[PENINDAKAN] KONFERENSI PERS PENAHANAN TERSANGKA DUGAAN TPK PENGAJUAN IZIN PRINSIP PEMBANGUNAN AMBON

KPK RI [ • ] Ini tanggal Mimika Mimika besok lah baru Honda pakai tuanya Belum berani bicara Oke kita mulai ya smiley rahim salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat malam Bapak Ibu yang saya hormati dan rekan-rekan jurnalis yang saya hormati hari ini kami akan menyampaikan perkembangan dari penanganan perkara dugaan tindak pidana korupsi Pemberian hadiah atau janji terkait persetujuan

Izin prinsip Pembangunan cabang ritel tahun 2020 di Kota Ambon dan penerimaan gratifikasi bagaimana dan rekan ketahui Dua dari tiga tersangka dalam kasus ini telah KPK lakukan upaya paksa penahanan pada beberapa waktu yang lalu dan hari ini terkait dengan satu tersangka lainnya KPK akan ama lanjutkan penanganan perkaranya dengan melakukan upaya paksa

Sudah hadir sama kita Deputi bidang penindakan Bapak karyoto secara lengkap nanti akan menyampaikan update terkait dengan perkembangan penyidikan perkara dimaksud kami mengundang rekan-rekan jurnalis nanti untuk interaksi dengan kami baik yang hadir secara langsung untuk menyampaikan pertanyaan komentar atau pun tanggapan dan juga pada rekan-rekan jurnalis yang mengikuti

Melalui akun media sosial KPK Baik saya persilahkan kepada Pak karyoto untuk menyampaikan rilis terkait dengan perkembangan peran perkara tersebut silakan bau-bau Oh ya kita karena jalan kompasnya dan kita pastikan gitu ngasih nggak mau maafin suara saya agak-agak Abah treble enggak batuk dikit bismillah assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Selamat malam Salam

Sejahtera untuk kita semua yang saya hormati rekan-rekan jurnalis dan masyarakat Indonesia yang saya cintai dan saya banggakan pada malam hari ini akan saya sampaikan tentang upaya paksa penahanan tersangka dugaan tindak pidana Pemberian hadiah atau janji terkait persetujuan izin prinsip Pembangunan cabang retail tahun 2020 di Kota Ambon

Hai KPK beberapa waktu yang lalu telah mengumpulkan beberapa pihak sebagai tersangka sebagai berikut RL Walikota Ambon periode 2011-2016 dan 2017 sampai dengan 2022 aeh staf tata usaha pimpinan pada pembuka Ambon er swasta atau karyawan am Kota Ambon untuk kepentingan penyidikan penyidik melakukan upaya paksa penahanan untuk tersangka air selama 20 hari pertama

Terhitung tanggal 7 Sep 2002 sampai dengan 26 Sep 2002 di rutan KPK pada pomdam Jaya Guntur konstruksi perkaranya Air sebagai salah satu karyawan PDAM Kota Ambon ditunjuk oleh pt.mui sesuai dengan tugas salah satunya melakukan pengurusan Izin prinsip pembangunan beberapa cabang retail di Kota Ambon untuk tahun 2020 agar proses pengurusan Izin dimaksud

Dapat segera diterbitkan Ar diduga berinisiatif melakukan pendekatan dan komunikasi dengan RL yang menjabat Walikota Ambon periode 2017 sampai dengan 2022 karena salah satu kewenangan yang ada pada RL yaitu memberikan izin prinsip Pembangunan cabang ritel di Kota Ambon Hai hrg mudian diduga menawarkan sejumlah uang pada er untuk mempermudah dan mempercepat terbitnya

Persetujuan izin prinsip Pembangunan cabang ritil yang kemudian disetujui RL selanjutnya ll RL memerintahkan Kadis PU PR Pemkot Ambon untuk segera memproses dan menerbitkan berbagai permohonan izin yang telah disiapkan Ardi antaranya surat izin tempat usaha surat izin usaha perdagangan Jalan setiap dokumen izin yang disetujui dan diterbitkan tersebut RL meminta agar

Uang yang diserahkan air bicaranya minimal 25 juta rupiah yang kemudian ditransfer melalui rekening bank milik aeh yang adalah orang kepercayaan RL khusus untuk penerbitan terkait persetujuan prinsip pembangunan 20 gerai usaha ritel air diduga kembali memberikan uang kepada RL sekitar sejumlah 500 juta Rupiah yang diberikan secara bertahap melalui rekening bank milik aeh

Atas perbuatannya tersebut tersangka air bisa disangkakan melanggar pasal 5 ayat 1 huruf A atau pasal 5 ayat 1 huruf b atau pasal 13 undang-undang 31 tahun 99 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi yang telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 31 tahun 99 tentang pemberantasan

Tindak pidana korupsi kemudian yang bisa sampaikan Makasih baik terima kasih Pak ternyata saya langsung bukan saja untuk sesi tanya-jawab sempat pertama saya berikan untuk teman-teman yang hadir di ruangan ini kami persilahkan Indonesia Oh ya oke silakan Hendra kecelakaan ya semuanya satu pertama duit suap ini sebenarnya dari siapa Apakah dari PTA akhirnya sendiri

Atau emang dari perorangan gerakan beberapa hasil riksa kemarin disebut bahwa ini tuh Udah disiapin dari korporasinya itu Terus yang kedua saya menanya seputar kasus lain update dari pernah penjemputan paksa Bupati Umi kayak gimana Apakah memang ditangkapnya sendiri atau ada orang lain itunya Indonesia Slank Duet ya kayak terimakasih saya

Mario dari MetroTV ini mau nanya soal pertama Apakah KPK sudah melihat misalkan Hai bawa pengakuan pihak Hai PT Alfamidi ini menyatakan bahwa saudara Amri ini tidak tercatat di semua kepegawaian Alfamidi pertama kedua ada pola penunjukan pihak ketiga ini artinya bahwa PT Alfamidi menunjuk pihak ketiga untuk menjadi pihak yang mengurusi jasa

Perijinan bagi gerak-geriknya lalu KPK melihat hal ini ini terputus atau memang ada pertanggungjawaban korporasi di sini sama misalkan seperti orang mengurusi biro jasa Sim persoalannya To orang birojasa nutupin loket bayar foto bayar ini administrasi atau seperti apa Nah ketiga ada pengakuan saudara Amri menyatakan bahwa ada uang yang pernah dia

Berserakan sebesar 573 itu terkait bisnis sarang burung walet bukan terkait pengapa pengurusan 20 gerai eh Alfamidi nah keempat pertanyaannya Apakah kan kasus ini pengembangan Yesus di Penajam Paser Utara adanya perijinan retail yang awalnya juga termasuk dalam yang dilakukan oleh Ghofur yang kemudian berkembang ke Ambon pertanyaan saya apakah memang akan ada perizinan retail

Yang perusahaannya sama di beberapa berbagai kota lain sehingga saya ada kemarin Gunadi Kalau nggak salah itu dia kepala atau semacam Kepala Wilayah untuk wilayah Samarinda Kalimantan dan lain-lain itu diperiksa Apakah memang ada pengembangan nanti ke Balikpapan ke Samarinda terkait Hijir retail yang melibatkan kepala negara yang memiliki kewenangan untuk memberikan izin untuk

Kasus lain Pak saya mau ingin nya apa mempertegas pertanyaan Chandra tadi bisa dong sedikit disampaikan prosesi penjemputan paksa dia ditangkap di mana di Papua Nugini kah atau di manakah latar lagi ngapain di cafe atau lagi dan hingga saat ini apa dokter hanya bupatinya atau tiga orang tersangka yang sudah diamankan di Polda Papua

Yang terakhir Pak Deputi mohon izin minta sedikit ketegasan tanggapan terkait 23 koruptor yang mendapat hadiah begitu banyak berkaitan remisi ada yang part tahun remisi ada yang lima tahun Oke ini bukan ranah KPK tapi bagaimana koordinasi pandangan KPK antar penegak hukum terkait extra Ordinary Crime terkait pemberantasan korupsi sama atau

Memang ada perbedaan yang mencolok atau memang tidak ada koordinasi sama sekali KPK dengan Dirjen PAS misalkan yang menyatakan bahwa itu hal rumah HAM segala macem dan terakhir saya mau nanya apa ya tadi ya gue itu dulu deh makasih ya sudah cukup banyak catat tampak diputus kalian soal Anis Anis ini

Ngapain malam-malam gangguin kita udah capek ini kita dari pagi nggak keluar-keluar Apakah memang terkait kebijakan yang dia perintahkan misalkan dari proses penganggaran saja papa benar memang anggaran belum diketok ini berjalan dengan minjem uang ke Bank DKI untuk komitmen p180 miliar yang dicairkan oleh Kepala bpkad Eddy Sumantri kemudian peran aktif

Adik sendiri mereka apa pada tanggal 10-05-2018 menemui CEO formulae untuk melobi Bagaimana dari 5 kota pertama Hai Jakarta terpilih mengalahkan lima kota lain hanya dengan modal pemilik free dan lobi-lobi itu gimana Mbak makasih Eh Makasih untuk sesi pertama saya tutup dulu karena dari dua penyanyi sudah cukup banyak baik

Silahkan prakarya tuh terima kasih Saya berharap nih satu putaran saja biar nanti cepet selesai nanti rekan-rekan bisa menunggu jadi nanti tidak ada alasan kita seolah-olah akan mengalihkan ya enggak ada eh sajak dari Mas Sandra yang pertama terkait korporasi ini sebenarnya kita harus sama-sama mencermati ini sebagai suatu hal perilaku

Ya pejabat yang mempunyai kewenangan nah ini harusnya kita menyorot ke situ alangkah Kasihannya para pengusaha investor yang mungkin dari skala kecil sampai skala besar kalau ada praktek-praktek seperti ini dia ingin gua membuat lapak atau tempat usaha di situ Anda distribusi barang ya ada disebut jasa ada karyawan nanti ada

Transaksi ada pajak dan lain-lain makanya kalau ini digunakan korporasinya yang mungkin kalau misalnya belum layaklah ya karena ini lebih banyak memberikan untuk apa efek kerugian pada para pengusaha tadi contol hamzahnya tiba-tiba seorang gara-gara ini ditangan kan enggak ada usaha kedai tutup mungkin tanah terbengkalai terjadinya sewa-menyewa antara investor dengan

Pemilik tanah kalau contoh seperti Alfamart Indomaret banyak yang kerjasama ataupun banyak yang sewa-menyewa ini yang harusnya para pengusaha harus berani mendeklarasikan kami dipersulit oleh para pejabat yang punya kewenangan Ya baik ditingkat mungkin kecamatan kabupaten provinsi bahkan di tempat pusat tidak menutup kemungkinan nyala bagi para pejabat yang punya kewenangan menyumbangkan atau menyalahgunakan

Kewenangan itu untuk kepentingan dirinya sendiri sehingga yang mungkin tadi bisa langsung sambung ya masalah dari pak Mario seperti calulan misalnya udah urusan saya nah orang duduk manis dia mengurus anak Kemari Saya tahunya sekian berarti kan dia birojasa kalau birojasa badan hukum dia bertanggung jawab harusnya dia dalam rangka melakukan praktek-praktek perbantuan nya harus

Secara legal kesana begini ongkos capeknya dia terukur bensin berapa kecapean berapa nunggu berapa apa mengawal proses perizinan dan bahkan kita dulu tahu di daerah Jawa Tengah itu yang namanya dijadikan satu atap biar birokrasi semakin pendek ya kalau semua maunya diperpanjang ya Repot lah birokrasi di negara kita ini Pak Jokowi

Ia memerintahkan untuk memangkas semua aturan yang menghambat investasi ini adalah salah satu namun para pelaku usaha juga harus mau secara jujur terus terang melaporkan hal-hal yang sifatnya pemerasan ini ya Ini nah kemudian Bupati Mini Enggak saya enggak berani banyak bicara sebelum rombongan datangnya nanti Bagaimana kesehatannya keselamatannya kita nggak

Berandai-andai ya doakan saja besok bisa sampai di gedung KPK dengan aman dan lancar nanti saya baca WAnya dulu ya lamar ini banyak sekali tadi tenang seperti misalnya minyak tersangka yang tidak mengaku dia memberikan layer atau memberikan peristiwa yang lainnya nggak papa silakan saja ya karena eh membuat alibi itu tidak semudah yang

Tidak semudah membuat I am bayangan dipraktekkan dalam suatu fakta nah keyakinan penyidik yang bersangkutan telah memenuhi beberapa apa bukti-bukti permulaan yang cukup dan kami bersepakat untuk melakukan upaya paksa penahanan Ini ambil sama pertanyaannya nih dan kalau masalah ritel yang berkaitan dengan kabupaten yang lain ia sebenarnya ini bukan masalah read dan Ini masalah

Kewenangan pemberian izin oleh pejabat yang punya kewenangan cecak mereka takkan mungkin masih banyak praktek di tempat lain yang belum terendus atau tertangkap ya ya masih aman-aman saja memberi dan menerima dalam keadaan Thailand tidak ada yang melaporkan tidak ada yang apa istilahnya eh mengawasi Ya ini bisa-bisa saja tapi kalau misalnya dus sporadis gara-gara

Ini enggak ada tangga karena tiap-tiap daerah itu karakter ayah dan kembali kami juga mengharapkan perilaku aparatur negara harus betul-betul mendukung program investasi dan memberikan delapan pelayanan yang bebas dari korupsi dimana-mana kan sekarang kita tahu wilayah bebas korupsi wilayah bebas ke apa yang bersih dan melayani ini program dari Menpan terhadap apa upaya-upaya

Penyelenggaraan yang berkaitan dengan pelayanan kepada publik kyanite di daerah ini udah masa tadi sebagai jasa pihak ketiga karena saya pertanyaan Marine hampir sama ini nah kembalilah kali ini sebenarnya bukan kami mengomentari ya karena ini tugas pokok masing-masing hanya kalau dulu Ada apa peraturan yang tidak memberikan Itu kan mungkin di dilingkungan Kementerian

Hukum dan HAM kami tidak tahu peraturan yang mana yang bisa memberikan kami enggak tahu kami tidak ini yang mudah-mudahan ini menjadi bahan diskusi Apakah seorang koruptor atau terpidana koruptor perlu mendapatkan apa emisi atau potongan tahanan dan lain-lain itu bisa dijadikan satu Apa bahan untuk diskusi para aparatur penegak hukum

Hai dan masalah soal AB saya tidak saya akan konsisten tidak akan banyak bicara nanti kalau apa rekan-rekan bisa melakukan wawancara langsung Ya silahkan saja di luar dari kami karena memang dalam proses penyelidikan kami taat SWT kami bahwa kami tidak akan banyak bicara ya mungkin itu Terima kasih atas partisipasi

Hai besok nggak berhenti ya besok aja lah demi sekali terjadi keyboard Acer rilis Legends ya rekan-rekan Saya kira mungkin karena sekarang masih dalam proses dan dalam perjalanan menuju ke Jakarta Jadi sekarang besok kita akan sampaikan lebih lengkap terkait dengan Bupati Mimika ini jadi untuk hari ini kita akan fokus pada kasus terkait dengan

Hai kasus ini dulu begitu ya Jika masih ada pertanyaan satu lagi saya persilahkan Iya besok semuanya akan kita sampaikan lebih lengkap yah Pak Mario [Musik] besok lebih Iya Shakira Pakde Bude tadi sudah memberikan jawabannya kita akan sampaikan mungkin besok lebih lengkapnya as sepekan sekali lagi untuk kasus kita

Yang saat ini kalau masih ada pertanyaan kalau beda kita cukupkan baik Terima kasih untuk perhatian dan kehadiran rekan-rekan Saya kira kasus ini sekali lagi menunjukkan Bagaimana peran ataupun keterlibatan dunia usaha dalam hal ini pelaku usaha di dalam tindak pidana korupsi yang ditangani oleh KPK KPK melalui kedip kedeputian bidang pencegahan dan monitoring

Khususnya pada Direktorat antikorupsi badan usaha sebetulnya sudah melakukan upaya pencegahan bagaimana para pelaku usaha ataupun sektor swasta ini juga dapat turut berperan serta dalam upaya pencegahan korupsi Direktorat akbum melakukan upaya pemetaan atas potensi dan risiko korupsi dan bersama-sama KPK membangun upaya pencegahan korupsi di dalam badan usaha dengan menerapkan

Salah satunya adalah sistem manajemen anti penyuapan kita berharap bahwa kasus ini adalah kasus terakhir yang melibatkan para pelaku usaha sekali lagi terima kasih atas perhatian teman-teman saya cukupkan untuk konferensi pers kita pada malam hari ini saya tutup wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh favorite

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap Tersangka AR selaku pihak swasta dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pemberian hadiah atau janji untuk mendapatkan persetujuan izin prinsip pembangunan cabang retail tahun 2020 di Kota Ambon.

Sebelumnya KPK telah menetapkan AR karyawan retail AM kota Ambon dimaksud bersama dua orang lainnya yaitu RL Walikota Ambon periode 2011 s.d 2016 dan periode 2017 s.d 2022; serta AEH Staf Tata Usaha Pimpinan pada Pemkot Ambon sebagai tersangka dalam kasus ini.

KPK selanjutnya melakukan penahanan terhadap Tersangka AR untuk 20 hari pertama mulai tanggal 7 s.d 26 September 2022. Penahanan dilakukan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

#KPKRI #PenindakanKPK #RetailAmbon
——————————————————-
Akun Youtube Resmi Komisi Pemberantasan Korupsi.
Website: https://www.kpk.go.id
Instagram: https://www.instagram.com/official.kpk/
Facebook: https://www.facebook.com/KomisiPemberantasanKorupsi/
Twitter: https://twitter.com/kpk_ri/
Spotify: https://open.spotify.com/show/3M5tqGMOA4s9ao6oHWsnnP
Sobat KPK RI, Info tentang #PENINDAKAN #KONFERENSI #PERS #PENAHANAN #TERSANGKA #DUGAAN #TPK #PENGAJUAN #IZIN #PRINSIP #PEMBANGUNAN #AMBON ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:20:44 detik.

Apabila Dirimu, penggemar setia KPK RI Membutuhkan media komunikasi , yang menggunakan jaringan internet atau bentuk komunikasi yang ada di dunia maya (internet). Berdebar.com tumbuh seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi internet serta teknologi elektronik lainnya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Program Membership Berdebar ini.

Atau anda Punya Masalah [PENINDAKAN] KONFERENSI PERS PENAHANAN TERSANGKA DUGAAN TPK PENGAJUAN IZIN PRINSIP PEMBANGUNAN AMBON ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang [PENINDAKAN] KONFERENSI PERS PENAHANAN TERSANGKA DUGAAN TPK PENGAJUAN IZIN PRINSIP PEMBANGUNAN AMBON yang telah dilihat oleh 2340 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © KPK RI 1244 | #PENINDAKAN #KONFERENSI #PERS #PENAHANAN #TERSANGKA #DUGAAN #TPK #PENGAJUAN #IZIN #PRINSIP #PEMBANGUNAN #AMBON

KPK KEBANYAKAN JARGON..

2 tahun ago

Rakyat Indonesia jangan DUNGU dan membiarkan negara terjajah terus, bangkit dan pilihlah calon presiden yg berETIKA yg dpt cepat menjadikan polisi2, KPK2 dan jaksa2 yg profesional (sehingga korupsi hilang cepat dan negara MAJU PESAT) dgn cara SANGAT MUDAH dgn mengangkat jenderal2, pemimpin KPK dan jaksa2 tinggi yg JUJUR dan MISKIN !!!
(Lbh baik mempromosikan jenderal jujur yg bodoh daripada jenderal tdk jujur yg pintar)
#A2024ForMakingTheBestPoliceInTheWorld.https://www.youtube.com/watch?v=S5w9pek4vu4&t=1986s

2 tahun ago

Penggalian isu kasus formula E 🤭🥱🤭🤭 😂😂😂😂 supaya di bilang kerja KPK lemah main 2 kaki😂😂🤣🤣

2 tahun ago

Percuma ngomong korupsi..23 manusia yg korupsi dapat bonus.. kena 10 Tahun jalan hukum cuma 2 tahun..hukuman di Indonesia ngk ada guna,hukuman Indonesia bisa di beli..

2 tahun ago

Kok kaya malu ya baca nya.. 🤮

2 tahun ago

Jadi pingin garuk pantat lihat KPK saat ini…
Mba Najwa sama cak nun turun gunung donk ….

2 tahun ago
K k
MiMin

https://www.youtube.com/channel/UCn4tDEX3v-_Dqj64BhhYdaw/videos

Yang terhormat bapak presiden joko widodo….mohon atensi nya untuk pengaduan masyarakat di link video diatas….ini sudah lama terjadi dan masih terus berlangsung hingga saat ini….banyak masyarakat dari berbagai kalangan yg menjadi korban…. kehilangan uang yg bgtu besar dalam waktu yg relatif singkat….mohon untuk diselidiki laporan2 masyarakat yg menjadi korban…trm kasih atas perhatiannya

2 tahun ago

Mantap kinerja KPK, penindakan penahanan tindakan korupsi di Ambon.
Maju terus, usut terus sampai tuntas.

2 tahun ago

Jarang yg komen ya,sepi bgt apa rakyat gak tertarik dgn KPK..???

2 tahun ago

Semakin lama tidak berbobot kualitas KPK..

2 tahun ago

KPK tumpul

2 tahun ago

😒

2 tahun ago

Tinggalkan Komentar

DAPATKAN BONUS 10 RUPIAH PER DETIK
 program  berdebar
~
By. https://berdebar.com/i77u