Ada Apa Dengan APDESI, Minta Evaluasi Menteri Desa dan Pendamping Desa? | Bincang Perkasa #127

TV Desa [ β€’ ] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] Indonesia kembali kita berjumpa dalam bincang Perkasa berbincang perkara Desa karena Desa harus tangguh dan Perkasa pada pagi hari ini kita ingin mengangkat tentang Ada apa dengan abdisi yang kemudian kemarin kita melihat apa yang ada di forum simposium itu menyampaikan tentang perlunya mengevaluasi pendamping Desa

Beberapa waktu yang lalu sebab bulan Januari tepatnya tanggal 23 Januari agresi menyampaikan tentang permintaan kepada Presiden mengevaluasi menteri Desa Sebenarnya ada apa dengan audisi sehingga kemudian menyampaikan hal-hal yang seperti ini kenapa ini kita perlu apa kita angkat di topik perbincangan kita karena menurut menurut redaksi ada bagian yang menarik yang

Sedang terjadi adalah tentang bagaimana gencarnya tentang revisi undang-undang desa dan kemudian kita juga mendengar Bagaimana menteri Desa melontarkan tentang usulan dari 6 menjadi 9 tahun yang informasinya sudah dilakukan kajian apa sudah disusun kajian apa akademisnya dan kemudian malah yang beredar dari perbincangan 9 dari 6 tahun menjadi 9 di menteri Desa menyampaikan

Dua kali sembilan kali dua sama dengan 18 ini sama dengan 6 kali 3 sama dengan 18 ini kemudian di tanggapi oleh ABC bahwa permintaannya adalah 9 kali 3 atau 27 sehingga kemudian semakin nyaring terdengar tentang bagaimana permasalahan usulan perpanjangan masa jabatan ini sepertinya mengkaburkan semangat dari revisi undang-undang Desa

Nah semangat revisi dari undang-undang desa yang kita tangkap sebenarnya adalah ada semangat untuk bicara tentang Bagaimana kedaulatan Desa Bagaimana Dana Desa Bagaimana banyak hal yang kemudian terungkap sepertinya ada juga beberapa permasalahan di peraturan turunan dari undang-undang Desa nah di forum simposium kemarin kita bisa melihat mengikuti dan kemudian ada rekomendasi

Atau ada kesepakatan di dalam simposium yang kemudian Anda yang cukup mengganggu adalah tentang keinginan atau permintaan dari forum itu bahwa presiden perlu mengevaluasi pendamping Desa pertanyaannya Apakah memang benar kemudian apa pendamping Desa ini memboros menghabiskan anggaran atau membuat boros dan seterusnya secara pribadi saya apa melihat bahwa ini

Menjadi bagian yang perlu ada pemahaman kepada publik atau kepada masyarakat bahwa sebenarnya apa sih tugasnya pendamping desa dan Bagaimana peran serta mereka di dalam masyarakat ini menjadi catatan yang menarik karena ketika yang dilontarkan oleh BPD umpamanya kemarin di dalam simposium ini lebih pada sepertinya urusannya adalah ada keinginan untuk kesejahteraan

Tapi nggak ada anggaran kemudian melihat bahwa ada pendamping desa yang menghabis apa menggunakan anggaran sementara sama-sama kita tahu pendamping Desa tidak menggunakan anggaran dari Dana Desa transfer dari pusat ke daerah ini ini perlu apa perlu klarifikasi sebenarnya Dan kita masih menunggu bergabungnya Mpok dari updasi Mas Muhammad Asri Anas ini kemarin sudah

Menyatakan konfirmasinya untuk hadir pagi hari ini dan kita akan mencoba menunggu apa kehadiran beliau di forum kita pagi hari ini dicat YouTube kita juga ada yang menulis komentar sampah panjang dan seterusnya Jadi sebenarnya kalau kita melihat tidak perlu penjelasan yang cukup panjang yang disampaikan Mas Basri 123 dan seterusnya

Skkni dan seterusnya ini bagian dari internal memang Kita paham betul bahwa teman-teman pendamping ini adalah teman-teman yang profesional yang memang melalui proses untuk menjadi apa menjadi pendamping itu tidak kemudian gambar asal tunjuk asal angka dan seterusnya yang kita tangkap sebenarnya adalah ada ada informasi-informasi yang berkembang tentang pendamping yang kurang efektif

Karena mungkin tempat tinggalnya tidak di desa itu dan seterusnya kemudian di rapat kerja antara DPR dengan Kementerian Desa juga sempat terungkap juga dari salah satu anggota dewan yang kemudian bertanya atau mempertanyakan tentang keberadaan pendamping Desa kita masih menunggu Mas Asri Alas untuk kemudian bergabung jangan kemana-mana kenapa Desa kita masih ada di Bincang

Perkasa berbincang perkara Desa karena Desa harus tangguh dan Perkasa [Tepuk tangan] [Musik] mau menambah keahlian baru tapi nggak punya waktu macet biaya yang mahal ditambah lagi jarak yang jauh Winter skill jawabannya interaktif live education market place pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Zoom dan menawarkan pembelajaran dengan Interaksi langsung tanpa batasan

Ruang dan waktu like [Musik] yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu seperti topik yang menarik pengajar yang kompeten waktu yang fleksibel dan biaya yang sesuai dengan budget kami karena interview bersifat live streaming pembicara dan serta bisa berinteraksi secara langsung di dunia digital seperti melakukan tanya jawab [Musik] diskusi tidak akan bisa melakukan file sharing

Sambil menambah keahlian kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mengajak teman kerabat atau siapa saja untuk bergabung baik sebagai member atau trainer di interst tunggu apalagi Winter skill interaktif flash education market place bersama mencerdaskan bangsa [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] mau menambah keahlian baru tapi nggak punya waktu macet biaya yang mahal

Ditambah lagi jarak yang jauh jawabannya Winter skill interaktif live education marketplace pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Zoom dan menawarkan pembelajaran dengan Interaksi langsung tanpa batasan ruang dan waktu like video kamu bisa menemukan event yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu seperti topik yang menarik pengajar yang kompeten waktu yang fleksibel dan biaya

Yang sesuai dengan budget kamu karena interstill bersifat live streaming pembicara dan peserta bisa berinteraksi secara langsung di dunia digital seperti melakukan tanya jawab [Musik] diskusi tidak akan bisa melakukan file sharing sambil menambah keahlian kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mengajak teman kerabat atau siapa saja untuk bergabung baik sebagai

Member atau trainer di interstill mudahkan tunggu apalagi Winter skill interaktif flash education marketplace bersama mencerdaskan bangsa [Musik] Mari kita di Bincang Perkasa berbincang perkara Desa kalau Desa harus tangguh dan Perkasa kita masih menunggu bergabung ya Mas Asri alas atau pengasly Alas untuk apa memberikan informasi yang terklarifikasi karena

Menurut menurut TV desain ini menjadi sangat penting karena suara-suara yang seperti ini ini akan apa membuat suasana mungkin menjadi kurang kondusif atau kurang nyaman dari temen-temen yang sedang bekerja teman-teman tenaga penambah yang profesional ini dikontrak kerja dengan apa oleh Kementerian Desa memang dengan tupoksinya yang sudah sangat jelas tentang dengan apa yang

Sempat kita ketahui jenjang karirnya juga jelas karena penerimaan hari ini Kalau tidak salah penerimaan hanya dilakukan di tingkat pld atau di tingkat Desa bahwa kemudian ada promosi atau Ada apa pengisian di level-level di atasnya itu diisi dari mereka-mereka yang ada di bawah untuk dipromosikan ini ini menjadi menarik menurut saya dan

Akan lebih pas sebenarnya ketika kemudian kita mendengarkan langsung dari updasi saya perlu sampaikan ke kerabat Desa bahwa pada pagi hari ini kita mengundang ketua abdesi dan ketua Mpu ketua dari majelis pertimbangan organisasi ini mah apa Kenapa Kami Perlu lakukan karena memang kita ingin mendapatkan penjelasan Kenapa kemudian ada statement-statement atau ada

Catatan-catatan seperti yang apa kita pertanyakan tadi dan yang kemudian perlu kita garis bawahi bahwa keberadaan pendamping Desa ini adalah mengikuti dari amanat undang-undang Desa amanat undang-undang Desa sudah jelas bahwa tentang bagaimana penguatan desa dengan badan usaha milik desa ini perlu Penda mpingan untuk kemudian badan usaha milik desa mampu apa melakukan

Usahanya jelas sekali di amanat undang-undang Desa saya melihat bahwa di dalam undang-undang Desa itu ada tiga hal yang kemudian diamalkan perlu adanya pendampingan yaitu tentang bagaimana mengembangkan badan usaha milik desa bagaimana melakukan perencanaan dan pembangunan dan bagaimana melakukan pemberdayaan masyarakat jadi menjadi tanda tanya besar Kenapa kemudian abdesi atau

Kemudian apa forum kemarin menyampaikan itu dan kita juga TV bisa atau tim redaksi juga sedang berusaha untuk mengundang dari Kementerian desa untuk memberikan respon Lantas apa yang sedang berkembang Oke Kenapa bisa karena bank Asri alas belum bergabung atau belum bisa bergabung Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan rumah ini juga

Kepada teman-teman mungkin pendamping desa atau kepala desa atau perangkat desa yang ada di forum ini untuk bisa memberikan tanggapan atau memberikan responnya dalam posisi ini TV Desa sangat paham dengan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab pendamping desa dan bagaimana manfaat dan peran pendamping Desa Jadi kami melihat bahwa

Statement atau pernyataan dari apa teman-teman di simposium atau di agresi menurut Kami perlu Anda apa kejelasan atau penjelasan atau klarifikasi walaupun kita belum bisa mendapatkan kesempatan untuk klarifikasi langsung dari teman-teman di agresi tapi setidaknya kami sudah melakukan usaha untuk mengundang dan tanpa memberikan ruang untuk memberikan apa informasi atau memberikan penjelasan atas kesepakatan

Yang ada di simbol yang ingin memberikan tanggapan responnya silahkan present kita akan berikan kesempatan untuk kemudian memberikan pandangan atau pendapat atas rekomendasi yang kemudian kemarin apa terbit dari simposium karena memang menjadi menarik di simposium itu yang kita tangkap adalah bahwa memastikan untuk kemudian apa revisi undang-undang Desa ini

Dilakukan di tahun 2023 ini dan kemudian dari dari apa dari catatan Kalau tidak salah yang di bagian akhirnya nanti saya akan coba pastikan di informasinya di bagian airnya 8 Maret Kalau tidak salah akan melakukan aksi ke Jakarta dengan apa kekuatan yang cukup besar dan seterusnya jadi ini

Ini menjadi cukup apa menarik untuk kita cermati bersama Oh sudah present Kang Iman silahkan Ada yang ingin di tanggapi atau ingin direspon silakan terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh yang menarik adalah bahwa kita sebagai pendamping itu ada hal yang belum dimaksimalkan dalam sebuah komunikasi bahwa dalam pendampingan itu lokusnya sesuai dengan apa yang diamanat

Kita harus menebak jejaring itu yang paling menantang adalah bagaimana kita berkomunikasi dengan seluruh stakeholder yang ada di apa namanya di desa khususnya dan juga di Paparan pemerintah baik pemerintah Desa ataupun pemerintah daerah organisasi atau asosiasi itu kan memang harus kita silaturahmi yang mohon maaf kalau saya sendiri kayak di Banyumas itu ada silaturahmi

Juga ada lagi ke kolomnya BPD dan hari ini malah kami udah komunikasi dipersilahkan untuk dapat disiapkan waktu oleh apa namanya BPD untuk Kabupaten itu adalah menjadi bagian sebetulnya kita menyikapi sebuah tanah yang muncul sakit kalau kita mampu berkomunikasi dengan baik Insya Allah semuanya lancar-lancar aja bisa ngopinya ngopi kental tadi Terima kasih Pak

Oke oke terima kasih Saya ingin membacakan apa kesepakatan 5 poin kesepakatan yang sudah beredar di media bahwa simposium Ini menghasilkan kesepakatan satu mendukung dan menyepakati sepenuhnya 10% belanja negara melalui APBN setiap tahun dipergunakan untuk Alokasi Dana Desa atau pembangunan masyarakat desa dan dilaksanakan pada tahun 2024 ini ini

Juga menjadi catatan yang menarik karena di sini tertulis menyepakati atau mendukung 10% belanja negara melalui APBN setiap tahun dipergunakan untuk dana desa ini apa dana alokasi Desa karena dalam apa dalam undang-undang Desa memang penyebutannya adalah Dana Desa ini adalah dana dari hampa dari APBN ya bukan karena alokasi

Desa kalau dan alokasi Desa Sebenarnya ada dana dari desa apa dari APBN ditambah dengan bagi hasil yang diterima oleh Kabupaten kemudian seterusnya itu ada 10% dalam bentuk minimal 10% dalam bentuk add ini mungkin juga apa sepertinya kalau temen-temen peserta simposium itu ada di sini kita bisa mempertanyakan lebih dalam

Meminta kepada DPR dan pemerintah melakukan revisi pada tahun 2023 ini sudah bulan Februari akhir artinya apa sebentar lagi Maret artinya waktunya memang sangat singkat atau apa sangat terbatas ini juga menjadi catatan hampa melling Stone atau tahapan-tahapannya akan seperti apa kalau kita mendengar apa yang disampaikan oleh teman-teman fraksi yang menyatakan

Memberikan dukungan untuk revisi maka Kalau tidak salah di bulan maret ini nanti akan Anda perubahan apa untuk apa prolekenas program legislasi nasional yang tahun ini tidak masuk revisi undang-undang desa dan kemudian mungkin di bulan maret ini akan masuk apa perubahan itu kemudian yang ketiga meminta kepada Presiden melalui Menteri Dalam melaksanakan Pilkades serentak

2023 dan meminta Bupati Walikota agar melakukan proses Pilkada serentak guna menghindari politisasi ini juga kemarin kalau kita ikuti di simposium sebenarnya juga dan di forum TV Desa kita juga apa sudah menyampaikan agenda ini dan dari Kementerian Dalam Negeri sudah juga memberikan sinyal silahkan dilakukan Kalau tidak salah sebelum September atau sebelum November

2023 Kalau tidak salah seperti itu artinya ini urusannya sebenarnya adalah urusan di tingkat Bagaimana Bupati dan Walikota untuk apa kemampuan melakukan atau memberikan anggaran ketika kemudian akan dilakukan Pilkades di wilayahnya kemudian yang keempat ini tertulisnya adalah meminta kepada presiden untuk mengevaluasi kinerja dari pendamping desa yang dibentuk oleh Kementerian Desa karena dianggap

Pemborosan uang negara dan tidak efektif dan efisien keberadaannya dalam mendukung pembangunan desa yang berkembang adalah kemudian pemahaman untuk kemudian evaluasi ini dimaknai sebagai pembubaran Apakah memang seperti itu atau kemudian evaluasi kinerja ini karena temen-temen yang peserta simposium ini tidak paham proses evaluasi kinerja yang sudah berjalan ini juga menjadi Apa bagian

Yang menarik karena menurut menurut hemat menurut hemat kami bahwa dengan tertulis melakukan evaluasi kinerja dari pendamping Desa ini juga tidak berarti bahwa kemudian evaluasi terhadap pendamping Desa ini apa yang berkembang bahwa sepertinya terkesan bahwa permintaannya adalah evaluasi pendamping desa atau bahkan karena memang dalam proses impossium itu kita mendengar statement tentang apa kekurangan

Bermanfaatnya pendamping Desa maka kemudian yang berkembang adalah tentang bagaimana mengevaluasi keberadaan bukan mengevaluasi kinerja kemudian yang terakhir adalah bersepakat melakukan aksi bersama sebanyak 100.000 kepala desa BPD perangkat desa maka hari Rabu 8 Maret 2023 ini ini juga menjadi Apa bagian yang menarik bahwa ada satu proses akan

Ada aksi tanggal 8 Maret 2023 sebanyak 100.000 kepala desa BPD dan perangkat desa Kenapa ada Anda 100.000 kepala desa BPD dan perangkat desa mungkin ada juga yang kemudian mengatakan jumlah desa saja enggak segitu ya jumlah desa memang hanya 75.266 Desa tetapi bahwa di sini disebutkan kepala desa BPD dan perangkat

Desa jadi bisa jadi angka 100.000 itu adalah angka bukan dari 100.000 Desa tetapi 100.000 itu jumlah personil yang akan turun di 8 Maret kita akan mencoba ini Bang Asri sudah mengkonfirmasi sepertinya beliau terlambat bergabung dalam bapak sedang persiapan untuk bergabung di ruang ini kenapa Desa silakan kalau ada yang ingin gambar ingin memberikan

Respon tanggapannya kami persilahkan Terima kasih pakde ya ini menarik topiknya pagi ini cuma kita ingin melihat dari perspektif regulasi deh bahwa salah satu ya salah satu tantangan Kenapa kemudian pemahaman terhadap undang-undang Desa ini belum maksimal walaupun di usianya sudah 8 tahun ya seperti hari ini intinya bahwa undang-undang Desa itu kan sudah

Memberikan mandatory kepada pemerintah baik pemerintah pusat Pemerintah Daerah Kabupaten ya untuk mendampingi Desa melalui skema tenaga pendamping profesional itu bisa kita lihat bahwa 112 ayat 3 ayat 4 pemahaman ini sepertinya yang belum sama Jadi bagaimana Desa itu harus didampingi baik dalam proses perencanaan dan pemantauan sehingga pembangunan desanya

Itu bisa maksimal itu yang belum dirasakan atau mungkin yang belum optimal dilihat oleh sebagian teman tidak menutup mata bahwa banyak juga teman-teman TPP yang mungkin kurang maksimal tapi kita harus ingat gitu bahwa undang-undang Desa lalu Peraturan Pemerintah PP 43 PP 47 Peraturan Menteri memberikan amanat seperti itu pertanyaannya Bagaimana kemudian

Para pihak di luar pendamping Desa itu bisa bersinergi berkolaborasi itu bisa memaksimalkan tugas dan fungsi-fungsi pendampingan di desa terpikir kalau itu sama pemahaman di pendampingan Desa hari ini tidak merujuk kepada evaluasi terhadap institusi kalaupun ada oknum ya itu yang kemudian bisa kita bersamailah kita evaluasi Dimana titik kurang optimalnya dan dimana

Terima kasih Jadi mungkin lebih pada semangatnya adalah evaluasi kinerjanya bukan evaluasi institusinya atau keberadaan dari pendamping Desa saya saya sepakat ada bagian-bagian yang memang apa dari statement itu pun sebenarnya apakah memang kemudian yang didorong itu adalah mengevaluasi keberadaan atau mengevaluasi kinerja ini memang sesuatu hal yang berbeda oleh karenanya forum

Kita kita berikan kesempatan pada pagi hari ini kita mengundang mpo-nya karena majelis pertimbangan organisasi mungkin bisa memberikan apa gambaran atmosfernya itu seperti apa sebenarnya dan apa Saya sangat menyayangkan ketika kemudian reaksi terhadap apa statement ini kemudian tidak diikuti dengan Apa pertanyaan atau apa permintaan penjelasan kepada para pihak kira-kira seperti itu Jadi

Apa kita juga mungkin saya tidak perlu membacakan apa chatting-chatting kita yang ada di ruang ini karena ya sebenarnya sama hamba artinya sama sama-sama yuk kita introspeksi terhadap keberadaan apa teman-teman pendamping ini tetapi pada prinsipnya bahwa pendampingan menurut saya menjadi sangat penting perlu dilakukan dan profesionalitas teman-teman pendamping memang benar-benar dalam kapasitas yang

Seorang pendamping memang harus lebih paham daripada yang didampingi kan kira-kira seperti itu tinggal Bagaimana evaluasinya lebih pada proses peningkatan kapasitas dan satu resep seperti yang apa direspon oleh apa Kementerian Desa bahwa anda proses peningkatan kapasitas ada proses pembelajaran kepada teman-teman pendamping dan seterusnya ini mungkin yang kemudian apa belum tersiar dengan

Baik atau belum tersampaikan dengan baik kira-kira itu yang boleh saya tangkap dan kita masih mencoba menunggu Apakah Bank asli Anas bisa bergabung sebelum acara kita ini usai tapi silahkan kerabat desa yang apa yang temen-temen yang ada di apa ruang Zoom meeting ini untuk bisa memberikan respon tanggapannya sambil saya coba melihat

Apakah ada yang memang perlu kita bacakan apa chatting di zoom apa di YouTube kita bukan berdebat sebenarnya yang diperlukan adalah berdiskusi karena kalau berdebat ini mencari Siapa yang menang siapa yang salah nanti kalau berdiskusi ini lebih pada mencari solusi Sebenarnya ada permasalahan apa untuk kemudian kita perbincangkan silahkan

Sampai-sampai ini nama atau apa nih videonya ya nama siapa Dari mana boleh dari mana silahkan Selamat siang sampai-sampai namanya siapa Dari mana Bang Ya Perkenalkan nama saya sampai marga saya Silaban Oke dari Kabupaten Tapanuli Utara Saya seorang pendamping desa di Kecamatan Muara di mana Kecamatan Muara itu adalah satu

Tempat Kecamatan yang berada di pinggiran Danau Toba yang mau saya sampaikan pagi ini Bapak Ibu sekalian yang pertama saya merasa terkejut dan kecewa ketika kawan-kawan kepala desa menyampaikan lima kesepakatan dalam simposium yang digelar tanggal 19 kemarin bagi saya menarik di sini saya coba nggak tahu kita coba melihat yang mau

Disampaikan itu usulannya adalah untuk mengevaluasi atau mengevaluasi pendampingnya atau mengevaluasi persennya ini dua hal yang berbeda mengevaluasi pendampingnya atau kinerjanya mungkin ya ke satu hal yang mereka mungkin tidak pahami pendamping Desa itu ada karena di amanatkan oleh undang-undang desa itu sendiri itu yang pertama yang kedua keberadaan pendamping Desa sama sekali

Tidak ada mengganggu persoalan dana desa yang diberikan ke setiap desa itu yang kedua yang ketiga saya jadi muncul pemahaman bagi kepala desa yang hadir kemarin di simposium Apakah mereka meminta untuk keberadaan pendamping dihapuskan Apakah bagi mereka menakutkan pendamping karena apa pendamping yang saya pahami adalah mendampingi Desa itu dari proses

Perencanaan sampai eksekusi kegiatan kita memfasilitasi kita tidak ada mencampuri dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di desa tersebut kita memfasilitasi mengajari mereka menyampaikan kepada mereka bahwa aturan mainnya seperti ini karena apa tiap tahun itu kan berganti skala prioritas penggunaan dana desa dari tahun ke tahun itu berganti berbeda dia ada rujukan yang harus kita

Sampaikan yang dikeluarkan oleh permendes yang dikeluarkan oleh Permendagri maupun yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan ini kan harus kita sampaikan ini dengan baik di tengah-tengah masyarakat apalagi salah satu contoh pemahaman-pemahaman itu bisa berbeda dalam rangka menyalurkan bantuan langsung tunai itu berbeda-beda pemahamannya karena apa sama yang dikatakan oleh Pak Dirjen Kemarin

Saya tonton itu bahwa kepala desa itu terpilih dalam hal dia ke tokohnya dia belum paham administrasi Oleh karena itu keberadaan pendamping dibuat oleh undang-undang dihadirkan oleh pemerintah untuk mendampingi beliau jadi dalam hal ini apa yang mereka takutkan terhadap pendamping pendamping itu kan memberikan informasi Memberikan pengetahuan yang pasti kami pendamping memberikan informasi ilmu

Yang kami dapatkan sesuai kapasitas kami yang ditugaskan oleh undang-undang jadi artinya saya pribadi terkejut dengan bahasa itu akhirnya saya menarik suatu kesimpulan tujuannya abdisi dalam simposium itu adalah memperjuangkan hak mereka untuk memperpanjang masa jabatannya dari 56 tahun menjadi 9 tahun Kenapa muaranya jadi pendamping yang mau dikorbankan ya

Kalau mereka kalau mereka mau bicara tentang undang-undang desa tersebut bukan jadi pendamping yang dihantam tapi juga tidak menutupi bahwa persennya ya oknumnya pendamping ada yang tidak memahami kinerjanya Yah kami akui itu mungkin ada tetapi satu hari ini saya mau sampaikan bahwa keberadaan pendamping dari awal perencanaan sampai eksekusi kegiatan dalam rangka melakukan

Pembangunan di desa Sekali lagi saya sampaikan bahwa pendamping tidak ada memasuki sampai rata-rata kepentingan kepentingannya Kami adalah bagaimana terjadi pembangunan di desa itu lewat dana desa yang ditransfer atau yang diberikan ke desa tersebut itu aja kepentingan yang kami pendam kami tidak mau dibawa ke dalam giringan apapun Baik politik maupun yang lainnya

Jadi sekali lagi minta tolong ini kawan-kawan abdisi tolong dipahami tujuan mereka melakukan simposium itu apa kalau tujuannya mereka adalah Untuk menggiring soal perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun untuk 9 tahun tetap untuk dalam 3 kali periode berarti 27 tahun Ayo lakukan pertanyaannya ketika keluar rekomendasinya adalah evaluasi kinerja ya kalau secara

Tertulis kan di sana tertulisnya evaluasi kinerja sebagai pendamping sebenarnya menurut album apa bang sampai sendiri apakah memang sudah cukup efektif apa teman-teman dalam proses pendampingan Apakah memang semua pendamping artinya punya apa kemampuan kapasitas untuk melakukan pendampingan atau memang Ya memang perlu diakui ada perlu evaluasi terhadap menangkap kinerja ya bukan terhadap institusinya

Gimana nih Bang kalau Artinya kita sepakati bahwa evaluasi terhadap institusinya tidak ada masalah artinya tidak perlu dievaluasi institusi itu oke Tetapi kalau bicara evaluasi kinerja pendamping mungkin bisa saja dilakukan tetapi saya mau sampaikan mewakili referensiasi kawan-kawan pendamping yang pasti kami pendamping melakukan pendampingan dalam dalam pembangunan di desa itu bahannya

Artinya kami sudah kuasai apa yang kamu dalam hal ini yang tidak memahami atau menguasai Kementerian Desa kan selalu melakukan selalu melakukan upaya perbaikan di pendamping itu sendiri melalui peningkatan kapasitas mutu kami sebagai pendamping dalam mendampingi artinya kami pasti apa sudah diberikan kekuatan ilmu ataupun proses pendampingan Bagaimana menghadapi di desa salah satu

Contoh ketika terjadi perdebatan di tengah-tengah musyawarah misalnya dalam melakukan dalam melakukan perencanaan di desa ataupun penetapan apbdes di desa keberadaan pendamping itu sangat diperlukan sebagai apa penengah karena pemahaman-pemahaman masyarakat dalam bermusyawarah itu pasti berbeda-beda disitulah kehadiran pendamping sebagai penengah ataupun sebagai mendamaikan di pemahaman-pemanan masyarakat yang salah karena apa kebanyakan ini Pemerintah

Desa ini ketika menghadapi persoalan-persoalan tidak mampu jujur kita katakan kepada saya tidak mampu pemerintah Desa tidak mampu akhirnya itu kita lakukan agar ketertiban ataupun agar tujuan dari musyawarah itu terpenuhi jadi kembali lagi ini pribadi Pak kalau oknumnya artinya kalau kinerja terhadap kerja pendamping tanpa artinya secara profesional orang perorang

Anggota pendamping ya memang mestinya evaluasi kinerja pasti akan dilakukan oleh Kementerian desa di wilayah itu menurut apa menurut Abang mestinya Ya update tidak perlu masuk di wilayah internal itu kalau memang kemudian kita bicara ke apa agenda pendampingan kira-kira seperti itu ya bang sepakat Pak itu Oke kita akan mencoba menunggu apa

Menunggu kehadiran dari Bung Asri alas kita coba akan cek terima kasih bom sampai apa bang sampai untuk apa responnya dan kita menunggu kerabat desa yang lain yang ada di zoom meeting ini untuk bisa memberikan respon dan tanggapannya silahkan kita memberikan kesempatan ruang untuk kemudian silahkan apa kerabat Desa bisa memberikan pandangannya Oke silahkan

Silahkan bisa Open Mic oke saya Muhammad Fauzan dari Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB silahkan Ada yang ingin disampaikan Terima kasih Pakde terkait dengan isu yang kemarin sangat-hangatnya ini kita di pendamping kami pendamping desa Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur jadi terkait dengan isu dari hasil yang kemarin itu Bahwa

Untuk dibubarkannya pendamping ini sangat apa namanya Kami merasa tersinggung sekali di pendamping ini artinya kalau kalau mungkin sebelum diberikan responnya ya di catatan itu adalah lebih pada meminta melakukan evaluasi kinerja jadi apa ini memang kadang-kadang apa Splitter atau suara ini galak-galanya sampainya kurang pas gitu kan jadi alasannya seperti itu silahkan

Untuk evaluasi kinerja TPP ini pendamping memang sangat perlu dilakukan cuma kan prosesnya adalah ada sama Kementerian Desa jangan sampai updasi yang menilai kami seperti itu itu yang udah nggak terima Pakde jadi kan ada lembaga-lembaga yang terkait tentang pendamping Jadi Seharusnya update itu silahkan lah menuntut apa keilmuan ke inginan Keinginan mereka itu jangan

Sampai takutkan dengan pendamping Desa itu aja Pakde terkait dengan hal-hal yang lain Terima kasih jadi memang ini ini menjadi apa sebenarnya ada ada kesadaran dari teman-teman pendamping juga bahwa memang evaluasi kinerja itu harus gitu kan mungkin ketika bicara abdesi kemarin memberikan rekomendasi Kenapa kemudian kita perlu mengundang updasi supaya kita

Mendengar Sebenarnya ada apa gitu kan dan apa evaluasi kinerja di memang dilakukan secara internal oleh Kementerian Desa Tetapi kalau tidak salah juga ruang-ruang kalau kemarin disampaikan oleh Pak Dirjen Kalau tidak salah yang sempat hadir menyampaikan bahwa ruang-ruang untuk memberikan pengaduan mungkin kepala desa yang merasa Oh pendampingnya kurang efektif dan

Seterusnya sebenarnya ruang-ruang itu juga dibuka oleh Kementerian desa cuma memang ini yang menjadi menarik seperti yang tadi Kang Iman sampaikan komunikasinya ini seperti apa Apakah memang benar bisa tambah menyampaikan apa evaluasi terhadap pendamping yang ada di desa saya umpamanya Ketika saya seorang kepala desa prosedurnya Seperti apa ini Yang mungkin perlu apa lebih

Tampak lebih disosialisasikan secara masih sehingga kemudian keberadaan pendamping secara kinerja itu usernya juga mungkin bisa memberikan apa catatan bapak atau memberikan dukungan terhadap evaluasi kinerjanya Kang Dani silahkan Ada yang ingin masih menunggu Bang Asri Alas untuk bisa bergabung oke silakan ya terima kasih Pakde pengalaman saya pada saat sebelum

Ada undang-undang Desa itu kan ada program nasional pemberdayaan masyarakat Mandiri pedesaan dan undang-undang desa tidak terlepas dari proses itu nah yang jadi persoalan mungkin betul kalau evaluasi kinerja itu wajib dilakukan bukan berarti untuk membubarkan pion apa pendamping Desa namun pemahaman kepala desa sewaktu masih dalam program PNPM PD saja memang agak-agak berat juga

Tetapi ketika misalkan si pendampingnya memang beliau menjalankan sesuai dengan tupoksi saya pikir justru apa namanya hasil-hasil dari program tersebut masih bisa dirasakan sampai saat ini dan negara mungkin seperti itu apa namanya berharapnya kan seperti itu Jadi apa yang dilakukan oleh desa itu akan bermanfaatnya panjang tidak hanya

Bermanfaat satu dua atau tiga tahun saja nah yang jadi persoalan hari ini mungkin Begini saya sih lebih memisahkan begini ada pendamping lokal Desa ada pendamping Desa ada tenaga ahli pendamping Desa nah pemahaman kepala desa atau update dalam hal ini itu kan yang paling banyak itu mungkin dengan pendamping

Persoalan ini saya juga apa namanya di Kabupaten saya di Kuningan itu memang ada beberapa persoalan itu bukan di tingkat pendamping Desa sehingga mungkin pemahaman dari apa namanya walaupun kan sama Sebenarnya saya tetapi mereka mungkin membedakan pld PD dan pld yang mungkin selama ini kurang begitu maksimal sehingga ada beberapa

Apa namanya hasil rekrutmen tersebut yang menjadi persoalan Artinya bahwa pld yang direkrut itu tidak mengenali atau tidak ada di wilayah dampingannya atau bagaimana banyak hal sih Pakde ada yang seperti itu ada juga yang memang Punten yang saya lihat dan saya ada beberapa contoh kompetensinya berarti rekrut rekrut tenaga ini secara kompetensinya

Sehingga itu menjadi persoalan karena ada yang memang tidak tidak paham dulu Harusnya kan ketika kamu daftar pendamping itu kita harus tahu Apa tugas kita terus kemudian bagaimana kita seperti tadi Kang Iman Sebutkan Bagaimana komunikasi kita dengan seluruh stick holder yang ada di desa nah hal-hal tersebut itu apakah apa namanya

Seseorang itu kan kemampuannya beda-beda kalau misalkan pendiam saja sebagai pld ya mungkin itu yang yang bikin apa namanya kepala desa koperasi jadi saya sih lebih lebih ke proses recruitment yang memang apa namanya terus kemudian berkembang berkembang sehingga apa ini disinya aliran dalam tanda kutip untuk apa namanya muatan politik itu kan jadi berkembang

Liar ketika memang proses rekruitment ya itu tidak sesuai aktif pada saat waktu yang saya pengetahuan desa apa namanya saya pisahkan nih pld dan PD kalau PD itu memang rekrutmennya jelaslah saya juga paham dan saya juga tahu dan apa namanya kemampuannya itu memang lebih ke tingkat jadi persoalannya itu mungkin lebih ke

Mereka itu tidak paham lebih ke apa namanya pld itu sendiri jadi pendamping lokal yang satu orang itu pegang 4 Desa misalkan satu orang itu ada yang pegang dua desa itu itu sih sebenarnya kalau saya juga nggak nggak sepakat ketika pendamping itu dilubar apa enggak kebayang saya Nggak kebayang suksesi

Dana desa itu tidak akan apa ketika tidak ada yang mendampingi karena betul saya paham bahwa tidak semua kepala desa itu apa namanya mampu dan paham terkait dengan bagaimana regulasi undang-undang itu mengatur jadi ketika tidak ada yang mendampingi enggak kebayang lah oke oke terima kasih Kang Dani itu saja Oke terima kasih ini

Ini menjadi menarik bahwa kemudian nama Bagaimana kapasitas mereka yang diterima menjadi mungkin kalau Kang Dani lebih menyoroti karena yang bersentuhan langsung dengan teman-teman kepala desa itu adalah pendamping lokal Desa mungkin kapasitas dari temen-temen pendamping lokal Desa ini yang lebih Apa perlu dikuatkan atau secara proses rekrutmen ini memang sangat sangat

Amat sangat rigid atau sangat penting sekali apa personal ya kemampuan personalitynya ini apa menjadi catatan penting karena sebenarnya ketika keilmuannya belum cukup pun ketika personalitynya baik kemudian Dia punya semangat untuk belajarnya tinggi saya pikir ini juga apa menjadi bagian yang lebih memudahkan Oke Mas panudin silahkan Selamat pagi kawan-kawan lihat Desa juga

Kawan-kawan yang dari kepala desa atau perangkat desa Terima kasih Pakde Kebetulan saya juga pelaku dari Kecamatan dari [Musik] sampai ke pendampingnya Kemarin kami juga dan kami tidak tidak reaktif dalam konteks saya juga dari ketua majelisnya itu kami menunggu biar nanti Cetol juga Apa yang apa yang dikritik dikritik Devaluasi Kami

Sebenarnya dari saya pribadi dari segi selaku pendamping silahkan dikritik Tidak apa-apa tapi juga harus proporsional berarti sudah sampaikan bahwa kaitannya dengan regulasi betul kami waktu mau di istilahnya pengadilan PNPM ke undang-undang desa kami juga terlibat banyak juga gitu kaitannya ketika ya mungkin salah satunya untuk masuk ke pasal itu artinya perbuatan pasal

Yang yang perlu kejelasan tadi kaitannya dengan apa-apa saja yang mau di Saya kira memang beda kalau waktu pendamping PNPM itu terus terang ketika proses pencairan proses pencairan pendamping atau fasilitator itu ikut terlibat itu terlibat aktif kaitannya dengan penandatanganan kaitan pencairan sehingga istilahnya apa ya burgeningnya juga luar biasa Dan saya yakin rekan-rekan SBMPTN

Juga kuat karena disitu waktu itu ya sekarang dengan regulasi ini kami pun juga bagaimana biar katalah keberadaan pendamping ini juga tidak tidak istilahnya di apa ya di Anukan oleh Kades atau perangkat desa ini harus harus juga pintar-pintar mana kapasitas kemampuan kita selaku pendamping itu ini memang

Kami dari waktu awal juga agak mau agak merasa perbedaannya gitu dan saya kira tadi udah sampaikan oleh Mas Imam ya tadi kan sebenarnya kalau evaluasi dari ini kan berjenjang pasti PLT di PPDB kabupaten dan Sebenarnya tadi komunikasi ketika memang ada kawan kita yang langsung bersentuhan pld dengan Desa kurang maksimal Saya yakin akan

Menyampaikan ke PD entah perangkat desa yang Kepala desanya bahkan kalau tidak ini sampai ke tingkat kami pun juga menyadari ketika ada yang kawan kita yang kurang ya harus kita kuatkan kalau kita kuatkan kita kasih peningkatan kapasitas khusus titik-titik ketika memang ada hal yang sangat ya krusial ya kami turun turun langsung ke mungkin

Problematik apa yang katanya kami harus turun juga karena kalau tidak kita backup juga berat juga gitu kalau kaitannya dengan pendam kan saya yakin rekan-rekan yang jelas bagaimana tadi mengkomunikasikan kemudian antar jenjang tadi juga berjalan saya kira ya ketika tidak ada pendamping rekan-rekan perangkat desa dan Kades itu mencari apa-apa yang paling dekat paling

Dekat paling tidak ewoh jaraknya juga dalam konteks jarak mungkin kalau ke dinas kadang takut itu justru ke pendamping apapun lah di tempat kami itu apapun tidak hanya tupoksi dari Kementerian Desa Ya apapun persoalan di desa itu akan disampaikan baik itu kaitannya dengan aset kaitannya dengan sengketa Apa itu biasanya disampaikan justru di sinilah

Beliau-beliau ya dari perangkat desa ketika ada sesuatu yang dicari pendamping Desa dulu untuk bertanya untuk menjelaskan ini ini yang mungkin kita coba saya juga pengen Sebenarnya ada klarifikasi biar ketor nanti sehingga komunikasi dan kami tidak reaktif Saya takut kalau nanti ada kesannya diadu domba itu tadi saya malah

Dari asosiasi aja sini sama sini berbeda lah ini kami juga akan kami simak akan kami kira-kira Jangan sampai kita di adu domba dalam konteks menjelang Pemilu ini pakde Terima kasih Pakde Oke terima kasih ini memang salah satu bagian yang apa yang ingin kita lakukan dalam forum kita dibincang Perkasa adalah bagaimana

Kemudian klarifikasi Jadi sebenarnya forum ini lebih pada memberikan ruang untuk kemudian kita saling memperbincangkan atau saling mendiskusikan kira-kira kira-kira seperti itu jadi kerapan Desa enggak berasa ini sudah hampir Penghujung dan Sepertinya abang asli Anas ada kesulitan untuk bergabung kita akan coba atur waktu ulang supaya kita bisa mendengarkan secara langsung

Sebenarnya apa yang tertulis itu maknanya apa kan kira-kira seperti itu jadi kerapan Desa kita sama-sama ingin mendapatkan satu apa pemahaman atau satu apa informasi yang lebih utuh jangan kemudian kita apa seperti yang Mas panu disampaikan apa kemudian kita terpancing untuk kemudian apa emosi menyampaikan Lah emang inti siapa dan seterusnya ya bukan itu

Artinya ini bagian dari Ayo kita sama-sama hamba menguatkan niat semangat untuk Bagaimana kalau di TV Desa kita selalu sampaikan semangat untuk memuliakan desa-desa di Indonesia semangat untuk membawa Desa ini menjadi lebih berdaya lebih apa lebih punya kemampuan dan seterusnya kira-kira itu dan teman-teman pendamping menurut saya teman-teman keberadaan teman-teman ini adalah keberadaan yang

Memang ada di dalam amanat undang-undang Desa oleh karenanya Ketika nanti memang akan ada proses apa revisi undang-undang Desa sepertinya juga tidak ada salahnya untuk teman-teman juga ikut melakukan pengawalan prosesnya karena seperti kemarin itu terdengar di simposium Bagaimana Mas Sutoro Eko menyampaikan tentang proses ada konsul pendamping di dalam undang-undang Desa itu kita juga

Secara jelas tanpa bisa tangkap di sana bagaimana prosesnya artinya bukan itu ujung-ujug kemudian akar tetapi memang ada satu proses yang temennya mas panudi dan seterusnya ikut melakukan pengawalan proses undang-undang Desa sehingga amal yang tersampaikan kemarin di simposium itu kita bisa membaca dengan jelas dan tegas Bagaimana Kemudian Mas sebagai ketua Pansus menyampaikan

Coba di apa di komunikasikan dan diatur untuk ada pendamping di dalam Rasulullah undang-undang Desa ini proses politik ini proses apa regulasi ini proses apa penyusunan undang-undang yang harus kita pahami oleh karenanya Kenapa Desa Semoga besok kesempatan ada kesempatan untuk Bang Asri Anas bisa langsung hadir dalam kesempatan apa pagi berbincang dengan kita karena

Konfirmasi terakhir ini beliau agak agak kesulitan masuk sebentar saya coba cek apa komunikasi terakhir Kalau mungkin saya ingin dapat komentar di chatting kalau abang Asri masuk nanti oke oke nih kayaknya Bang Asri masih ada apa next time kita coba atur akan saya coba atur untuk besok apakah memungkinkan untuk beliau

Bergabung karena ternyata 7.30 beliau harus ada kegiatan yang lain dan ada kesulitan untuk bergabung di forum kita kali ini memang aktivitas kali ini menggunakan platform Apa maksudnya itu harus registrasi menggunakan interskill jadi ada beberapa yang agak kesulitan walaupun Sebenarnya ya cukup daftar cukup masuk sudah selesai nggak harus memberikan data

Nomor telepon juga bisa tapi apa kita pahami betul ada bagian-bagian yang ada kesulitan-kesulitan beberapa teman bergabung sampai di sini Kenapa Desa kita akan coba kembali mengatur forum kita dan saya juga sudah menyampaikan apa undangan atau apa informasi ke Pak Sekjen Kementerian Desa kalau ada waktu berkenan bergabung di bidang Perkasa untuk memberikan apa

Informasi atau memberikan tanggapan Kenapa kita perlu hamba mendengar juga dari Kementerian desa dan forum kita selalu kita buka kesempatan untuk teman-teman Kementerian Desa memberikan informasinya termasuk juga teman-teman Kementerian Dalam Negeri teman-teman kementerian keuangan Kami selalu terbuka untuk silakan forum ini menjadi media untuk kemudian apa berbagi atau memberikan informasi-informasi tentang kebijakan

Memang apa kita pahami betul bahwa beliau-beliau adalah orang-orang sibuk yang harus mengatur waktunya untuk bisa bergabung dengan kita mungkin sampai di sini sementara kerabat desa dan kita akan mencoba mengatur ulang teman-teman dari semoga mungkin ketuanya atau apa majelis pertimbangan organisasi bisa bergabung karena memang ini menjadi seperti saya

Menjadi inget ini mungkin Mas palodi juga apa sempat mengikuti Bagaimana proses pasca reformasi ini desakan selalu tanpa selalu ada catatan-catatannya undang-undang 22 memposisikan apa teman-teman BPD seperti DPR jadi peran antara BPD sama kepala desa undang-undang 32 memposisikan ada sekretaris desa itu PNS kemudian riuh juga di situ antara apa sekretaris desa

Berdasarkan perangkat desa dan undang-undang 6 2014 sepertinya menurut saya banyak terobosan yang luar biasa menarik yang kemudian setelah 9 tahun ini ada beberapa catatan yang kemudian ingin diharapkan ada revisi ya sah-sah saja akan ada apa usulan-usulan itu dan kita ikuti secara prosesnya Kenapa Desa terutama teman-teman pendamping Desa apabila

Memang ada proses untuk apa revisi undang-undang Desa masuk dalam proyek kelas Jangan sampai terlewatkan untuk melakukan pengawalan atau melakukan apa mengikuti secara Intens supaya pasal-pasal yang terkait dengan teman-teman pendamping ini benar-benar masih tetap ada dan keberadaan teman-teman pendamping memang kemudian tetap ada dalam proses pembangunan di desa sampai di sini Kenapa Desa salam

Bahagia kenapa bisa Indonesia Salam terima kasih [Musik] [Musik] [Musik] [Musik]

========
TV Desa adalah Tayangan Televisi yang mendedikasikan diri untuk siaran edukasi Desa dan Perdesaan Indonesia
Dengan slogan “Perekat Jatidiri Bangsa”. dalam semangat me MULIA kan Desa Desa Indonesia.
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Kerabat Pemirsa TV Desa, Apa pendapat Kerabat Pada tayangan TV Desa ?
Tulis di kolom komentar dengan cara ( Nama – Kabupaten/Kota – Pendapat Kerabat)
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Siaran TV Desa dapat disaksikan melalu Aplikasi GENFLIX https://genflix.co.id/
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
SUBSCRIBE:
TV Desa : https://www.youtube.com/mytvdesa
Radio DESA : https://www.youtube.com/user/PPRelawa…
TV Desa News : https://www.youtube.com/user/channeldesa
DESA Institute : https://www.youtube.com/desainstitute
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
SOCIAL MEDIA :
Twitter : https://twitter.com/mytvdesa
Instagram : https://www.instagram.com/mytvdesa/
Youtube : hhttps://www.youtube.com/mytvdesa
Facebook : https://web.facebook.com/mytvdesa
Tiktok : https://www.tiktok.com/@mytvdesa
Telegram : https://t.me/myTVDesa
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Contact : mytvdesa@gmail.com
WhatsApp : http://bit.ly/PemirsaTVDesa
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Hotline WA : https://wa.me/6288801317160
———————————————————————–
#mytvdesa #tvdesa #desa #Kemendesa #Kemendagri #desainstitute #desamerdeka #desaisme #desa #perdesaan #tvdesalokal
Sobat TV Desa, Info tentang #Ada #Apa #Dengan #APDESI #Minta #Evaluasi #Menteri #Desa #dan #Pendamping #Desa #Bincang #Perkasa ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:02:06 detik.


Begitulah sekilas tentang Ada Apa Dengan APDESI, Minta Evaluasi Menteri Desa dan Pendamping Desa? | Bincang Perkasa #127 yang telah dilihat oleh 3433 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Β© TV Desa 3726 | #Ada #Apa #Dengan #APDESI #Minta #Evaluasi #Menteri #Desa #dan #Pendamping #Desa #Bincang #Perkasa

Sekedar mengingatkan bahwa, Medsos Ltd adalah Media Sosial Terbaik Generasi XYZ yang Melayani, menerima, mengumpulkan, Mengelola, dan menyebarkan kabar berita terbaru, informasi terkini, Cara cari uang, Peluang Usaha, Bisnis gratis, teknologi digital, Perdagangan dan jasa, Bonus diskon promo hari ini serta solusi masalah untuk semua penghuni dunia di seluruh pelosok negeri.

Apabila Dirimu, penggemar setia TV Desa memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa tulis di website www.medsos.Ltd untuk mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas Medsos.Ltd. ini.
Punya Masalah Ada Apa Dengan APDESI, Minta Evaluasi Menteri Desa dan Pendamping Desa? | Bincang Perkasa #127 ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

berdayakan aparat desa, berikan pelatihan sesuai dengan tupoksinya masing masing, terlalu banyak anggaran yg bocor hanya u/ menggaji pendamping desa

justru disinilah kordinasi antara aparat desa dengan kecamatan, kecamatan dengan dinas BPMD

harus tersinergi.. INGAT… UU desa sudah berjalan 9 tahun lamanya masa desa harus di dampingi terus , sekali lg berdayakan aparat desa berikan pelatihan sesuai dengan tupoksinya masing masing

1 tahun ago

Suyardi PD KEC. tebas Kab. sambas

1 tahun ago

Pemerintah desa sekarang sudah pandai , tidak perlu DIDAMPINGI ..
PEMBOROSAN…

1 tahun ago

Menyimak siaran ulang

1 tahun ago

Ardillian Malok, TAPM Maluku Barat Daya, Hadir πŸ™πŸ™πŸ™

1 tahun ago

APDESI kumpulan kepala desa yang bingung. Tidak jelas alasan tuntutan masa jabatan 9 tahun dan mas jabatan perangkat desa sesuai dg kepala Desa. Kalau gak mampuh jadi kepala Desa apiki mundur saja sebagai kepala desa. Biar gak nglantur.

1 tahun ago

Sepakat dg saran masukan Mas Dani

1 tahun ago

Edwar Mansur TAPM Padang Pariaman Sumbar

1 tahun ago

Kepengen aja ketemu bapak…yang minta pendamping desa di bubarin…
Mau liat nyali nya ….apa bener dia laki laki

1 tahun ago

Bapak yang ngaku2 APDESI itu…suruh aja jadi Pendamping DESA… Kali jadi bubur dia😰

1 tahun ago

Entar ngancam² demo lagi 😁

1 tahun ago

Eh la yo, kabeh2 kok di senggol karo apdesi…. Bacut …

1 tahun ago

Pendamping desa tdk masalah sepanjang semangatnya sesuai UU Desa.. Yg harus dihindari adalah politisasi Pendamping Desa yg kelihatan beraviliasi ke partai tertentu… itulah yg kemudian sampai ada tuntutan menteri desa dituntut mundur oleh Apdesi

1 tahun ago

Pengin didemo po piye

1 tahun ago

pendamping desa bertugas mengawal dana desa, ibarat raja, maka dana desa tak akan hadir jika tak ada pengawalnya

1 tahun ago

redaksi yang APDESI bawa adalah Evaluasi Kinerja Pendamping Desa betul demikian pakdhe, hanya saja salah satu peserta simposium yaitu ketua APDESI dari Lombok Barat NTB mengatakan dengan jelas di depan forum dan terekam camera dengan terang dan jelas beliau berkata lantang bubarkan pendamping desa bukti rekamannya juga ada, nah ucapan beliau itulah yang membuat para pendamping desa tersinggung di tambah lagi beliau mengatakan bahwa desa yang membayar gajih pendamping desa, inikan makin lucu sepertinya beliau tidak paham regulasi dan mungkin tidak pernah baca UU Desa hanya modal berani lantang saja namun tanpa dasar hukum yang jelas. inilah yang membuat para Pendamping desa bereaksi keras,

1 tahun ago

Seharusnya Apdesi beruapaya bgmna Dana Desa lebih berdaya guna dg pengelollan sesuai lewenangan desa tepat waktu tepat sasaran. Apbdesi harusnya berupaya bgmn DD itu bisa disalurkan dr RKUN cuma 2 kali salur 70:30 shg pelaksanaan lbh optimal pelaksanaan . Coba kemendes Pendamping diberi kenangan dlm verifikasi pengajuan .. penatausahaan agar lebih optimal . Selama inibkan dilewati tdk terlalu penting..

1 tahun ago

Menyimak

1 tahun ago

untuk bergabung di live interaktif studio zoom.. klik disini : https://bit.ly/joininterskill

1 tahun ago

APDESI Kui sopo? Rakyat? Rakyat Sing endi? Perangkat Desa? Perangkat Desa sing endi? ojo-ojo Mung Urip 5 Tahunan…

1 tahun ago

TPP P3MD KECAMATAN BANJANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN, HADIR βœ‹βœ‹βœ‹

1 tahun ago

Apdesi lebih pada memikirkan bagaimana cara membubarkan para pendamping Desa.. Bukan memikirkan pada arah dan kebijakan dlm membuat struktural strategis agar Dana Desa cepat dan Tepat Sasaran.. Yah harus di akui klw seperti itu berarti hanya Pendamping Desa yg hanya berpikir hal itu buktinya Pendamping Desa tak pernah sibuk bagai mana cara menggulingkan APDESI.. Luar biasa luuur

1 tahun ago

Berkenaan dengan permintaan apdesi jelas tdk menginginkan keberadaan pendamping karena ada bahasa pemborosan keuangan negara.

1 tahun ago

APDESI kacang yg lupa kulitnya karena air susu di balas tuba, dulu ketika awal dana desa para kepala masih awam tentang pengelolaan dana desa sehingga mereka merasa butuh pendamping desa bahkan ada kepala desa merasa khawatir dana desa itu akan menjeratnya ke ranah hukum, saat ini mereka sudah mulai lihai mengelola dana desa sehingga mulai risih dengan keberadaan pendamping desa karena mengurangi peluang mereka untuk melakukan penggelapan dana desa

1 tahun ago

Semakin memperjelas posisi pendamping desa adalah ujung tombak dalam proses pendampingan dan fasilitasi pendataan, perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi di desa… Sehingga ada oknum yang ketakutan dalam hal peran serta pendamping desa…

1 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
Β program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/m1lr