjata dengan masyarakat sipil yang tidak bersenjata itu justru saling support saling berbagi ada perubahan-perubahan berbeda terutama dari dulu namanya ABRI TNI yang itu itu penting internal bisa dibina

Sendiri ke dalam mengambil langkah yang kemudian membuat rakyat tidak percaya nah nanti ini penting selamat Tidak mereka tidak percaya ngapain kita capek-capek itu satu hal jadi bisa tanya kepada Pak ini bapak-bapak TNI yang dulu beda perlakuan-perlakuan mereka oke Pak Mungkin nanti kita explore lagi soal Bagaimana membangun kepercayaan di

Paradigmanya di sektor keamanan ya Pak tapi yang ingin kita eksplorasi barangkali Bagaimana jdf ini bisa memperoleh kepercayaan masyarakat mekanismenya sosial seperti apa jadi ketika kita bicara kita akan membeli biji Kakao pada setiap hari Rabu pada poin-poin kumpulan-kumpulan ini maka kita harus lakukan seperti yang kita katakan tidak bisa kemudian

Teman-teman kita ada yang berhalangan ada grup berikutnya jadi itu memang Pengabdian seperti saya juga saya semangat idealisme Saya tinggi dan kami dari uncen anak-anak mahasiswa yang baru tamat mudah-muda semua datang dengan idealisme tidak ada pengetahuan sedikitpun tentang Ini kredit kredit dengan idealisme kami bisa ini bersama masyarakat itu dan bangga di lapangan

Sakura itu Pak itu yang menggambarkan romantisme kehidupan mahasiswa uncen pada saat itu ada Apa tradisi pesta dansa Pak ya setiap itu setiap wisuda setiap bulan Oktober ketika bunga sakura ada Sakura di hujan ada kok bisa sampai ada sakuranya dari Jepang karena orang Jepang pernah ke sini mungkin itu ada namanya Wisma mekartor

Jadi itu Jenderal kartun itu pernah di sana kakaknya apa lantai rumah itu rendah saja disampingnya itu tumbuh ini pohon sakura ini ketika matahari ke selatan lewat di khatulistiwa tanaman semua dapat jodoh di situ juga dulu di fakultas apa Pak Lek saya Fakultas Ilmu pendidikan ilmu pendidikan lalu bisa kemudian bergabung ke jdf itu

Bagaimana ceritanya Pak saya tidak suka ingin menjadi guru tidak suka menjadi guru guru kenapa saya sekolah guru karena itu Itulah sahabat beasiswanya tidak begitu tidak ada beasiswanya yang penting sekolah sampai setinggi mungkin itu yang itu namanya pencurian kalau asalnya Pak Alex dari mana Serui itu pulau di bawah Yapen ya pak ya

Serui salah satu kota tua baik lalu perkenalan Pak Alex dengan jdf ini Bagaimana Pak sampai Pak Alex bisa masuk ke jdf waktu itu pada Informasi seperti panas ini dari hujan pindah ke jdf saya begitu ujian Sarjana Muda selesai masih diucan ini masih di asrama saya lama seminggu kemudian saya dipanggil Masih

Di asrama langsung dapat pekerjaan itu luar biasa Pak karena memang mereka cari tenaga-tenaga itu waktu itu banyak mahasiswa alumni uncen orang asli Papua begitu yang bekerja di cdf dalam segi jumlah mungkin tidak banyak tapi dari segi jumlah di kantornya sendiri banyak administrasinya sampai di training ke Berlin lalu Pak Alex melanjutkan studi di

Filipina yang saya baca siap itu itu juga program dari jdf Pak beasiswa untuk pegawai jds jadi itu sebenarnya programnya sama dengan yang saya mahasiswa dari UGM juga itu sama dari unbp bapak dananya kemudian waktu saya yang keliling Indonesia [Musik] syarat-syarat kriteria tertentu salah satunya pendidikan saya dengan salah satu teman

Dengan tetap berstatus sebagai pegawai kita sekembali dari Manila lanjut sebagai benang apa Pak sebagai apa di jds terakhir sebagai manajer administrasi dan hukum dan hukum padahal alumni pendidikan ini pendidikan tapi saya manajemen dari Manila jadi itu itu Pak kalau kembali lagi ke tadi pemberdayaan masyarakat selama jdf tadi mungkin Bapak bisa gambarkan bagaimana

Apa ya bagaimana upaya mendorong produktivitas masyarakat tadi kan secara sepintas Bapak sudah sampaikan cdf yang yang memberikan bibit mengajari masyarakat caranya merawat tanaman sampai kemudian membeli produk dari masyarakatnya itu siklus itu terjadi sampai mana Pak atau juga di mana saja jadi itu yang kita sebut sebagai apa

Jadi ada produk yaitu biji Kakao ada pasarnya Internasional ada standar-standarnya harus dipenuhi tapi juga kesiapan petani untuk terus-menerus apa ke kebun itu penting untuk bisa terus-menerus ke kebun karena itu setiap minggu mereka terima hasilnya jelas titik keringat petani dibayar tunai timbangan turun membayar itu kepercayaan juga dan itu dilakukan setiap minggu

Sepertinya semuanya berjalan baik-baik saja berjalan lancar dan apa namanya berhasil ya cukup berhasil lalu Kenapa kemudian berhenti pak program ini saya ikut mantan Gubernur tapi dia juga mantan board of comictioners dewan komisaris kecil Papua yang belum mengenal pasar kemudian fungsi utama membawa masyarakat memperkenalkan pasar ini penting buat

Jadi peran itu penting dalam peran ini pastilah akan ada ruginya kalau ada ruginya karena biaya tinggi segala macam kredit macet itu seperti itu tapi ini kan untuk rakyat ini kan punya pemerintah harusnya pemerintah punya kewajiban untuk masyarakat ini berjalan terus itu [Tertawa] jadi karena apa dananya ini kemudian ujung-ujungnya kan habis untuk untuk

Support rakyat tadi itu pak ya tidak habis Sebenarnya masih jalan cuma kan ada kebijakan pemerintah waktu itu menteri Mari Muhammad beliau punya tugas saya kira itu secara personal sangat sangat baik dan penting untuk jangan sampai menyalahkan jangan dengan kasusnya kita menyalahkan pemerintah [Musik] Semua perusahaan milik negara ataupun lembaga-lembaga keuangan milik negara

Agar mulai membenahi diri bagi mereka yang tidak menguntungkan laporan 3 tahun terakhir tidak menguntungkan adalah perusahaan lain atau bank lain atau kalau tidak bisa merger jatuh tuh menjelang krisis ekonomi ini 97 itu pak ya akhirnya jdf ini banyak lembaga-lembaga keuangan non bank itu tutup tutup tapi jadi posisinya untung karena untuk membayar

Apa pesangon karyawan asetnya besar orang [Tertawa] itu di bawah koordinasi kementerian apa kementerian keuangan langsung ya belum ada lagi rencana untuk mengaktivasi ini sepertinya kan best practice ya Pada masa itu ya belum ada Pak rencana Bapak dengar barangkali untuk pemerintah punya desain serupa barangkali pemerintah pernah mengajak Pak Alex dan bapak-bapak yang

Lain ya Alumni jdf misalnya untuk apa namanya meridesign barangkali kan juga setting sekarang ya mungkin berbeda dengan setting tahun 70-80-an itu kalau misalnya Pak Alex dimintai saran gitu Pak Untuk untuk menghidupkan kembali apa program jdf ini apa yang harus disesuaikan kembali tetap satu itu penting sekali Selain itu Andaikan badan ini akan diaktivasi

Maka pikiran saya itu UGM utamanya game mungkin berikutnya desain itu hanya berdasarkan kita tahu jarak apa yang di situ sekarang kan pemerintah mendorong pembangunan berbasis wilayah adat itu Pak menurut Pak cianjurkan Jangan karena pengalaman saya 22 tahun kami tidak pernah dapat halangan dengan soal adat ini So what pengalaman saya sudah menunjukkan kita

Hanya buat-buat supaya kita dapat uang itu untuk kita yang kepala-kepala suku itu enggak ada relevansinya ya jangan terpengaruh jangan politis kita memang rakyat loh kita begitu terpengaruh dengan politis itu susah seperti hari ini jangan lalu apa karena Papua kan juga sangat heterogen ya Pak kalau sangat berbeda etnisnya berbeda topografinya

Ekosistemnya begitu nah apa yang bisa digunakan untuk menjadi basis bagi pembangunan kawasan yang kontekstual di Papua dalam arti potensial untuk di untuk berkembang misalnya potensial dan juga untuk berkembang dan juga potensial memperoleh support dari masyarakat tentunya mungkin ini kan orang rakyat itu kan belum butuh hidup dan mereka memang butuh uang

Dan uang itu datang dari kerja keringatnya jangan diberikan jangan diberi jangan diberikan dimanapun di dunia polanya sama jangan kita mencari perbedaan-perbedaan untuk kemudian menghalangi kita itulah Ketika kita bicara adat itu sebenarnya perbedaan yang justru mengalami pembangunan karena pengalaman kita tidak menghalangi apapun ada orang lain kepentingan ini Jadi pertanyaan tadi Apa itu jurassi

Pembangunan Pak pembangunan basis bagi pembangunan itu apa kalau sekarang basis berbasis wilayah adat menurut Pak Alex itu tidak relevan lalu Apa basis pembangunan yang kontekstual jadi yang adalah ini Zona Ekonomi tadi zona ekonomi itu itu paling utama sekarang ini Pak tidak ada satupun di Papua itu ada ini ukuran-ukuran hujan curah hujan itu

Nggak ada mungkin sudah dicabut orang itu pada masa Belanda itu wajib itu kenapa ukuran Apa itu penting untuk Apakah di sini cocok untuk tidak ini kita sekarang ini tidak punya kita hanya meraba-raba yang penting ada uang dan semua selesai dan duduk dan itu hasilnya menentukan misalnya kalau sekarang kita pergi ke Papua kan

Di bandara itu yang apa misalnya kopi nona manis [Musik] jadi lokal di peserta lokal belum belum sistematis Saya pernah berkunjung dengan tenaga one DP dari yang kami berdua berkunjung dari Australia berkunjung ke money namanya itu kopi yang luar biasa tapi memang di bawah binaan gereja kami waktu mau kerja sama Kemudian kami

Tidak jadi masuk lembah yang subur dengan itu tanaman kakao eh tanaman kopi bagus sekali gereja sepertinya juga memainkan peran penting ya Pak dalam mendorong kolaborasi dengan masyarakat Boleh dieksplor Pak pertama saya tadi kasih Bapak buku di tapal batas Iya itu bisa di situ kalau kita baca bisa melihat tantangan gereja Pada masa itu

Begitu beratnya tapi inilah yang kalau dalam tadi itu saya baca dan mau tanya keunikan Papua karena soal adat apa keunikan Papua sebenarnya dalam sejarahnya ketika daerah Indonesia lain dijajah oleh Belanda pada saat yang sama di Papua pemerintah Belanda belum hadir justru gereja sudah ada gereja ini bukan hanya Belanda saja pak ya

Tapi orangnya dari Jerman jadi Artinya bahwa gereja ini bisa dengan Papua kalau ada ditanya keunikan karena ada gereja sama dengan orang Jawa Timur ditanyakan apa saya orange [Tertawa] Jadi sepertinya itu lengket dia lengket jadi tetap kerjasama penting kami punya Merauke itu kerjasama dengan gereja dimana-mana kami saya dulu di ydf paling rajin ke

Yang namanya Keuskupan ada ypmd juga itu kami bekerja erat Pada masa itu berbagi pengalaman sering bertemu untuk saat sekarang juga menurut Pak Alex masih penting Pak ya untuk libatan gereja dalam pemberdayaan masyarakat masih untuk Papua masih sangat diperlukan karena memang karakteristiknya seperti itu Dan mungkin trust juga akan lebih cepat

Terakhir barangkali kalau boleh ya mungkin juga Untuk didengar oleh para audience yang lebih luas misalnya pemberdayaan masyarakat Papua Seperti apa pak yang yang bisa berjalan tadi kan dalam jtf ini konteksnya sebelumnya tentu saja ada ada perubahan dalam konteks sekarang mungkin ada yang dulu relevan sekarang tidak lagi relevan yang

Dulu penting sekarang mungkin tidak terlalu penting kalau boleh mungkin mereka apa rekomendasi Pak Alex untuk program pemberdayaan masyarakat Papua kalau rekomendasi saya ini adalah bukan pandangan saya pribadi tapi saya ambil dari berbagai sumber juga bahwa tahapan-tahapan perencanaan sampai ke ketika kita Tahapan pertama adalah baseline servival kita hasilnya kita olah kemudian kita

Tuangkan Tapi itu kan lewat diskusi-diskusi dan berbagai pertemuan kemudian tuangkan dalam apa Desain tadi ini penting untuk kita Letakkan dari awal karena jangan sampai di belakang kita mulai cari-cari alasan kalau kita bilang rakyat di kampung maka rakyat di kampung ada yang kita tujuh Di wilayah mana jumlahnya berapa besar

Itu penting karena masa kita satu base lansiapia desain penjabaran dari desain tadi penjabaran ini yang namanya program-program kalau dari sisi masyarakat papuanya Pak seperti apa yang harusnya berubah untuk mendorong kemandirian kalau tadi yang Bapak sampaikan kan dari sisi supply disesuaikan menyesuaikan ini kan dari paham yang mengenai perkembangan sudah

Berubah dan itu benar dan ini saya tidak bisa jawab sekarang karena saya juga tidak tahu itu perlu yang tadi Dari dari rakyat itu bagaimana sih kita bisa tahu ketika kita melakukan ternyata sudah berubah dan mereka seperti ini Ini bisanya disesuaikan kita harus mulai dari dasar yang kuat tidak bisa menduga-duga [Tertawa]

Baik saya kira eksplorasi kita sudah cukup panjang lebar ini meskipun Papua selalu kaya dengan beragam Inside Inside baru yang barangkali suatu saat nanti kami akan Undang lagi Pak Alex maupun bapak-bapak di jtf ya untuk berbagi pengalaman berbagi cerita dengan kita semua tentu saja untuk Papua yang lebih baik kedepan Terima kasih banyak sehat

[Musik]

Episode kali ini, kami mewawancarai Alex Runggeary. Seorang penulis dan aktivis pemberdayaan Papua. Ia membagi pengalaman dan sudut pandangnya perihal pembangunan di Papua.

Ia menyoroti Otsus (Otonomi Khusus) Papua yang menurutnya melanggar step-step perencanaan yang sesuai standar. Ia melihat Otsus Papua melompati dua langkah krusial dalam tahapan program mereka. Apa saja? Dan apa dampaknya?

Ia juga menjawab pertanyaan yang kerap kita dengar. Untuk Papua, mana yang harus dibangun lebih dulu, infrastruktur atau manusianya? Atau justru harus bersamaan?

Selain itu, Alex Runggeary dengan pengalaman puluhan tahun terlibat dalam pemberdayaan masyarakat Papua juga punya pandangan yang unik tentang OAP (Orang Asli Papua). Menurutnya, OAP justru jangan diproteksi, “itu hanya akan melemahkan mereka dalam jangka panjang,” tegasnya.

Tapi benarkah demikian? Bagaimana penjelasannya?

Simak selengkapnya dalam episode Cerita dari Papua kali ini.

#CeritaDariPapua #Otsus #Papua
Sobat PARES Indonesia, Info tentang #Jejak #Pemberdayaan #Masyarakat #Kelas #Dunia #Papua #Alex #Runggeary ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:45:36 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia PARES Indonesia Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah Jejak Pemberdayaan Masyarakat Kelas Dunia di Papua | Alex Runggeary ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Jejak Pemberdayaan Masyarakat Kelas Dunia di Papua | Alex Runggeary yang telah dilihat oleh 945 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © PARES Indonesia 2736 | #Jejak #Pemberdayaan #Masyarakat #Kelas #Dunia #Papua #Alex #Runggeary

Terima kasih atas pengalaman dan pandangan yg di dibagikan.. Membangun papua harus berkelanjutan.. 🙏

1 tahun ago

Kami bangga pernah berkarya membangun dan memberdayakan masy. Papua melalui IJJDF..👍

1 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/5kec