Jika Anak Melewati Batas dari Kebebasan

Abaihsan Channel [ • ] Oh ya aturan bisa mengekang kalau tanpa dialog dengan anak tanpa penjelasan tanpa sosialisasi tanpa diskusi di karena sebaik-baiknya aturan adalah yang didiskusikan dengan anak Apakah semua yang didiskusikan itu harus disetujui akan belum tentu tapi ada semacam adu argumen ada aduk pendapat kalau kita menyetujui semua pihak rasanya tidak

Mungkin memuaskan semua pihak itu ya Ada kompromi disitu ya ada dialog disitu nah ketika tidak dia ada dialog berbahaya ya berbahaya karena bisa jadi anak tahunya bahwa Aturan itu demi kepentingan orang tua doang nah tanpa Dialog itu membuat anak-anak itu dianggap seperti robot membuat anak-anak itu makhluk tanpa nyawa falsafah pikiran

Senangnya bisa digerakkan ke kanan ke kiri Ini juga yang terjadi yang saya sedih kenapa ada beberapa Hai orang yang sejak kecil belajar agama dengan giat mereka punya keterampilan agama Hai keterampilan ya tanda kutip ya bukan oh Apa keyakinan agama yang mereka tampil bacaan bacaan ayat-ayat kitab suci lafalnya bagus sangat hafal

Teks-teks hadis bisa jadi buat kita pernah denger pernah lihat Meskipun tidak banyak gitu ya dulu orang ini oh oh berhijab sejak kecil tapi setelah dewasa dibuka hijabnya dulu orang ini rajin ibadah tapi setelah dewasa begitu susah Ibadah dulu orang-orang ini belajar di kampus-kampus agama setelah eh dewasa sebagai mereka menjadi

Penentang agamanya menjadi aktifis aktivis liberal dan seterusnya nah umumnya kalau kita cek orang-orang ini dibesarkan ya diajarkan Agama tanpa penanaman keyakinan hanya pembiasaan hingga saat kita tahu kalau kita akan merawat bagian ada yang mengatakan kalau mengajarkan Tuh kan ada proses Lestari ada proses tarhim ada tulisan motivasi ada pembiasaan dua-duanya penting Tetapi

Bagaimana kalau kebiasaan uang kalau kebiasaan doang akhirnya anak-anak itu bisa jadi beribadah tanpa makna tanpa ruhiyah tanpa pendalaman keyakinan begitu ke hanya keterpaksaan ketika mereka lepas dari institusi kata kelas sekolah agama itu ya mereka seperti lepas dari kekangan ya mereka menjadi liar menjadi seolah-olah mendapatkan kemerdekaan naudzubillah seolah-olah agama yang mengekang mereka padahal

Bukan agamanya praktek mengajarkan agamanya tidak tepat buat anak-anak kita Nah jadi Oh ketika aturan keluarga Hai tanpa ada dialog dengan anak Kenapa sih dibutuhkan atau rame ya kenapa sih Eh misalnya dibatasi nonton TV dan seterusnya Kenapa sih nggak boleh keluar sampai malam dah serunya adu argumen disitu dengan anak-anak kita maka akan

Ada kompromi akan ada eh pemahaman yang Meskipun tidak dijamin tapi ini lebih mudah bahwa aturan-aturan ini akan lebih mudah dilaksanakan oleh anak secara sukarela dibandingkan tanpa dialog sama sekali yang ketiga aturan bisa mengekang anak jika aturan tidak memberikan ruang kebebasan pada anak padahal sejatinya Aturan itu semua aturan di seluruh dunia

Itu selalu memasukkan dua unsur yang pertama kebebasan yang kedua batasan ya Bahasanya hak dan tanggung jawabnya jadi jangan salah paham Aturan itu Hai bukan melarang semuanya Aturan itu sebetulnya substansinya memberikan kebebasan pada anak tapi dengan batasan Kenapa penting batasan karena anak belum bisa bertanggung jawab belum bisa

Misalnya secara hukum ya dia kalau ada apa-apa misalnya belakang kriminalitas sekalipun dia dianggap dibawaumur dianggap anak-anaknya adalah korbannya bukan pelaku korban dari misalnya ya kelalaian orang dewasa itu nelayan orangtua dan seterusnya jadi eh kita tahu anak-anak di KUHP kuhp perdata misalnya tidak bisa melakukan perjanjian itu yang Bahkan seperti aplikasi-aplikasi teknologi gojek-grab

Pun ada pembatasan umur kalau kita tahu ya apa batasan umur untuk menggunakan grab minimum 2 setahun untuk menggunakan gojek minimum 18 tahun jika anda baca di aplikasi-aplikasi itu ada domain kondisinya kan dibaca enggak sebelum trek aplikasi itu dia dibaca nggak nggak dibaca Iya di setuju aja ya mungkin saking panjangnya sengaja supaya kebaca

Ya Aduh Masya Allah Subhanallah Jadi sebetulnya uh karena belum cukup umur maka orang tua nanti akan menanggung akibatnya mereka belum bisa misalnya tidak bisa kemudian biaya bayar biaya rumah sakit sendiri Jika ada apa-apa kan mereka juga tidak bisa sembarangan terkena dampak hukum walaupun dihukum dan lain-lain itu kan ada misalnya LP

Khusus anak dalam setiap aturan sebetulnya selalu terdapat dua unsur unsur pertama adalah kebebasan unsur kedua adalah batasan jadi ketika ngasih kebebasan pada anak ya selalu sertakan batasannya ya anak tidak mau menanggung batasnya atau tidak mau menanggung tanggung jawabnya Maka kuasa-nya jangan dikasih gitu ya Misalnya nih ada aturan ya Ma aku mau

Main sama teman-teman ya pernah kita misalnya 15 tahun perempuan ya gan oleh sebagian orang pasti hawatir kalau anak umur segini cantik lagi misalnya hanya berduaan dengan laki-laki pergi keluar rumah sebagian orang ya eh atau dengan roh anak ini misalnya pergi ke bank teman-temannya mungkin lebih aman tapi

Kita bilang oh sebelum maghrib sudah ada di rumah Ya misalnya seperti itu batasan Nah kalau anak tidak sanggup ternyata kurang 11.00 12.00 ya pasti Bapak Ibu lebih khawatir kan betul nah jadi supaya tidak khawatir ya kasih batasan kamu sanggup nggak pulang kirim Jika kamu tidak menyanggupi maka

Kamu tidak bisa ibu izinkan Ayah izinkan ternyata anak tamu Bagaimana kalau ternyata setelah sanggup ternyata arah pulang malam juga nah itu dibahas dan Tidy nomor 4 ya kalau melewati batas gimana gitu ten seperti itu tapi di nomor 3 itu di nomor tiga ini aturan bisa mengekang anak dapat makanan ya

Jika Aturan itu tidak memberikan ruang kebebasan ketika kita mengatakan magrib pulang ya berarti kita melarang anak2 rumah enggak ya enggak boleh keluar rumah tapi ada batas-batasnya atau contoh lain anak kita umur14 tahun laki-laki minjem motor lalu minjem motor kemudian pergi keluar rumah maem Pah aku mau minjem motor itu

Halo halo kita bilang Kamunya sih nggak klub-klub punya nah masa-masanya boleh nggak tapi batasnya adalah tanggung jawabnya adalah kamu Harusnya sih lu apalah itu di Jalan Raya gitu loh ya kita tuh tidak mengharamkan pakai motor tapi ada batasnya harus punya SIM sebegitu lalu bisa saja ada kita proses mengatakan teman-temanku semuanya boleh

Pakai motor masing pihak kita dengan gampang bisa menjawab bahwa itu Butet bukan aturan Papa anak itu bukan aturan Mama itu acara negara ya kalau kamu nggak suka dengan aturan ini cakar protes sama Papa jangan protes selama kamu juga Tenggara kamu lakukan uji materiil sama temen kamu kan Idul misalnya dibolehin tanpa steam harus

Pakai motor ah telepon mama hanya berusaha Taat Hukum itu Jadi kalau ada keluarga yang mengisinya anaknya Hai Novi asin kalau bawa motor ke sekolah ke mana-mana gitu ya Hai yaitu sebetulnya melanggar hukum nah gitu mereka nggak ngedukung Enggak bisa saja anak kita mau jawab lagi mereka lulusan hukum ya mereka petugas hukum ya

Bilang aja itu namanya oknum ya kalaupun lulusan Fakultas Hukum ya Abah Alba karena itu bukan aturan Papa Mama sudah ada aturannya di undang-undang Nomor 22 ya kalau kalau masalah tentang Um lalu lintas dan angkutan jalan tahun 2009 itu jelas ya untuk punya untuk mengendalikan harus punya Surat Izin Mengemudi Ya kan

Ya seperti itu Nah jangan sampai juga gara-gara itu kemudian eh karena anak itu umurnya di make-up supaya punya SIM gitu ya supaya kita nggak repot ngantri nganterin gitu Gan biar hemat nggak usah pakai ojol dan seterusnya Nah itu namanya korupsi ya itu nanti akan di rekaman ah kita bahwa kita melegalkan hal buruk

Anak Saya umur 17 tahun 15 tahun cukup saya ajarkan motor tetep saya ajarkan nyetir dan Bahkan mereka sudah bisa semuanya tapi untuk bahwa sendiri sampai ke Jalan Raya eh tidak bisa kalau selesai tanpa tanpa SIM atau tanpa pendampingan ya seperti itu nah eh saya ijinkan dalam rangka latihan yang dari

Kompleks di Kompleks ini saja ketika itu pun saya pastikan anak-anak saya sudah faham safety bukan sekadar bisa menjalankan motor atau mobil tapi settingnya dan detail cv-nya ya Misalnya dari gang kecil ke gang gede harus berhenti dulu Lihat er apa namanya tengok kiri tengok kanan kalau di

Lambang lalu lintas itu kan Teh gitu ya dari jalur ini file game ke jalur yang lurus itu kan harus berhenti dulu aturannya tidak boleh orang tiba-tiba belok itu kamu bisa selamat tapi kamu bisa mencelakai orang gitu ya jadi ngebantu selalu menyatakan unsur-unsur bebasan contoh lain ya Anak saya pernah

Berkata waktu umur kira-kira 12 tahun Syahid ya Eh ia berkata suatu hari ya Oh aku nggak suka agak suka dengan rumah ini ya Aa benci dengan keluarga ini ya cuma sampai tuh Apakah itu Oh bisa didefinisikan sebagai anak terkekang belum tentu ya bisa ya Bisa tidak bergantung Jadi kalau anak dengan

Dikasih aturan misalnya Oh tidak punya ruang kebebasan bisa terkekang dengan dikasih aturan anak kemudian misalnya jadi eh tidak ada dialog tidak ada tidak tidak mengobrol lagi sama orang tua sering menyendiri yang bisa jadi itu yang salah satu indikatornya belum tentu juga bisa jadi dia dirinya itu karena apa Karena kecanduan

Gadget misalnya dan seterusnya kembali lagi ke cerita saja di saya berkata begini ah nggak suka dengan keluarga ini semua sebab nggak boleh ya minum susu enggak boleh main sepeda enggak boleh main HP nggak boleh keluar rumah nggak boleh ya semua di rumah ini serba gak boleh nah ini contoh sederhana bahwa

Anak tuh salah faham sebetulnya ya dia sangka serba enggak boleh Jadi ceritanya dia lagi marah sama Uminya ya ibunya lalu kemudian saya bilang begini lihat muka dia cemberut begitu saya ngomong ini Oh sepertinya lagi nggak nyaman Kamu cinta nggak sama abah kalau mau cerita apa mau dengerin Tapi kalau nggak mau

Nggak apa-apa nanti aja ternyata dia mau cerita dia duduk lalu saya ngomong ya Coba cerita sama apa tadi abilang nggak nyaman dengan keluarga ini semua serba nggak boleh ya eh coba lo kita akan apa yang serba gak boleh itu lalu dia cerita satu-satu yuk satu-satu

Ya kita baca tanya apa yang ada di rumah ini enggak boleh minum susu enggak boleh nah lalu saya bilang rasanya itu hanya menuduh ya Abah tanya setelah pulang sekolah a boleh minum susu enggak jawab dia dia boleh ya bangun tidur boleh minum susu enggak lalu jawab boleh itu

Kan Jadi siapa bilang gak boleh tapi kenapa tadi mau menuju juga boleh karena kita mau makan Sebentar lagi menurut pengalaman Umi kamu sebelum makan kamu minum susu kamu makannya jadi sedikit ya Nah terusnya kecuali kamu bisa buktikan bahwa meski mint meskipun minum susu misalnya kamu ya tetep makannya normal

Ya gan apalagi waktu itu ya dia badannya kecil untuk untuk untuk ukuran 4-12 tahun sekarang udah tinggi hampir dengan saya Agak terlambat pertumbuhannya gitu ya eh eh jadi Umi kamu mengkhawatirkan keadaan gizi kamu yang kurang gitu ya susu sehat Nah tapi kalau tidak seimbang ya kan tidak bervariasi ya belum tentu sehat selalu

Banyak susuk yah tanpa ada unsur gizi yang lain ya Hai kamu bisa enggak buktikan bahwa selalu susu minum makan kamu banyak karena Berdasarkan pengalaman kamu Jika kamu bisa buktikan kamu boleh minum susu Sekarang Yanda seharusnya ternyata dia enggak berani begitu Nah harusnya Bastari yang kedua apalagi enggak boleh macam-macam oleh Astaghfirullahaladzim

Itu lagi duduk setiap pulang sekolah aku boleh main sepeda ini dulu ya Tapi kan diluar pandemic ya ah kemarin main sama itu sama Najib ya kan aman sama vamos masih beda kok tapi kenapa sekarang enggak boleh tentu dia protes karena udah Magrib Magrib kumpul disini kecuali

Ke masjid ya kan makna yang oleh Rossa bilang yang ngomong lagi main hp Astaghfirullahaladzim setiap Aa sekolah ya ada pelajaran ada PR waktu itu belum aja belajar online itunya boleh nggak minjem HP abah Bolehkan pada yang dilarang depan tapi kan buat belajar kalau Anton asap ini tuduhan lagi apa

Punya jadwal nonton enggak punya kan gendut sekali kan Tapi kenapa di rumah temenku nontonnya tiap hari ini kan sudah kita dialogkan sudah kita bicarakan nonton itu adalah kesenangan kesenangan itu wajib dibatasi yang bisa saja tiap hari tiap kita udah diskusi panjang lebar acara televisi kita lebih banyak negatif atau positif kan gitu dan

Seterusnya ya kan kamu bisa mendapatkan kesenangan enggak dengan cara lain tanpa nonton main bola tidak dilarang ya kamu main sofbol tidak dilarang main sepeda tidak Lihatlah main basket tidak dilarang keluar sama temen tidak dilarang Hah banyak kebebasan yang sudah rokok diberikan sama kamu kok itu kan Yan jadi mana yang dilarang hanya diam

Tidak bisa menjawab itu kan jadi di setiap aturan selalu punya unsur kebebasannya jika dia melanggar kebebasan yang diberikan Apa yang dilakukan ini yang keempat ya yang kita bahas Aturan itu bisa mengekang anak jika tanpa konsekuensi loh aturan tanpa konser konsekuensi Kok bisa banget enak Iya karena ketika aturan tanpa

Konsekuensi seperti macan tanpa gigi Nya dan takut sama chat-an lagi ya tanpa cakar jadi ada harimau Gitu ya Gitu ya hahaha udah nggak punya gigi nggak takut ini tendang aja telah dimakan itu nah banyak aturan keluarga ini kemudian tanpa konsekuensi nya nggak boleh nonton tapi kalau nonton kode-kode apa-apa hubungannya tanpa konsekuensi dengan

Pengekangan gini ya teman-teman ketika tanpa konsekuensi kita akibatnya menjelaskan menjelaskan menjelaskan menjelaskan ketika penjelasan kita berkali-kali tidak dilaksanakan anak karena anak tidak merasakan dampak apapun ketika melanggar batas maka yang terjadi ya akhirnya mereka nyuekin Aturan itu benar ketika mereka cuek dengan aturan itu apa jadi kemudian kita jengkel kita kesel akhir banyak kita

Ngomelin terus anaknya inilah yogs orangtua yang tidak tegas ya pada ketegasan itu tidak membutuhkan penjelasan panjang-lebar keji lapo ketegasan itu membutuhkan penjelasan di awal doang pada saat diskusi turun aturan setelah itu ditindak dengan Apa konsekuensi jika kita berkali-kali ngomelin anak justru Allah tidak nyaman ya Jadi pada saat Allah berbuat baik

Kita bicara yang banyak sama Nah kita ngobrol banyaknya Nah kita tapi kalau anak lagi ngejengkelin zaman banyak diomongin gitu loh Ya tapi ditindak ya contoh anak Emak Aku mau nonton TV boleh nak tapi jam lima selesai nonton dari jam empat itu kan seperti itu Lalu kenapa satu jam ya Biar mata kamu nggak

Rusaknya karena kan sebentar lagi magrib ya kalau Semarang eh Surabaya kan kira-kira 5.46 udah Magrib kan berbahaya ya kalau kita mematikan TV pada saat adzan berbunyi Kok bahaya Iyalah Mak Nggak sadar ya anak itu jadi benci azan loh loh loh Akbar udah matiin tv-nya udah Maghrib eh nggak Asik jadi caranya

Adalah kira-kira 10 menit 15 menit 30 sebelum adzan seharusnya sudah mati itu TV supaya tidak membenci adzan itu ya tidak sengaja mereka berjihad dan niagara-gara udah ada matiin Ya kan gitu loh Ya jadi pendekatan-pendekatan nya yang harus kita evaluasi terus-menerus Ya tentu anda boleh nggak setuju Widya tapi bayangan berkali-kali tiap denger

Adzan subuh berhentikan itu ya gan apalagi pemahaman aqidah anak kita Yakin Allah kita belum Mantap gitu kan Ya seperti itu masih belum mengerti untuk apa sih ibadah gitu ya kesenangannya dicabut tiba-tiba gara-gara angkat repot kembali lagi ke masalah tadi tanpa konsekuensi nah ketika anak sudah 01 job

Ya kita cukup ilang nah udah satu jam kebebasannya udah ya ada batasnya berhenti apa yang kita akan gila tidak berhenti ya cukup ngomong Hai jangan banyak ngomong Cabut ya tv-nya kalau kita bilang kamu dikasih kebebasan sama papa Nonton TV tapi kamu melewati batas berarti kamu belum bisa menggunakan kebebasan ini dengan baik ya

Karena kamu belum bisa amanah dengan kebebasan yang diberikan maka kebebasannya dicabut begitu Oh iya itu Coba sekarang sama kayak kita belajar mau minjem HP buat belajar online Le kita bilang dengan prinsip 3D yang sering Saya bahas didampingi dibutuhkan dan di pinjamkan ternyata anak kita mulai menceng belajar onlinenya biasanya

Dipakai untuk nonton YouTube pada saat belajar online kita bilang kamu diberikan hp ya kebebasan untuk belajar bukan untuk nonton apa lagi nonton misalnya program video porno gitu kan Nah kebebasan pakai HPnya dicabut kamu nggak bisa pakai HP ini satu minggu misalnya contoh nanti kalau ketinggalan sekolah gimana mah yah

Lebih baik kamu ketinggalan sekolah daripada ketegangan tanggungjawab itu contoh sederhananya jangan khawatir ketika lo pelajarannya bisa nyusul bisa bimbingan belajar Meskipun tidak sesimple itu ya tapi keting kelenteng jawab ketinggalan masalah responsibility itu Oh jauh lebih tidak Simpel lagi nanti repot anak kita di masa depan ya jadi sediakan konsekuensi akar apa Agar

Kita tidak banyak bicara agar anak kita tidak merepet tidak menerima prepetan apa perawatan omelan terus-menerus dari orangtua yang bikin pusing mereka dan akhirnya mereka tertekan ya seperti itu Nah Pertanyaan selanjutnya Apakah semua hal harus diatur Kapan asuransi dibutuhkan kita lanjutkan nanti di video selanjutnya [Musik]

Video ini adalah lanjutan dari video sebelumnya soal prinsip membuat aturan pada anak agar tak menjadi pengekangan, agar tak mematikan kreativitas anak dan agar anak tak merasa tertekan.

Dalam setiap aturan sebetulnya memiliki unsur kebebasan loh. Hanya saja kebebasan itu harus memiliki batas. Kenapa harus memiliki batas? Karena kebebasan seseorang akan dibatasi kebebasan orang lain.

Video sebelumnya:
https://youtu.be/PskUWBo9MxU
Sobat Abaihsan Channel, Info tentang #Jika #Anak #Melewati #Batas #dari #Kebebasan ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:21:35 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia Abaihsan Channel Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah Jika Anak Melewati Batas dari Kebebasan ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Jika Anak Melewati Batas dari Kebebasan yang telah dilihat oleh 3531 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Abaihsan Channel 1295 | #Jika #Anak #Melewati #Batas #dari #Kebebasan

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/uu7p