[LIVE] Konferensi Pers Anggota Dewan Komisioner OJK

Otoritas Jasa Keuangan [ • ] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] baik selamat pagi assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera untuk kita semua Shalom Om Swastiastu namo buddhaya salam kebajikan rekan-rekan media yang kami hormati dan banggakan Terima kasih atas kehadiran rekan-rekan semua di gedung menara

Radius Prawiro ini untuk kita melakukan kegiatan press conference dan rangka pengenalan 2dk baru ini masukkan dari teman-teman Pak Bapak Ibu Adeka bahwa rekan-rekan media menanyakan Sudah lama tidak offline gitu ya jadi hari ini kita melakukan temu secara offline walaupun nanti tentunya akan kita tetap kombinasikan dengan konseling kadang-kadang online juga ya

Baik pada kegiatan hari ini Alhamdulillah telah hadir Bapak Mahendra Siregar ketua dewan komisioner OJK Bapak pemirsa adityaswara wakil ketua dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bapak Dian ediana Rei kepala eksekutif perbankan OJK yang hadir secara virtual Selamat pagi Pak Dian pagi sekali di sana Yadi kepala eksekutif pengawas pasar modal

Keuangan dari Fatih dan bursa karbon kepala eksekutif pengawas perasuransian penjaminan dan dana pensiun kemudian yang akan kita perkenalkan pada hari ini pasti udah kenal juga bapak Agusman ini saya harus baca karena panjang sekali titlenya ya kepala eksekutif pengawas lembaga pembiayaan perusahaan modal ventura lembaga keuangan mikro dan lembaga Jasa Keuangan Lainnya

Kemudian ibu Pak Hasan Fauzi kepala eksekutif pengawas inovasi teknologi sektor keuangan aset keuangan digital dan aset aset kripto kemudian ibu Sofia Isabella watimena ketua dewan audit yang juga hadir secara virtual pada hari ini Selamat pagi bu Sofi ya Jadi kita lengkap hadir pada kegiatan hari ini untuk bertemu dengan

Rekan-rekan semua nah press conference kita pada hari ini akan sedikit berbeda dari yang sering kita lakukan karena hari ini kita fokus pada perkenalan 2dk baru yaitu Pak Agusman dan Pak Hasan dan silahkan nanti kalau ada pertanyaan juga fokus ke kedua bidang Pak Agusman dan Pak Hasan Fauzi untuk itu di hari ini

Juga hadir beberapa pejabat dari OJK ada Pak aman ya yang Bawai literasi Ibu Sekar dan lain-lain juga dan untuk pertama kami akan mempersilahkan Bapak ketua untuk membuka dan memulai jalannya press conference pada hari ini itu itu kami persilahkan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan merdeka masih boleh kalau tanggal 18

Terima kasih Bu Kiki di saya menyampaikan pengantarnya saja nanti kemudian Pak Agusman dan Pak Hasan secara resmi kita dengar suaranya pertama kali dalam kompresi pers jika ya untuk menjelaskan mengenai masing-masing jabatan dan tugas serta prioritasnya di fungsi yang baru prioritas Jasa Keuangan berkomitmen untuk makin memperkuat pengaturan dan pengawasan pada bidang lembaga

Pembiayaan perusahaan modal ventura lembaga keuangan mikro dan lembaga jasa keuangan lainnya serta di bidang inovasi teknologi sektor keuangan aset keuangan digital dan itu kehadiran dua anggota dewan komisioner OJK baru yang dilantik di Mahkamah Agung pada Rabu 9 Agustus menjadi tonggak sejarah dalam tugas dan peran OJK menjalankan amanat undang-undang nomor 4 2023 tentang

Pengembangan dan penguatan sektor keuangan dalam pasal 10 undang-undang ppsk itu disebutkan 2 tambahan adk OJK yaitu kepala eksekutif pengawas lembaga pembiayaan perusahaan modal ventura lembaga keuangan mikro dan lembaga Jasa Keuangan Lainnya serta kepala eksekutif pengawas inovasi teknologi sektor keuangan aset keuangan digital dan Aset kripto kehadiran 2dk ini diharapkan akan

Memperkuat tugas fungsi kewenangan dan peran OJK dalam menjalankan amanat undang-undang p2sk yang bertujuan semakin mendorong kontribusi sektor keuangan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif berkelanjutan dan berkeadilan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat mengurangi ketimpangan ekonomi dan mewujudkan Indonesia yang sejahtera maju dan martabat setelah melalui proses pemilihan terpilih Bapak Agusman sebagai kepala eksekutif

Pengawas lembaga pembiayaan perusahaan modal ventura lembaga keuangan mikro dan lembaga jasa keuangan lainnya dan Bapak Hasan Fauzi kepala eksekutif pengawas inovasi teknologi sektor keuangan aset keuangan digital dan bisa tambahkan juga bahwa proses pemilihan sampai kepada sampaikannya tumpah di Mahkamah Agung itu semua berjalan dalam kerangka waktu yang sama atau tepat

Dengan amanat undang-undang p2sk itu sendiri yang menyatakan bahwa dua anggota dewan komisioner baru ini sudah ditetapkan terlambatnya [Musik] 7 bulan sejak undang-undang p2sk terbitkan jadi dengan telah cantiknya di Mahkamah Agung tanggal 9 ketentuan itu pun dipenuhi sebaik-baiknya begitu dari saya dan saya kembalikan kepada Bukit Terima kasih pak ketua rekan-rekan media yang saya

Hormati Sebelum saya mempersilahkan pak Usman untuk menyampaikan paparannya kepada rekan-rekan media Intan saya membacakan secara singkat CV beliau atau riwayat hidup beliau Pak Gusman lahir di Padang pada tahun 1965 menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang akuntansi dari Universitas Andalas pada tahun 1989 Kemudian beliau mendapat gelar MBA di bidang ekonomis

And Finance dari karton university di tahun 98 kemudian Pak Agusman melanjutkan studi dan meraih gelar PhD di bidang banking and Finance dari in you ya Australia National University di tahun 2006 dan beliau ini sejak awal karir di Bank Indonesia ya Pak Gusman pernah menduduki beberapa jabatan yaitu sebagai kepala Departemen

Surveiland sistem keuangan kemudian kepala Departemen komunikasi dan kepala Departemen pengembangan pasar keuangan dan terakhir Pak Agusman menjabat sebagai Direktur eksekutif kepala Departemen audit internal di Bank Indonesia sejak tahun itu Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat pagi salam sejahtera untuk kita semua salam kebajikan Salam sehat yang terhormat Bapak ketua Bapak ketua Bapak Ibu

Adeka OJK serta Bapak Ibu rekan-rekan dari media yang kami hormati dan kami banggakan selaku kepala eksekutif pengawas lembaga pembiayaan perusahaan modal ventura lembaga keuangan mikro dan lembaga Jasa Keuangan Lainnya tingkat dengan pvml P adalah untuk pembiayaan b adalah m adalah untuk lembaga keuangan dan l untuk jasa keuangan

Saya akan memiliki tugas dan fungsi untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan sistem pengawasan perizinan pengaturan pemeriksaan khusus serta mengembangkan arahan strategi kebijakan pelaksanaan politik asurance dan pengelolaan dan penyediaan sistem informasi pengawasan dan perizinan serta surveilans dan protokol manajemen krisis perusahaan di sektor pvml baik konvensional maupun Syariah Adapun ruang lingkup industri jasa

Keuangan yang berada di bawah pengawasan adk ppml meliputi perusahaan pembiayaan perusahaan pembiayaan infrastruktur perusahaan modal ventura lembaga keuangan khusus atau kita kenal dengan istilah sugeneris usaha pembiayaan berbasis teknologi kita sudah kenal dengan fix landing dan paylater perusahaan Pegadaian lembaga keuangan mikro dan lembaga Jasa Keuangan Lainnya termasuk korporasi di sektor jasa keuangan

Terdiri dari lembaga pembiayaan ekspor Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan arah kebijakan penguatan aspek Prudential dan mendorong pengembangan seluruh industri sektor ppml tadi agar dapat tumbuh secara sehat dan berkelanjutan yang mencakup sebagai berikut a penguatan ketahanan dan daya saing sektor ppml melalui penguatan permodalan penerapan tata kelola dan manajemen risiko perluasan sumber pendanaan perluasan

Akses pembiayaan kompetensi sumber daya manusia serta penerapan literasi dan perlindungan konsumen yang terakhir ini tentu dengan B Pengembangan elemen-elemen dalam ekosistem sektor pvml melalui Sinergi dengan lembaga Jasa Keuangan ekonomi prioritas UMKM sistem pemeringkatan kredit dan industri halal serta melakukan sosialisasi mekanisme penagihan dan eksekusi agunan C akselerasi transformasi digital sektor

Pvml melalui peningkatan kapasitas penggunaan teknologi informasi pemetaan dan tahapan proses digitalisasi industri peningkatan kapasitas transformasi digital dan peningkatan kapasitas implementasi regulatory teknologi penguatan pengaturan pengawasan dan perizinan melalui penyempurnaan ketentuan aspek level penyempurnaan ketentuan Spin off penyempurnaan ketentuan governance and compliance atau JRC penyusunan ketentuan pengawasan berbasis teknologi serta sistem

Yang terakhir untuk lembaga Jasa Keuangan sugeneris selain membangun penguatan GRC OJK berkomitmen untuk mendukung peningkatan peran dan kontribusi masing-masing lembaga keuangan khusus tersebut sebagai special mission vertikal dan bagaimana kompetensi inti masing-masing Makasih saya kembalikan kepada Ibu Terima kasih Pak Gusman untuk selanjutnya kami persilahkan Pak Hasan Fauzi namun juga Sebelumnya kami akan

Membacakan riwayat hidup singkat Pak Hasan Pak Hasan Fauzi lahir di Purwakarta tahun 970 meraih gelar sarjana teknik dari ITB pada tahun 93 dan Mba dari dari Prancis Ya kemudian mendapat gelar mm dari Fakultas Ekonomi UI di tahun 2008 Pak Hasan mulai karir di ke p dengan posisi terakhir sebagai

Dirut ya Pak ya di KPI kemudian juga beliau kemudian sebelum ke OJK adalah Direktur pengembangan di Bursa Efek Indonesia dan juga menjabat sebagai setelah itu menjabat sebagai komisaris utama pevindo biro kredit dan beberapa posisi komisaris lainnya itu kami persilahkan Pak Hasan Baik Terima kasih Bu Kiki atas perkenalan yang baik Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi salam sejahtera untuk kita semuanya Om Swastiastu namo buddhaya salam kebajikan dan semoga sehat selalu Yang sama-sama kita hormati bapak ketua OJK Pak Hendra wakil ketua OJK dan Bapak Ibu anggota dewan komisioner OJK serta tentunya rekan-rekan wartawan yang sudah hadir cukup banyak di kesempatan konferensi pers pagi hari ini

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan jadi menyambung apa yang tadi disampaikan oleh pak ketua Saya mungkin ingin menyampaikan informasi yang spesifik terkait pengaturan dan pengawasan di sektor yang baru yaitu sebagai kepala eksekutif untuk pengawas inovasi teknologi sektor keuangan aset keuangan digital dan Aset kripto singkatannya agak sedikit lebih mudah dari Pak agusmannya

Sektor yang baru ini sesuai amanah yang diberikan dalam perumusan di undang-undang p2sk yang baru terbit di awal tahun ini akan memiliki tugas dan fungsi untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan sistem pengawasan perizinan pengaturan pemeriksaan khusus serta mengembangkan arahan strategi kebijakan di bidang iakd ini sesuai undang-undang p2sk juga ruang lingkup dari bidang ia KD ini akan

Mencakup antara lain inovasi teknologi dalam penghimpunan dana masyarakat pengelolaan investasi dan penyelesaian transaksi surat berharga lain itu juga akan mencakup inovasi teknologi dalam pengelolaan risiko penanganan klaim distribusi dan penjualan serta inovasi teknologi dalam penghimpunan dan atau Penyaluran dana dapat dilihat cukup luas gitu ya cakupannya bidang ykd juga akan mencakup inovasi

Teknologi untuk pendukung pasar dalam rangka memenuhi kebutuhan dari industri jasa keuangan kita antara lain kredit scoring agregatter dan juga I know your customer atau kemudian akan juga mencakup aktivitas yang terkait tentunya dengan aset keuangan digital dalam hal ini termasuk juga aset kripto serta aktivitas jasa keuangan yang bersifat digital lainnya

Di bidang ini kami di akd berkomitmen akan menjalankan dan merealisasikan apa yang kita sebut 7 pilar strategi dalam singkatan inovasi untuk membangun sektor inovasi teknologi sektor keuangan dan aset keuangan digital termasuk aset kripto di Indonesia ini secara singkat 7 pilar inovasi itu Jadi i-nya yang pertama itu investor protection dan

Consumer protection ini kita akan menggulirkan berbagai bauran program untuk perlindungan investor dan konsumen secara menyeluruh atau holistik tentu dalam pelaksanaannya karena ada pengampu bidang di OJK kita akan berkoordinasi penuh dengan Bu Kiki sebagai kepala eksekutif di pengawas perilaku pelaku usaha jasa keuangan edukasi dan perlindungan konsumen untuk n ini normalisasi pengaturan dan

Pengawasan OJK yang nantinya kita harapkan akan terus mendukung inovasi pengembangan di satu sisi tapi di sisi lain juga terus mengutamakan berimbangnya dengan Perlindungan Konsumen mengedepankan market integrity dan juga mengantisipasi kemungkinan adanya risiko sistemik dan yang sifatnya kolaboratif artinya akan mengundang partisipasi aktif Dari seluruh stakeholders untuk bersama OJK melakukan

Tugas dan fungsi pengawasan dimaksud untuk O nya ini optimalisasi program literasi inklusi dan pemanfaatan inovasi teknologi sektor keuangan aset keuangan digital dan Aset kripto ini Tentu juga akan berkoordinasi dengan bidang yang dikepalai oleh ibu p-nya adalah variansi strategi dan program inovasi teknologi sektor keuangan aset keuangan digital dan Aset

Kripto nah di dalam bauran program untuk menerjemahkan strategi ini nanti akan banyak program yang terkait dengan aspek pengembangan atau fungsi pengembangan dari OJK untuk sektor ini selanjutnya akselerasi pengembangan ekonomi hijau dan ekonomi baru termasuk tentu kita akan mendorong pemahaman yakd untuk pengembangan ekonomi syariah esnya adalah Sinergi dan kolaborasi

Bersama untuk membangun industri ini Jadi ini faktor penting yang saya kira OJK dalam hal ini tidak dapat melakukan ini sendirian tapi kami tentu akan bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak eksternal terkait untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan sektor akd dan yang terakhir ini kita terus akan mengedepankan integritas pasar melalui pengembangan

Ekosistem industri dan juga transformasi kelembagaan yang menyangkut aspek tata kelola sumber daya manusianya maupun pemanfaatan dan optimalisasi dari solusi teknologinya rekan-rekan semuanya implementasi dari ketujuh strategi ini tentu pada saatnya akan kami tempuh melalui berbagai bauran kebijakan dan juga perencanaan strategis yang kita harapkan akan mendukung terus inovasi pengembangan tapi dilakukan

Sekali lagi secara berimbang dan kolaboratif dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip utama yaitu Perlindungan Konsumen integritas pasar dan juga pencegahan atas risiko sistemik mungkin itu dari kami saya kembalikan kepada Ibu Kiki terima kasih terima kasih Pak Hasan Fauzi Apakah aku akan menambahkan lagi atau kita buka tanya jawab langsung Ya baik Oke silahkan kamu mempersilahkan

Untuk sesi pertama 3 orang kan media akan menjawab tolong micnya mungkin karena di sebelah kanan dulu ya sebelah kanan yang banyak oke mas terus kemudian ada mbak yang belakang pakai jilbab ya Terus mungkin yang belakang silahkan sebut nama dan dari medianya Selamat pagi bapak-bapak ibu-ibu saya dengan Krisna dari harian Kompas dan kompas.id

Dengan tambahan dua Adek baru ini bagaimana pengaturan sumber daya manusia di OJK ya Pak apakah karena ada tambahan dua pengawasan adk baru ini menambah SDM gitu terus atau mungkin ada pelatihannya atau seperti apa Pak kompetensinya karena kan ini bidang yang baru gitu Pak kalau dari saya itu dulu pak makasih Selamat

Siang Bapak Ibu saya Mentari dari cnbc Indonesia izin bertanya kepada Gusman terlebih dahulu soal penyaluran kredit di p2p landing pak itu kan jauh lebih tinggi dari perbankan tapi Tingkat oneprestasinya atau twp 90 nya itu cenderung tinggi gitu apa perlindungan dari OJK terkait ini kedepannya lalu terkait koperasi juga dari kemarin

Sempat banyak operasi yang bermasalah Pak Lalu apakah OJK akan mewawancarakan untuk moratarium perizinan atau tidak lalu sekarang mungkin berapa sih jumlah koperasi yang bermasalah tersebut gitu dan berapa yang sehat kurang lebih Sekian dulu pak terima kasih Selamat pagi Perkenalkan saya Ibnu dari belum birth Indonesia kantor berita Indonesia

Saya ingin bertanya kepada mungkin Bapak Hasan Fauzi ini Pak tadi kan Bapak sempat menjabarkan ya tentang pencanangan program-program di bidang Bapak ini nah pertanyaan saya mau sedikit menambahkan aja kira-kira untuk master plan bursa crypto ke depan ini kalau dari Menurut bapak sendiri kan seperti apa lalu program yang memang tambahan mungkin ada

Tambahan yang disiapkan nih untuk industri crypto ini bakal tumbuh di Indonesia ini akan seperti apa nanti gitu lalu kira-kira mungkin kedepan yang menurut Bapak sendiri susah nggak mengajak investor crypto untuk masuk ke Bursa resmi crypto karena kan kita udah ada ya Nah selanjutnya kalau misalkan boleh tahu peta pelaku crypto ini yang membuka

Rekening DX Changer asing ini kira-kira apakah sudah mengetahui berapa persen ada jumlahnya atau mungkin nilainya itu Nah mungkin kalau misalkan satu lagi tambahan boleh untuk Pak Dian yang via online kalau misalkan ini saya izin bertanya soal waktu itu kan sempat ada gojek satu pertanyaan buat padian ya yang soal

Po rasio dividen bank ini ini mau elaborasi aja rumusannya itu nanti bagaimana itu Terima kasih Baik terima kasih kita tinggal dulu ya pertanyaan pertama dari Mas Krisna kompas ini Ya baik yang pertama tentang SDM ya tentang terkait dua hal yang baru ini Tentunya ini pastinya lebih tepat

Untuk ditanyakan ke Pak Waka ya yang mengampu untuk pengelolaan SDM di pengembangan SDM di OJK silahkan terima kasih kepada pertanyaannya ya terkait organisasi dan SDM jadi tadinya di tempatnya Pak Ogi itu ada 5 departemen 6 sekarang tempat pogi berapa Dapat kemudian di tempatnya Pak Agusman itu ada 4 departemen

Karena saya kalau suruh ngafalin semua organisasi di OJK saya nggak mungkin Inget kan 4 Departemen gitu dan pengisiannya tentu akan diisi secepatnya begitu untuk kepala-kepala departemennya semua di dipenuhi secepatnya kemudian di tempatnya Pak Hasan itu ada dua Departemen ada dua Departemen Nah itu juga pemenuhan kepala departemennya juga akan dilakukan secepatnya

Perangkat orang-orang yang di bawahnya eee sudah ada ee Tapi tentu juga harus dilengkapi karena ini juga suatu bidang baru yang juga knowledge nya juga masih terus berkembang ya di dunia ini terkait digital asset terkait crypto gitu jadi di tempatnya Pak Hasan itu ada yang dulu kita kenal sebagai

Gikd nah KI KD itu kemudian pindah ke tempat Pak Ogi nahd itu yang inovasi keuangan digital itu itu sekarang ada tempat Pak Hasan plus nanti ada crypto dan Aset digital lainnya tentu tadi pertanyaan tentang perlu training dan sebagai tentu harus harus dilakukan hal-hal seperti itu makasih cukup ya selanjutnya untuk menjawab

Pertanyaan Mbak Mentari ya si NBC Pak Agusman ini terkait twp 90 tinggi gimana nih kasih makasih Bu Kiki Mbak Mentari Terima kasih atas pertanyaannya saya jadi ingat Batman berhari-hari itu sekarang saya bilang nanti Jumat kita ketemu rame-rame Makasih pertanyaannya bagus sekali jadi betul bahwa Tadi Mbak Mentari mengatakan

Pertumbuhan kredit di topi lending itu melampaui industri ya seperti itu industri secara umum di sektor keuangan kita Kami memang melihat sampai Juni 2023 18,86% pertumbuhannya jadi bagus sekali tentu memperlihatkan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi kita gitu ya dan juga kita seperti tadi ditanyakan oleh Pak Mentari dari sisi OJK Bagaimana sih

Kita melindungi konsumen kita memastikan bahwa Prudential itu berjalan sebagaimana mestinya dan kami juga melihat data-data yang ada sebetulnya dari data yang ada itu [Musik] twp tadi ditanyakan di data kita angkanya 3,36% yang terakhir dan biasanya best practicis twp 90 hari ini kan memang harus di bawah 5% jadi kita sebetulnya

Sangat terkendali Tapi tentu kita sangat mengharapkan juga pada saat yang sama hati-hatian tetap kita jalan pegang Teguh bersama-sama baik di sisi lendirnya juga kemudian borower pastilah harus menjaga kinerjanya dengan baik supaya sistem kita tetap terjaga Bagaimana dari sisi OJK dari sisi OJK kita memagari ini terutama setelah dalam

Waktu terakhir setelah PJK 10 2022 kita mengharapkan Nanti pada waktunya kita memiliki pusat data fintech landing atau push davil yang robas ini sangat penting Mbak materi serta kawan-kawan dari media karena nanti Dengan pusdafil ini kita malah data transaksi pendanaan dan landingnya itu kita bisa monitor secara harian dan yang lebih bagus lagi nanti

Kita bisa connect kita bisa link dengan klik kita klik OJK kalau kita bisa connect dengan klik OJK ini maka Nanti bisa kita gunakan untuk memantul secara tepat tentang kelayakan pemberian kredit serta memastikan bahwa nasabah atau yang kita biaya ini adalah sehat secara berkelanjutan dan tentu juga secara perekonomian secara umum Saya kira itu

Yang lain-lainnya kita terus kita kuatkan terima kasih koperasi jadi Koperasi ini basisnya tentu undang-undang p2sk di undang-undang p2sk sangat jelas bahwa nanti yang akan kita awasi di OJK itu adalah yang Open Loop Apa artinya adalah koperasi yang memang memiliki aktivitas di sektor keuangan sepanjang Koperasi itu masih plus lho

Tidak ada aktivitas yang bersinggungan yang sektor keuangan dia bukan menyimpan dana bukan meminjamkan dana tentu masih dalam kewenangan Kementerian yang bersangkutan yang terkait dalam undang-undang p2sk ada masa transisi diberikan dua tahun karena kita bahas usaha kemarin jadi pertanyaannya Mbak Mentari ada baiknya kita Arahkan nanti kepada kementerian yang terkait pada saat ini

Jadi ada baiknya seperti itu mudah-mudahan bisa dipahami jawabannya Makasih Terima kasih saya izin menambahkan ya untuk perlindungan konsumennya ini semua produk-produk baru ini semua akan masuk dalam adalah pengawasan market kondak jadi ini kalau disesuaikan dengan apa yang ada di pock6 ini itu akan semua diawasi dari produk

Life cycle produk baik itu dari mulai mendesain produknya Kemudian memasarkannya Kemudian informasi yang disediakan buat konsumennya kemudian pasca pembeliannya dan lain-lain itu akan masuk ke ranah pengawasan market kondak yang itu adalah bagian dari Perlindungan Konsumen juga gitu Pak Mentari ya Jadi kita juga akan terus giatkan juga program edukasi dan

Literasinya sebagai bentuk Perlindungan Konsumen juga untuk yang berikutnya pertanyaan dari Mas Ibnu blook ya untuk para San Fauzi ini gimana master plan ee pengembangan crypto ke depan dan program apa yang disiapkan untuk mengembangkan crypto silahkan Terima kasih Bu Kiki Terima kasih pertanyaannya Mas Ibnu ya dari nanyanya satu tapi pertanyaan saya catat

5 untuk saya plus satu bonus untuk Pak Dian Jadi yang pertama terkait dengan master plan nah tentu Terima kasih Pak Ibnu ya jadi memang ini juga menjadi salah satu program awal yang kami kedepankan mengingat pengaturan dan penerjemahan aturan di undang-undang p2sk terkait sektor ini memang betul-betul adalah hal yang baru tetapi rekan-rekan sekalian

Perlu diingat bahwa kita tentu tidak mulai sesuatu dari yang baru sama sekali karena di dalam sektor iakd ini juga termasuk di dalamnya adalah melanjutkan dan menguatkan apa yang selama ini sudah dalam konteks kewenangan OJK yaitu terkait dengan inovasi keuangan digital nah tentu hal baru lainnya adalah di area aset keuangan digital termasuk

Aset kripto yang mungkin untuk pemahaman bersama khusus terkait aset kripto karena tadi banyak sekali pertanyaan yang terkait ini sebetulnya per hari ini fungsi kewenangan itu masih ada di dalam area kewenangan dari lembaga di bawah Kementerian Perdagangan yaitu bab putih di undang-undang dan nanti mungkin dalam turunannya di peraturan pemerintah akan

Diatur nanti masa transisi dan pengalihan kewenangan tersebut dari bab bukti ke kami di OJK Nah untuk master plan tadi karena ini baru satu minggu Mas ibro dan kawan-kawan Jadi mungkin saya bisa sharing kerangka yang sudah kami siapkan ya nanti di dalamnya akan mengatur pengaturan dan pengembangan Jadi bagaimana pengaturan dan pengembangan

Secara holistik untuk akd ini akan ada di sana kemudian ada aspek pengaturan dan rumusan untuk pengawasan dan penegakan hukumnya nah ini juga mungkin yang ditunggu ya oleh kita semua karena banyak sekali memang di samping potensi dan peluang tentu ada tantangan diantaranya adalah potensi pelanggaran hukum yang harus kita pastikan penegakannya

Kemudian tentu perizinan karena sudah ada kejadian nanti tentu di dalam sektor ini akan ada proses pendaftaran perizinan dan pengawasan atas perizinan itu yang harus kami rumuskan dan ada konten yang juga akan berat dan cukup mendapat perhatian kami yaitu di fungsi inovasinya nanti jadi jangan lupa teman-teman sektor ini memang kental

Sekali dengan kehadiran OJK yang juga harus menciptakan suasana dan kondisi yang baik untuk pengembangan dan inovasi dan tentu juga fungsi lainnya yang diantaranya akan sangat erat kaitannya dengan sektor yang diawasi oleh Ibu Kiki untuk mengedepankan market kondak dan juga Perlindungan Konsumen serta Kami juga akan mencantumkan aspek-aspek zrc Bagaimana governance

Risk mitigation dan risk management serta kontrol dan compliance ini tentu akan banyak berkaitan dan berkoordinasi dengan sektor yang di awasi oleh ibu Sofia mungkin itu kerangka dari master plan yang akan kami siapkan sekali lagi dalam konteks melanjutkan apa yang sudah menjadi bagian fungsi OJK untuk ikad inovasi keuangan digital dan juga menyambut

Nanti pada saatnya ada peralihan kewenangan terutama untuk aset kripto kami setidaknya nanti akan merumuskan dua hal ya yang pertama Transition guidelines Jadi bagaimana acuan dan guidelines yang bisa menjadi acuan yang digunakan oleh seluruh stakeholders dalam konteks transisi dan pengalihan kewenangan dan yang kedua adalah master plan ini yang nanti juga pada saatnya

Akan kami lakukan finalisasinya dengan mendapatkan masukan dari seluruh stakeholders termasuk di dalamnya Mungkin pertanyaan berikutnya dari Mas Ibnu terkait dengan bursa cryptonya gitu ya jadi nanti kami juga akan menuangkan dalam master plan itu Bagaimana posisi dan guidelines kebijakan OJK terkait dengan melihat salah satu elemen market infrastruktur

Di aset kripto yang saat ini sudah ada proses penerbitan ijinnya di bapepti yaitu bursa kripto kemudian apa yang disiapkan gitu ya untuk pengembangan aset kripto jadi Sekali lagi nanti juga akan dituangkan di dalamnya ya Pak Ibnu tapi tidak usah khawatir dalam konteks peraturan pemerintah yang sedang dirumuskan dan juga

Koordinasi kelembagaan kami tentu akan juga melakukan koordinasi secara penuh dengan bab opti untuk melihat apa saja rencana pengembangan ke depan yang dapat kami Kuatkan dan kami sempurnakan pada saat nanti pengalihan kewenangan itu terjadi ke OJK susah nggak ngajak investor untuk masuk nih kayaknya kita melihat sama-sama gitu ya Luar biasa perkembangan investor yang

Meminati menjadi investor di aktivitas yang terkait aset kripto angkanya Saya kira saya ikut membaca gitu ya angka dari bapekti terakhir seperti kawan-kawan ketahui bahkan sudah melampaui angka 17 juta Gitu ya per Mei tahun 2023 kalau ditanyakan kira-kira ke depannya Seperti apa mungkin kami cukup optimis bahwa sebetulnya aset keuangan

Digital dan Aset kripto ini rasanya juga fit in dengan apa yang ditunggu dan menjadi kebutuhan masyarakat tapi sekali lagi di samping peluang dan opportunity yang dapat mereka lihat tentu kita juga harus hadir dengan menjelaskan seterang-terangnya gitu Apa saja aspek resiko dan hal-hal yang harus mereka siapkan sebelum mereka beraktivitas secara penuh di dalam

Peluang aktivitas di aset digital dan Aset kripto ini jadi harusnya jawabannya tidak susah mas Ibnu kita tetap akan mengedepankan sosialisasi edukasi ya Bu Kiki ya untuk memperlihatkan bahwa ada tambahan atau ada alternatif investasi baru yang dapat dinikmati oleh masyarakat konsumen kita mungkin itu saya kira tadi jumlah investor sudah saya jawab sebelumnya

Kalau ada yang terlewat silakan Tapi sementara seperti itu Terima kasih Pak Hasan saya buka sesi kedua tadi Stefano dari routers mau nanya apalagi dua lagi untuk sesi 2 yuk nextnya Selamat siang Selamat pagi sebelumnya pertama untuk Pak Hasan mungkin tadi karena masih seger habis penjelasan master plan tadi itu udah ada tar kita

Mau keluar Kapan Apa maksudnya masih di buat atau sudah ada selesai gitu kalau masih dalam proses mungkin ada target kapan Pak sama boleh share sedikit apa tadi Bapak menarik bilang mengenai penegakan hukum Pak kadang-kadang Ini pemberitaannya juga banyak mengenai masalah apa penegakan hukumnya itu boleh dikasih kisi-kisi dengan hukumnya

Seperti apa gitu yang mau diterapkan oleh OJK Kemudian untuk pak Agusman Pak ada nggak pengajuan perizinan baru Pak dari perusahaan asing Pak untuk mendirikan semacam jadi menjadi lembaga pembiayaan gitu Pak mungkin dari perusahaan China atau ya perusahaan China gitu Pak itu aja sih Bu Kiki boleh satu lagi kalau boleh atau masih

Ya oke habis ini atau nanti tertulis juga Selamat pagi menjelang siang Pak saya Aditya dari di Jakarta Pusat izin bertanya ke Pak Hasan Fauzi ya pak Mungkin melanjutkan tadi apa pertanyaan dari Mas Stefano ya ini kan ada transisi ya Pak khususnya untuk crypto dari baketi ya Pak mungkin bisa

Ekspektasinya seperti apa sih Pak mungkin kan Setahu saya 2 tahun ya masa transisinya itu apakah 2 tahun ini jadinya kayak statusku enggak ada aturan dari OJK mengenai crypto atau satu tahun nanti juga udah ada atau seperti apa bahasan itu mungkin pengin spesifik ke model bisnis di crypto itu ada yang

Namanya steking Pak ya sekarang ini mungkin eee regulasinya masih kurang jelas juga Tapi sementara pemain sudah ada yang mulai mengaku dapat tanda kutip persetujuan dari regulator semacam itu mungkin pandangan Pak Hasan untuk itu Dan mungkin nanti regulasinya akan jadi seperti apa Terima kasih Pak Makasih Mas Aditya tadi Dari sini ada

Mbak Cici ternyata Ya bolehlah oke selamat pagi Ibu saya dari koinvestasi mau tanya yang pertama itu lebih ke status aset kripto setelah peralihan dari OJK ke kebab pepti itu nanti apakah ada perubahan status dari komoditas menjadi yang lainnya gitu Terus yang kedua setelah nanti peralihan OJK ke bawah pepti apakah ada perubahan

Gitu Pak mengingat sekarang kan Mbak pepti sudah membuat bursa crypto Nah apa kan nanti dari OJK akan ada perubahan gitu kuat and quote terkait Makasih jadi namanya siapa Anggita dari koinvestasi Anggita dariku investasi ya terima kasih ini semua pada tertarik crypto ya pada investor baik kita Jawab dulu ya yang pertama

Tadi dari Mas Stefano targetnya kapan Terima kasih Bu Kiki pertama Pak Stefano ya dari reuters secepat mungkin ya Mas Stefano karena kami percaya kehadiran master plan itu ditunggu juga kalau mengutip teks proklamasi ya kami sama spiritnya ingin dilakukan secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya gitu tapi pada prinsipnya tentu kami akan

Lakukan secara hati-hati sekali lagi rumah lengkapnya untuk ikade saja ini akan kami Terjemahkan sekali lagi agar menjadi guidelines yang menjamin kepastian untuk seluruh proses dalam lingkup kemenangan OJK mulai pendaftaran unboxingnya dan sebagainya perizinan nanti ada pengawasannya dan kepastian Nanti pada saatnya mereka dialihkan kepada sektor pengampun lainnya Nah untuk aset kripto dan aset

Keuangan digital sekali lagi masih ada waktu sampai nanti pengalihan kewenangan itu beralih tapi menunggu saat itu tiba Kami akan menuangkan segala sesuatunya di dalam guidelines dan master plan dimaksud Jadi mohon ditunggu mas Stefano dari waktu ke waktu kita akan lakukan event gitu ya bersama seluruh stakeholder terkait untuk mendapatkan

Seluruh masukan dan melengkapi master plan dimaksud Tentu juga mengedepan standar kebijakan pengaturan yang tidak hanya menjadi standar atau best practice di domestik tapi juga Kami lihat kelaziman yang berlaku secara global penegakan hukum secara umum sebetulnya tidak ada hal baru yang saya bayangkan mohon izin Pak ketua kami akan memanfaatkan sebetulnya kerangka

Kerjasama yang sudah baik di OJK saat ini dengan seluruh lembaga dan aparat penegak hukum lainnya tentu untuk mengantisipasi lebih awal potensi pelanggaran dan tindakan pelanggaran hukum yang menjadi keniscayaan juga dapat terjadi di Cluster asset kripto nantinya jadi akan kita lanjutkan dan kuatkan saja Pak Stefano pas Aditya dari Jakarta Post jadi betul ya

Perundang-undang itu dinyatakan masa transisi akan dilakukan selambat-lambatnya dalam 2 tahun sejak penerbitan undang-undang p2sk Jadi kurang lebih nanti akan jatuh tempo Di Januari 2025 nah bagaimana persisnya sekali lagi penerjemahan dari undang-undang itu sedang dalam perumusan dalam bentuk peraturan pemerintahnya kita tunggu sama-sama nanti amanah dari peraturan pelaksanaan di tingkat PP

Itulah yang akan menjadi acuan kita bersama steking dan lain-lain gitu ya jadi saya kira sama seperti aset kelas dan instrumen lainnya Mas Aditya dan yang lain tentu aspek pengembangan produk juga akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aset kelas ini Nah kalau tadi ada klaim sudah mendapat apa

Tadi izin persetujuan Ya tentu bukan dari OJK karena bahkan pengalihan kewenangannya saja belum terjadi gitu ya tapi saya harapkan itu benar ya tapi termasuk yang nanti akan kami definisikan Jadi selain kelembagaannya Tentu instrumennya juga akan kita coba tuangkan secara lengkap di dalam master plan dan lain-lain tersebut termasuk potensi pengembangan produk tapi kalau

Kita ditanya spiritnya sama karena di undang-undang amanah pengembangan itu ada tentu setiap inovasi yang kita lihat dapat atau memiliki kecukupan pengawasannya di OJK akan kami dorong sepanjang itu memberikan kemanfaatan baik bagi investor kita di satu sisi maupun penerbitnya yang dalam konteks ini misalnya ada potensi untuk motif penggalangan dana dan sebagainya atau menjadi

Instrumen alternatif untuk investasi lainnya seperti steking ini Anggita dari koinvestasi jadi ini belum bisa saya jawab jadi praktis seluruh instrumen yang sekarang resmi di dalam kewenangan yang ada di bapekti itu akan kami teliti kembali tentu satu persatu Sekali lagi nanti pada saatnya akan ada pengaturan karena sudah dalam konteks

Di OJK jadi akan ada pengaturan terkait instrumen ini dan juga termasuk market infrastruktur tadi ditanyakan tentang bursa kripto ini pada saatnya juga akan kami tegaskan Bagaimana posisi peralihan dan transisi operasional dari seluruh lembaga tidak hanya bursa crypto yang saat ini sudah melakukan kegiatannya di aset kripto ini

Mungkin itu dari terima kasih Pak Hasan tadi ada pertanyaan dari Mas Stefano untuk pak Agusman ya Apakah ada pengajuan baru dari perusahaan asing untuk menjadi lembaga pembiayaan di Indonesia silahkan Pak Stefanus Makasih ini pertanyaannya dan mungkin kami bisa update bahwa kita sejauh ini kan sudah proses ada dua dari

Singapore dan satu dari Thailand satu dari Singapore itu sudah selesai tuntas dan Ratu Singapura dan 1 Thailand itu dalam prosesnya kita menunggu efektivitas masuk dananya dan sedang dipatoli teman-teman tapi prosedur kita sudah ada yang dari Cina nih yang dari Cina sejauh ini kita belum lihat ada aplikasi mungkin baru

Mungkin kalau ada apa-apa nanti kita update lah siapa tahu masih perjalanan atau apa gitu makasih Nanti pada waktu kita sampaikan terima kasih Oke sesi ketiga boleh sebelah sini boleh Patricia boleh kata data ya tadi sudah mengajukan siapa lagi silakan nanti langsung dikasih mic yang belakang nya oke Ya udah yang untuk pak Agusman

Dan Pak Hasan dulu ya nanti kita izin nggak selesai terlalu lama supaya memberikan kesempatan untuk teman-teman bisa Don’t Stop ke adek lainnya ya Jadi nanti yang secara bersama-sama kita tutup enggak dalam waktu lama makasih Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Pak saya Arif dari harian kontan pas Saya ingin mendalami yang

Tadi terkait koperasi Open Loop itu Pak kira-kira apa ya Fokus OJK Nanti Pak terkait koperasi perlu itu dan kira-kira segmen apa pak gitu yang akan diatur makasih Pak dua lagi boleh sebut nama dan dari medianya saya Desi dari saya mau bertanya ke Pak Agusman Pak untuk rencana dari di Desk Bapak gitu untuk

Multifinance sampai saat ini itu siapa sih Pak yang masih belum memenuhi ekuitasnya dan Apa langkah dari bapak untuk bisa mereka lebih patuh memenuhi ekuitas 100 miliar tersebut terus kemudian sampai sekarang kan masih banyak Multi Finance yang belum tertarik untuk menjalani program subsidi motor listrik Pak dari pemerintah mungkin dari

Bapak apa sih yang menjadi kendala mereka untuk bisa mau gitu mengikuti program pemerintah ini mendukung seperti itu dan kedepannya Seperti apa terima kasih terima kasih Desi satu lagi boleh ya Selamat siang Bu saya kita dari Deal createst ya mau bertanya kepada Pak Gusman [Musik] dari tahun lalu kan ada aturan soal

Fintech landing ya Pak ya kalau misalnya setelah Aturan itu apakah kedepannya nanti Survive Story supervisory untuk vintage landing ini akan setara apa untuk bayangan atau Multi Finance kedepannya apakah lebih ketat nanti kedepannya itu yang pertama yang kedua di vintage landing ini tuh ada phenomena bank atau misalnya multif Finance yang

Lain itu aku Sisi fintech landing dan juga sebaliknya gitu pintar karena dia mengakuisi Multifinance gitu Pak apakah depannya nanti fenomena ini itu akan trend ini tuh akan berlanjut Pak atau terus sejauh ini tuh dampak dari akuisisi dan merger ini serba besar terhadap industri itu yang kedua yang ketiga untuk model Ventura Pak dari

Pembicaraan dengan beberapa asosiasi dan pelaku industri itu sebenarnya mudah Ventura di Indonesia ini banyak sebenarnya yang berbasisnya di Singapura gitu Pak Padahal nanti itu sebenarnya bisa menarik untuk dipisah asing keluar dari Indonesia gitu Pak Apakah ada ini tif dari Indonesia dari regulator misalnya untuk biar model Venture yang

Biasanya di Singapura ini balik ke Indonesia gitu Pak Apakah ada arahan Nanti ke depannya dan gerak apa support-nya dari OJK untuk untuk hal itu sejauh ini seperti apa itu aja pak terima kasih Terima kasih ini langsung Pak Agusman ya Pak Agusman semua yang pertama yang koperasi Open Loop

Baik terima kasih tadi dari Mas Arif Mas Arif menanyakan yang Open Loop ya Jadi nanti sesuai dengan Amanah undang-undang ini nanti adalah kewenangan dari OJK untuk mengawasinya jadi tentu Nanti pada saat di kita setelah masa transisi selesai kita akan memperlakukan ini sebagai industri jasa keuangan yang kita atur sebagaimana lazimnya dari sisi

Prudentiality-nya seperti tadi kami sampaikan Bagaimana terkait dengan tata kelolanya Bagaimana dengan pelaporannya Bagaimana dengan hal-hal lain yang terkait dengan lingkup kepengurusan dengan kepemilikan dan seterusnya itu yang sudah standar lah jadi kita akan jalani itu tentu di masa-masa awal kita perlu melakukan apa namanya pembinaan melakukan komunikasi yang baik

Dengan mereka karena ini kan sesuatu yang sangat baru bagi mereka dan selama ini mungkin belum pernah mengalami tentu saja ya mungkin mendengar atau bagaimana kembali lagi tentu kita harus bantu mereka menguatkan kapabilitas teknis dan juga tentu kemampuan mereka memahami ketentuan-ketentuan yang ada kita akan lakukan sebaik mungkin smooth dan dengan

Rapi tentu berkoordinasi dengan Kementerian yang lama ini menangani mereka dan kita harapkan semua Amanah undang-undang p2s ini bisa kita rasakan dengan baik kami juga tentu minta dukungan Mas Arif dan rekan-rekan media semua nanti bantu kita nih untuk melakukan komunikasi yang baik serta kita bisa melakukan Amanah ini secara rapi dan secara elegan tentunya

Dan membuat semua nanti kalau koperasikan ada anggota koperasi ya untuk koperasi juga tenang dan nyaman gitu ya tidak ada Gejolak dan tidak perlu gitu ya itu dari komunikasi kita dan bagaimana kita yang menyakitkan itu tapi saya kerjakan berkoordinasi dengan Kementerian yang terkait dengan hal itu itu yang mengenai Open lu jadi karena

Itu sangat penting untuk menjaga balik kita dan seterusnya baik yang kedua mengenai dari Mbak Desi ya Mbak Desi tadi saya cari-cari wajahnya gimana gitu oke berapa yang Multifinance yang sedang kita perhatikan karena belum memenuhi permodalan di catatan kita ada sekitar 8 ya 8 ini memang kita lakukan terus langkah-langkah penguatan yang

Forestment seperti actionnya sesuai yang sudah kita terima ini kita pantau terus-menerus dan sepertinya memang kelihatan Ada progres yang baik dan ini teman-teman di lapangan terus melakukan komunikasi dan memastikan bahwa langkah-langkah tadi penguatan untuk pemenuhan tentang permohonan itu bisa dilakukan sesuai dengan tingkat waktu yang ada Jadi ini pekerjaan yang apa

Namanya butuh dukungan kerjasama dan operatif mestinya dari sisi perusahaan yang kita awasi itu yang 8 tadi dan semua berjalan mudah-mudahan dengan arah yang baik dan Nanti kalaupun misalnya ada yang tidak bisa tentu kita perlakukan sesuai ketentuan yang berlaku juga ada langkah-langkahnya itu seperti apa yang selama ini juga sudah kita

Tempuh yang di lapangan kita Pastikan semua ketentuan yang kita sudah berlakukan dijalankan dengan baik dan tentu setelah masa apa namanya yang kita beri untuk menjaga itu bisa terlaksana kita pastikan itu juga dapat dipenuhi dengan baik kemudian subsidi motor listrik ini terus kita bicarakan kita juga ngomong dengan asosiasi kita Pandang apa namanya

Sustainable Finance kemudian ramah lingkungan ini harus kita dukung paketnya bagaimana kita atur dalami dan insentif apa kita akan carikan dan sudah ada Tapi tentu yang sesuai dengan kita ya semampu apa dan tentu kita dorong sebaik-baiknya supaya ini bisa terlaksana untuk mendukung apa namanya yang ramah lingkungan dan

Kemudian dari sisi mereka akan kita udah lihat tuh kemarin ada beberapa Expo ya kan untuk mobil untuk kena-kenakan listrik ini sudah banyak dan sebetulnya memang dari sisi pemerintah juga sangat kuat di situ dan kita dari segi regulasinya dari prudentiality dan kemudian Bagaimana kepatutannya tentu kita jaga dan kita

Kawal kita doang dan kita Arahkan ke situ kemudian Mbak Dita Mbak Dita pakai online bisa lihat wajah saya ya jadi karena ketutup dari sini memang ketutup saya terima kasih vintage landing Yang pertama mengenai kesetaraan mengenai pengaturan ya vintage landing dengan multifinan dan seterusnya Iya kita memang kita mengenai pengaturan pengawasan ini kita dorong

Untuk sesuai best practice Mbak Dita tentu kadarnya bisa beda-beda kalau Multifinance itu kan lebih Advance lebih dulu industri itu ada gitu ya kemudian yang vintage cleaning Ini kan baru saja dan kita sama-sama memahami ada yang mengatakan vintage landing itu adalah antitesa dari bisnis perbankan konvensional gitu ada yang mengatakan

Begitu tapi kita juga melihat dari sisi akses keuangan ee akses to Finance ya ini vintage landing ini sangat membantu karena bisa menyasar UMKM bisa menyasar masyarakat kita yang selama ini tidak punya akses keuangan nah ini sangat baik tentu kita pagari dengan ketentuan Prudential yang bisa mengamankan semuanya termasuk tentu dalam hal ini

Yang sangat perlu kita jaga konsumennya dan investor Nah tadi saya sudah cerita tuh tadi ada pertanyaan dari teman kita eee Mbak Mentari salah satunya tuh kan pusdavil ya push Dafil ini sangat powerful nanti kalau datanya itu kuat kemudian kita di sana bisa Sambungkan dengan slipnya OJK itu sangat membantu

Dan kita bisa punya data agregasi secara nasional yang sangat-sangat bagus untuk pengambilan kebijakan gitu ya di keuangan dan sektor perkebunan kita secara keseluruhan kemudian mengenai fenomena saling aku Sisi ya Mbak Dita ya dalam bisnis itu sangat mungkin terjadi ya saling mengakuisisi yang perlu kita pastikan tentu nanti apa ke posisinya ini

Memenuhi ketentuan yang berlaku kemudian seberapa besar nanti tentu kajian kita melihat dampaknya terhadap sistemik ya kan seperti itu kalau sambil menyambungkan Biasanya seperti itu ini yang kita lihat sepanjang sesuai ketentuan dan dampak interkonetiknya bisa dipagari dengan baik mitigasi risikonya rapi dan rompas tentu ini kita bisa perkenankan dan kita

Terima kasih diingatkan oleh Mbak Dita mengenai fenomena ini terakhir modal ventura modal ventura yang dari Singapura dan seterusnya kami juga sudah ketemu dengan asosiasi Mbak Dita sudah diskusi dan kami juga dengar aspirasi itu Terima kasih juga mengingatkan itu kembali dan tentu ini kami salah satu dari amanat undang-undang p2sk itu nanti harus ada

VOC keturunan dari undang-undang p2sk itu yang terkait dengan modal ventura ini Mungkin salah satu item sebagai masukan sebagai inspirasi yang juga kita akan kawal dan Kita lihat nanti di dalam undang-undang p2sk yang tadi sudah disebutkan Bagaimana turunannya dalam VOC nya Nah ini kita bisa eee apa namanya sambungkan untuk bisa menarik

Misalnya investor itu untuk masuk ke Indonesia kembali sudah banyak diskusi yang kami lakukan dengan hasil asosiasi dan kami tentu butuh dukung juga dari rekan-rekan media massa nanti untuk kita ngobrol-ngobrol kita diskusi kalau ada respirasi itu masukkan dari teman-teman sangat kami Hargai Dan apresiasi mungkin itu terima kasih terima kasih ini sudah

3 sesi Mungkin cukup seperti itu ya juga untuk mempersilahkan teman-teman nanti kalau mau order stop nih kayaknya yang Patricia udah banyak pertanyaan tentang pasar modal dan lain-lain ya tadi ya dan lain-lain juga ke Pak Dian eee Pak Dian titip pesan karena Pak Dian sedang dinas ya dan juga ada apa

Penugasan dari kantor yang Beliau juga harus hadir beliau tadi pesan untuk pertanyaan Silahkan di WA kepada Pak Dian untuk beliau respon rasanya seperti itu saya bapak akan closing Baik terima kasih teman-teman media Mungkin ada yang ya mungkin ada yang tanya mungkin juga tidak ada yang tanya walaupun tadi nggak ada yang tanya

Bagaimana rasanya nambah 2 lagi adk ya pertama kita siap sebagai satu kesebelasan karena jumlahnya 11 bener tapi bukan dalam arti main bola dong kalau main bola mungkin hanya Pak Hasan yang sanggup yang lain penonton aja tapi sebagai satu kesatuan untuk melaksanakan amanah dari undang-undang p2sk dalam konteks penguatan dan pengembangan

Sektor keuangan karena dari berbagai pertanyaan tadi tadi saja jelas bahwa saling keterkaitan antara produk industri bidang itu bukan saja akan terjadi tapi sudah terjadi dan sudah keniscayaan yang dan fenomena yang berlaku sekarang jika ke depan akan semakin tinggi intensitasnya sehingga aspek pengaturan pengawasan pelayanan perizinan dan perlindungan itu memang harus dilakukan secara terintegrasi

Kalau memang penguatan dan pengembangan ini dilakukan dengan dengan dengan sebaik-baiknya ya prudent sehingga apa yang menjadi kondisi yang ada sekarang dengan tambahan 2dk memang kita bisa melihatnya sebagai suatu prasyarat namun dilengkapi dengan pendekatan yang semakin terintegrasi sehingga ekspektasi dan amanat tadi itu Bisa realisasi bukan semata aspek resikonya aspek

Persoalan terkait hukumnya yang menjadi tetap tantangan yang tidak akan makin mudah karena kompleksitas yang terjadi tapi di lain pihak juga peluangnya dan pengembangan tadi itu yang menjadi fokus dari kami semua di sini Tapi tentu ada tambahan beban tersendiri nih saya udah mulai antisipasi kelihatannya kalau konvers bulanan

Minimal 3 jam nih kalau begini ceritanya nih yang ditambah dua lagi borong pertanyaan bersaing sama Pak Ogi dan Pak Dian ya jadi saya mulai agak khawatir kalau melihat stamina kita harus jawab tiga jam sekaligus dipikirkan Bagaimana supaya jumlah pertanyaannya juga bisa lebih fokus dan juga menjawabnya bisa lebih

Menyeluruh ya nanti kita lihat lah aspek itu tapi itu saya rasa juga bahas satu bagian untuk bisa meningkatkan komunikasi dan penjelasan serta transparansi mengenai hal-hal yang dilakukan karena tadi dengar ada pertanyaan mengenai master plan ada mengenai arah mengenai konsep pengembangan dan seterusnya yang memang tidak akan mudah untuk bisa dijawab

Dalam satu sesi yang sifatnya terbatas dan keseluruhan semata nanti tentu kita akan tingkatkan Terus bagaimana program komunikasi dengan teman-teman itu saja dari saya dengan ini saya tutup secara resmi terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam matullahi pak ketua rekan-rekan semua pak Waka dan rekan-rekan semua Terima kasih dan juga terima kasih kepada rekan-rekan media

Yang sudah hadir baik secara offline maupun juga online ini banyak juga Pak yang hadir secara online dari daerah-daerah di Indonesia Terima kasih Sampai ketemu di press conference rdk bulanan ya terima kasih [Musik]

Sobat OJK, dua Anggota Dewan Komisioner OJK periode 2023-2028 telah resmi dilantik pada Rabu (9/8). Pelantikan ini menjadi tanda penguatan tugas OJK dalam menjaga stabilitas sektor jasa keuangan di Indonesia.

Saksikan info selengkapnya dalam Konferensi Pers Anggota Dewan Komisioner OJK:
🗒️Jumat, 18 Agustus 2023
⏰Pukul 09.30 WIB

Live streaming di youtube Otoritas Jasa Keuangan (OJK TV).

#OJKIndonesia #DewanKomisionerOJK #KonferensiPers #ADKOJK #Proaktif #Kolaboratif
Sobat Otoritas Jasa Keuangan, Info tentang #LIVE #Konferensi #Pers #Anggota #Dewan #Komisioner #OJK ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:09:01 detik.

Begitulah sekilas tentang [LIVE] Konferensi Pers Anggota Dewan Komisioner OJK yang telah dilihat oleh 1615 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Otoritas Jasa Keuangan 4141 | #LIVE #Konferensi #Pers #Anggota #Dewan #Komisioner #OJK

Apabila Dirimu, penggemar setia Otoritas Jasa Keuangan memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa tulis di website www.berdebar untuk mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas Medsos.Ltd. ini.
Punya Masalah [LIVE] Konferensi Pers Anggota Dewan Komisioner OJK ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Mohon solusi terhadap pinjol Aku laku yg menghapus riwayat pembayaran di aplikasi akulaku , hutang 1.3 menjadi 2jt,

7 bulan ago

Pak coba apk pinjol di hapus aja,,dri pada meresahkan masyarakat

8 bulan ago

Wih orang tua pinter semua nih tampangnya, bikin layanan idebku ajh g becus

8 bulan ago

saya kenatipu 4 juta shopee, kata nya dari shopee saya scan barkot saya dapat no web.masih kurang 1.600.000.saya juga gak kerja.saya gak pakek uang nya.keamanan kurang shopee saya binggung,apakah harus bunuh diri saya.udah saya bayar 4 juta.utang saya saya bayar 1,6 gimana solusi nya.

8 bulan ago

wah bagus2 batiknya, igrow sy nyangkut 20jt blm balik, oktober ini genap 1 thn. kasus2 sejenis byk. investasi di indonesia byk jebakan.

8 bulan ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/gzn8