Ngabuburit Pengawasan Partisipatif Tahun 2023 Episodeke-7

Bawaslu RI [ • ] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] air beriak tanda tak dalam air tenang seperti berlian Izinkan saya ucapkan salam untuk para hadirin sekalian Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Shalom salam sejahtera Om swaswatu nama budaya salam kebajikan selamat sore yang terhormat bapak kakak Suminta Sekjen komite independen pemantau Pemilu Selamat datang Ibukota provinsi Papua Tengah Kabupaten

Yang cuacanya susah ditebak sama dengan perasaan kami sore hari ini yang kami hormati pimpinan bahwa setiap provinsi Papua yang telah hadir dan sekaligus akan menjadi narasumber tersebut dengan penuh hormat Bapak Anugerah Bapak Ronald dan juga bapak dan yang kami hormati PLT Provinsi Papua Tengah dan seluruh jajaran yang telah mempersiapkan dengan

Sangat baik acara ini juga yang telah kami hormati dari Bawaslu Republik Indonesia Sekali lagi selamat datang di Kabupaten Nabire dan Yang pastinya hadirin sekalian yang sangat kami banggakan Terima kasih atas kesediaannya memenuhi undangan ini dalam acara ngabuburit pengawasan yang merupakan forum warga dalam ngabuburit pengawasan partisipatif 2023 senang sekali kita bisa bertemu dalam

Suatu suasana yang sangat penuh kekerabatan kekeluargaan dan pastinya dalam suasana penuh bahagia bagi saudara-saudara kami umat muslimin dan muslimat yang sedang menjalankan ibadah puasa doa dan harapan kami Bapak Ibu sekalian dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seluruh ibadah di bulan Ramadan yang suci ini diterima oleh Tuhan yang maha kuasa

Giat hari ini diikuti oleh beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Nabire izin kata kami diperkenalkan luar biasa sekali saya tadi sempat berbincang-bincang dengan dari Bawaslu RI Bapak Suminta memang bernama asli Kakak seninta ya jadi memang sudah jadi orang Papua ini Pak karena kalau di Papua orang panggil kakak

Jadi kalau Bapak Sumanto ketemu saya cukup pakai adik seperti itu Jadi Kakak perlu diketahui bersama bahwa yang hadir saat ini dalam acara ngabuburit ini adalah beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Nabire dan komunitas-komunitas ini merupakan komunitas-komunitas yang aktif dan selalu mendukung giat-giat bahwa seluruh kabupaten nabired dan juga Bawaslu

Provinsi Papua Tengah komunitas ini antara lain adalah kemudian hadir juga pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Nabire terima kasih kalau mau bilang ke butik membeli dasi ya dan cantik Terima kasih [Musik] kemudian ada Pemuda Muhammadiyah Nabire ada juga dari bahan ada gerakan Pemuda ansor Nabire Selamat datang pak kemudian gerakan mahasiswa Kristen Indonesia sementara

Dalam perjalanan komunitas motor Nabire kemudian ada kontak 2007 Pak 2007 ada juga komunitas peduli nabi ya dan yang tidak kalah kerennya ini Pak Forum Komunikasi Radio Republik Indonesia Nabire tolong yang dari Nabire ya Mbak yang berjilbab merah nih ada di depan baik Bawaslu dalam tugas-tugas pengawasan pastinya memerlukan dukungan dari

Masyarakat oleh sebab itu acara ngabuburit ini akan berisikan beberapa materi yang akan disampaikan oleh teman-teman Adriana Nama saya yang akan jadi [Musik] baik tidak membuang waktu lagi kita langsung saja ke ketiga narasumber yang sudah hadir Yang pastinya ketiga narasumber akan memperkenalkan diri masing-masing sebelum menyampaikan materinya yang pertama sudah saya Perkenalkan tadi adalah

Bapak kakak Suminta dari komite independen pemilu yang akan memberikan materi tentang otonomi baru masuk kita di Provinsi Papua Tengah kepada bapak kami persilahkan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] salam sejahtera buat kita semua [Musik] Salam sehat Selamat beribadah puasa buat saudara-saudari yang menunaikan ibadah puasa Terima kasih Bu moderator luar biasa moderatornya Kemudian teman-teman dari

Papua sebenarnya yang kalau buat saya tidak asing karena rata-rata hampir sama dari pusat semua kelompok Kalau awalnya tuh yang mahasiswanya Cipayung plusnya berapa Nggak tahu kemudian dari kelompok-kelompok agamaan kemudian kelompok-kelompok masyarakat dan memang itu yang saya pikir menjadikan kita Yakin apapun kesulitannya dengan kebersamaan Ronald Insyaallah kita akan bersama-sama

Saya kakak su minta namanya udah ketahuan acaranya ngabuburit Kalau acara ngabuburit itu buat teman-teman yang pernah di Bandung pernah di Jawa Barat orang Sunda mungkin juga orang Indonesia ya mempunyai dialektika yang apa sangat mirip dengan burit dengan birit itu beda di kalau burit itu magrib atau menjelang kalau wirid biasanya

Digabungkan dengan kayak kata ini apa semacam kata yang dibuat satu kesatuan sebutnya berat moderator karena di sini yang berkuasa moderator Iya gak boleh melebihi kekuasaan moderator independent pemantau pemilu di Indonesia kalau di Asia wakil ketua lembaga pemantau Asia atau Terima kasih Bu Baik terima kasih untuk perkenalannya selanjutnya langsung kepada

Narasumber yang berikut silakan Pak belum Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih [Musik] komunitas yang sudah hadir Perkenalkan nama saya anugrahkarta saya adalah anggota bahwa seluruh Provinsi Papua juga yang kebetulan oleh bawaslurit sementara sebagai pelaksana tugas Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh di [Musik] Perkenalkan nama saya Ronald manual saya juga diberikan mandat oleh Bawaslu Republik Indonesia sebagai

Koordinator wilayah Bawaslu Provinsi Papua Jadi kalau [Musik] dan Pada kesempatan ini [Musik] sebuah kehormatan bagi kami bisa disebut ini adalah bentuk dari semangat Bawaslu untuk menggerakkan semangat kita yang pastinya akan memberikan materi ataupun pencerahan pencerahan kepada kita perlu diketahui bersama Ririn sekalian bahwa kegiatan kita ini juga diikuti oleh

Bawaslu di seluruh Indonesia melalui ruang Zoom dan juga melalui disiarkan melalui media sosial Bawaslu RI jadi memang satu kebanggaan bagi kami Nabire boleh menjadi tuan rumah Semoga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dengan mengikuti seluruh rangkaian acara di sore hari ini baik kita langsung saja kepada narasumber kita yang pertama

Lanjut ya Bapak Ibu sekalian Waktunya pendek sebentar lagi ini sebenarnya udah Bukber kan buka bersama tapi kan ada larangan kebetulan kita bukan jabat kalau kita kan bukan pejabat kita organisasi masyarakat dalam waktu yang pendek kalau saya perhatikan yang bisa kita lakukan adalah bentuk silaturahmi itu adalah komunikasi yang paling tinggi dari semua komunitas

Misalnya tanpa mengurangi rasa hormat buat teman-teman yang di zoom itu nggak bisa mengikuti secara penuh yang namanya Zoom pasti yang disorot hanya sebagian yang lain nggak wajahnya mimiknya Seperti apa nggak ketahuan kadang-kadang dimatikan videonya Tidurlah pesertanya kan begitu ya alhamdulillah kita bisa silaturahmi dalam waktu yang pendek saya meyakini

Bahwa silaturahmi atau bertemu muka atau membangun persaudaraan ketika kita bersama-sama mungkin yang saya sampaikan tidak terlalu bagus yang saya sampaikan biasa-biasa saja tetapi dari hati yang dalam saya begitu mendengar Nabire buat Tengah maka saya berpikir ini penting bukan sekedar untuk Papua Tengah bukan sekedar untuk Nabire bukan sekedar untuk Papua pegunungan tahu Papua

Selatan tapi untuk Indonesia kenapa saya sering memikirkan cukup dalam tentang Papua hingga Saya punya kesimpulan Papua hanya bisa dibangun dengan cinta nggak tahu apakah kita sekarang dalam kondisi yang bersama-sama membangun Papua dengan cinta atau atau ada niat lain begitu ada niat lain kita tidak bisa membangun Papua ini tanpa mengurangi rasa hormat kepada

Seluruh bangsa Indonesia karena mozaik bangsa Indonesia satu Lalu kenapa kita di pemilu Pemilu itu adalah ruang ketika seluruh kepentingan rakyat seluruh Indonesia kalau sekarang mungkin hampir 200 juta pemilih yang akan hadir untuk memberikan suaranya ada satu hari bersama-sama selain Pilkada nanti Nah dari waktu yang satu hari ini akan melahirkan

Pemerintahan maka kita mulai masuk kalau ada bisa di langsung di kedua kalau Provinsi Papua Tengah peta pengawasan pemilu di Papua Tengah Provinsi Papua Tengah terdiri dari 8 Kabupaten teman-teman udah tahu semua 130 distrik 36 Kelurahan dan 1.172 kampung dengan penduduk tahun 2017 1.177.902 Apa artinya ini artinya

Kalau paling banyak TPS itu 300 dan di Papua tidak mungkin ratus aja ada yang tidak mencukupi satu daerah penduduknya hanya 50 orang Tetapi kalau untuk dipindah dia harus dalam kaki 15 kilo nggak mungkin gabungkan maka kemungkinannya ada sekitar kalau satu juta misalnya itu sekitar 10.000 TPS kalau kecil-kecil kalau paling kecilnya

5000 artinya ini adalah jumlah yang sangat besar dan ini menjadi tantangan tersendiri luasnya 61 juta 61.000 km2 kalau di Jakarta ini properti segini udah sangat mahal saya menempati kantor kelenturannya sendiri kantornya tanahnya itu 200 juta per meter persegi tanahnya belum bangunan tapi karena itu banyak yang pengen merdu

Kantor itu itu kantor yang tadinya diberikan oleh pemerintah kepada Njo tapi sekarang nampaknya ada proses hukum ingin direbut dari situ muncul lah Nah mohon maaf ya yang atasnya lagi regulasi bisa regulasi sebelumnya atau langsung nah apa regulasi Pak pertama di undang undang 7 2017 tidak diatur sama sekali

Nanti ada konsekuensi buat kita semua di undang-undang dop hanya menyebutkan bahwa ikut pemilu 2024 tidak lebih sehingga harus adil penyelenggara pemilu maka teman-teman kasih beban dalam tanda kutip karena memang Perpu tidak mengatur lebih jauh tentang pemilu di Republik tidak ada sangat hanya mengatakan bahwa DOB itu pemilu nah oleh karenanya perlu mengatur

Penutur ulang undang-undang PKPU perbawas dan seterusnya tetapi juga ada undang-undang Pemerintah Daerah yang harus diakomodir sementara ini kenyataan artinya kompartemen yang mendukung penyelenggara Pemilu baik tapi ilmu pengetahuan Bawaslu ini tidak kondisi yang pas kemudian Bawaslu Peru memberikan perhatian khusus oleh regulasi pengawasan Bob ini belum Pak ini akan sampaikan kepada pimpinan di Jakarta

[Musik] gangguan kegagalan untuk Pemilu ini mencari presiden grup Bapak Ibu sekalian karena kalau pemilunya [Musik] untuk menjadi Sekda di tingkat provinsi itu 1A itu siapa Dirjen itu PNS tertinggi sama dengan sekjennya KPU dan Bawaslu tingkatnya sudah tidak ada lagi yang lebih tinggi dari itu itu udah omjen tapi tidak punya Bintang orang

Yang belum memberikan dukungan sistem untuk pelaksanaan pengawasan pemilu 2004 misalnya gimana belum terpikirkan Bapak Ibu sekalian ini problem besar kemudian struktur dan kultur masyarakatnya berubah dari Kecamatan menjadi kabupaten kabupaten menjadi provinsi itu sangat cepat sekali diperlukan perubahan kultur berbeda tidak bisa ini baru awal nanti mungkin ada reorganisasi semuanya sekaligus tetapi kita

Perlahan-lahan tapi pasti kameranya ke arah mana kemudian soal data penduduk ini yang tadi saya bicarakan Indonesia ini bukan hanya Papua ya Indonesia itu mempunyai problem data penduduk sampai sekarang tahun 2019 kan ramai sekali sehingga ada DPT hasil pencermatan DPT hasil evaluasi dari pencernaan pencernaan jadi akhirnya ada DPT PHP kan beda konotasinya

Janjinya Bappenas yang diberikan kepada target pertama dia menargetkan KPU untuk bersama Bawaslu agar Pemilih datang 77,5% 75% terpenuhi 77,5% tapi ada target yang tidak sampai target apa Alhamdulillah ini Allah memberikan Tuhan memberikan sesuatu yang luar biasa ada target yang tidak selesai apa Data Penduduk rekaman penduduk selesai pada akhir tahun 2019 jadi

Data penduduk ini Kenapa kita penting ya penting Sebenarnya bukan sekedar untuk pemilu moderator lanjut atau aja dulu lanjut aja Oke Alhamdulillah atau kalau orang Sunda selalu ada bacaan Pak Mohon maaf pada saat dikasih berkata hujan pasti main baca sesuatu kalau orang Sunda karena itu berkat nah data penduduk ini

Penting Kenapa bukan sekedar untuk Pemilu tetapi untuk bagaimana data penduduk itu kita mengetahui persis Berapa petaninya Berapa pedagangnya Berapa pengusahanya hingga ekonominya maksimal Jadi bukan sekedar jumlahnya tetapi siapa alokasi dan sebagainya nah kemudian atau infocusnya masih ada Bisa nggak nih kemudian yang terakhir adalah koordinasi koordinasi pemilu yang disesuaikan dengan status Bob

Ada implementasi untuk pengawasan nanti bisa diambil itunya apa materialnya tapi saya yang paling utama soal lembaga dan struktur kedua soal peningkatan kapasitas personal ketiga Mitra dengan penegak hukum yang paling penting di atas semuanya adalah membangun konsolidasi dan koordinasi untuk pengawasan partisipatif jadi yang paling penting ini kehadiran bapak-bapak Ibu sekalian ini

Yang jauh lebih penting dari semuanya Kenapa karena pengawasan partisipatif rakyat dan pemilih adalah inti dari pemilu misalnya gini pada saat milih nyoblos itu kalau saya berpikir Siapa yang saya kenal misalnya presiden wahai bapak presiden saya titipkan Nabire keluarga saya selama 5 tahun di kebijakan anda pada saat masuk kita masuk ke TPS

Itu saya sehingga mau dibayar berapapun nggak ini doa-doa yang nama itunya adalah saya titipkan nah problemnya kadang-kadang orang tidak kenal calegnya siapa BPD nya siapa dari situ sehingga politik uang terjadi karena kita tidak menitipkan amanah itu untuk apa mana Nanti kalau jadi anggota dewan menjadi presiden dia harus

Membayar selama 5 tahun anak saya Sekolahnya gimana kesehatan saya dan keluarga gimana ekonomi kami di mana itu mereka harus menjawab tidak ribut sendiri nah ini gambar terakhir Pak gambarnya kayak kalau dimunculkan gambarnya kayak puzzle dalam demokrasi adalah kebebasan berbicara itu pasti kebebasan untuk berpendapat kebebasan untuk menentukan pilihan Tetapi ada satu

Pasal ketika ada dua apa dua bagian pertama adalah hukum tentang demokrasi undang-undang kedua adalah munculnya kultur dan nilai mana yang lebih penting memang biasanya yang bentuk hukum adalah kultur dan nilai kalau kita yakin bahwa Papua Tengah harus maju maka kita akan melakukan apapun begitu Tuhan nilai dibangunlah kulturnya sehingga kulturnya itu demokratis baru

Hukumnya itu bisa mewadahi sekarang kita sudah ada hukumnya tentu tidak ada hukum yang sempurna apa Ibu sekalian pasti ada celahnya oleh karenanya dan sambungannya itu tidak boleh benjot Pak kalau satunya ke atas satunya ke bawah pasti tidak bulat maka antara nilai kultur dengan hukum yang berjalan dengan program yang

Berjalan harus menjadi satu kesatuan ini yang paling penting jadi pesan-pesan kita hari ini adalah bahwa harus terjadi sinkronisasi antara apa yang ada dalam hati kita apa yang ada dalam Keinginan kita dengan apa yang menjadi aturan permainan dan kita laksanakan kalau di sini ya udah selesai Terima kasih banyak wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sekali lagi kita Berikan tepuk tangan untuk bapak kakak su minta sebagai narasumber kita yang pertama tentunya apa yang telah disampaikan oleh narasumber kita ini menimbulkan tanda tanya di hati peserta tetapi kita tahan-tahan dulu karena kita akan langsung mendengar pemaparan materi dari narasumber kita yang kedua yaitu bapak Anugrah

Bisa dengar kah Kalau dari sini ini mau dibilang Hujan Berkat juga iya tidak juga iya Baik bapak ibu Saya berdiri ya mengikuti apa tadi kakak harus meminta sudah banyak berbicara terkait dengan kerawanan bukan keperawanan keperawanan terkait dengan terkait dengan regulasi implementasi kemudian saya akan lanjutkan terkait dengan dari kerawanan

Dengan sampaikan tadi kira-kira dalam konteks pengawasan kira-kira Bagaimana strateginya ya bagaimana strateginya tetapi Sebelumnya saya akan mengawali dulu terkait dengan apa sih sebenarnya itu pengawasan mohon maaf banyak orang sampai hari ini dia mengatakan begini Bawaslu itu apa kemudian kerjanya bawa sulit itu apa yang diawasi itu Apa hasilnya apa

Itu masih banyak yang mengatakan seperti begitu bahkan mohon maaf ada sebagian juga penyelenggara teman-teman penyelenggara Pemilu mengatakan bahwa Yang Yang mau dijadikan hasil pengawasan itu apa oleh bahwa dan saya pikir perlu kita luruskan ya perlu kita awali dari apa sebenarnya pengawasan itu kalau definisi pengawasan sebenarnya di dalam peraturan Bawaslu Nomor 5 Tahun

2022 menyebutkan begini pengawasan itu adalah segala upaya untuk melakukan pencegahan segala upaya untuk melakukan pencegahan serta penindakan terhadap pelanggaran pemilu dan sengketa proses pemilu yang bertujuan untuk memastikan persiapan dan pelaksanaan Pemilu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan jadi dari definisi pengawasan ini ada tiga kata kunci sebenarnya yang pertama adalah pencegahan yang kedua adalah

Memastikan atau pengawasan kemudian yang ketiga adalah penindakan jadi dalam definisi pengawasan itu ada tiga kata kunci ada pencegahan ada memastikan dan juga ada penindakan kita mulai dari dalam konteks pencegahan pencegahan itu sebenarnya lebih pada deteksi dini yang dilakukan oleh Bawaslu deteksi dini mengantisipasi persoalan-persoalan yang kemungkinan akan terjadi di depan

Dalam konteks pencegahan ini sebenarnya bahwa seluruh sudah merilis yang namanya indeks kerawanan Pemilu ya Desember tahun kemarin di mana Indeks ini sebenarnya ini sudah ekp yang keberapa ya Sejak pertama kali dimunculkan tahun 2015 [Musik] untuk menyelamatkan si B kalau misalkan tentara itu tidak mungkin langsung Pak manus pergi ambil kunci

Motor langsung pergi ke hutan pergi cari Syiah dia kan harus terletak tentara itu kan dia harus syukur hutan itu luasnya berapa topografi wilayahnya bagaimana bentuknya kemudian ujungnya yang mana kemudian berapa pohonnya Apakah banyak gunungnya Apakah banyak sungainya supaya kalau misalkan tentara itu masuk di dalam hutan itu dan untuk mencapai

Target dia bisa mengetahui apa yang dihadapi di depan dia bisa tahu Oh di sini gunung di sini sungai yang ditarget yang sana sama halnya dengan konteks pencegahan ini dalam konteks pengawasan ini juga harus tahu apa sih sebenarnya yang mau diawasi kemudian yang diawasi itu potensi masalahnya apa ya begitu dalam konteks anda sekarang

Mohon maaf memang banyak yang mengatakan sedih seperti pertemuan kemarin ya Ada partai politik mengatakan bahwa dia tidak terima lah kalau misalkan Papua dibilang tensi politiknya tinggi tetapi faktanya mengatakan begitu faktanya demikian Begitu karena diindeks kerawanan Pemilu 2024 untuk Pemilu 2024 Papua tetap menduduki posisi tertinggi posisi tertinggi kategorinya

Merah jadi di mana ini sekarang Pemilu ini disusun berdasarkan data-data Pemilu Pemilu sebelumnya kemudian perkembangan terkini yang ada di Papua jadi kontennya seperti begitu Jadi kalau misalkan kita tidak terima saya pikir justru Ini sebenarnya Tantangan untuk kita bagaimana melihat Papua yang hari ini merah menurut Jakarta kita buat video menurut kita orang Papua

Bagaimana caranya saya pikir kita semua yang paham sebenarnya makanya kali ini Bawaslu mencoba untuk menggagas beberapa program-program prioritas yang salah satunya yang sekarang kita pertemuan ini adalah bentuk formula warga kita mau supaya semua hal-hal yang dilakukan dalam bawah dalam kaitannya dengan pengawasan partisipatif itu masyarakat ormas Oh Cafe itu bisa

Memahami apa tuh fungsinya Bawaslu apa yang dihadapi di pemilu ke depan dan bagaimana caranya kita mengawasi atau bagaimana caranya kita untuk mencegahnya itu konteksnya yang kita harapkan dari Bawaslu kemudian kalau kemudian kita lanjut ya dalam konteks strategi pengawasan sebenarnya kalau secara kelembagaan bahwasanya dari dulu dia menerapkan 4 ya

Pertama kita menentukan dulu yang namanya pemetaan karyawan karena pemetaan kerawanan ini sebagai pedoman untuk kita menentukan langkah-langkah pencegahannya seperti apa kota kerawanan kemudian pencegahan pengawasan dan terakhir penindakan tetapi sebenarnya kesuksesan bahwa menyelesaikan tugas-tugasnya itu sebenarnya dia diukur dari pencegahannya sebenarnya mohon maaf bukan diukur dari penindakan atau bukan diukur dari banyak sengketa yang

Ditangani tapi dari pencegahannya sebenarnya itu sebenarnya keberhasilan diukur dari situ kalau misalkan daerah pemilunya bisa berjalan aman lancar kemudian masyarakat semua Terima kemudian tidak laporan tidak ada tumbuhan itu sebenarnya dalam konteks dalam konteks strategi pengawasan tadi itu pertama tadi pemetaan potensial kemudian pencegahan dan pengawasan dalam konteks pencegahan itu dilakukan

Oleh dua langkah ya pertama printif dulu melakukan upaya prinsip upaya prinsip yang dilakukan oleh Bawaslu itu adalah pertama kita berusaha untuk menciptakan kondisi yang dapat mencegah terjadinya pelanggaran baik oleh peserta baik oleh masyarakat atau para pihak yang berpotensi menjadi aktor pelanggaran begitupun juga kita harus menciptakan kondisi Bagaimana cara supaya

Pelanggaran itu terjadi berkaitan dengan korban atau target kita harus memberikan apa menciptakan kondisi yang demikian rupa supaya para pihak ini itu bisa takut bisa kuatir saya kasih contoh misalkan orang kan selalu bilang kalau dalam pemilu Pilkada itu ada zombi bilang politik uang kah karangan Fajar kenapa kenapa barang itu selalu Setiap

Pemilu ada setiap Pilkada pertama itu karena kebutuhan Sebenarnya apa yang tidak mau uang tapi sebenarnya masyarakat yang menerima politik uang itu sebenarnya belum teredukasi dengan baik Kenapa belum teredukasi dengan baik dia belum diberikan pemahaman terkait dengan apa sangsinya kalau misalkan dapat tangkap baik yang kasih uang maupun yang terima uang

Kemudian belum lagi kita berbicara masalah dampaknya hanya 100.000 tapi 5 tahun Dia menderita mobil dipupuk juga susah mobilnya beras juga susah Nah dalam konteks premitif ini bahwasanya berusaha untuk masuk dari sisi ruang itu kemudian langkah yang kedua berkaitan dengan pencegahan adalah melakukan upaya preventif dimana upaya preventif ini berupa kegiatan-kegiatan

Yang dapat mendukung terjadinya situasi yang saya sampaikan di atas tadi ya jadi misalkan bahwa seluruh merangkul ormas-ormas misalkan Banser NU Muhammadiyah kemudian melibatkan pemerintah daerah melibatkan banyak pihak lah jadi dalam kaitan ini upaya-upaya itu bisa mendukung terciptanya kondisi yang membuat masyarakat itu bisa teredukasi dengan baik terutama dalam kaitannya dengan

Pelaksanaan tahapan Pemilu kemudian apa sanksinya kemudian ini hujan semakin keras kita bicara semakin kencang semakin keras juga kemudian dalam kaitannya dengan pencegahan memang ada beberapa program strategis yang sudah dikembangkan oleh Bawaslu salah satunya adalah pengawasan partisipatif di Bawaslu itu dia dalam konteks penguasaan program ya pertama sekolah kader pengawasan Pemilu ya kemudian

Forum warga seperti saat ini belum lagi banyak hal menjajakan kerjasama dengan lembaga lain Oh ini ada ternyata kemudian dalam konteks ini memang kita sangat berharap masyarakat untuk memaksimalkan kewenangan Bawaslu dari sisi perkembangan teknologi informasi kemudian media sosial sekarang itu dalam konteks pengawasan bahwa sekarang mengeluarkan aplikasi yang namanya

Jarimu awasi pemilu dalam konteks ini memudahkan komunitas-komoditas kemudian masyarakat ya untuk mendapatkan literasi edukasi pengetahuan terkait dengan perkembangan tahapan kemudian bisa menjadi ajang silaturahmi juga ya dengan pengawas Pemilu kemudian ada juga yang aplikasi sehingga pelapor ya Bang ya aplikasi Sigap lapor kalau selama ini orang kalau misalkan menemukan pelanggaran kan harus

Datang ke bawah suluto tapi sekarang itu dipermudah lagi sekarang Bahwa seluruh membuat aplikasi yang namanya aplikasi 3 pelapor dimana selain melapor bisa gimana aplikasi itu selain bisa menyampaikan laporan juga bisa mengetahui perkembangan laporan yang sudah disampaikan kepada Bawaslu ada lagi yang namanya sips artinya ini terkait dengan sengketa ya kalau

Misalkan kita mau memasukkan permainan kita kepada Bawaslu bisa melalui aplikasi IPS namanya jadi tidak perlu mendatangikan perbawaslu jadi ini adalah beberapa strategi-stra Tegi yang sebenarnya yang perlu dikembangkan dalam konteks kita di Papua sebenarnya kita sebenarnya dalam konteks pengawasan Saya pikir kita tidak boleh lupa landasan historis Papua itu ada dari dulu

Kita tahu betul bahwa di Papua ini sebenarnya ada tiga tungku ya Ada tiga tungku yang mendasari Papua ini ada adat agama dan juga pemerintah daerah apalagi pemekaran Papua ini kan tidak didasarkan pada wilayah administrasi tetapi berdasarkan wilayah adat anime untuk Papua Selatan Kemudian mempago untuk Papua Tengah Kemudian lavago untuk penggunaan Papua

Tokoh pegunungan sama juga dalam konteks pengawasan Saya pikir sama juga dengan KPU ya artinya dalam melaksanakan aktivitas atau kerja-kerja saya pikir melibatkan pemerintah daerah adat dan agama ini harus menjadi prioritas juga dan saya pikir ini saja dari saya ya untuk kita lanjut diskusi Ya sudah memaparkan materinya kita langsung saja nih

Sudah tahu kerawanannya strateginya udah disusun dan siap dijalankan dalam pengawasan kita langsung kepada bapak Ronaldo [Musik] ini ngabuburit paling keren karena kita menyatu dengan alam Ada laut ada hujan ada Guntur ada petir oke Kita sedang berada di dalam kondisi yang sangat spesial Kenapa saya katakan spesial di saat tahapan Pemilu dan pemilihan ini

Berjalan beririsan dengan daerah otonomi baru Nah untuk provinsi Papua sendiri daerah otonomi baru ini ada Provinsi Papua Tengah Provinsi Papua pegunungan Provinsi Papua Selatan dan karakteristik masing-masing Bob ini sangat unik kalau Selatan itu landai nah kemudian Bagaimana dengan Papua Tengah dan papua pegunungan itu potensi tantangannya itu sangat berat kompleksitasnya itu sangat tinggi

Dan bagaimana dengan kesiapan Bawaslu dalam melakukan pengawasan mau tidak mau Suka tidak suka Bawaslu harus siap melakukan pengawasan memang ada beberapa catatan kritis Kang Kakak tadi Kakak udah sampaikan bahwa kemudian dalam proses yang beririsan ini ada berbagai hal yang memang perlu kita serius sih sama-sama tadi kan kakak sudah melihat kerawanan-kerawanan

Dan Itu semua memang real contohnya kemudian kami Bawaslu Papua atau Bawaslu induk kami diberikan mandat untuk juga membantu tugas di 3D dan praktis kami harus melakukan pengawasan di provinsi tapi juga di 3D beban tugasnya bertambah beban kerjanya bertambah intensitasnya tinggi tetapi personilnya terbatas Ya kita-kita ini saja Itu tantangan tersendiri bagi kami jadi

Contoh Bang Anugerah ini sudah jarang lihat anak karena di Nabire satu minggu terus nanti jalan lagi keliling Kabupaten terus belum lagi ada pengawasan di induk maka kami memiliki tantangan tersendiri dalam situasi ini tetapi melakukan pengawasan nah bagaimana dengan kesiapan jajaran teman-teman di Bawaslu Kabupaten [Musik] khususnya di Provinsi Papua Tengah

Ini sudah mengambil sebuah langkah yang bagi saya cukup berani jadi beberapa waktu lalu kami menggagas sebuah inovasi pengawasan partisipatif di Provinsi Papua Tengah yaitu pencernaan gerakan pengawasan partisipatif dan kami coba mengkolaborasikan semua komponen di Provinsi Papua Tengah ini untuk bersama-sama melakukan pencegahan lewat pengawasan partisipatif tapi Kami coba mengangkat isu-isu lingkungan dan mengkolaborasikannya

Jadi beberapa waktu lalu bapak ibu kami dan sahabat bahwa Indonesia kami melakukan pencanangan sekaligus bersih-bersih pantai Maaf pantai Nabire Jadi kalau Bapak Ibu bisa lihat di sisi sebelah kalau menghadap laut sebelah kanan ya yang di bawah pohon ketapang itu kan ada daun-daun sampah yang bertumpuk-tumpuk yang mungkin berbulan-bulan dan rumput-rumput

Yang tidak untuk kami coba berkolaborasi dan kami bersihkan itu dan sekarang saya sudah lihat banyak warga duduk nongkrong di situ menikmati Allah itu salah satu strategi untuk menarik minat dari warga masyarakat untuk mau secara suka dan rela terlibat bersama dengan kami untuk berpartisipasi bukan hanya sebagai pemilih nanti tetapi berpartisipasi bersama dengan

Bawaslu untuk melakukan aktivitas-aktivitas pencegahan nah kolaborasi ini penting kita bangun dan tidak boleh kaku ya karena ini adalah upaya gotong royong dari semangat demokrasi yang harus kita wujudkan bersama-sama dan kali ini bahwasum mengambil peran penting karena kita di amanatkan oleh regulasi di undang-undang 7 juga ada untuk bagaimana kita memastikan semangat pengawasan

Partisipatif jadi kesiapan bahwa sudah melakukan pengawasan yang pertama itu kita coba membangun atau mengikat simpul-simpul pengawasan partisipatif dan sore hari ini dalam ngabuburit pengawasan adalah bentuk bagaimana kita mengikat simpul untuk semangat pengawasan partisipatif itu bisa apa ya bisa semangatnya itu bisa tertransfer ke berbagai komponen jadi kita semua sudah Bisa Memiliki gambaran

Bahwa Oh oke kalau Bawaslu bisa melakukan pencegahan atau pengawasan partisipatif dengan berbagai pola maka semua komunitas yang ada di provinsi DOB khususnya di Papua Tengah ini bisa mengambil peran ada anak-anak motor misalnya Oke kita bisa berkolaborasi dengan Bawaslu dulu saya pernah buat sang kakak di Papua 2019 kita dengan anak motor di

Jayapura itu kita cetak layar larangan dan sanksi lalu kemudian bersama anak-anak motor ini kita sebar jadi kita jalan kita sisir Dan kita punya spot-spot daerah yang titik ini yang suka rawan money politik terus kemudian rawan apa namanya mobilisasi massa Nah itu bersama anak-anak motor kita jalan terus kemudian kita membagikan layar-layar itu

Jadi larangan dan sanksi Nah itu mungkin bisa diterapkan di provinsi Bob karena Bapak Ibu sekalian dan sahabat Bawaslu bahwa DOB ini seperti tadi kan kata sampaikan dengan berbagai potensi kerawanannya ini bisa di pemilu akan timbul persoalan-persoalan baru atau persoalan-persoalan lain yang tidak perlu kalau kita tidak berkolaborasi jadi kompleksitas persoalan-persoalan ini

Dapat kita reduksi bahkan kita bisa hilangkan kalau kita bekerjanya mulai dari sekarang makanya kesiapan bahwa sudah melakukan tugas pengawasan di DOB ini yang kita dorong itu Bagaimana meningkatkan semangat Bupati dari semua komponen di masyarakat kita juga punya program bahwa mungkin Nabire nanti akan melakukan dalam waktu dekat kita punya program kepala suku Mitra

Bawaslu kepala suku ini bukan hanya kepala suku dalam tatanan adat di Papua saja tapi ketua paguyuban itu juga menjadi sasaran kami untuk bagaimana kita berkolaborasi ada program kontekstual seperti para-para Bawaslu bakar Bawaslu untuk daerah pegunungan program-program ini dalam melakukan tugas pengawasan kami dorong supaya itu menjadi bagian-bagian instrumen awal atau instrumen paling

Utama dalam kesiapan Bawaslu melakukan pengawasan di sisi itu kami tetap melakukan pengawasan apa namanya tahapan Jadi kemarin 3D ini ada pendaftaran dan verifikasi verifikasi faktual apa namanya sekarang ini sedang apa namanya proses coklat ya kemudian data dengan tantangan yang sangat untuk ekstrim saya boleh katakan karena ada tiga kabupaten yang praktis punya

Persoalan keamanan juga yang kemarin di distrik separo itu ada pilot salah satu maskapai di Sandra terus kemudian Intan Jaya Intan Jaya beberapa waktu lalu kemudian dari Bawaslu menyurati teman-teman KPU untuk memperhatikan proses apa namanya itu dilakukan di sugapa di Intan Jaya terus kemudian ada Kabupaten Puncak yang baru-baru kemarin ada kejadian penembakan ini

Dalam kesiapan bahwa Rasul melakukan pengawasan kami siap personil kami turun di daerah-daerah Konflik [Musik] ekstremnya sudah Pak ada personil Bawaslu yang melakukan aktivitas pengawasan atau Stay di demikian juga dan Puncak bahkan di puncak itu ada kondisi masyarakat yang perempuannya itu luar biasa buat dia perempuan tapi dia Stay di puncak

Untuk melakukan tugas-tugas pengawasan bagi kami di Papua ini kesiapan dalam melakukan tugas-tugas pengawasan kami pengawasan Pemilu kan sekedar apa namanya kesiapan normatif ya jadi kesiapan normatif itu kesiapan personil kesiapan tumpukan kesekretariatan kesiapan apa namanya kemampuan untuk menjalankan tugas baik pencegahan pengawasan dan penindakan Dan Kita tapi yang paling penting itu kesiapan mental

Karena kita harus berani dalam kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan persoalan keamanan persoalan iklim kayak sekarang ini kita lihat banyak teman-teman juga yang menjalankan tugas kemarin buat Diana mereka di daerah Pesisir Ini ombak tinggi di daerah-daerah pegunungan itu persoalan dengan apa namanya cuaca tapi kemudian itu tidak menghambat Bawaslu di DOB untuk siap melakukan

Pengawas manusia walaupun dalam tanda putih ada berbagai hal yang menjadi catatan yang bagi kami melihatnya ini tidak bisa bertumpu pada Bawaslu sendiri untuk bisa menyelesaikan ini tapi dia harus lintas lembaga jadi misalnya contoh persoalan keamanan tadi yang harapan kami ini bukan hanya dipikul oleh KPU dan Bawaslu di

Kabupaten saja di provinsi DOB saja tapi ini juga harus bisa kemudian menjadi masalah nasional lalu kemudian sama-sama baik itu mungkin Bawaslu KPU kemenkopolhukam Kementerian Dalam Negeri DPR RI bagaimana kita diskusikan ini dengan teknik Polri karena ini apa ya catatan-catatan ini setiap-siapnya Bawaslu lakukan tugas pengawasan ketika kita diperhadapkan

Dengan kondisi seperti ini itu sudah di luar batas kemampuan kami tetapi kemudian kalaupun kondisi-kondisi itu terjadi dan Bawaslu bersama teman-teman KPU tidak dapat melakukan tugas-tugas pengawasan dan penyelenggaraan pemilu dengan maksimal yang akan menjadi tumbal pasti KPU dan Bawaslu tapi pada faktanya ada kondisi yang sangat-sangat ekstrim sangat-sangat unik dan sangat-sangat tidak bisa

Dikendalikan oleh kita secara mandiri jadi itu merupakan catatan-catatan penting dalam kesiapan Bawaslu melakukan pengawasan di pob dan yang paling penting yang selalu saya garis bawahi itu persoalan tingkat kemahalan daerah kan kata ini selalu kami Suarakan karena setiapnya kita kalau duit kita nggak cukup buat kendaraan yang puluhan juta sewa pesawat yang 50 juta

170 juta satu kali Jalan charger pesawat dan tidak ada pesawat reguler untuk kita bisa ke sana saya siap-siapnya kita kalau kalau mobil ya bawa mobil Ferrari sekalipun kalau nggak ada bahan bakar sama olinya nggak bisa jalan itu jadi itu gambaran dari keluh kesah kami dalam kesiapan kami kami sudah siap

Mental pelajaran kami ini hebat-hebat mau laki-laki mau perempuannya semuanya jagoan Hanya persoalan-persoalan seperti yang tadi saya sudah ungkapkan di awal terutama tingkat kemahalan ini ini harus kita beresin Kemudian kami sadari ini bisa hanya dibawa susu saja tapi ini berkaitan juga dengan Kementerian Keuangan karena standar yang dipakai dalam pengelolaan

APBN ya seperti itu maka kita perlu dari teman-teman Kementerian Keuangan terus kemudian Bawaslu kita perlu membahasnya dan kemudian perlu didorong perlakuan khusus untuk DOB ini untuk dukungan sekretariatan dalam hari ini anggaran dengan tingkat kemahalan daerah ya kita semua sama tahu lah bahwa kemudian eee minimnya ketersediaan transportasi ketersediaan fasilitas terus kemudian

Mahalnya Apa namanya tadi kan kakak sempat singgung kalau mau beres semuanya beres demokrasi beres macem-macem ya Mulai dari ekonomi dulu gitu kalau ekonominya diberesin semuanya bisa beres saya setuju jadi memang Kompleks berbicara tentang kesiapan bahwa dalam melakukan tugas pengawasan pemilu di DOB sangat kompleks tapi kami tetap maju Aku

Yakin bahwa kami akan tetap melakukan yang terbaik bagi bangsa ini untuk demokrasi baik di tanah Papua di DOB bangsa kita untuk kita sama-sama bisa mencapai daerah negara yang adil makmur dan terima kasih Terima kasih berikan upload untuk ketiga narasumber yang sudah memaparkan materi di sore hari ini bapak ibu hadirin

Sekalian daerah otonomi baru sudah dibentuk Suka tidak suka Bawaslu dan seluruh jajaran harus siap untuk mengawasi seluruh tahapan dan juga mengenal apa saja yang menjadi kerawanan dan menyusun strategi serta melaksanakan tugas pengawasan pemaparan yang telah disampaikan oleh ketiga narasumber pastinya akan mendapat respon dari hadirin yang sudah siap untuk mengajukan pertanyaan

Kita akan buka cermin pertanyaan untuk sesi yang pertama ini kami berikan kesempatan kepada tiga penanya untuk mengajukan pertanyaan kepada ketiga narasumber silahkan angkat tangan Sebutkan nama dari komunitas mana dan pertanyaannya ditujukan kepada siapa silakan dan satu dari 2007 ya satu lagi Ada lagi satu lengkap rasanya kalau tidak dengar suara

Perempuan sore ini dan ternyata ada perempuan yang siap untuk bertanya silahkan untuk penanya yang pertama Selamat sore untuk kita semuanya dalam Sejahtera dalam mungkin saya Perkenalkan diri saya nama saya dari dan kalau namanya politik ini saya ini lahir dari kecil sampai hari ini Umur saya sekitar 35 tahun itu saya ada di

Dalam politik sudah di sini hari ini sangat luar biasa mana ditemani dengan hujan ya tapi tidak berbuat semangat kita komunitas dan Ormas yang ada kalian bapak-bapak asli mereka untuk kita bertemu mungkin yang saya matikan di sini adalah lebih dari daerah yang baru Namun kita sudah biasa ikut politik di daerah [Musik]

Saya rasa bangga namun saya rasa kesal juga banyak yang saran sekejalog Saya mau langsung kepada saya bulatkan dari ketiga langsung saja tentang pencegahan pada intinya pada intinya kami di Papua Tengah tidak menginginkan seperti daerah lain karena khusus Nabire saja selama beberapa tahun lalu karena aman-aman dan itu kerja kita semua yang ada di

Sini pertama adalah kita memberikan pemahaman tanggung jawab kita kepada keluarga kita masing-masing itu terpenting dan memang kita sudah lakukan kita di Papua Tengah khususnya Nabire cara berharap untuk yang daerah-daerah lain juga seperti begitu Kalau bisa nanti kepada hari kita buka secara apa besar ya mungkin kita buka supaya kita tahu sifat mereka kelakuan

Mereka terus tata cara mereka karena hari ini saya Nabire berbeda dengan daerah juga kabupaten yang lainnya saya lahir besar di sini tapi sebelum tentu tahu Mereka di sana tapi ketika saya tahu saya kumpul dengan mereka di sini Hari ini saya akan tahu sifat mereka begini karena saya orangnya tahu sedikit psikonya

Orangnya seperti Begini Nah ini menjadi menjadi patokan untuk kita kedepan dalam arti biar segala macam ini berjalan lancar kemudian saya minta saya berharap dari saya sendiri pribadi kalau bisa ke depan melihat potensi-potensi yang akan terjadi dalam arti begini kita seperti saya minta maaf saat di contoh kemarin

Kita yang saya sayang sekali ada terjadi permasalahan ini potensi masalah tapi tidak diselesaikan seperti tadi di pameo dan segala macam ini potensi tetapi kemarin masih lihat baik kami kan masih tahan masa dilakukan Malah kita yang lain sudah paham masyarakat sudah paham tapi yang dilakukan ini ini menjadi monitoring ya mungkin itu menjadi catatan

Lebih banyak yang sama sampaikan Tapi waktu kita terbatas Mungkin itu saja nanti teman-teman kami dari kompak semuanya jadi untuk kami kompak pada intinya komunitas kami kami tidak mau dalam politik tidak pernah satupun tidak pernah kebebasan silakan memilih siapa sih silakan tapi namanya komunitas Kami berbicara tentang apa yang

Kita ke depan itulah kita komunitas 07 tapi pemahaman memberikan pemahaman kepada masyarakat dan keluarga kita itu adalah tanggung jawab kita di pemerintahan Mungkin itu saja terima kasih dalam Ya baik terima kasih saya mungkin duduk saja saya tidak berdiri tadi apa yang sudah disampaikan oleh Tolong sebutkan nama yang sebelum itu

Saya mungkin Sebutkan nama dulu ya biar lebih dikenal karena mungkin saya orang yang paling Datang Terlambat saya Daniel page Saya dari pompa kosong tujuh komunitas pompa 07 Iya baik tadi apa yang sudah disampaikan oleh inarius Beliau lahir dari politik Sampai saat ini pun ada di politik kalau saya balikan dari itu

Saya orang yang pertama ikut kegiatan yang berbau politik saya tidak pernah terjun kerja rumus makanya tadi di sini Saya tadi melihat sekilas tentang live di depan itu kami di Papua ini tadi ada tabel-tabel itu kami di Papua ini 80% tidak salah Daerah apa itu tadi Daerah

Seperti itu yang tadi 80% Nah itu yang saya minta coba materinya bisa Ceritakan sedikit kenapa sampai Papua itu sampai 80% seperti itu seperti itu yang saya ingin minta untuk materi bisa Ceritakan sedikit terima kasih Terima kasih silakan penanya yang berikut baik selamat sore Iya Selamat sore Nama saya Chintya

Korowa Saya dari kompak 07 juga pertama mungkin saya rasa luar biasa sekali sore hari ini kita bisa duduk berkumpul apalagi ada pemateri dari yang luar biasa pemilu Sebenarnya tadi salah sama materinya masih kurang kok masih ingin dengar Lebih banyak lagi tapi karena waktu kita terbatas juga mungkin ada beberapa yang ingin saya

Tanyakan kepada bapak selaku pemantau Pemilu kita tahu bahwa Nabire ini Papua Tengah ini adalah salah satu iob ya daerah otonomi baru yang kalau kita lihat kalau saya perhatikan di PKPU untuk 2024 ini mungkin tidak terlalu banyak perubahan dari Pemilu Pemilu sebelumnya Kemungkinan besok ini kita hari ini karena DPT itupun kita belum tahu

Besok ini berapa Karena kemarin sempat yang mau saya tanyakan apakah Pemilu 2024 besok ada kemungkinan perbedaan dari Pemilu Pemilu sebelumnya berhubung kita ini DOB Papua Tengah apakah mungkin ada perbedaan kemudian apakah mungkin ada konflik-konflik yang perlu kita cegah mulai dari sekarang yang menyangkut dari dengan kita sebagai daerah otonomi baru

Itu yang pertama yang kedua yang kedua mungkin untuk bapak-bapak di Bawaslu baik provinsi maupun kabupaten yang musa tanyakan begini Ini pengalaman dari Pemilu Pemilu sebelumnya pernah kita masuk ke salah satu TPS di hari H mau mencoblos tapi kita tidak diperbolehkan masuk karena itps itu sudah diikat untuk satu kandidat

Tetapi ya kita tahu bahwa Kalau surat suara yang tahu itu surat suara yang sah itu kan harus dicoblos di daerah yang sudah ditentukan Apakah di fotonya atau di kotaknya begitu kan masyarakat kita ini pintar jadi kita kita apa yang terdapat di DPT itu tidak diperbolehkan masuk tetapi entah itu petugasnya Kak atau

Orang-orangnya yang orang-orang tertentu yang di dalam situ mereka tidak perbolehkan kita masuk tetapi mereka ikat untuk salah satu kandidat tetapi itu dicoblos pintarnya dicoblos sesuai dengan aturan begitu nah misalnya besok terjadi seperti itu Amin sebagai masyarakat yang mungkin besok melihat atau langsung terlibat di situ apa yang harus kami

Lakukan sebagai apa tahapan pencegahan Baik terima kasih baik Mari kita berikan Tepuk tangan untuk ketiga punahnya yang luar biasa para narasumber ketika penanya ini adalah orang-orang muda milik nabirel yang punya pemikiran-pemikiran kritis untuk membangun Nabire terlebih khusus Papua Tengah pada umumnya Ya baik kita langsung saja untuk penanya yang pertama

Ini harapan ya sebenarnya ya harapan dari pertanyaan pertama untuk kalau ada kegiatan Bawaslu lagi jangan cuma Nabire bisa undang juga 8 Kabupaten yang lain maaf untuk Kabupaten yang lain kemudian penyelenggara harus bisa jerih melihat potensi kerawanan yang terjadi dalam tahapan Pemilu [Musik] bertanya nih 87% Papua itu tingkat

Kerawanannya ya sangat tinggi ya Pak ya ini 80% kira-kira kenapa sampai begitu mungkin begitu Garis besarnya tapi juga kita mendapat apresiasi dari kompak 2007 melalui adik Sintia korowa untuk acara ini dan kira-kira Pencegahan untuk potensi konflik karena DOB dan Apakah ada perbedaan Nanti pada saat Pemilu 2024 dengan pemilu yang sudah pernah

Kita lalui karena status DOB ini kemudian Bagaimana peran serta masyarakat untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada hari pencoblosan Mungkin gitu Garis besarnya kita langsung saja kepada pemerintah untuk boleh memberikan pencerahan buat para penanya dan juga nanti akan dilanjutkan oleh kedua narasumber yang lain Terima kasih Ibu Tepuk tangan untuk pertanyaan yang luar biasa

Saya akhirnya mulai dari menjawab pertanyaan ketiga Ibu Sintia tapi nanti nyambung ke Pak Daniel dan ginarius ya pertanyaannya menarik Pak Daniel memprotes Kenapa Papua mendapatkan predikat kerawanan yang tinggi akhirnya berpikir jangan-jangan ini cara orang Jakarta melihat begitu ke sini Saya melihat hal yang berbeda ada sebuah kondisi di mana ya minimal

Yang saya lihat saat ini dan saya agak sering bolak-balik ada kearifan lokal yang hadir di situ yang nampaknya tidak selalu sama dengan cara pandang orang-orang elit di Jakarta Jadi kalau saya perhatikan Apa itu yakni ada keinginan seperti radius itu berbeda [Musik] politik tapi dua-duanya sama menginginkan hal yang terbaik untuk

Nabire untuk Papua Tengah lalu bertanya kenapa sampai sekarang tidak baik misalnya dari angka-angka itu kalau saya perhatikan pertama cara orang Jakarta melihat daerah bukan hanya Papua kedua ini yang bertarung orang pusat sebenarnya yang nantinya duduk di Senayan cita-cita tetap di sini saudara-saudara tetap di sini yang berantem itu Senayan tetapi kemudian

Benturannya itu kemudian penetrasinya masuk ke saudara-saudara kita sehingga kalau dilihat dari Jakarta seakan-akan rawan kalau saya melihat terus dikoreksi Bang harus dikoreksi ada cara pandang tidak boleh seragam Walaupun memang ada yang universal tidak boleh seragam cara pandang kita tentang berdemokrasi berdemokrasi memang membuat kita berbeda-beda tetapi dari perbedaan itu justru menghasilkan

Mosaic yang indah jadi kalau kita di sini melihat di tempat lain kok itu salah mungkin menurut mereka sebenarnya tidak salah orang Jakarta melihat sini Oh itu salah Mungkin sebenarnya tidak tinggal Tara dan pendekatan ini soal approach kalau saya katakan tadi pendekatannya kenapa dari ibu Sintia kalau saya perhatikan

Pkpunya tidak berubah apa yang berubah ada yang menarik begitu mengatakan saya tadi pengen ngomong banyak tapi Waktunya pendek apa yang berubah yang berubah pertama Indonesia demokrasinya menurun Bapak Ibu sekalian ini seru keseluruhan Kenapa karena para politisi makin pandai memanfaatkan celah undang-undang misalnya sekarang tempat ibadah dijadikan tempat ngumpul karena tidak bisa dihukum

Yang lain bisa ikut bagi-bagi uang di dalam di luar kampanye tidak bisa dihukum para politisi makin pandai mencari celah sehingga yang harus dicegah adalah pusing dia Bagaimana penyelenggara Pemilu tetap berdiri independen itu yang harus dijaga caranya adalah temani Mereka jangan sampai para penyelenggara Pemilu itu kesepian bukan hanya di iming-imi kadang-kadang diancam

Saya menyaksikan sendiri mohon maaf berdiri itu bicaranya gini Kamu mau uang atau mau nggak selamat ini pertarungan muda ancamannya seperti itu itu dan itu hanya bisa dicegah kalau dibersamahi oleh masyarakat kalau bersama masyarakat Saya harap yang tadi nanti dicegah oleh Pak Rona dan kawan-kawan tidak terjadi lagi artinya

Kan ada cara memilih di Papua yang berbeda dengan daerah lain tetapi tetap harus dilakukan berdasarkan musyawarah artinya setiap suara kemudian tentang Kenapa rawan itu soal cara pandang soal penilaian Yuk kita buat mungkin pada saat membuat ikp nanti Papua terlibat cukup banyak kalau kita perhatikan ini penting menjadi perhatian

Kita bahwa yang akan jadi DPD jadinya cuman 8 sekarang menjadi 48 yang menjadi DPD mudah-mudahan ini menjadi hal terbaik kalau saya dengarkan dari mulai dalil sampai Bu Sintia seharusnya calon-calon yang terpilih dari Papua ini pemikirannya sama dengan semangat 407 pemikirannya mencintai daerahnya dengan sungguh-sungguh tidak begitu ke Jakarta

Menjadi berubah Jakarta itu bisa merubah orang Bapak Ibu sekalian sering-sering ke Jakarta kadang-kadang berubah mudah-mudahan tidak banyak yang berubah nah kemudian soal pertama saya sepakat penting tentang keluarga penting banyak teman yang diajak sini di 7 Kabupaten lainnya kemudian memperhatikan potensi akibat penyelenggara yang dinilai tidak sesuai dengan aturan caranya sama

Temani penyelenggara Pemilu temani KPU ya minimal 407 cukup intens pemilik sekarang udah berapa ya nggak usah banyak-banyak kalau 2000 kan orangnya takut Pak tiga orang lima orang gitu kan Pas 07 banyak anggotanya tetapi jangan karena kita pengen banyak apa pengen yakin kita bawa 2000 nanti yang di kantor pada takut tanya berapa

Jumlahnya Betul nggak kesulitannya Apa kita bantu Kalau ada tekanan dari siapapun yang akan merusak pemilu maka yang menjaga adalah rakyatnya nah ini ada catatan saya lalu kalau pilihannya antara ekonomi dan demokrasi apa yang dipilih ekonominya belum maju pendidikan belum maju berapa kebutuhan ekonomi untuk berdemokrasi dengan baik dalam riset

2011 itu 10.000 dolar per tahun perkapita artinya angkanya sekitar 150 juta per kita per tahun artinya setiap orang mendapatkan 12 juta perbulan kalau anaknya dua ibunya dua ibu bapaknya dua maka empat kali kan banyak yang nggak Sampai segitu kita kedua pendidikannya minimal SLTA kita baru SMP pun belum lulus

Apakah kita harus berhenti untuk berdemokrasi tidak justru demokrasi tetap harus dititipkan dalam setiap pikiran dan perasaan anak-anak kita setiap anak-anak muda kalau saya perhatikan dari Bung Daniel dan kawan-kawan usianya masih muda-muda Saya berharap dengan dop ini justru kita tidak mengeluh justru ini menjadi tantangan ada 48 anggota DPD kemudian setiap kabupaten kota

Minimal 3 kemudian provinsi juga ada minimalnya sehingga nanti di DPR MPR jumlah dari Papua cukup banyak ini harus menjadikan orang-orang yang kita pilih tidak berubah di Jakarta tetap menjadi orang Papua tetap dengan berpikiran orang Papua dengan pemikiran orang Nabire yang saya lihat dan saya dengarkan langsung ini saya terluh

Banget begitu inginnya daerahnya maju begitu inginnya masyarakatnya maju tapi banyak halangan sehingga dengan banyaknya wakil dan kawan-kawan mudah-mudahan ini mewakili kita tidak mewakili yang lain caranya lama tambangi kalau ada rumahnya di sini kasih tahu kebutuhan masyarakat apa jalan masih belum tembus Semua daerah ekonomi masih bermasalah anak-anak sekolah kita masih banyak

Hambatan tadi ngobrol harusnya di setiap minimal Kabupaten ada kampus di provinsi ada kampus yang bagus ini penting dan pemerintah pusat harus ngasih kenapa kalau mereka ingin memberikan yang terbaik untuk daerahnya yang paling utama adalah pendidikannya nanti naik sendiri ekonominya apalagi kalau dua-duanya saya pikir saya sepakat dengan Bapak Ibu sekalian terima kasih

Banyak saya kembalikan pada moderator mohon maaf agak banyak tadi betul saya ingin ngomong banyak tapi Baik saya menanggapi dulu dari Daniel tadi ya dengan Kenapa Papua 80% tadi dalam pemaparan saya saya bilang bahwa Bawaslu itu dalam merilis apa berdasarkan data-data pemilu-kumil dan Pilkada Pilkada sebelumnya jadi bukan di karang-karang sebenarnya dalam

Kaitannya kenapa sampai Papua ada di angka 80% itu berkaitan dengan dimensi konteks sosial dan politik ada Tiga dimensinya yang pertama keamanan yang kedua penyelenggaraan pemilu penyelenggara Pemilu ya yang ketiga penyelenggara negara Kenapa keamanan Papua tinggi ya kita pahami sama-sama Bagaimana keadaan Papua hari ini ya kan belum kita berbicara masalah

Gangguan keamanan belum lagi kita berbicara masalah konteks Pemilu nanti dalam konteks Pemilu kita bisa bayangkan tidak ada Pemilu saja terkadang kalau ada gangguan keamanan kadang Papua ini ada penambahan pasukan dari luar Bagaimana nanti kalau misalkan kita bayangkan Pemilu serentak 2024 dilaksanakan di waktu dan tempat yang sama di seluruh Indonesia apakah masih

Memungkinkan ada penambahan pasukan dari luar sedangkan mereka juga fokus untuk menjaga daerahnya sendiri Kemudian yang kedua dalam kaitannya dengan penyelenggara Pemilu kita tidak bisa tutup mata Bagaimana kiprah penyelenggara Pemilu kita di Papua tadi Bank Indonesia sempat menyinggung Bagaimana apa problem yang terjadi di Pilkada Nabire 2020 kita tidak bisa

Tutup mata dan itu menjadi ukuran juga dalam penyusunan ikp ini dimana yang harusnya Bawaslu sudah dikasih busur dan panah untuk Jubi tapi dia masih tahan-tahan lagi Padahal target sudah ada di depan ibaratnya seperti begitu Jadi kemudian apalagi bisa dibuktikan dari data dkpp berapa penyelenggara pemilu di Papua yang sudah kena pemberhentian

Tetap yang kena teguran keras sudah banyak belum lagi kita berbicara sekarang di akhir 2022 kemarin banggakan itu Papua itu mendapat menempati posisi tertinggi pengaduan ke dkpp Di Akhir Tahun 2022 kemarin ya [Musik] ada semacam Apakah kebiasaan atau gimana dalam setiap Pemilu itu hampir selalu sampai MK Papua itu saya pikir Harusnya

Kita mulai belajar untuk menyelesaikan di sini terima kasih kemudian dimensi yang ketiga dalam kaitannya dengan penyelenggaraan negara kita tidak bisa Menutup Mata Bagaimana keterlibatan penyelenggaraan negara dalam pelaksanaan Pemilu netralitas ini terkadang kita masih ragukan belum lagi kita bicara ayahnya belum lagi kita berbicara masalah ketahanan yang maju atau kepala daerah mengintervensi

Jadi data ikp ini sebenarnya tidak dibuat-buat tapi berdasarkan data dan bukti yang juga bersumber dari provinsi dan juga Kabupaten jadi seperti begitu Jadi kalau misalkan ditanya kenapa Popo merah Justru itu menjadi tantangan kita semua di Papua kalau misalkan kita mau terpaku dengan angka Apa warna merah itu ya semuanya menjadi tantangan kita untuk

Membuat merah jadi hijau jadi ini tantangan kita semua bukan hanya tangan penyelenggara Pemilu ya tapi tantangan semua pihak kemudian saya tambahkan oleh terkait dengan pengalaman di TPS sebenarnya kalau misalkan ada persoalan seperti yang disebutkan tadi saya pikir sebenarnya tidak boleh didiamkan hari itu hari itu harusnya disampaikan sebenarnya

Bisa disampaikan ke pangas TPS kalau misalkan pengawas TPS nya diragukan langsung datangi kantor Bawaslu kabupatennya sebenarnya begitu tetapi untuk Pemilu 2024 Bawaslu mengembangkan lagi yang namanya saya pilih tadi aplikasi Sigap lapor itu artinya paling tidak ini memberikan kemudahan-kemudahan bagi kita semua untuk melapor secara cepat kalau misalkan ada pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di TPS

Baik terima kasih Ini sudah mau buka ini [Musik] [Tertawa] Baik saya jawab Kang Kakak dulu tadi berkaitan dengan kalau bisa kita selesaikan jangan sampai kirimkan jadi yang membuat Kenapa tadi Bang Anugerah singgung dkpp tinggi selalu kmk orang Papua itu pencari keadilan dan kebenaran jadi sampai kapanpun kalau dia rasa Ada

Kebenaran yang putar balikkan nyawa pun dia bisa taruh maka Kenapa saya Gagas program kontekstual kepala suku Mitra Bawaslu dan kemudian maksudnya adalah bagaimana kemudian Bawaslu ini harus menjadi Leading sektor untuk mencerdaskan rakyat jadi beban tugas kita itu sebenarnya bukan sebatas melakukan pengawasan pencegahan terhadap tahapan teknis pemilu dan pemilihan saja

Tapi beban berat Kita sebenarnya di saat non tahapan bahwa suku penyelenggara yang sangat apa eksklusif gitu jadi dia bukan hanya penting pada saat tahapan justru bahwa itu sangat penting pada saat tidak ada tahapan di non tahapan itu bahwa Rasul bekerja untuk melakukan pencegahan sosial sosialisasi menanamkan nilai-nilai nah ini yang mahal ini menanamkan

Nilai-nilai sehingga kita semua yang dalam berkedip demokrasi ini punya value Tidak sembarangan dan sembarangan saya langsung menjawab memberikan contoh dari apa yang Siska harapkan tadi bahwa kondisi itu terjadi karena di Papua ini ada beririsan antara sistem noken dan sistem nasional atau di sini membuat ketika ada yang sedang berada di ruang abu-abu dalam

Tanda kutip memberikan jaminan kepada mungkin calon atau Tim Sukses Sudahlah nanti di situ saya bikin kita ikat gitu padahal sebenarnya di Nabire ini kan tidak ada ikat atau sistem noken sistem nasional tapi kenapa Itu terjadi karena kita beririsan dengan di Papua dan di Bob ini khususnya kita beririsan dengan

Dua sistem maka tanggung jawab Bawaslu tanggung jawab kompak dan tanggung jawab kita semua yang hadir ini memberikan pemahaman kepada masyarakat tapi pertanyaannya Bagaimana kalau itu terjadi yang tadi sudah Disinggung laporan karena saya sudah pernah punya pengalaman saya panas Kabupaten Jayapura itu baru TPS yang di blokade lalu kemudian mereka ikat mereka coblos di

Kabupaten Jayapura pengalaman saya dulu mereka mereka pegang parang tombak siapa mau datang semua dihalangi saya tangkap orang itu saya proses hukum dan penjarakan jadi jadi pengawas Pemilu itu kita pertarungan nyawa saya waktu Kabupaten Jayapura itu rumah saya dijaga 5 bulan itu 24 jam oleh aparat siang dan malam karena resistensi politik yang kemudian

Nyawa saya menjadi taruhan Apakah saya mundur tidak karena kita perlu orang-orang berani di Bawaslu begitu yang saya tangkap itu apa namanya yang apa namanya jadi joki ratusan orang kalau hari itu semua kita proses hukum Kakak LP itu penuh dengan orang-orang yang kita pidanakan dalam pidana pemimpin tapi kemudian kita hanya mengambil

Otak-otak di balik pelanggaran-pelanggaran itu artinya bahwa ini serius Kenapa saya katakan serius menjawab harapan dari saudara Daniel tadi justru saya menantangnya untuk tangan berdiam dalam posisi ini dengan semangat dan dengan harapan yang tadi kan kakak sudah sampaikan Anda masuk dalam sistem baik di penyelenggara Bawaslu KPU atau mau masuk dalam partai politik itu

Penting karena kita butuh banyak generasi muda dengan semangat baru dengan gagasan baru dengan idealisme tinggi untuk masuk di dalam sistem karena sistem ini kalau kemudian orang-orang baik tidak merebutnya maka orang-orang jahat akan merampasnya ini menjadi pertaruhan kita bagi masa depan berbangsa dan bernegara dan khususnya DOB bahwa kemudian Bagaimana sekarang ini

Kita Letakkan dasar-dasar demokrasi yang benar Ini kesempatan emas mumpung sekarang dia menjadi provinsi baru mulailah kita membangun sesuatu dengan dasar yang kokoh Nabire ini kan rawan gempa kita perlu membangun bangunan yang anti gempa jadi biar gempa mau sampai 12k13 ini ini serius maka tadi kan Kakak sampaikan bahwa potensi apa namanya

Salah satu potensi persoalan dalam apa namanya kerawanannya itu penyelenggara nah ini menjadi pertaruhan kalau penyelenggara pemilu yang tadi kan kakak bilang tidak punya rasa cinta terhadap tanah ini tidak punya rasa cinta terhadap Papua tidak memiliki idealisme tinggi hanya kerjaannya pasang badan yang penting saya bawa susah KPU Begitu

Masa tiba semua kabur menurut tidak bisa hadapi itu resiko jabatan begitu artinya ini yang harus kita bangun mentalitas pengawas pemilu yang berintegritas dan saya contohkan terakhir ini saya mau sampaikan kepada kita Pilkada yang saya ambil supervisi di sana ada kami juga ikut itu resistensinya itu tinggi staf KPU yang dibacok yang dibunuh gara-gara

Daftar pemilih saya hadir di sana dan kenapa sampai tidak kmk almarhum dari ketahanan Bapak abok busuk itu orang hebat Jadi penyelenggara Pemilu kita ini jangan sombong Kita harus punya relationship dengan semua orang tapi dalam batas-batas dalam tanda kutip sesuai dengan peraturan perundang-undangan saya berbicara kepada kepala suku pendukung 0102 saya berbicara kepada pendukung

Saya berbicara kepada yang bersangkutan kedua bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati saya bilang tidak bisa dua-dua menang Hanya Satu saja yang menang tidak bisa duduk menang maka kita realistis suara yang di lapangan yang rakyat kasih itu yang menang tidak bisa kita bisa bolak-balik saya pertaruhkan

Diri saya saat itu dan ketika kebenaran itu kita tegakkan orang Papua itu selamat Saya tidak kirimkan tapi asal pertarungannya itu sportif tapi kalau tidak sportif tidak mati terima kasih baik sekali lagi kita semua ya lihat hati kita ingin sekali diskusi ini lebih panjang karena pasti di room chat

Atau maaf Di ruang sum hari ini ada yang ingin bertanya tetapi karena kita dibatasi oleh waktu dimana saudara-saudara kita siap untuk masuk dalam waktu berbuka puasa maka untuk saran juga pertanyaan kami persilahkan untuk yang ada di langsung untuk boleh menulis di

Tema:
1. Kerawanan Pengawasan di Daerah Otonomi Baru (DOB) oleh Kaka Suminta
2. Strategi Pengawasan Pemilu di Daerah Otonomi Baru (DOB) oleh Anugerah Pata
3. Kesiapan Pengawas Pemilu di Daerah Otonomu Baru (DOB) oleh Ronald Michael Manoach
Sobat Bawaslu RI, Info tentang #Ngabuburit #Pengawasan #Partisipatif #Tahun #Episodeke7 ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:39:20 detik.


Begitulah sekilas tentang Ngabuburit Pengawasan Partisipatif Tahun 2023 Episodeke-7 yang telah dilihat oleh 760 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Bawaslu RI 5960 | #Ngabuburit #Pengawasan #Partisipatif #Tahun #Episodeke7

Sekedar mengingatkan bahwa, Medsos Ltd adalah Media Sosial Terbaik Generasi XYZ yang Melayani, menerima, mengumpulkan, Mengelola, dan menyebarkan kabar berita terbaru, informasi terkini, Cara cari uang, Peluang Usaha, Bisnis gratis, teknologi digital, Perdagangan dan jasa, Bonus diskon promo hari ini serta solusi masalah untuk semua penghuni dunia di seluruh pelosok negeri.

Apabila Dirimu, penggemar setia Bawaslu RI memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa tulis di website www.medsos.Ltd untuk mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas Medsos.Ltd. ini.
Punya Masalah Ngabuburit Pengawasan Partisipatif Tahun 2023 Episodeke-7 ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/mkjo