Episode 3 – Podcast – Belajar Menjadi Pendamping Masyarakat Desa

The Pristine Institute Official [ • ] Halo assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh bertemu lagi dengan saya sampingan dalam pot kali ini saya akan membawakan tema yang sangat menarik tema yang sangat menggelitik bahkan memberikan hal-hal yang informatif khususnya untuk sabar statistik diseluruh Indonesia dahi tema ini adalah pendampingan proses pemberdayaan masyarakat desa sangat menarik bukan Tentunya saya tidak sendiri nantinya

Saya akan ditemani oleh narasumber kebetulan narasumber yang kami datangkan ini merupakan salah satu mentor di the pristine Institute Indonesia siapa dia ingin tahu tonton terus video ini sampai selesai ya nyentuh saat mesin kali ini saya sudah ditemanin sama senior saya kita berkenalan dengan sama aku apa kabar

Sama aku baik sama ini punya pengalaman yang luar biasa beliau ini berkecimpung di dunia pemberdayaan sudah dari tahun 90-an terus ikut dalam program pemberdayaan desa dan yang terakhir ini menurut saya memang jiwanya sama aku beliau sekarang sudah menjadi seorang fasilitator pemberdayaan masyarakat dan asesor kewirausahaan UMKM begitu banyaknya pengalaman nih kita langsung

Aja tanya-tanya dengan tema yang kita usung hari ini sama aku ya Ya di dunia Hai seakan bangunan sosial ini kan banyak sekali digaungkan Namanya program-program program-program pemberdayaan program-program apa yang sifatnya instruksi infrastruktur yang mendorong masyarakat untuk terlibat Nah ada yang kadang-kadang orang tuh bingung nyari seperti ini Pak pendamping kata-kata pendamping pendamping yang

Dimaksud ini supaya supaya tahu dan juga masyarakat awam ini Supaya paham juga Apa yang dimaksud dengan pendamping kalau Hai berbicara tentang pendamping itu kan orangnya yang orangnya atau bisa juga itu apa lembaga tapi yang perlu di ketahui oleh apa namanya sahabat-sahabat pristine utama itu adalah proses pendampingan itu sendiri dulu lah kalau

Itu kan nanti bisa kita ulas di jadi eh proses pendampingan masyarakat terutama di pemberdayaan masyarakat desa itu Itu adalah sebuah kegiatan atau mungkin juga aktivitas-aktivitas tentang pendampingan pemberdayaan masyarakat di suatu wilayah atau lingkungan atau apalah ya kalau kita fokuskan di desa ya berarti itu proses pendampingan proses pemberdayaan benda pendampingan pemberdayaan

Masyarakat yang ada di desa akan begitu Itu dari proses itu sendiri Hai Nah kalau kita berbicara tentang pendamping berarti orang bisa lembaga atau apapun instansi yang itu mendampingi masyarakat terutama dalam bidang pemberdayaan yang ada di desanya itu 9 Oh gitu ya itu sebenarnya tidak begitu Kompleks tapi yang jadi pertanyaan lagi Sebenarnya pendamping

Itu fungsinya di masyarakat itu berbagai istilah ya istilahnya wong tetap berbicara tentang pendamping masyarakat terutama dalam bidang pemberdayaan itu ada yang mengatakan itu adalah tenaga penggerak pemberdayaan masyarakat itu ada yang bilang tenaga pendamping masyarakat desa itu ya ada yang bilang tenaga community development ada yang Hai ada lagi membuat istilah community

Organizer ada yang pendamping Desa ada lagi mungkin fasilitator pemberdayaan masyarakat dan sebagainya Itu istilah yang jadi Desa terkait dengan apa tadi fungsi-fungsi fungsi-fungsi dari pendampingan terutama di pemberdayaan masyarakat desa itu kalau kita kerucutkan itu sebenarnya agak menurut saya ini ada empat empat hal yang yang menjadi pokok yang pertama adalah

Seorang pendamping itu mampu mendampingi mendampingi masyarakat terutama di bidang pemberdayaan masyarakat desa itu Hai Kemudian yang kedua adalah dia mampu menjadi pendorong jadi motivator ya motivator atau pendorong agar Bagaimana Masyarakat khususnya di desa kalau kita berbicara desa atau dimanapun Nah kalau betul itu untuk Dia bergeliat membangun dirinya maupun lingkungannya mendorong

Kemudian yang ketiga adalah dia mampu membimbing mampu membimbing nah membimbing ini artinya otomatis di Yes harus harus belajar dan belajar mempunyai kapasitas untuk mampu membimbing masyarakat itu mau apa yang dituju itu kalau ada program undang ada salahnya tujuannya apa berarti mengarah kesana atau kalau dia desa itu mendampingi prosesnya adalah mendampingi

OK Google katakan Nadia biaya puas di dalam dakwah namanya untuk kekuatan ekonominya bisa melihat dia mampu mendampingi itu kemudian yang terakhir adalah dia mampu untuk mengarahkan jadi mengarahkan kepada sasaran atau tujuan yang memang mereka inginkan atau mereka mungkin butuhkan sebagainya jadi empat hal itu mendampingi mudah mendorong membimbing dan mengarahkan tempat proses

Pembangunan masyarakat yang ada di desa itu tadi itu untuk terus gini semisal sahabat-sahabat yang ingin menjadi seorang pendamping itu kan ada yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendampingan apa aja nih yang perlu dipersiapkan Hai jadi pada prinsipnya sebagai manusia yang memang menyadari pentingnya ilmu pengetahuan itu dia seorang calon pendamping saya katakan begitu harus

Banyak belajar dan belajar yang pertama belajar apa yang dipelajari karena Disamping itu masyarakat tentang masyarakat atau sosial itu yang harus pahami darimana dia bisa dari perkuliahan bisa dia mungkin pada saat mau masuk ke program ya ada pelatihan-pelatihan begitu kemudian bisa juga dia membaca gitu ya dan sebagainya Itu yang pertama yang pertama

Pengetahuan tentang pembangunan manusia atau mungkin pemberdayaan masyarakat di itu bagaimana Kemudian yang kedua pengetahuan yang dibutuhkan adalah teknis nah Hai seringkali ketelu kita kita berbicara tentang pendampingan Saya tidak tidak kita tidak tidak bisa bahwa uh ini Kementerian Kementerian B kemudian Pemerintah Daerah atau pemerintah daerah b atau mungkin juga itu lembaga Al Bekasi

Perusahaan-perusahaan dan sebagainya tapi yang jelasnya yang jelas adalah kemaafan namanya pengetahuan tentang teknik dibutuhkan contohnya umpamanya pendampingan tentang khususnya pemberdayaan masyarakat banyak tentang itu pembangunan fisik namanya otomatiskan seorang pendamping itu harus tahu bagaimana tentang proses pembangunan fisik itu pertanian pertanian Keuangan keuangan ekonomi tapi seringkali di masyarakat yang diketahui

Oleh sahabat-sahabat kalau sudah orang itu sebagai seorang pendamping atau lebih fasilitator lo atau apapun itu cenderung masyarakat tuh melihat bahwa dia itu bisa segala-galanya ini harus dipahami sehingga Jangan lupa kita harus juga banyak belajar dari masyarakat itu hanya secara kita harus belajar kepada masyarakat yang bukan nah ini yang jadi

Pertanyaan itu seperti ini saya mau jadi pendamping sasaran saya itu yang seperti apa ini kalau kalau kalau di ngobrol-ngobrol kita kali ini tentang bagaimana proses pendampingan proses pemberdayaan masyarakat yang ada di desa kita anggap Coba kita kita apa ya berimajinasilah begitu bahwa oh ini ini ini ini sebuah desa Irian

Kita ngomong Desa akan Indonesia lebih saja apalagi lihat ini ini harus kita apa namanya cermati Desa itu berarti disitu ada masyarakatnya dan pilihannya kemudian ada penyelenggaraannya yaitu mungkin pemerintah bisanya ya kemudian ada lembaga-lembaga desanya ya bisa juga disitu ada dan wirausaha sosial wirausaha lokal yang ada di itu itu bisa

Juga ada lembaga tertentu mungkin yang perlu di didampingi disitu Itu Katakanlah ada-ada perusahaan di situ kemudian dia pingin apa namanya csr-nya ada di situ dan sebagainya tapi kan muaranya akan tetap di desa itu ada Walaupun ada wirausaha.doc masyarakatnya ya Mas Faizal masyarakat itu isinya yaitu tapi ada pemerintahnya ada masyarakatnya

Tokoh-tokoh sebagai ini padamu family Desa mungkin seperti itu sasarannya ini tergantung tergantung kebutuhan Iya itu kaum perempuan ya perempuan atau anak-anak kesehatan Samsung ya ya sama Agung berikan informasi Apa itu pendamping mulai dari fungsinya Seperti apa bagaimana kita menentukan sasaran nah Hai ini sudah terjawab dengan baik nah yang jadi pertanyaan ini selanjutnya

Sebagai seorang pendamping yang akan turun tapi kan sudah di berikan ya files yang harus dipersiapkan ini yang lebih ke intinya lagi pengetahuan keterampilan dan sifat yang harus dimiliki oleh pendamping tuh yang seperti apa yang nantinya akan memudahkan sahabat mungkin yang ingin turun jadi pendamping berinteraksi dengan masyarakat saja ya

Kalau pengetahuan tadi kan sudah saya jawab ya lebih ya oke yang seperti steam mungkin terkait dengan keterampilan maupun sikap yang harus dimiliki bagi seorang pendamping yang pertama dia itu memaafkan namanya untuk keterampilannya dia terampil dalam public speaking ya jadi berkomunikasi dengan masyarakat Hai yang kedua fasilitasi jadinya mampu

Memfasilitasi semua kegiatan yang ada di masyarakat itu dalam proses pemberdayaan 9 yang ketiga adalah mampu mengajak masyarakat atau dia mampu melakukan social mapping tapi menahan pemetaan sosial dan sebagainya kalau diprogramkan istilahnya tuh macam-macam ya kemudian yang ke empat adalah bagaimana dia mampu terampil dalam membangun jaringan atau jejaring membangun jejaring

Hai kemudian ada lagi yang kelima adalah dia terampil dalam pengembangan kapasitas ke masyarakat maupun kelembagaannya via kemudian yang keenam adalah dia mampu melakukan atau mengelola konflik konflik yang ada di masyarakat karena di masyarakat pasti terjadi pro-kontra konflik dan sebagainya dan yang ketujuh adalah bagaimana dia mampu membangun sebuah

Sistem kontrol yang ada di masyarakat jadi nanti tidak tergantung kepada siapapun tapi mampu membangun sepak tersendiri di masyarakat Nah ada sifat-sifat pribadi ya sifat atau mungkin Oh ya istilahnya kalau kita bilang karakter itu pembawaan dari kecil tapi tapi yang mampu dibangunlah Ya sifat-sifat baik yang mau dibangun diantaranya adalah seorang fasilitator harusnya media

Hai redahati batu itu harus rendah hati tertatih kemudian dia sangat antusias sedih apa ya istilahnya positif ya positive thinking seperti itu hangat bisa-bisa merangkul atau mengajak masyarakat untuk untuk maju dan sebagainya kemudian dia eh bisa hai hai istilahnya menjadi eh eh Oh ya Hai apa ya motivator ya motivator yang

Ada di yang ada di masyarakat itu tadi kemudian Jika dia mampu terampil untuk memfasilitasi itu ya Operasi fasilitasi kemudian dia empatik dan menyenangkan kalau kalau kalau tidak menyenangkan Waduh masyarakat itu bersih mesti Adol keadaan ndak ndak bisa untuk program terakhir nah sehingga nantikan dibungkus itu kalau dimanajemenkan di lingkup kerjanya nanti Bagaimana contohnya

Umpamanya dia harus disiplin agen ikan begitu tadi sifat-sifat dasar itu nanti akan menuju ke disiplin kemudian dia bisa membangun tim kerja yang baik katakan map dan sebagainya lahiran sebut itu cerdas tanggap terhadap lingkungan dan gitu Ini ini ini ini ini hal-hal pokok yang harus dimiliki lah bagi seorang pendamping khususnya di proses

Pemberdayaan masyarakat ya dengan istilah apapun lebih di di berbagai program saya pikir itulah yg ya Sabrina jadi sama aku sedikit menyebutkan harus bisa mengontrol kontrol emosi dan beberapa ini ada beberapa kasus ya mungkin Sahabat juga sering melihat bahkan yang bukan pendamping ataupun hanya masyarakat biasa juga karena merasakan pada saat

Proses pemberdayaan masyarakat dengan banyak kasus itu yang kurang berhasil Hai pada sudah jelas bahwa targetnya adalah ini dengan harapannya seperti ini tapi nyatanya tanya kurang berhasil Nah sebagai seorang asesor Nah ini kan bisa menilai lah Nah kadang-kadang itu teman-teman penggiat memperdaya ini kenapa atau sumbernya tuh seperti apa sih kekurang berhasilan ya dalam

Melaksanakan proses pemberdayaan masyarakat desa ya jadi begini Sahabat pristine kalau kita berbicara tentang pendamping atau pendampingan jadi proses pembinaan masyarakat itu kan jelas ada seorang pendamping silanya tadi tak bilang tak fasilitator entah hampa begitu disatu Sisi disisi lain Kanada yang didampingi the yang didampingi berarti entah itu masyarakat desanya

Lembaga dan sebagainya tadi Nah dua sisi ini pasti tidak bisa kita ambil satu hanya satu saja satu sisi saja tapi yang jelas Mama dari sisi pendamping saya sebutkan tadi dia akan harus harus memang Katakanlah seorang pendamping itu penemuannya empati sabar sebagai seperti yang namanya rendah hati Nah kalau tidak

Memiliki jiwa-jiwa seperti itu ia pasti nanti gampang emosi masyarakat yang begitu logikanya disisi lain masyarakat itu Ada banyak hal yang berjalan di sana umpamanya budaya budaya lokalnya kebiasaan-kebiasaan nya Nah dikala seorang pendamping seorang pasien tetapi tidak ya tidak melihat itu atau tidak tidak menggali dari awal apa yang berjalan di masyarakat Katakanlah yang

Terjadi pasti ada banyak masalah gitu kenapa Mungkin beda budaya dari sih pendamping itu sendiri atau kebiasaan itu yang tidak mesin inilah yang saya katakan belajar dari masyarakat itu penting gitu Ini begitu sangat bersih belajar dari masyarakat berhenti sebelum mendampingi belajar dulu ke masyarakat begitu ya untuk mengurangi atau meminimalisir kekurangan presiden program sangat

Menarik sangat-sangat menarik jadi tetap di video kita terjadi di channel kita sebentar lagi Eh ada sesi Pamungkas mengenai ini akan diberikan sebuah tips yang bagus untuk sahabat Kristen yang ingin menjadi pendamping atau fasilitator pemberdayaan masyarakat desa salahku biaya 9 ini ini sedang dilanda ketegangan hanya karena satu kalau

A pandemic of it jadi kita juga merasakannya di Indonesia bagaimana kita harus mematuhi protokol kesehatan kita harus menjaga jarak kita mau tidak mau membatasi aktifitas yang biasanya kitalakukan yang biasanya di luar rumah jadi harus dikerjakan di dalam rumah ini pasti ada dampak yang diberikan dalam proses pendampingan jadi ada nggak kalau

Misalkan cara yang tepat dalam melakukan pendampingan pada kondisi pandemi saat ini Oh ya Gini sendirian ya Adi apapun dan dimanapun kita nggak bisa menghindari masalah apa-apa demi Oke juanda1 setelah mereka masyarakat Corona Iya nah sekarang kan harus kita pintar-pintar memilah itu kegiatan apa atau proses yang bagaimana yang itu mungkin bisa

Kita lakukan contohnya mamanya Oh ya kita bisa bekerja di rumah kalau kita memang hanya menyiapkan materi Katakanlah atau mungkin kita bisa menghubungi seseorang gitu ya Hanya seperti itu-itu ya Atau mungkin hanya sifatnya koordinatif itu ya itu itu mungkin bisa dilakukan dari rumah tapi kalo kita lihat tentang Hai pendampingan masyarakat itu sendiri

Kan kan kita tidak bisa jauh dari mereka kita tidak bisa jodoh mereka kita porsinya mendampingi mendampingi atau membimbing mereka kalau ada kesulitan kecuali itu mungkin bisa pake apa namanya alat komunikasi contohnya atau mungkin kita bisa pake apa namanya media-media lain seperti Sumbogo meeting sebagainya tua sebagai

Hai Ate tapi tidak tepat alias itu kalau memang itu oh membutuhkan apa namanya kehadiran dari sebagian masyarakat saya katakan sebagai masyarakat mungkin dalam bukan jam jumlah yang banyak ya dalam jumlah yang banyak kan kita masih tetap harus bisa menerapkan atau tetap menerapkan pernah kroto kesehatan yang Sudah dianjurkan oleh pemerintah

Contohnya umpamanya ya kita kemana-mana ya Terus mau masuk ke ruangan Ataupun mungkin pakai sabun Terus kalau kita ada pertemuan sosial dispensing jadi kita Artinya kita tidak bisa berpangku tangan dengan kondisi tidak kemana-mana cuman melihat situasi dan kondisi atau sesuai dengan kebutuhan di lapangan kita ke cara mengatur itu saya pikir itu Sabrina

Mau nggak mau tetap harus mementingkan protokol sehat Iya itu yang ini yang terakhir dari awal Apa yang dimaksud pendamping sampai sifatnya tahun keterampilan nah ini sahabat pasti pingin mendapatkan tips-tips yang bisa membangun mereka menjadi pendamping yang baik yang sangat ditunggu-tunggu sama masyarakat karena keluwesannya Seperti apa ini sebagai seorang asesor Monggo

Diberikan tips kepada sahabat-sahabat agar menjadi pendamping yang baik kehidupan Oh iya Eh flight 19 abad listen yang saya cintai eh eh Hai yang harus bisa atau bisa kita lakukan pertama Coba kita harus sering-sering Hai berkaca pada diri kita sendiri untuk merasakan contohnya begini yang pertama itu Hai tadi saya sampaikan di depan kita

Harus terus belajar belajar dan belajar apapun itu atau kepada siapapun Hai tak masuk kepada masyarakat itu pilih yang harus dipahami oleh calon pendamping atau mungkin kawan-kawan pendamping atau fasilitator atau siapapun Artinya kita tidak boleh jumawa cuma What kita udah puas bahwa kita sudah sekarang mampu tadi harus belajar belajar belajar

Hai kemudian DC karena kita berhubungan dengan masyarakat atau lembaga dan sebagainya ingat ya tidak ada kata lain ya yang kedua adalah kita harus Mengapa namanya mendatangi mereka mendatangi mereka lebih dulu ingat kalau ada pepatah seperti rumah itu kalau pintu dan jendela itu kemudian tidak kita buka maka udara luar tidak masuk jadi kita

Harus harus harus jatuh dulu buka itu buka itu apa namanya Cakrawala pandang kita maupun juga mereka sehingga kita bisa berkomunikasi dengan baik Ndak seperti saya Bertasbih jendela itu nah itu yang kedua kemudian yang ketiga adalah hai apa namanya cintai mereka apa cintai pekerjaan ini dengan sepenuh hati jadi

Tidak akan mungkin bisa kita berempati atau berjalan kegiatan kita dengan baik tanpa kita mencintai apa yang kita lakukan termasuk apa yang kita kasih itu cinta lainnya nge-rap selanjutnya yang keempat adalah hai oh hai hidup dan Duduklah dengan mereka dengan masyarakat itu artinya kita tidak bisa membawa kebiasaan-kebiasaan kita

Yang tidak biasa di mereka dan gitu sehingga kita harus bisa seperti mereka supaya kita bisa diterima dengan mereka ini jadi hidup dan Hiduplah dengan masyarakat itu sendiri Oh ya kemudian yang ke lima ya kelima kita Hai pintar jika memulai sesuatu itu berangkatlah dari apa yang mereka miliki atau mereka punyai kalau mereka memang

Pengetahuannya segitu ya segitu kalau mereka punya Katakanlah sesederhana itu apapun ia sudah mulai dari situ sehingga nanti mereka bisa merasa memiliki itu Desember merasa memiliki itu nah Hai itulah mungkin yang beberapa tips yang bisa saya sampaikan kepada sahabat-sahabat Christine tamrinan jadi Semoga apa namanya apa yang saya sampaikan ini nanti bisa bermanfaat bagi

Khususnya sahabat-sahabat bisnis dimanapun berada Hai sehingga nanti mampu memandirikan masyarakat kalau mau mendirikan desa dan sebagainya itu itu itu harapan saya seperti itu Terima kasih sama kau demikian podcast kali ini sahabat bisnis saya ucapkan terima kasih kepada sama aku yang sudah meluangkan waktunya Semoga selalu diberikan kesehatan yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Semoga juga desa-desa yang kita mampu menjadi desa yang mandiri Desa Sejahtera negara kuat wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh salam

Assalamualikum sahabat Pristine dimanapun anda berada. Video kali ini kita akan membagikan ilmu bagi sahabat yang ingin dan mendalami pemberdayaan masyarakat khususnya menjadi pendamping masyarakat.
tonton terus video ini sampai selasai, terima kasih.

Salam Pristine

#pemberdayaan#pemberdayaandesa
Sobat The Pristine Institute Official, Info tentang #Episode #Podcast #Belajar #Menjadi #Pendamping #Masyarakat #Desa ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:27:22 detik.


Begitulah sekilas tentang Episode 3 – Podcast – Belajar Menjadi Pendamping Masyarakat Desa yang telah dilihat oleh 188 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © The Pristine Institute Official 1642 | #Episode #Podcast #Belajar #Menjadi #Pendamping #Masyarakat #Desa

Sekedar mengingatkan bahwa, Medsos Ltd adalah Media Sosial Terbaik Generasi XYZ yang Melayani, menerima, mengumpulkan, Mengelola, dan menyebarkan kabar berita terbaru, informasi terkini, Cara cari uang, Peluang Usaha, Bisnis gratis, teknologi digital, Perdagangan dan jasa, Bonus diskon promo hari ini serta solusi masalah untuk semua penghuni dunia di seluruh pelosok negeri.

Apabila Dirimu, penggemar setia The Pristine Institute Official memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa tulis di website www.medsos.Ltd untuk mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas Medsos.Ltd. ini.
Punya Masalah Episode 3 – Podcast – Belajar Menjadi Pendamping Masyarakat Desa ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Selamat berjuang terus UMKM,.. dan proses binaan UMKM. area mana? Kab Malang ? Dan Pristine Institute sebagai ?

7 bulan ago

Mantap pak poh. . Lanjut.. moga bermanfaat untuk banyak orang .. Amin..

4 tahun ago

Mantap…bravo cak akung..sam dinan..

4 tahun ago

Sangat menginspirasi senior akung

4 tahun ago

👍👍👍

4 tahun ago

Sukses Pristine n Awakmu nan..

4 tahun ago

Sukses Nan..

4 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/i11i