INSIDERS. Ambil Jurusan Jurnalistik di FIKOM UNPAD Cuma Gara-gara Jaket Himpunannya Keren

Dewan Pers Official [ • ] Misalnya diantara yang nonton ini belum jadi wartawan Terus pengen jadi wartawan tidak usah takut tulisan kamu dibilang jelek menurut gua tulisan bagus atau jelek itu nomor dua yang nomor satu itu harus bener fakta dan datanya Aduh kok hidup aku sedih banget sih aku pengen beli dogmart nggak jadi gitu kan maksudnya

Kan ya sekecil-kecilnya gaji wartawan Masih banyak orang yang Iya yang kata karena kalau dipikiran gaji segini bisa hidup sekeluarga jadi mama kemarin demo dia nggak Mereka nggak tahu aja dia Anaknya juga kerja di Playboy [Musik] Selamat datang kembali di insiders ini Sinar dewan pers nah kali ini kita kedatangan tamu spesial

Seorang komedian sutradara aktor apalagi ya presenter penyiar radio banyak banget pokoknya embel-embelnya dan dulu sebelum dia menjadi sukses kayak sekarang jadi wartawan loh Nah ini dia ada [Musik] lampu merah langsung ganti SIM polisinya nanya Mas mau diganti mau diganti aja nggak nih kayaknya lebih keren gitu Kalau kayak seniman tuh aduh berat gitu

Kayak susah kan berkesenian itu kan kalau wartawan gua gua udah berkarya Sebagai wartawan seniman tuh adil hukum pematung gitu Harus nyenyak banget gitu ah enggak deh gua wartawan aja lah Oh jadi lu KTP apalagi SIM gitu semua masih ular jadi dari dari pertama kali punya sampai sekarang tuh enggak ganti-ganti

Semuanya ya enggak Kayaknya lebih gagah menurut gua ya pasti tulis pekerjaan wartawan Keren lah buat yang kayak keren gitu gua senang bacanya guys pekerjaan wartawan berarti walaupun sekarang udah eee wartawan seneran ya kan udah pensiun Iya kan sudah puluhan tahun tapi kan udah tua wartawannya cuma 7 setengah tahun malu

Lah sama yang udah puluhan tahun kalau disebut wartawan Veteran mah iya tapi kan seenggaknya yang penting di KTP SIM tetep wartawan ya soalnya banyak orang bilang kalaupun Udah jadi Udah jadi Udah nggak jadi wartawan pun tetep onereet gitu Iya katanya apa Wartawan wartawan senior Gitu dia bilang apa pekerja apa seorang

Wartawan tuh meskipun dia udah jadi pemprot jadi tinggi jabatannya tetap aja di dalam jiwanya dia tetap seorang reporter melalui masih ada nah kalau lo gimana sih lu tadi 7,5 tahun jadi wartawan gitu eee dan KTP sama sih masih wartawan lu masih ngerasa memandang segala sesuatu itu pakai point office wartawan enggak sih

Apa apalagi sekarang gua banyak jadi narasumber ya jadi kadang kalau misalnya lagi apa promo film atau misalnya lagi di wawancara sama media gue selalu melihat harga lu nanyanya gini kalau gua begini gua nggak akan nanya dengan cara seperti itu atau kalau misalnya gua baca tulisan tentang gua Aduh gini gitu masih

Masih ada kayak gitu-gitu Kalau ngelihat tuh apa orang wawancara atau baca tulisan kadang-kadang masih ada hah Kalau gua melakukannya gua tidak akan seperti itu gitu Jadi lu malah mengkritisi Ini kenapa sih si wartawan ini karena gua pernah di posisi elu loh [Tepuk tangan] sambil nonton Oh kalau gua disuruh

Ngeliput gua pasti bakal nulisnya dengan begini begini masih ada gitu gitu doang tapi enggak sampai ke yang dipraktekkan cuma di bayangkan aja kalau gua datang ke event begini nanti kalau disuruh ngeliput 6 Halaman apa yang gua tulis ya atau kalau cuman disuruh cuma setengah halaman gimana nulis gitu Paling eee dan

Itu Lu pernah enggak sih oleh Kayak lu lagi di wawancara lagi apa film gitu ya kalau gitu cara wartawan terus wartawannya tuh nanya yang menurut lo apaan sih nih gitu lo pernah enggak sih lu negor wartawan itu Mbak kok nanya begini sih gitu kayak gitu Kalau misalnya nyebelin

Banget tuh kadang-kadang lu Nggak baca ya presiden listnya gua bilang gitu kalau gua misalnya lagi ini ya kalau lagi ya lagi ah apalah bisanya lagi udah terlalu banyak menghadapi terus tiba-tiba belum baca sih atau Mas belum baca Ya pasti ya kan udah ditulis atau kalau respon Gua suka marahin misalnya

Udah ada wartawan nanya kepanjangan jangan panjang-panjang langsung aja ke poinnya gitu kan soalnya kadang-kadang kan orang-orang seperti itu perlu diingatkan seringkali apa kayak narasumber misalnya atau apa pemain film atau suka enggak enak kalau mau ngasih tahu kan kalau gua mah ah Gua juga dulu jadi wartawan makanya gua ngomongin aja kalau nanya

Jangan panjang lebar kita enggak perlu tahu cerita lu gitu Langsung aja to the point atau ya sering kali gua gitu kan udah ditulis di rilis kok masih Ditanya itu gitu terus ini apa hmm makanya Mungkin gua rasa orang suka malas wawancara gua ya kayaknya belakangan makin sedikit Iya yang

Orang-orang apalagi yang misalnya nih gua lagi preskon film tiba-tiba ditanya hal yang gak ada hubungannya sama prescore film misalnya ditanya soal kasus artis terus gue ini kan preskon film pertanyaan Mbak nggak ada hubungannya dengan film saya nggak akan jawab ya tapi enggak mau gua bilang tanya soal film Jangan tanya soal hal

Lain gitu jadi makanya orang pada ah kalau yang orang-orang lain sering kali ini respon film Terus yang tiba-tiba nanyanya Mas si ini kan cerai nih gimana perasaan masih sebagai mana perasaannya bilang itu nggak ada hubungannya dengan acara ini saya enggak akan Jawab ya kalau yang lain mah kadang-kadang suka terpancing jadi

Tiba-tiba si ini Komentar ini terus acaranya enggak diliput kalau gua mah selalu gitu kalau enggak ada hubungannya dengan acara gua enggak akan jawab meskipun itu misalnya cuma review-review emas Fox Fox dong soal ini enggak gua bilang enggak mau enggak ada hubungannya dengan cara ini Oh gua suka tolak enggak

Enggak perlu gua enggak perlu ngasih statement misalnya tiba-tiba ada kasus apa yang enggak ada hubungannya sama gua Mas pengen tahu dong pendapat Soalnya ini gua selalu tolak enggak enggak mau ngapain gua enggak ada kepentingan dengan itu Dan ini juga acaranya bukan itu lu harus nanya sesuai dengan konteks acara baru gua ladanin

Makanya orang-orang suka pada Oh ya kalau misalnya ada undangan film-filmnya Sorry Solihin jangan nanya macam-macam entar dimarahin gitu ya akhirnya Gua suka ini jadi orang juga nggak mau ditanya jadi pada nggak nanya ke gua Gua suka marahin kadang-kadang ya soalnya kan buat apa bikin preskon film kalau orang enggak ngomongin film

Misalnya tiba-tiba ngomongin Kasus apa atau tiba-tiba ngomongin pribadi guanya enggak ada hubungannya dengan film kadang-kadang misalnya wawancara di background film ada tuh beberapa tayangan di blur lah orang kita pengen promo filmnya ininya di blur Ditanyanya hal lain yang enggak ada hubungannya dengan film padahal sebetulnya kalau memang kalau

Mau kreatif kan sebetulnya bisa aja nanya pribadi tapi disangkut poin ke film kan bisa jangan tiba-tiba nanya yang pribadi tapi enggak ada hubungannya aman film kan orang juga males pertanyaannya kayak gini nah itu eee lu kan dulu pernah jadi wartawan yang juga ngejar artis kan waktu kita pernah tabloid ya

Nah itu dulu Apa jadi paham nggak sih dengan perasaan mereka yang harus menjajar artis harus menjajar gosip gitu sekarang lo sekarang ngejar yang gosip gitu ya jadi nggak pernah ditugasin sama Haki kan gak pernah ditugasi gosip gua apa paling ini apa gua masa lalu datang ke preskon kalau liputan-liputan gua kan preskon Ya

Yang gua tulis dari dulu yang berhubungan dengan karyanya ketika gua jadi wartawan pun Hmm enggak gua enggak pernah nanya yang eh lu gimana main enggak Gua mah selalu kalaupun mau berhubungan kalau mau membahas pribadi kan ini konteksnya karya gua bahas karyanya terus dihubungkan dengan pribadinya jadi kan artisnya pun enak

Misalnya ditanya soal album ini kalau album ini gimana Terus nanti kan biasanya nyambung ke kehidupan pribadi tapi tanpa merasa dia dicecer soal kehidupan pribadi Nah kalau sekarang kan kayaknya enggak ada enggak ada yang peduli-peduli sama karyanya enggak ada yang mau tahu soalnya ini gimana sih film ini gini malah nanya soal gimana

Mas ini yang apaan Gua aja nggak peduli sama isu itu ngapain lu tanya kenapa orang kan sebisa Emang Ditanya soal karya makanya gua baru merasakan kenapa dulu kalau gua wawancara artis terus mereka tuh kayak seneng kalau di ngobrolin karya karena ternyata oh jarang gua setelah menjadi orang jadi

Narasumber tuh jarang yang mau ngulik karya gitu lebih senang kehidupan pribadi karena itu mungkin yang laku dijual kali Ya kan di sini kan hobi eh berita-berita sensasional berita-berita artis cerai misalnya laku juga kita belum pernah tahu kalau dibiasain Coba kalau puluhan tahun dibiasain misalnya ya udahlah sepakat

Semua ini semua media media massa atau yang khususnya berita-berita hiburan kita enggak akan bahas nggak akan ngejar-ngejar artis cerai kecuali memang artisnya minta ya itu beda ada yang merespon [Tepuk tangan] saya ini ada masalah atau Saya mau kawin kecuali itu kan itu beda kalau memang artisnya minta ya kalau artisnya nggak

Minta nggak usah dikejar-kejar jadi siapa tahu masyarakat juga terbiasa dengan itu Oke kalau mau dikejar tuh Eh lu kenapa sih bikin karya begini kan kenapa lu filmnya apa ngambil tema seperti ini atau Kenapa statement lu ya kan enggak jarang ada yang nanya kok lu di statement apa di film lu Lu begini

Sih menggambarkannya Apa Apa pendapat lu soal isu ini kenapa ya itu kan lebih enak misalnya ada ada feel Maker atau bintang film main satu karakter terus dihubungkan dengan kondisi terkini atau di dunia nyata lu pemain film jadi orang gini di dunia nyata seperti ini Gimana pendapat ini enak Siapa tahu kalau

Masyarakat dibiasakan dengan ngulih karya tidak kehidupan pribadi siapa tahu kan dan itu kan lebih membuat orang dapat Ketahuan ya Iya jadi nggak cuma yang si a sama pacaran sama si B gitu bosen cuma oh ini tuh dikejar terus artis cerai dikejar berhari-hari apanya padahal Ya udah kan udah kalau

Memang ada artis mau mengumumkan dia cerai ya udah udah dia cerai udah gitu Nah lo itu jadi wartawan emang dari kecil cita-cita atau atau gimana sih karena kan zaman kita dulu kayaknya enggak terlalu ngetren ya cita-cita Tuh jadi wartawan gitu gua sih enggak pernah ada cita-cita yang jelas dari dulu ya [Tertawa]

Orang kan ada yang tahu Presiden kecil gua pengen jadi ulang tahun gara-gara gua kuliah jurnalistik terus tiba-tiba gua bisa nulis nih ternyata menyenangkan nulis Ya udahlah jadi wartawan aja lah Nah lu tuh milih jurnalistik Kenapa Apa karena lo ngelihat Oh ini kayaknya gua bisa nih masuk sini gua akan ini awalnya

Ilmu Komunikasi Unpad dulu ya ilmu komunikasi Universitas Padjajaran tuh dulu gua pilih karena gua pas mau les SSC dulu dah ya [Tertawa] pas mau milih UMPTN ada harus ada pilihan ketiga gua nggak tahu nih udah bilang ketiganya apa ya Ini juga alasan gua memilih semuanya dangkal gua milih geologi karena

Kesannya laki banget ya geologi ITB Gagal nih batu-batu gitu kan meskipun gua enggak tahu belajar apa ya kesannya kan geologi gitu kan maskulin banget dah biologi ITB tapi kalau ITB enggak dapat ah umpan lebih kecil ininya apa ya tapi apa ya udahlah biologi aja lah IPA tapi kayaknya enggak terlalu pusing deh

Biologi itu nah ketiganya gua bingung pas lagi gua di angkot dalam perjalanan pulang dari SSC ke rumah gua buka ada tuh tiba-tiba di bawah ilmu komunikasi terus di situ tulisan ada kerjanya nanti antara jadi macam-macam salah satunya ada wartawan terus Wah kayaknya Ilmu Komunikasi seru deh kebayang di kuliahnya cuma ngomong doang

Enggak ada yang hitung-hitung kayaknya menyenangkan nih kuliah nih ngomong-ngomong doang Ya udahlah gua pilih itu malah lulusan yang itu Padahal gua pas UMPTN nggak mikir loh yang ipanya gua banyak dikosongin yang soal ipanya hari pertama hari kedua gua ips-nya satu tarikan nafas gua ngisi link aja ini malah lulus nggak gua beneran satu

Tarikan nafas Misalnya ini nih nih nih kayaknya ke sini nih lima tadi lanjutkan ini lulus gua UMPTN dan itu Ilmu Komunikasi ternyata pas semester tiga Kalau sekarang kan di Unpad udah di jurusin jurnalistik Hubungan Masyarakat cuma dua Ilmu Komunikasi sama ilmu perpustakaan nah semester 3 di Fikom pun

Yang Ilmu Komunikasi dipecah lagi suruh milih tiga manajemen komunikasi Hubungan Masyarakat sama jurnalistik gua memilih jurnalistik karena manajemen komunikasi kan Kayaknya teori mulu ah capek ngapain Hubungan Masyarakat Kayaknya gua nggak pantes rapi-rapi gitulah nggak mau gua berdandan rapiin nah ini sisanya nih jurnalistik jaket himpunannya keren kantongnya banyak HMJ itu

Banyak terus gagah gitu kalau ngelihat Oh apa anak-anak HMJ yang senior Wah kagak banget nih apa dan enggak rapi-rapi gitu kan gua enggak senang rapi-rapi itu terus gua pikir kan wartawan itu keren Karena supaya Superman kan wartawan spider-man kan wartawan Ah ini kayaknya keren nih wartawan Ya udah gua pilih jurnalistik

Aja tanpa gua tahu ngapain itu wartawan terus ada juga Selain faktor itu Iwan Fals juga pernah kuliah jurnalistiknya berapa semester pernah tuh kuliah jurnalistik jadi hal-hal itu yang makin merujutkan oke pilih aja jurnalistik hmm ternyata pas gua kuliah eh kok menyenangkan nulis itu ya Eh ternyata gua bisa ya terus gua selama

Ini kan bertanya-tanya apa nih keahlian gua dalam hidup [Tertawa] mau jadi apa Ternyata apa sebuah kuliah jurnalistik Hei aku bisa menulis ya udahlah jadi wartawan aja lah nanti dulu kan bingung gua tuh dulu kayaknya Ah gua jadi karyawan Telkom aja lah dulu tuh mikirnya kayak bapak gua nih kayaknya

Yang penting mah hidup aja jadi karyawan cuma kan dulu tapi pakai bajunya kemeja kerja kemeja dulu tuh mikir gitu Aduh kalau nggak tahu apa-apa ya udah gua ngelamar telepon biar kayak bapak gua tapi ternyata pas gua menemukan apa jurnalistik menyenangkan ya udahlah gua jadi wartawan aja dari situ dari kuliah

Aja dan lu zaman kuliah tuh nggak kan biasanya aku kalau anak jurnalistik ada persma gitu gua bikin yarisma Yang udah mapan yang pertama itu namanya faktum dan di Jatinangor dua-duanya ini serius waktu lebih serius lebih kritis politik [Musik] tapi tetap yang diangkat isu-isu sosial [Tertawa] baca majalah musik yang gue seneng itu

Kok tidak ada di kampus akhirnya gue ngomong sama temen gua kok nggak ada yang ini ya nggak ada yang apa nggak ada media yang buat kita nih kaum hedon padahal disikom Unpad itu memang dulu senior-seniornya aktivis-aktivis tuh apa 96 ke atas tuh banyak aktivis tapi mulai 97 lebih dominan kaum hedon daripada

Kaum tipis kok kita ini kayaknya sekarang lebih dominan dibandingin apa kalau dibandingin senior-senior kan lebih dominan yang hidup tapi nggak ada media yang buat kita Nah gua punya ide buat bikin tabloid hiburan itu gua punya gua dapet inspirasinya pas Jumatan dulu kan suka ada selebaran zaman dulu selebaran masjid kan cuma apa selembar

Tapi bisa jadi 4 halaman atau kadang-kadang kalau dua lembar jadi 8 halaman dilipat kecil terus gua pas lagi jumatan itu gua mikir Oh bikin aja nih kayak begini nih kayak selebaran jumat sedikit aja kita tapi isinya soal iqomah aja soal Fikom umpan enggak usah kita ngomongin negara enggak usah ngomongin

Yang lain enggak usah ngomongin yang jauh-jauh di luar kampus kita ngomongin di dalam kampus aja berita-beritanya soal terkena kampus tapi dengan Angle hiburan pokoknya tabloid infotainment tapi buat divikom buat internal Fikom kalaupun mau bikin kalaupun mau nulis band band Fikom mau nulis Olahraga apa olahraga Fikom Apa tim-tim olahraga

Di Fikom kalaupun mau ngebahas hal-hal apa karena isu ya karena isu yang berhubungan dengan kehidupan di Fikom enggak usah kita ngebahas yang di luar Fikom gua ngomong sama teman gua terus eh kita fotocopy aja gampang murah nanti kita jualin yang penting balik modal buat edisi berikutnya akhirnya gue bikin

Nah sama temen gua itu namanya karung goni hmm Oh nama medianya Iya kabar ungkapan gosip dan opini yang gua gosipin bukan artis bukan siapa tapi anak-anak Fikom oh teman-teman sendiri dulu tuh Vika handphone tuh cuma tiga gedung waktu gua tahun 97 masuk paling cuma berapa angkatan itu baru 4 masuk

Situ tuh baru tiga angkatan di Kiko melayang aktif Nah pas gua masuk pas gua bikin karung gua nih baru tiga angkatan yang masih rame 9798 99 yang masih aktif sedikit rata-rata orang saling kenal kalaupun nggak saling kenal tau misalnya kalau diomongin sih ini yang ini makanya gua bikin gosip soal anak-anak Fikom

Yang kalau dibaca si tapi gua enggak nyebutin namanya gua pakai kayak istilah misalnya kalau lu misalnya pemudi sedang didekati oleh pemuda a misalnya yang naik mobil apa sama yang gini-gini nanti gosip tapi teman sendiri Oh itu jadi Inside jokes ya cuma kalau anak kabar ungkapan gosip dan opini difotokopi gua bikin itu

[Tepuk tangan] sampai berapa tahun gua dan apa teman-teman seangkatan gua bikin itu makanya itu apa ya lumayan jadi latihan gua ketika nulis apa selain di kampus apa selain di kuliah dosen tapi gua juga kan belajar bagaimana mengelola media secara kecil-kecilan apa enggak lay out terus motokopi nyebar-debarin dagang apa

Bikin promo ya latihan-latihan itulah tandatah gua menemukan kenikmatan di apa kegiatan jurnalistik kan rata-rata orang tuh kalau jurnalistik ya tadi eee yang mengkritisi negara profesi politik sosial gitu sementara lo tadi dari persma aja persnya bikin apakah dari situ juga lo Akhirnya memang memilih jalur jadi wartawan pengetahuan

Musik gitu Iya emang karena gua akan dari dulu juga nggak terlalu suka baca koran ya yang serius-seru capek gue senengnya baca dulu tuh gua waktu zaman 99 tuh Baca Mumu ada tabloid muda musikal atau majalah nyus musik gue dulu bacanya gitu Apa karena gua senangnya baca majalah musik Jadi pas gua kuliah Wah

Gua pengen jadi warta musik makanya gua se selama kuliah gue tuh kan ada empat mata kuliah yang buat dasar apa teknis jurnalistik tuh di ini apa teknik wawancara penulisan artikel penulisan feature sama laporan mendalam itu 4-4 nya gua selalu temanya tentang musik karena gua tahu ah gua jadi warta musik

Gua Makanya selalu ngajuin topiknya soal musik soal musik soal musik melulu jadi lu benar-benar konsisten ya dari awal gua tahu pokoknya jadi wartawan musik ya Musik spesifiknya umumnya hiburan lah apa wartawan Entertainment lah karena apa apa ya nulis berita politik kadang-kadang kalau kita salah bisa menyesatkan orang kan

Misalnya lu nulis tentang apa tentang ya tentang partai atau tentang pejabat Terus ternyata orang yang kita tulis itu apa apa nggak bener atau apa atau beritanya pokoknya menyesatkan masyarakat lah kan dampaknya besar kalau lu lu nulis profil kasarnya kalaupun gua salah nulis nih cuma satu orang yang misalnya

Atau lu salah nulis tanggal lahir atau lu salah nulis judul album gua kesalahannya tidak terlalu berdampak yang besar kalau lu nulis berita politik atau berita apa lu salah fakta atau salah apa Kan bahaya gitu orang jadi masyarakat jadi tersesat kan kalau berita musik mah ya paling juga oh salah

Album ternyata gitu nggak nggak sedikit kecil Kemungkinan apa menyesatkan warga gitu kalaupun sesat tidak akan sampai ke berpengaruh besar ke kehidupan Apalagi kan kalau Kayak wartawan yang politik Ya pokoknya itu bahkan sampai apa ya membahayakan hidup segala kan itu yang sampai diculik gitu-gitu ya salah nulis misalnya Iwan Fals gitu Lo salah

Jadi Iwan Fals tulisan udah jelek Aduh salah iya kalau misalnya kita kritik apa kritis di dunia politik Iya kalau kritis cuma di musik mah Paling juga Ben marah ya udahlah biarin aja itu namanya cuma kan enggak yang ini apa enggak yang berbahaya terus juga gua kan nggak terlalu ngerti dunia politik gua enggak

Mau itu memang enggak memang sudah enggak minat dan tidak mau mempelajari gitu ya Makanya kayak karena ini terlalu rumit nih apa nih apa segala macam ini sistem pemerintahan tuh gua kayaknya tahu sadar diri gua enggak terlalu paham udahlah mendingan terus juga sih Capek juga kalaupun jadi sebagai pembaca Wah

Udahlah yang gua baca majalah musik makanya gue pengen jadi war promosi ya minimal kan menghibur jadi ya apa pasif ka- sekarang lu udah walaupun udah enggak jadi wartawan tetap jadi ee Ini laki-laki penghibur juga kan pengen gue kerja di bidang hiburan ya di Entertainment entah itu ya entah itu di

Depan layar atau di belakang layar yang penting benang merahnya dunia hiburan bukan yang terlalu serius apalagi ngurusin rakyat ngomong-ngomong tadi soal apa nggak mau yang bahaya-bahaya Tapi lu kan pernah tuh kena apa media lo tuh berkah sesuatu Playboy itu gimana tuh Iya gua menganggap itu salah satu pengalaman

Berharga lu kan tidak semua wartawan pernah dilemparin batu kan kadang-kadang dan bukan dalam konteks demo ya kerja di perusahaan itu gitu dilemparinnya ya monitor Iya sama Playboy kan cuma sedikit loh diantara Sekian banyak media yang pernah ada di Indonesia cuma sedikit yang pernah digeruduk ormas iya iya iya

Lempar-lemparin lagi ya kurang apa aja ya bisa inilah pengalaman lah lu tuh waktu itu gimana sih kan habis dari tracks ya terus diajak pindah ke Playboy gitu bukan diajak pindah ke Playboy jadi dulu Playboy itu kan kita dulu di MTV track terus jadi track jadi tracks itu beberapa orang sebagian besar redaksinya

Merasa manajemen itu tidak mengerti cara mengelola majalah musik intinya enggak cocok nah kami karena sebagian besar ini akrab dengan Mas Erwin arnada dulu kan Mas Erwin juga kan pernah jadi GM tracks cabut ngobrol lah sama Mas Erwin tadinya kami itu pengen minta mas Evin cariin investor Mas ayo kita bikin

Majalah musik lagi biar kita bisa berkreasi dengan apa sebebas-bebasnya supaya dapat manajemen yang tahu cara mengelola majalah mosi jadi apa kreatifitas kita tidak terbentur oleh perusahaan lah eh Mas Erwin malah jawabannya gua capek kalau bikin majalah dari 0 lagi harus mikirin lagi brand apa segala macam pembangunan

Gua kalaupun mau terjun lagi ke media gua pengen majalahnya yang udah punya nama terus tiba-tiba di meeting itu dia ngomong gimana kalau Playboy Hah kita kaget Nah gua nggak tahu gua belum pernah nanya lagi sama saya Apakah sebelumnya itu dia memang sudah ada rencana bikin playboy atau kebetulan Pas meeting itu dia terbersit

Redaksi ini banyak nih yang saya bantu gua nah gua nggak tahu yang jelas pas di meeting itu gimana kalau kita kaget Hah kok tiba-tiba jelek Kan dia bilang kan kita kan pasti telanjang loh kan ini makanya gua nanti mau ngajuin Gimana kalau Playboy nya nggak telanjang pastikan mereka punya

Stok stok foto yang gak telanjang juga buat versi Indonesianya gimana-gimana ayo teman-teman nanya gitu kita ah orang kita pengen majalah musik kita waktu itu tuh apa masih agak-agak yang ah setengah-setengah benar enggak sih Kalau ditawarin Playboy tahu-tahu seminggu setelah meeting dia bilang Gua udah dapat nih lisensi Playboy jadi ya

Hah ternyata Beneran ya makanya gua tuh enggak tahu apakah Mas Erwin Sebelumnya sudah pernah terbesit atau udah nyiapin tinggal dia cari Redaksi tiba-tiba kebetulan ada atau emang gara-gara itu dia punya ide gue juga lupa nanya dari dulu Enggak pernah nanya Ya udah gitu aja jadi Playboy itu sebagian besar ya 70% dari

80% lah redaksinya redaksi tracks 80% gara-gara itu tiba-tiba [Musik] request ternyata dikabulin kan jadi lanjut di majalah lama udah udah capek gitu karena kita sering banget berbenturan ide nggak bisa berkreasi lagi kita apa mau berkarya ya selalu di bentukan sama hal-hal yang tidak dimengerti sama dia yang jawaban-jawabannya tuh kayak yang aneh

Gitu ya argumennya tuh argumen yang Bahkan tidak ada hubungannya dengan isunya jadi kita kalau gini sih pola pikir jadi udah udah nggak tertolong lah kasarnya Ya udahlah kita ke Playboy aja kan Mas Erwin dari dulu selalu dia tuh apa kalau soal kreativitas selalu bisa memfasilitasi kita kita Nah dia kan orangnya kreatif

Dan itulah di Playboy itu lo bagian ee editor dan apa artikel-artikel Oh artikel di situ yang menang lomba loncat ya itu tentang musik juga boleh Iya tentang musik apa sih ada dua artikel gua yang menang itu apa kategori feature seni dan budaya itu yang satu aksara sekarang tentang komunitas aksara kalau

Sekarang pas sebutannya anak-anak skena Nah itu tuh kalau kalau dulu hipster memang istilahnya tuh sebetulnya hitter cuma kan sekarang istilah orang yang kenal tuh anak skena nah ini skena aksara aksara sekarang gua harus jujur itu yang juara satu yang juara duanya gua skripsi gua gua jadiin feature menunggu batinnya majalah musik jadi

Soal majalah musik yang pada mati oh jadi lo skripsi Jadi dua tulisan gua masuk final yang satu juara 1 yang sekarang yang satu juara enggak tahu juara 2 atau 3 pokoknya hadiahnya sama 3 juta dua-duanya nih yang ini yang juara 2 dan 3 ini 3 juta yang 1 18 juta

2007 menang untuk tulisan 2000 Iya 2006 atau 2007 pokoknya Oh jadi dan itu dengan Playboy cuma chat Playboy terbit berapa edisi sih 13 kan ya gua juga lupa pokoknya 2 tahun tapi apa Kadang Sebulan sekali kadang 2 bulan sekali Kalau enggak salah cuma 13 edisi dan itu tapi

At least dalam waktu umurnya yang pendek itu kan lo bisa dapat prestasi ya kita walaupun apa di lemparin jurnalis apa anak-anak suka bercanda kalau lagi apa Lu kalau datang ke jumpa pers atau Apa nama saya Soleh dari Playboy itu kan itu kan kayak kayak apa ya

Itu ini nggak sih lo sebagai dengan nama Soleh Solihun terus kerjanya di PlayBoy gitu itu agak dari keluarga atau gimana apa waktu itu kok pindah lagi kerja kan Ini udah yang lama kan udah mapan Kalau pindah kerja perusahaannya belum tentu mapan itu konsep yang pertama takut perusahaannya belum apaan yang kedua

Cuma nanya Emang bukannya di itu majalah telanjang Kata Bokap gua tuh dia bilang enggak kalau di sini enggak telanjang Oh ya udah gitu bokap gua takut perusahaan yang gak mapan sama telanjang terus Ya udah lo bilang nggak telanjang di sini Oh ya udahlah terus tambah ternyata pas di perjalanan ditimpukin lagi ya

Di Bandung jadi ketawa bilang demo anaknya juga kerja di PlayBoy ikut demo partai gitu lah ada kan zaman dulu kan lagi partai itu belum gede salah satu ininya simpatisan partai itu terus dia bilang ketawa-ketawain Mama habis demo itu demo Playboy ketawa-ketawa gini apa bubarkanlah kalau dibubarin bener anak saya enggak makan dong

Eee dan di rollington eee apa ya udah memang itu majalah musik ya Iya itu kan apa sebagai seseorang yang pengen jadi wartawan musik Ya udah puncaknya majalah musikku nomor satu ya udah sama gila mau kerja di mana lagi gua pengen jadi wartel musik sudah kerja di Rolling

Stone udah lu kalau udah mau kalau udah enggak ada Rolling Stone udah lu enggak usah jadi wartawan karena ini udah ini udah puncaknya warna musik tuh waktu gua kuliah kan gua dulu apa mikir Wah kalau ada di Indonesia ada rolling Store Pengen deh kerja di Rolling Stone kan

Keren itu majalah masih Ya sudah setelah di Rolling Stone Makanya gua enggak jadi wartawan lagi karena Iya ibaratnya lu pengen jadi warteg musik Ya udah udah di ruangan itu udah enggak usah jadi wartawan lagi hmm dan Elu kenapa tuh akhirnya berhenti jadi wartawan karena apa sih karena double ya Iya

Ketahuan siaran pada saat itu kan semua menandatangani surat tidak akan bekerja di dua perusahaan dalam waktu yang sama intinya nggak akan saya Jawablah Nah gua siaran dianggap saya job ya udah Oh jadi Stand Up juga waktu itu mungkin perusahaan kok ini ya ada kekuatiran ini kok sering ke Metro lagi dulu kan lagi

Sering-seringnya gua tampil di TV mungkin ada kekuatiran itu juga takut apa tersita waktu gua buat kegiatan di luar kantor terus ya kebetulan gua ketahuan siaran Ya udahlah dapat pesangon cepet 6 kali gaji Wah lumayan dong Iya kan kalau enggak dipecat Mungkin gua resign doang enggak dapat pesangon gitu banyak

Baru gua mau bilang berarti kalau lu nggak dipecat lo akan lanjut di situ atau belum tahu dulu kan waktu 2000 kan gua udah dipecat 2012 tuh Januari Mas Stand Up September 2011 Kalau nggak salah kan September Oktober November itu mulai rame itu gue sering muncul di TV ada job-job memang sering

Berpikir juga terusin nggak ya jadi wartawan atau berhenti aja gitu fokus Stand Up tapi jadi wartawan kan memperkaya wawasan pergaulan terus Oh Sayang kalau gua berhenti ini pergaulan yang gua enggak dapetin gitu atau nongkrongnya apa beda kan pola pikirnya kalau lu banyak nongkrong dengan wartawan beda pola

Pikirnya terus ya Tapi ini kalau nggak ditinggalin kadang-kadang terbentur misalnya ada kerjaan pas jam kerja nanti susah ya udahlah ya berarti ini jawabannya [Musik] lu selama jadi wartawan kan Lu tadi bilang 7,5 tahun jadi wartawan itu udah pernah sampai ke mana aja sih kalau sebetulnya kalau gua kan gua tuh

Dateng si apa masuk ke industri musik di saat industri musik sudah tidak banyak duitnya Ya udah jarang label ngebiayain wartawan liputan ke luar negeri era sebelum gua kan waktu industri musik masih banyak-banyak duit banyak banyak duitnya itu kayak gua denger deh ini Mr tuh udah separuh dunia dia kunjungi

Segala macam festival dia datangin karena dibayarin sama label Nah gua masuk tuh 2008 tuh industri musik sudah tidak sebesar itu duitnya terus juga internet udah makin kenceng jadi berita di luar apa liputan konser luar negeri itu bukan sesuatu yang luar biasa lagi bukan sesuatu yang istimewa lu melihat liputan

Konser apa udah banyak di internet Nah jadi gua tuh paling jauh kalau luar negeri baru sampai ke Singapura pas gua 2008 tuh paling jauh ke Singapura cuma kalau itu kan secara hitungan fisik ya cuma kalau dari sisi emosional kan paling jauh membawa gua pekerjaan wartawan itu adalah gua bisa bertemu dan

Apa bisa masuk ke tempat-tempat yang tadinya Gua cuma bisa bayangkan ketika gua jadi penikmat doang gitu gua kan suka pengen tau ini di studio musik ini kayak gimana Terus ah gua pengen deh ngobrol dengan posisi-posisi ini ngobrol dalam konteks sejajar ya fans kan meskipun si artis yang menganggap dia

Apa menerima dengan tangan terbuka dan akrab tapi kan tetap aja secara psikologis dia fans meskipun dia koar-koar kita sejajar tapi enggak secara emosional kan tetap Oh dia fans datang ke sini kan kalau wartawan meskipun dia tahu si wartawan Ini fans gua tapi dia wartawan apalagi membawa Bendera majalah ternama kan posisinya sejajar

Secara hal itu sih psikologi itu menurut gua kenapa profesi wartawan itu membawa gua sejauh itu sejauh sampai ke gua bisa akhirnya apa di industri musik itu akrab dengan band-band yang gua idolakan aksesnya tuh jadi hampir tak terbatas aksesnya bisa masuk ke backstage bisa masuk ke ruang tunggu atas bisa ngobrol-ngobrol sebelum

Band-nya manggung bisa masuk ke studionya didengerin lagu yang belum di publish kayak gitu bisa ngobrol dengan berjam-jam gitu Itu sih menurut gua sebagai seorang pecinta musik ya di pecinta musik Indonesia profesi wartawan musik itu membawa gua sampai sejauh itu yang dulu cuma gua bisa bayangkan ketika belum jadi wartawan lu yang yang apa

Artis-artis yang Idol lo itu yang sampai akhirnya bisa lo temui bisa lo wawancara bisa lo bahkan bisa lo masukkin Ya area-area studionya itu siapa aja sih lah contoh-contohnya Yang yang ini sih gua kan Slankers ya makanya pas tiba-tiba gua bisa masuk studio ketika Slank latihan Slank apa mau masuk ke kantor Potlot

Wawancara kan itu Iya buat gua sebagai seorang Slankers itu kayak Wah iya masih belum jadi wartawan sebagai fans tuh nggak pernah nggak pernah karena pasti grogi dan banyak Slankers datang di situ cuma satu diantara ratusan orang makanya gua tunggu momennya sampai gua jadi wartawan gua pengen dateng dan apa

Berinteraksi supaya dia mereka melihat gua Oh dia mah wartawan meskipun belakangan akhirnya tahu dia dulu juga Slankers Tapi kan yang pertama munculnya wartawan tuh bikin kita setara dengan siapapun ya Iya itu yang itu yang yang bikin menyenangkannya di situ kali ya jadi ibaratnya kayak ada hak buat bertanya-tanya

Nggak bisa kan minta waktu dong Pengen ngobrol-ngobrol ngapain Apa urusannya Kalau ini kan boleh wawancara nggak buat tulisannya nah kan pasti seneng sama-sama kan mutualisme simbiosis mutualisme itulah menurut gua yang menyenangkan makanya gua pengen jadi warta musik itu kayak gitu Gua pengen itu pengen ada di dunia itu lu

Tuh dari dulu sampai sekarang ada nggak sih yang belum sempat lo apa lo wawancara lo temui gitu secara langsung tapi Lo pengen banget gue belum ada kesempatannya aja atau orangnya udah meninggal misalnya kalau Indonesia mah udah semua sih semuanya Ya kan gua dulu idola cuma idola yang

Paling besar Iwan Fals dan Slank cuma dari itu ya Iya yang lain mah suka tapi nggak yang ngempek berpengaruh ke inilah ke kehidupan lah berarti selama jadi wartawan lo sudah semua Obsesi lo jadi hilang misterinya tapi jadinya itu bener karena kita tahu apa yang ada di balik itu Iya hilang misterinya makanya

Ketika gua nggak jadi wartawan gua nggak dapat akses backstage masih ada lagi tumisterinya Oh ya nonton dari balik-balik kado itu misterinya ada lagi ketika misteri ada lagi apa daya tariknya Muncul lagi dulu tuh pas waktu jadi wartawan sempat agak enak tapi ketika kita udah tahu dalamnya jadi kayak enggak terlalu gimana gitu apalagi

Ketika kita udah tahu si artis ini ternyata kalau dari dekat biasa aja jadi kayak hilang ininya hilang ininya megahnya apa hilang hilang menganggap biasa padahal dulu kan salah satu yang menyenangkan dari nonton itu karena wah pengen ke sana pengen di panggung ini gua udah ada di panggung terus gua udah

Bisa nonton dari atas panggung jadi kayak hilang Jadi sempat itu sih sempat hilang misterinya gitu Misteri atau magisnya tuh Jadi sempat agak hilang pas jadi wartawan hmm menyenangkan tapi itu ada yang ada sisi menyenangkannya tapi ada yang hilang ada yang hilang ada yang dapat gitu ya masuk ke acara-acara musik atau festival

Gampang akses mudah bisa beli tiket apa beli tiket pun melihatnya jauh suka apa kalaupun dekat dari balik-balikan deh jadi terus nggak tahu apa yang terjadi di sana dan lu selama jadi wartawan itu apa sih leh tadi kan lo seneng-senengnya banyak banget yang bikin lo kayak dukanya gitu

Jadi 2 tahun apa sih Aduh dukanya apa ya gua tidak memikirkan gua tidak pernah menganggap ada duka selama Apa jadi wartawan apa ya duit kecil tapi gua enggak menganggap itu luka juga dulu ya disyukurin aja pokoknya kan memang kita enggak bisa menafikan ya gaji wartawan itu kan

Tapi itu mungkin di lo jadi bukan sebuah kedukaan gitu enggak gua enggak menganggap itu duka maksudnya dulu apa dengan gaji kecil pun ah masih bisa hidup gitu masih ya masih lebih beruntung daripada orang-orang yang mungkin hidupnya di kolong jembatan gitu sekali meskipun memang dulu pernah apa pengen pengen beli CD mahal susah nabungnya

Pengen beli kaos band Aduh mahal banget dulu pas jadi wartawan beli dogmart aja nggak mampu dulu pas jadi wartawan tapi gue tidak menganggap itu duka gue cuma menganggap eh ya memang belum saatnya aja nggak yang Aduh kok hidup aku sedih banget sih aku pengen beli dogmart tinggal enggak

Jadi gitu kan maksudnya karena kan ya sekecil-kecilnya gaji wartawan Masih banyak orang yang Iya yang Katakanlah kalau dipikiran gaji segini bisa hidup sekeluarga kan itu ya memang gaji wartawan kecil tapi kalau ngomongin kecil ada yang lebih kecil lagi gitu jadi gua tidak menganggap itu duka cuma ngiler aja kayak ih Pengen deh punya

Docmart tapi mahal kapan ya Gitu doang gua mah Apalagi ini kan liputan bareng artis-artis eee kan mereka eee lifestyle-nya Levis ya jadi dengan gaji pengetahuan itu kayak Udah sadar diri aja maksudnya apa enggak jadi yang enggak gua anggap itu tuh aduh aku sedih uangku sedikit enggak gua enggak gua enggak enggak begitu apa

Enggak menganggap itu duka gua anggap itu ya udah duit gua segini ya enggak apa-apa Lu itu banyak Ya udah enggak usah jadi yang sesuatu yang gua tangisi tiap malam Aduh gua Masih ada sisa Rp50.000 nih sebulan tuh apa merata melihat Aduh IG Aku ingin deh duduk di situ punya mobil Enggak

Enggak yang sampai sedih juga cuma paling gini doang Pengen deh punya kaos band atau ih Pengen deh kebeli Docmart gitu doang tapi enggak yang sampai yang Ya Tuhan kenapa aku sedikit gua Iya gua enggak tahu ya dukanya enggak ada kayaknya sih gua enggak pernah nanti Ya

Udah lu ngerasa apa ya memori lo tentang jadi wartawan tuh happy-happy aja gitu Menyenangkan loh Pak Iya tidak ada ya paling dukanya itu aja kalaupun ada yang gua anggap duka waktu Playboy terbit banyak media yang menyudutkan kita dukanya itu doang kayak kok lu media tapi menjatuhkan media juga

Iya maksudnya apa kan zaman dulu dewan pers juga kan mengakui bahwa Playboy itu sebagai produk jurnalistik dulu kan pertanyaannya Ini produk jurnalistik atau bukanlah kan Mas Evin menghadap dewan pers Kata dewan pers diputuskan bahwa Playboy adalah produk jurnalistik makanya harus di ini dituntut dengan ya dituntut dengan undang-undang pornografi waktu itu kan sebetulnya

Salah tuh cuma tetap aja kan karena desakan warga undang-undang yang dipakai undang-undang pornografi buat menjerat Mas Erwin Harusnya kan yang dipakai undang-undang pers buat Mas Erwin cuma ya politik saat itu kan belum disahkan Jadi pas banget tuh Playboy terbit ru pornografi belum disahkan jadi ada nih Iya Oh ini harus

Disahkan nih pornografi karena ada Playboy gini-gini mungkin ya gua juga mungkin cuma ya itu dukanya pun itu kalau baca berita adalah apa media-media online atau majalah koran-koran yang ke sayap kanan menyudutkan Terus siapa gitu sih Iya ini kan harusnya kita sama-sama produk pers gitu ya Iya duka

Gua paling itu doang lebih ke bukan personal sih jadi lebih ke organisasi lebih ke apa Kakak ke persoalan ke kantor kalau guanya sih kan ayah Udahlah Tapi kan kasihan ininya institusinya kayak kok lu mau menjatuhkan ini sih iya iya iya fotonya saling ini pers tapi lu malah berita-berita lu menyudutkan jadi kayak apa

Ya Tren makan tren gitu ya walaupun gua tahu itu cuma buat memakai apa ngasih makan pembacanya kan Tapi kan harusnya lu jangan gitu dong tapi gimana kan mungkin saat itu memang kondisinya seperti itu dan juga ada agenda-agenda nah tapi kan lagi ini narasi masing-masing lagi berusaha nyari Iya

Pas banget sih Playboy datang ini lagi dirancang kan kayak Wah pasti jadi riding akhirnya kan bisa kan kan undang-undang pornografi pengalaman lo dan apa ya kayak mungkin keterampilan lo Sebagai wartawan tuh mendukung karir lo sekarang nggak sih Oh iya apa salah satunya kan kalau kalau ini dari

Sisi stand up comedy stand up comedy itu seni komedi yang isinya kan opini ya opini dan analisa itu kan dua hal yang akrab dengan kehidupan kegiatan jurnalistik ya menganalisa dan apa kalau kita nulis artikel kan harus ada opini yang kuat cara menyampaikan pesan dengan mudah dimengerti khalayak pada dasarnya kan

Sama Stand Up Comedy juga ada kemampuan analisa yang baik dan Menyampaikan komunikasi yang baik supaya dimengerti khalayak Cuma bedanya Kalau kegiatan jurnalistik itu mau menyampaikan informasi kalau Stand Up Comedy selain menyampaikan opini ada mengajak apa membuat orang tertawa Tapi pada dasarnya sebetulnya pola pikirnya mirip Apa mungkin gini prosesnya sama tapi

Outputnya kan beda ya kalau dari sisi gua sekarang kan gua banyak kayak ada beberapa podcast lah itu kemampuan gua mewawancarai kan karena gua terlatih Sebagai wartawan bertahun-tahun dan dari kuliah juga jadi apa ya berguna Akhirnya gua baru merasakan sekarang gua dapat duit gede gara-gara wawancara baru Setelah gua bukan jadi wartawan nya sekarang

Dulu gua jadi wartawan wawancara gua banyak yang muji misalnya tulisan gue banyak mujinya duit segitu aja kalau sekarang gua bisa memasang harga yang tinggi buat orang kalau mau minta gua apa mau minta jasa gua buat mewawancarai orang misalnya bikin keluarga gua bisa berani memasang harga tinggi ya karena apa popularitas dan kredibilitas atau

Kualitas bisa dipadukan baru sekarang Akhirnya gua gua apa Ah ini ternyata ada gunanya nih ternyata apa keahlian jurnalistik bisa menghasilkan uang besar ternyata makanya bisa beli Docmart [Tertawa] ini nih Mungkin banyak yang penasaran tadi kan lo bilang masalah tentang kemampuan wawancara itu ada nggak sih tips buat bikin orang tuh

Kayak wawancara dan narasumber tuh jadi mau terbuka dan nyaman gitu Karena kan mungkin teman-teman apalagi wartawan yang masih baru gitu ya atau bahkan mungkin wartawan yang lama tapi kayak lo tadi jumpa pers nanyanya langsung langsung gitu mereka butuh masukan kali ya dari lu kan udah making money dari

Kemampuan itu itu gimana sih yang pertama mah kan standar lo harus tahu dulu siapa yang mau wawancarain siapa dia udah jangan tiba-tiba wawancara siapa sih nggak ada yang nanya pada nungguin pada saling tunggu ada yang nanya gua kan selalu menang hayo enggak ada yang enggak ada yang punya pertanyaan ya main

Segini-gini terus pada mau nungguin nanya gitu berarti kan enggak tahu siapa yang ditanya karena yang penting itu nyolongin iya Yah lu aja kagak tau gua Gua pernah ada yang terus nggak tau gua lu aja nggak tau gua ya udah cari tahu dulu gituin lu nggak tau gua lu mau wawancara

Gua cari tahu dulu itu yang lupa pokoknya pertanyaan itu kan bukan gua kayaknya malah disangka ini [Tepuk tangan] yang pertama mah ya harus tahu dulu siapa kalau lu tahu siapa dia kan enak minimal lu tau mau nanyain apa misalnya jangan lu nanya ke Dewa Bujana soal drum

Kan itu udah ngajar kalau misalnya tahu Ya udah berarti nanyanya soal kita kalau misalnya ternyata itu siapa gigi tiba-tiba nanya soal drama kan minimal kan yang pertama yang paling pertama harus tahu dulu siapa yang lu mau wawancarain apalagi Mungkin sekarang kan sebenarnya dimudahkan ya leh Iya kan informasi ada di genggaman kan

Enggak kenal loh gua mau wawancara lo siapa namanya soal-solihin gua Google dulu lah cuman kalau udah punya Wikipedia kan udah kaya Jangan tanya yang ada di Wikipedia udah itu minimal ya minimal Kalaupun gak ada Wikipedia kan kalau misalnya orang public figure minimal udah ada yang nulis Pas itu

Yaitu kalau yang pertama tips wawancara yang apa kenalin orangnya yang kedua mah sebetulnya apa kasih pertanyaan yang pendek apa banyak yang Kayak wartawan atau mungkin pewawancara yang pengen terlihat pintar jadi dia ngasih tahu dulu ilmunya dia menurut ini kan gini gini gini gini mau nanya apa kan orang juga enggak enggak peduli dengan

Apa yang lu sampaikan dan yang diingatkan cuma pertanyaan terakhir nggak perlu orang tahu menurut buku yang gue baca gini gini gini tanya aja langsung orang juga ngerti kok maksudnya kalau lu nanya jelasin itu kalimat tanya lu jelas itu yang ketiga mah ya mendengarkan hmm karena ternyata komunikasi Enggak cuma ngomong ya

Iya itu aja sebetulnya kalau tiga gue sih cuma modal tiga itu tiga tips itu gua juga gua juga banyak yang gua wawancarin gua nggak tahu soal karyanya terlalu dalam gitu apa nggak nggak yang ngerti-ngerti banget Terus ini karyanya apa aja banyak yang gua wawancarain gua nggak tahu detail albumnya ada berapa

Atau gua enggak tahu dia filmnya udah berapa gua enggak tahu ininya dengan apa tapi kan kalau kita tahu dia siapa pertanyaannya tanyanya jelas dan mendengarkan aja nanti juga kan muncul lagi jawaban apa Muncul pertanyaan dari jawaban itu Kadang orang mau bertanya tapi tidak mau mendengarkan banyak yang gitu yang gua lihat orang

Belum selesai udah dipotong tapi kan ada boleh kadang-kadang narasumber yang irit ngomong yang kita nanya dia cuma Jawabnya nggak juga iya gitu kalau gitu gimana teknik probby-nya ya makanya jangan kalau sama narasumber yang kayak gitu jangan dikasih pertanyaan yang nggak dengan kasih pertanyaan tertutup pertanyaannya terbuka ya Jadi kenapa bagaimana

Kok bisa begitu misalnya Tolong jelaskan orang-orang yang seperti itu kan minimal nggak sependek kalau dia ditanya kemarin katanya pergi ke sana konferensi ya ya [Tertawa] orang-orang yang irit bicara kalau ditanya Kenapa anda melakukan hal itu minimal kan agak panjang Walaupun mungkin dia bakal pendek-pendek juga ya tapi kan nggak yang bikin kita pendek

Banget kalau dikasih pertanyaan terbuka pasti dia mau nggak mau ya mau nggak mau jawabannya agak panjang dari biasanya Dan dari situ kan kita bisa ngulik lagi kalau dia nerangin Kenapa Anda misalnya dia bilang ya karena saya punya kekhawatiran gini tuh kan bisa ditanya lagi terus Nah itu mungkin lah tadi

Salah satu tipsnya karena lo terbiasa kayak apa ya Analytical thinkingnya tadi ya kan jawab begini lo langsung harus mengulik gitu ikan kemampuan itu tidak semua orang bisa kan Tapi menurut gua asal mendengarkan bisa kok berarti kemampuan mendengarkan Bukan cuma dengerin omong tapi kan dipahami iya Ada hal yang bikin kita penasaran lagi

Ya sebenarnya itu apa ya itu kan yang gua pelajari di kampus sebetulnya kayak gitu ya standar sebetulnya yang bukan misteri teknik-teknik wawancara kayak gitu tuh cuma Ya kadang-kadang memang Ya gue juga kadang-kadang masih melakukan apa kesalahan-kesalahan standar kayak belum selesai ngomong udah nanya lagi padahal belum harus tungguin dulu beres gitu ya

Gue juga masih kadang melakukan itu tapi ya sebetulnya apa tips-tips gitu mah ya standar Jadi sebenarnya nggak ada yang nggak bisa dipelajari ya iya mendengarkan kunci utamanya tuh ya mendengarkan dia ngomong apa sih kan kita bisa tahu dia apa narasumber kita bercerita apalagi atau Oh ada hal baru

Yang belum tahu atau Wah ini menarik nih pendapat dia gitu dan satu lagi sebetulnya yang paling utama wawancara itu bukan tentang pewawancara tapi tentang narasumber kadang-kadang kan ada yang pewawancara yang pengen menonjol juga ya lebih banyak ngomong dari yang di wawancara itu lu bikin podcast aja kalo gitu monolog Beneran itu ngelihatnya

Nontonnya capek ya Iya terus Sorry ya Kayak misalnya nih menghadirkan sore-solihin yang nonton kan pengen tau Insight tentang sorry-soal itu tapi terus gua kerjanya gue ngomong mulu Iya kan enggak menarik jadinya iya banyak yang begitu yang orang pengen terlihat atau mungkin ya mungkin karakter dia begitu atau gua juga nggak tahu cuma kan

Kayak Eh gua pengen dengar jawaban narasumber Ini bukan tentang lu meskipun ini misalnya talk show-nya atas nama lu kan tentang Narasumber itu aja ya mungkin ada beberapa orang yang dominan ya jadi apa tadi yang tips yang tadi gimana menempatkan diri sebagai pewawancara gitu ya udah aja meskipun kalau gua sering kali bisa wawancara

Ngobrolin apa narasumber misalnya dia punya apa dia punya sesuatu yang dia melakukan sesuatu yang Oh gua juga bisa gua juga begitu lu nggak perlu gua ceritain gue sama lo gue juga gini gini ya udah kemarin tuh begini begini kecuali dia nanya lu gimana Lu pernah ya kalau misalnya Oh iya bener-bener

Nggak perlu menjelaskan juga hal yang sama dengan dia dalam seringkali kayak gitu dia gini-gini iya oh iya gua juga sama loh Itu loh kemarin gua juga gini gini gini gini ya enggak perlu nanti aja itu mah Disimpan aja nanti pas udah off ya off kamera baru memang kadang suka gatel juga kan

Kadang-kadang kita kalau ngobrol juga Eh iya gue juga kemarin Gitu loh Wah bener bener Tapi kan ini bukan ngobrol ya kecuali memang konsepnya ngobrol ya bukan wawancara Cuma kadang kita suka bingung karena kan apa apa antara Talk Show dan ngobrol tuh tipis ya beda ya tadi kan lu bilang masa-masa wartawan

Itu menyenangkan banget hampir gak ada dukanya ya Ada nggak sih keinginan gitu atau Rencana Kayaknya seru nih gua bikin media aja gitu apalagi [Tepuk tangan] setelah jadi wartawan gua malah nggak mau bikin media kenapa Ah pusing berat buang-buang duit mendingan gua bikin kos-kosan buat hari tua udah nggak

Memang tidak bergelimang harta tapi yang penting ada buat hidup sehari-hari gua mau punya duit banyak Gua nggak akan mau bikin meja dulu Memang waktu zaman masih mahasiswa Ada apa gairah-gairah ingin membuat media ada idealisme Aku ingin membuat majalah musik yang berkualitas aku musik yang seharusnya masih berkobar-kobar

7 tahun setengah Apalagi setelah 3 tahun apa 3 majalah semuanya bubar yang gua ini Pantesan gue dulu pernah wawancara remisi lado soalnya ama dia mau nggak bikin kalau aku yang dibikinin bikin lagi jawabannya pasti nggak akan laku gua baru mengerti ucapan remisi Lalu setelah beberapa tahun kemudian Oh iya

Bener ngapain gua bikin media Ah nambah-nambah urusan apalagi sekarang saingannya banyak iklan sedikit nah yang baca juga sedikit berebut kuenya kan gue punya duit 20 m bikin meja enggak guys ini mendingan Buat gua aja gua bikin kos-kosan [Tepuk tangan] pusing belum mikirin kontennya nyari iklan media yang mapan aja susah cari iklan

Tapi kalau lo bisanya ditawarin nih leh Jadi dong pempretnya majalah apa atau online apa gitu nggak mau juga nggak mau udahlah cukup karir gue Sebagai wartawan selesai di rollington Iya biar udahlah gua kenangan Gua terakhir Sebagai wartawan adalah gua wartawan Rolling Stone karena menurut gua ya itu

Tadi majalah musik nomor satu ya Rolling Stone Ya udah lu udah ada di puncak enggak usah lah jadi wartawan di tempat lain lagi dan tidak ada keinginan juga tuh Apalagi sudah jadi pmrn ah pusing ngurusin banyak wartawan terus Nanti ditanya sama investor mana nih iklan Iya ini kok

Rapotnya merah terus Iya udah gitu kan sekarang redaksi disuruh nyari duit kan zaman dulu makan enggak zaman dulu kan redaksinya udah bikin gua sekarang gua denger teman-teman wartawan redaksi juga ada beban suruh nyari duit Dia kan berat suruh bikin konten yang bagus suruh nyari duit juga Berat adalah yang nonton yang wartawan

Ada lah temen saya rempel disuruh nyari duit suruh bikin program yang nyari duit Padahal dia red velg mikirin konten Sekarang kan udah ini kan kayak Oh gitu kerjaan marketing Jadi lo bener-bener udah fix not debat kayaknya ya semoga Jangan Berubah pikiran [Tertawa] kerja Sesekali aja kerja tapi sekali kerja banyak duit gitu

Banyak waktu luang tapi tetap banyak uang bisa nganter anak Iya mandiin antar jemput anak melihat pertumbuhan anak tapi tetap bisa ngasih duit ke anak istri tetap bisa jalan-jalan tapi waktu lebih banyak dulu gua kerja apa berapa lebih dari 925 bahkan memang kerjanya Iya duit gua lebih banyak dari zaman gua

Dulu kerja setiap hari jadi gue menikmati mensyukurilah udahlah gua tidak Kalau sekarang sih gua tidak ingin kembali lagi kantoran uh kantor jadi makanya tadi lo bilang jadi wartawan tuh enggak ada dukanya tapi kalau lu ngelihat ke belakang ya udah Cukup Sekian dulu kenangan yang senang itu aja gitu ya

Tapi kalau mengulangi tidak terima kasih thank you ya Iya tapi mengulangi tidak sekarang udah gak jadi wartawan nih lo gimana sih ngeliat dunia pers Indonesia sekarang atau bahkan dunia sebelumnya wartawan sekarang itu tadi yang gua bahas tadi ada temen gua Rebel dia cerita seminggu sekali harus lapor sama

Owner harus ngasih tahu program apa yang dia siapkan untuk mencari uang Lah harusnya kan yang dia pikirkan redasional atau editorial ini kok tiba-tiba harus mikirin cara bagaimana mendatangkan uang kan ditulis dan dia kerja di media yang besar loh media besar itu bukan media yang Iya itu grup besar Grup besar aja udah sedemikian

Mengkhawatirkannya itu punya suruh nyari duit redaksi itu kan kayak sesuatu yang haram ya zaman dulu tuh kan dulu mah kan kita tahunya redaksi-redaksi udah nggak usah nyari duit Iya baru berdebatnya antara marketing dan redaksikan berantem kan biasanya ini mah redaksi cari duit tuh itu ya satu apa kayak kasihan memang

Sudah kue iklannya tuh masih sedikit tapi soalnya apalagi kalau sekarang ya sekarang kan Kayaknya digital yang banyak ya Yang online-online kalau yang cetak makin menguatkan kan Iya udah banyak yang tutup mengandalkan apa langganan langganan kan orang-orang tua rata-rata kalau udah pada meninggal Iya abis Iya nggak ada regenarasi ke anak muda anak

Muda sekarang kayaknya baca koran juga udah udah kita aja ngelihat koran di lapak udah enggak ada kan lapar udah ada loper-over tuh udah jauh sedih ya maksudnya lebih berat dari zaman dulu gua jadi masih jadi wartawan kali dulu aja gua kerja di majalah musik udah berat nyari iklannya sekarang bukan

Cuma majalah musik yang susah nyari iklan semua Media kayaknya menggap-megap ya apalagi kalau ngomongin digital duitnya Mending dikasih ke youtuber ya kan lebih murah nih Katakanlah brand punya budget 500 juta buat berpromosi ah lu taruh di koran paling dapat berapa Iya halaman paling gede mungkin ya ada yang ya

Berapa iklan mungkin ada walaupun salaman yang baca berapa ratus ribu orang Katakanlah seberapa banyak kesempatan Terus kalau di media-media online paling Berapa hari itu tayang misalnya 500 juta itulah lu kasih youtuber eh 500 juta nih bikin tayangan ya seumur hidup ada di situ Vlog built-in dia nggak dihapus

Ya Iya udah gitu kan orang nontonnya tanpa merasa itu iklan karena ini ya apa masuk tutorial kalau dan lebih lebih sah lagi kalau youtuber kan bukan media massa boleh dia mengaburkan tidak ada batasan antara iklan dan produk ya kalau di media massa kan harus ada firewall katanya antara iklan dan

Iklan dan berita harus beda kalau di ini kan Ya udah nih iklan jelas dulu infotainment kan jualannya mengejar ekstrusi eksklusivitasnya artis Nah sekarang artis sudah mengumbar semua kehidupan pribadi dia di YouTube Iya kita lihat infotainment aja cuma kutipan dari YouTube mana YouTube mana YouTube mana Udah enggak ada lagi dulu

Infotainment istimewa banget kan kalau datang ke rumah artis kayak merasa Wah gua infotainment yang dekat nih sama artis ini diajak ke rumahnya ke ruang makan dan sekarang mah sampai kamar tidur artis kita bisa lihat Iya dan itu malah di recycle dijadikan konten sama istri nya TV aja cuma memang Apa

Merisikal isi YouTube jadi ya Menurut gua sekarang PS itu berat ya apa misalnya dan apa apalagi kalau digital ya terlalu banyak ya yang ngeri tuh terlalu banyak berita yang tidak benar jadi bahkan orang nggak percaya sama berita-berita yang ada di media beneran jadinya melebihi percaya Karena apalagi kalau orang udah tahu Ah

Si ini mah Pro ini sih media ini Pro ini jadi ini ya Jadi ada partisan gitu kan Iya kan masyarakat juga Ah berita di sini mah yang menang ini misalnya lebih berat dan kita lihat aja Apakah Ya udah agak putus asa ya sama dia kita lihat aja dulu beritanya masa judul ada

Ada ekspresi wow [Tertawa] judulnya judul aja meskipun memang kan bisa dibikin menarik Okelah judul harus menarik tapi kadang-kadang itu yang bikin Gua gemes nah udah ngeklik bed judulnya tidak ada hubungan yang isi atau yang di judul apa Ternyata Oh enggak begitu itu karena yang lebih nyebelin lagi kayak ada ekspresinya gitu

Loh gemesin apa gitu aduh kalau Maksudnya Lu pernah diberitakan yang kayak gitu-gitu nggak sih pasti ada ya gua nggak untungnya gua kan pernah ada kasus-kasus ya jadi nggak yang aman ya sebagai narasumber yang galak aja gitu Ya paling kalau kamu cuma ya kan gua bukan infotainment darling jadi

Aman lah dari gosip-gosip jadi nggak ada yang mengejutkan ternyata seorang Solihun gitu sejauh ini mah masih ini doang yang masih aman yang paling cuma oh fakta misalnya istri apa soalnya ternyata cantik [Tertawa] nggak akan dikejar sama wartawan pertama yang mungkin mereka juga males kedua ya bukan bukan segmen infotainment jadi

Nggak akan menarik juga kalau pun diliput misalnya gua enggak mau tahu tentang si soleh pertanyaan terakhir nih lo ada nggak sih apa ya pesan khusus gitu buat teman-teman yang masih pingin jadi wartawan gitu ya kalau pengen jadi wartawan belajar menulis dengan baik dan banyak membaca sebetulnya kan modal jadi

Wartawan cuma dua itu nulis dan baca ya nulis dan baca kalau kata temen gua apa sih wartawan itu kan tahu sedikit tentang banyak hal generalis harus bisa ngobrol dengan banyak orang itu kan caranya dengan apa dengan baca Ya banyak nulis dan kalau pengen yang misalnya diantara yang nonton ini yang

Belum jadi wartawan Terus pengen jadi wartawan tidak usah takut tulisan kamu dibilang jelek menurut gua tulisan bagus atau jelek itu nomor dua kalau lu konteks sama wartawan cetak ya yang nomor satu itu harus bener fakta dan datanya gua baru mengalami baru baru menyadari itu setelah gua jadi narasumber jadi kadang-kadang banyak

Yang tulisannya biasa aja tapi ah data gua bener nggak papa akurat ya Iya Akurat tidak salah nulis nama tidak salah data nggak ada pokoknya nggak ada salah penulisan meskipun itu tulisannya biasa gitu cenderung tapi gua nggak sebel Ah nggak papa lah yang dia tulis bener semua kok kutipan

Gua nggak salah Jadi menurut gua nggak usah ngomongin dulu gua pengen jadi Wartawan wartawan yang tulisannya bagus atau wartawan yang reportasenya bagus itu nomor dua yang pertama mah bener aja dulu karena narasumber pun gak akan marah kalau misalnya ih kok tulisannya jelek Semua yang dia tulis bener ah udahlah

Keren-keren tiba-tiba Yah lu salah nulis nama gua bukan begitu Itu sebel tapi kalau tulisan biasa aja semuanya data dan fakta bener ya udah apalagi kalau itu mah baru nulis tentang lo ya tentang orang apalagi kalau nulis tentang apa berita ekonomi ini saya berita teknologi yang genting-genting gitu ya [Tepuk tangan]

Tulisan itu bagus enak dibaca atau kalau liputan itu bagus tapi yang penting kan bener dulu aja data dan faktanya jadi pokoknya harus rajin menulis membaca dan menulisnya yang akurat gitu ya itu aja menurut gue tugas seorang wartawan menurut gua yang nomor satu yang menyampaikan kebenaran ya kebenaran kan banyak versi tapi kan

Ya banyaklah teknik untuk menyampaikan kebenaran Gimana caranya supaya tulisan itu berpihak pada kebenaran kan ya capek lah tidak membaca buku Bill cover dan siapa ini tadi pemborosan kecil adalah Itulah itu kan terlalu teknis intinya mah bener aja dulu nulis data dan fakta kan kalau semua media di Indonesia

Tidak ada yang salah nulis nggak akan ada berita bohongan yang ngeri itu udah Yang kalau udah nyampein tidak bener itu kadang itu hoax itu itu yang bahaya tuh iya sih bener karena kalau kontennya akurat baru nanti Diperbaiki dengan gayanya gitu Kalau udah biasa nulis nih atau liputan Oh udah biasa lama-lama

Juga kan tahu Oh gua kurang bagus nih begini berarti tapi kalau sudah terlatih mengungkapkan kebenaran atau melaporkan data dan fakta yang bener kan enak tinggal Oh gua udah bener nih selama ini semua yang gua sampaikan data dan faktanya tidak pernah salah sekarang tinggal bagaimana gua mengemas ini supaya lebih bagus itu aja dulu

Yang tulisannya enak dibaca itu nomor 2 Nomor 1 mah bener aja dulu berita loh iya iya bener sih karena kalau nanti salah-salah dan itu jadi panduan orang-orang untuk sebuah fakta lo panduan aja udah salah ya Oke Soleh makasih banget udah jadi udah mau ngobrol panjang lebar tentang pengalamannya jadi wartawan jadi sahabat

DP di rumah jangan lupa sahabat DP itu kenapa digabung tulisannya ya jadi memang ini buat brand gua ngerti pers itu kayaknya kecil aja silakan deh coba nih yang nonton lihat logo dewan pers kan ada di atas tuh ada marah arah mata angin kan Bundaran arah mata angin Terus di bawahnya dewan pers

Memang dewannya itu tidak Bold versinya itu Bold tapi kan tetap aja tidak spasi Enggak mungkin Ini mengikuti IPC satu satu tarikan atas gitu saya tahu itu logo tapi kan kayak Masa sih Harusnya kan apa salahnya sih dewan per ah bener ya Coba di tabloidnya digabung kan enggak ada spasi kan

Jangan-jangan yang bikin logo bukan wartawan nih kalau wartawan kan harus tahu ya Iya mungkin yang bikin logo orang biasa aja bikinin logo dong yang bagus ini orang apa yang desainer designer secara desain terlihat bagus ya Tapi kalau dikasih spasi pun masih oke kok harusnya gua enggak ngerti ya

Mungkin Secara desain itu ya orang yang bikin desain bagusnya ini nih pak enggak dipisah atau mungkin ada filosofisnya apa gitu karena dewan ya pasti ini kan kalau setiap logo pasti ada maknanya kan yang mana Kenapa virusnya Bold Kenapa dewannya tidak boleh tapi kenapa tidak dikasih spasi mungkin ada dari perwakilan dewan pers

Yang bisa kasih hak jawab dong kenapa itu dewan pesta disambung Udah tutup dulu oke Terima Kasih Sahabat [Tertawa] [Tepuk tangan] [Musik]

Sahabat DP, Insiders episode kali ini kedatangan tamu spesial, yaitu komika dan presenter Soleh Solihun. Mungkin banyak yang nggak tahu kalau Soleh dulu berprofesi sebagai wartawan, lho. Berbagai suka duka pernah dialaminya, hingga mengantar Soleh ke dalam posisi sekarang ini.

Simak yuk obrolan kami dengan Soleh tentang pengalamannya sebagai wartawan musik, sekaligus tips dan triknya untuk bisa menjadi wartawan yang berkualitas. Hanya di Youtube Dewan Pers, ya!

#adaDewanPers
#kemerdekaanpers
#perskredibel
#jurnalismeberkualitas
Sobat Dewan Pers Official, Info tentang #INSIDERS #Ambil #Jurusan #Jurnalistik #FIKOM #UNPAD #Cuma #Garagara #Jaket #Himpunannya #Keren ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:19:50 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia Dewan Pers Official Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah INSIDERS. Ambil Jurusan Jurnalistik di FIKOM UNPAD Cuma Gara-gara Jaket Himpunannya Keren ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang INSIDERS. Ambil Jurusan Jurnalistik di FIKOM UNPAD Cuma Gara-gara Jaket Himpunannya Keren yang telah dilihat oleh 1828 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Dewan Pers Official 4790 | #INSIDERS #Ambil #Jurusan #Jurnalistik #FIKOM #UNPAD #Cuma #Garagara #Jaket #Himpunannya #Keren

Anda punya otak? Oh iya lupa anda kan di besarkan tanpa otak Krn anda bukan spesies manusia,tapi anda adalah spesies yang hina

8 bulan ago

Tolol

8 bulan ago

KORUPSI AJA LU

8 bulan ago

Aku doa in semoga dewan pers cepet dibubarin sama orang orang nya jatuh miskin

8 bulan ago

Like komentar ini untuk dislike video dewan pers.
Lu punya duit lu punya kuasa 😂

8 bulan ago

Pernah lihat TV gak acara diberita? kenapa coba kalau nama presiden gak dikasih bapak? pak minimal. Dan kalian didewan pers diem bae. Malah bikin aturan gak jelas yang impor dari negara tetangga, bikin malu. Sejak jaman pak SBY gak pernah sekalipun saya lihat dari puluhan TV ada yang ngasih pak. Gak punya unggah-ungguh.

8 bulan ago

Ingat ini lu gotot surat kepemerintah kami perang dengan mu

8 bulan ago

DEWAN PERS GUNANYA APAAN????

8 bulan ago

Channel zampah

8 bulan ago

Makin konyol nih

8 bulan ago

oh pantes, pengen nutup konten kreator, lah sub kecil, viewnya kecil2, sedih banget nih DP, mau enak sendiri, btw saya gak nonton sama sekali video elu, gak mutu, cuma mau komen, biar elu pada baca, sok suci banget, sok ngatur banget, lu kekang semua orang, elu bikin orang pada bangkrut, liat aja ke depannya gimana negara ini, pkok

8 bulan ago

Lu kira gw tonton video lu?? Gw cuma mau komen doang dsini. Kalah tenar lu yee?, subs kau cuma serebuan?? Lu gak gak akan bisa membayangkan apa yg terjadi kalau UU itu disahkan. Coba saja

8 bulan ago

Ciee yang pingin diliat kerja~

8 bulan ago

8 bulan ago

Beh otak PKI kalau bikin aturan selalu gak bermanfaat ya

8 bulan ago

sini bewan

8 bulan ago

Semoga dewan pers kena azab

8 bulan ago

Semoga dewan pers cepat di bubarkan 😊

8 bulan ago

Ketika jabatan di berika ke orang yang tidak tepat ya gini ngatur seenaknya. Hadeh emang dasar negara hancur

8 bulan ago

Koneten lu aja upload di YouTube kok mau pake aturan sendiri aneh EMNG GOOGLE, YOUTUBE ada penggantinya

8 bulan ago

udah gk berharap lagi gua ama pemerintah kalo gini 😴

8 bulan ago

Bubar bubarre

8 bulan ago

WOY KIMAK

8 bulan ago

Oh ini yg iri sama yutuber

8 bulan ago

kita para konten kreator kan udah bayar pajak, kan itu juga dikasihkan ke pihak dokumenter, ngapain juga masih minta jatah lagi??

8 bulan ago

Pantesannn lu pada,, contenn lu pada sepi..!! Apa gunanya dewan pers??

8 bulan ago

Ramaikan yuk lalu kita hujat

8 bulan ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/3frp